Bisnis Online

Apa Itu Marketing Trading? Tugas & Strategi

Trikves.com – Pernahkah kalian bertanya kenapa sebuah perusahaan di dunia ini selalu berhasil memasarkan produk mereka ke pasar dengan begitu cepat?. Yah melihat pertumbuhan pasar bisnis yang ada saat ini persaingan memang menjadi hal wajar dan lumrah.

Tujuannya jelas untuk membangun sebuah brand agar lebih dikenal masyarakat dan menciptakan nilai positif di mata masyarakat. Meski begitu tentunya membuat produk dikeluarkan sebuah perusahaan agar cepat dikenal dan diterima secara baik di masyarakat bukanlah hal mudah.

Oleh karena itulah peran penting marketing trading di sebuah perusahaan sangatlah penting. Mengingat dengan kemampuan dimiliki seorang marketing trading, hal ini akan membantu membuat pemasaran produk jauh lebih mudah.

Hal tersebut karena berbagai macam strategi pemasaran efektif & tertarget benar-benar mereka perhitungkan secara matang. Tidak heran bila kini penghasilan seorang marketing trading sangat tinggi. Namun apa itu marketing trading, manfaat, tugas & seperti apa strategi yang digunakan?.

Apa Itu Marketing Trading?

Marketing Trading atau istilah lainnya adalah Trade Marketing merupakan strategi pasar yang digunakan sebuah perusahaan untuk memasarkan produk agar membantu meningkatkan penjualan sekaligus membuat produk bisa ditempatkan di berbagai pasar umum.

Selain itu sebuah perusahaan yang menjalankan strategi trade marketing juga bisa dipastikan akan dapat lebih cepat dikenal dan membuat bisnis lain bisa mengenali nilai dari produk tersebut. Hasil akhirnya produk akan lebih cepat meningkat penjualannya.

Namun bila kita lihat secara umum, trading marketing sendiri hanya akan fokus pada satu tujuan yakni angka penjualan. Dimana semua itu akan dilakukan dengan berbagai macam cara untuk dapat bisa memperjualbelikan produk secara cepat dengan mengandalkan tim marketer sendiri.

Manfaat Marketing Trading

Dengan memahami apa itu marketing trading seperti trikves.com jelaskan di atas. Setidaknya ada banyak sekali manfaat yang bisa di dapat ketika menerapkan strategi trade marketing ini. Pastinya tidak hanya akan meningkatnya jumlah penjualan produk dalam skala besar.

Setidaknya menggunakan sistem pemasaran seperti ini juga akan membuat banyak memberi manfaat lain termasuk di antaranya seperti:

  • Membuat masa depan penjualan produk menjadi lebih terjamin.
  • Bisa dimanfaatkan untuk skala bisnis besar maupun menengah dan kecil.
  • Bisa dipastikan mampu meningkatkan market presence suatu bisnis perusahaan.
  • Diharapkan juga akan dapat membuat competitive advantage di berbagai produk lain dari perusahaan tersebut.
  • Membuat keuntungan akan tetap stabil selama strategi marketing trading terus di jalankan dengan baik.

Tugas Marketing Trading

Itulah beberapa manfaat yang pasti akan di dapat ketik sebuah bisnis baik itu kecil maupun besar selalu menggunakan strategi marketing trading. Pastinya memanfaatkan salah satu strategi pemasaran ini kita juga tahu bahwa ternyata tugas dari trade marketing sangat penting.

Oleh karena itu, setelah kita memahami apa itu marketing trading. Berikut adalah beberapa job desk atau tugas dari marketing trading dalam memasarkan dan meningkatnya penjualan produk dari sebuah perusahaan / bisnis.

1. Memberikan Info Produk Secara Detail

Salah satu tugas penting dari trade marketing adalah untuk menjelaskan secara lengkap dan detail bahkan sedetail-detailnya produk maupun bisnis sedang di jalankan kepada para klien agar mereka benar-benar percaya bahwa produk tersebut layak untuk di beli.

2. Menjelaskan Rules / Mekanisme Transaksi

Kemudian tugas lainnya juga harus mampu memberikan penjelasan terkait mekanisme transaksi. Mengingat dalam sektor jual-beli jelas transaksi menjadi bagian paling penting untuk di ketahui secara transparan, dengan tujuan agar saling percaya untuk pondasi kuat.

3. Membuat Hubungan Baik dengan Klien

Menjaga hubungan baik dengan klien / konsumen jelas menjadi hal sangat penting untuk keberlangsungan produksi sebuah produk yang dipasarkan oleh perusahaan oleh marketing trading. Oleh karenanya, menjaga hubungan baik menjadi salah satu tugas utama trade marketing.

Adapun cara umum digunakan marketing trading untuk menjaga hubungan baik tersebut dapat dilakukan dengan:

  • Selalu menerapkan norma sopan santun saat melakukan transaksi.
  • Selalu bisa menjaga privasi serta kerahasiaan data.
  • Selalu menghindari ungkapan / kata-kata singgungan yang membahayakan.
  • Dan selalu menjaga perilaku agar tidak menyinggung.

4. Menjabarkan Detail Perusahaan Pemegang Bisnis / Produk

Kemudian tugas lain tidak kalah pentingnya dari seorang marketing trading yakni menjabarkan secara detail perusahaan / pemegang bisnis maupun produk yang sedang mereka tawarkan.

Dengan begitu setiap orang yang tertarik pada produk tersebut akan dapat memahami detail / seluk belum perusahaan tersebut.

Strategi Penerapan Marketing Trading

Menjalankan strategi penerapan marketing trading bukanlah sebuah hal yang mudah. Maka banyak dipilih trade marketing profesional untuk menghandle semua urusan pemasaran / penjualan produk. Mengingat strategi ini digunakan manufaktur besar.

Dimana nantinya manufaktur-manufaktur tersebut akan langsung diarahkan ke supply chain yang di dalamnya terdapat toko ritel, wholesaler, maupun distributor.

Oleh karena itulah agar mampu mendapatkan hasil maksimal saat memanfaatkan strategi marketing trading ini. Setidaknya ada beberapa macam penerapan trade marketing yang umum digunakan / diterapkan, dan berikut beberapa contoh didalamnya.

1. Memanfaatkan Platform Media Sosial

Strategi pertama yang mungkin paling umum digunakan trade marketing untuk meningkatkan angka penjualan yakni dengan memanfaatkan beragam platform media sosial. Hal ini sangat perlu di lakukan di era digital seperti sekarang.

Karena masyarakat millennial sekarang jauh lebih aktif menggunakan media sosial. Dengan begitu sebuah perusahaan bisa melihat insight dari berbagai kelompok audience. Dengan adanya hal ini, setidaknya kalian bisa membuat target pasar yang lebih relevan.

2. Melakukan Trade Promotion

Selanjutnya strategi penerapan marketing trading yang sering digunakan sebuah perusahaan besar yakni dengan melakukan trade promotion.

Dimana strategi ini memungkinkan kita bisa mendapatkan target pasar sesuai / cocok dan relevan dengan produk yang sedang dipromosikan baik itu ke toko ritel maupun ke konsumen langsung.

Nah dalam hal ini, umumnya trade promotion akan dilakukan dengan menerapkan promosi seperti diskon maupun pemberian voucher bernilai tinggi.

3. Melakukan Kerjasama dengan Toko Ritel

Melakukan kerjasama dengan toko ritel dalam memasarkan produk merupakan sistem / strategi lama yang sudah muncul sejak tahun 1970 silam.

Dimana penerapan sistem kerjasama dengan toko ritel ini memang mengharuskan untuk trade marketing harus terjun langsung di lapangan.

Akan tetapi efek besar dari penggunaan strategi ini bisa dibilang jauh lebih efektif mengingat dari berbagai informasi yang kami dapat. Peningkatan penjualan jauh lebih cepat tercapai.

4. Membentuk Category Management

Dan strategi penerapan marketing trading yang terakhir yakni dengan melakukan category management / pembuatan kategori dari produk yang akan dipasarkan / diluncurkan sebuah perusahaan.

Menerapkan sistem strategi pemasaran ini setidaknya akan dapat membantu penguatan pondasi dari masing-masing produk.

Kesimpulan

Bagaimana apakah sampai disini sudah cukup jelas dengan rangkuman mengenai apa itu marketing trading?. Dari penjelasan singkat trikves.com di atas, jelas penggunaan promosi jenis ini akan dapat membantu meningkatkan pengenalan produk sekaligus peningkatan angka penjualan.

Dan kiranya cukup sekian semoga apa yang sudah trikves.com sampaikan di atas dapat menjadi penjelasan yang mudah dipahami dan semoga bisa memberi / menambah wawasan kalian.

Sumber Gambar: trikves.com, google.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.