Emas

Tabungan Emas BSI 2023 : Keunggulan, Syarat & Biaya

Tabungan Emas BSI – Bank Syariah Indonesia yang dikenal juga dengan nama BSI merupakan bank hasil merger 3 bank syariah ternama Indonesia, yakni BNI Syariah, Mandiri Syariah dan juga BRI Syariah. Sama halnya dengan bank-bank lainnya, Bank Syariah Indonesia juga memiliki beberapa jenis tabungan atau simpanan yang bisa dipilih oleh setiap nasabahnya, nah salah satu jenis tabungan yang cukup banyak diminati adalah tabungan emas.

Seperti kita tahu bahwa emas menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa dijadikan opsi utama bagi para pelaku investasi pemula. Melalui tabungan emas BSI, kalian bisa menabung emas hanya dengan modal Rp 50.000 saja. Disamping itu ada juga beberapa keuntungan lain yang bisa didapat ketika memilih membuka tabungan emas di bank syariah Indonesia ini. Nah membahas mengenai hal ini, kami akan membagikan beberapa informasi penting terkait tabungan emas BSI satu ini.

Sebenarnya untuk membuka tabungan emas di BSI ini bisa dikatakan sangatlah mudah, tidak berbeda jauh dengan membuka rekening tabungan BSI lainnya. Namun ada beberapa hal yang wajib diketahui, salah satunya adalah mengenai persyaratan. Untuk informasi ini nanti akan kami sampaikan secara lengkap bersamaan dengan pembahasan utama kali ini.

Penting diketahui juga bahwa pembukaan tabungan emas BSI juga bisa dilakukan secara online maupun offline dengan mendatangi langsung kantor cabang BSI terdekat. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkap mengenai syarat dan cara buka tabungan emas BSI yang telah trikves.com siapkan berikut ini.

Tabungan Emas BSI

Keunggulan Tabungan Emas BSI

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai keunggulan yang dimiliki oleh tabungan emas BSI satu ini. Nah adapun keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Syarat Mudah

Keunggulan pertama adalah persyaratan pembukaan rekening tabungan yang cukup mudah. Penting diketahui bahwa syarat diperlukan dalam hal ini adalah cukup kartu identitas dan juga NPWP saja.

2. Angsuran Tetap dan Ringan

Berikutnya adalah angsuran tetap dan ringan. Untuk besaran angsuran yang dibayarkan memang dinilai cukup ringan. Jadi nasabah tidak perlu khawatir dengan harga emas yang fluktuatif.

3. Emas Dijamin Aman

Dan yang terakhir adalah emas dijamin aman. Bagi kalian yang ingin menabung emas di BSI, kalian tidak perlu mengkhawatirkan kondisi emas yang mungkin hilang atau sebagainya, karena pihak BSI akan menjamin keamanan tersebut.

Syarat Buka Tabungan Emas BSI

Nah kemudian untuk informasi persyaratan, kami rasa informasi ini menjadi yang cukup penting untuk diketahui jika kalian ingin membuka rekening emas di bank BSI. Ada beberapa syarat yang wajib dipersiapkan, baik syarat umum maupun syarat dokumen. Untuk lebih jelasnya mari kita simak berikut ini.

  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Paham mengenai hukum
  • Kartu Identitas (KTP)
  • NPWP (untuk pembiayaan diatas 50 juta)
  • Menyediakan DP (uang muka) 20% dari jumlah pembelian emas
  • Maksimal pembiayaan mencapai 150 juta
  • Jangka waktu cicilan 1 – 5 tahun

Cara Daftar Tabungan Emas BSI

Seperti sudah kami singgung diatas bahwasanya pendaftaran atau pembukaan rekening tabungan emas BSI ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Disini kalian bisa memilih melalui metode online atau offline. Adapun langkah-langkah daftar tabungan emas BSI bisa kalian simak di bawah ini.

1. Daftar BSI Emas Melalui Website

  • kunjungi website resmi BSI, kemudian mengisi Form Registrasi.
  • Isi semua form dengan benar, seperti misalnya nama, nomor telepon, email dan seterusnya.
  • Setelah semua form terisi dengan benar, silahkan kalian pilih menu Ajukan Saya.
  • Setelah itu tinggal mengikuti instruksi selanjutnya sampai dengan selesai dan proses pendaftaran pun telah berhasil.

2. Daftar BSI Emas di Mobile BSI

  • Silahkan buka aplikasi mobile BSI pada handphone.
  • Kemudian pilih menu e-Mas pada bagian beranda.
  • Setelah itu akan muncul dua pilihan menu, silahkan pilih e-Mas apabila kalian baru pertama kali membeli atau baru akan daftar.
  • Selanjutnya tinggal mengisikan semua syarat yang diperlukan, seperti upload foto KTP, NPWP dan sebagainya.
  • Setelah itu akan muncul opsi pembelian emas, yaitu berdasarkan nilai dan berat emas.
  • Apabila kalian memilih berdasarkan nilai emas, maka pembelian minimal adalah emas dengan nilai 0,1 gram atau setara dengan Rp 100.000
  • Sedangkan untuk kalian yang memilih berdasarkan berat emas, maka pilihan paling minim adalah 0,05 gram atau setara dengan Rp 50.000 dan jumlah paling maksimal setara dengan Rp 100 juta.
  • Setelah itu tinggal memilih sumber rekening yang ingin digunakan untuk melakukan pembayaran.
  • Selanjutnya tinggal menyetujui halaman syarat dan ketentuan.
  • Maka proses pembelian emas dengan cara cicil di BSI sudah berhasil dilakukan.

Sedangkan untuk pendaftaran melalui offline di kantor cabang BSI, kalian hanya perlu mendatangi kantor cabang BSI dengan membawa persyaratan yang diperlukan lalu temui CS. Sampaikan kepada CS bahwa kalian ingin membuka rekening emas BSI. Nantinya CS pun akan memproses pembukaan rekening tersebut.

Biaya & Lain-lain

Berikutnya adalah mengenai biaya dan lain-lain. Setiap pembukaan rekening biasanya akan ada biaya-biaya yang harus kalian ketahui. Untuk biaya pembukaan rekening tabungan BSI Emas, biaya-biaya tersebut diantaranya adalah:

KeteranganBiaya
Biaya Administrasi0% – 1%
Margin11% – 14% eff

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini dapat kami simpulkan bahwasanya tabungan BSI emas bisa kalian jadikan sebagai sarana investasi untuk masa depan. Selain memiliki setoran awal yang ringan, kalian juga akan diuntungkan dengan biaya admin yang rendah dan juga margin mulai dari 11% sampai dengan 14%. Besaran margin ini juga kami rasa cukup bersaing dengan beberapa tabungan emas bank lain seperti tabungan emas BCA maupun tabungan emas BRI.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai tabungan emas BSI. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat trikves.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.