Bisnis Online

Apa Itu Bisnis Online: Pengertian, Contoh, Resiko, Manfaat & Jenis

Trikves.com – Dewasa ini perkembangan teknologi telah memberikan kemajuan yang cukup pesat terhadap pertumbuhan ekonomi, maka tidak heran jika sekarang banyak yang ingin tahu apa itu bisnis online. Hal ini terlihat pada dunia bisnis yang kian variatif. Tidak hanya dilakukan secara tatap muka, bisnis kini sudah dapat dilakukan secara online.

Adanya bisnis atau usaha online itu sendiri juga dipicu oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kondisi pendemi yang terjadi di berbagai belahan dunia. Keadaan tersebut tidak dipungkiri membatasi masyarakat dalam melakukan berbagai macam kegiatan terutama berbisnis. Namun sebelum itu kalian harus paham betul apa itu bisnis online sebelum memulainya.

Kendati mengalami sebuah keadaan yang memaksa banyak orang untuk tetap berada di rumah saja, kreativitas dari para pelaku bisnis tidaklah padam begitu saja. Adanya internet tetap menghadirkan sebuah peluang bisnis yang menggiurkan meskipun hanya dikerjakan dari rumah saja. Namun apakah anda tahu apa itu bisnis online?

Pada kesempatan hari ini, kami akan membahas apa itu bisnis online dari berbagai sudut pandang. Mulai dari pengertian, contoh, resiko, hingga manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan usaha secara online. Diharapkan dengan adanya pembahasan tersebut, anda bisa mendapatkan wawasan sebelum memulai bisnis online.

Apa Itu Bisnis Online

Bisnis online merupakan salah satu metode atau cara memasarkan produk melalui sebuah platform tertentu dengan mengandalkan konektivitas internet. Adapun beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan bisnis tersebut. Namun anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Menurut para ahli, bisnis online adalah sebuah aktivitas jual beli baik sebuah produk maupun jasa yang dilakukan secara daring (jaringan) melalui sebuah platform baik media sosial maupun toko online. Adanya kegiatan tersebut akan mampu membentuk sebuah forum bisnis di dalam internet sehingga memudahkan para pelaku bisnis.

Berbeda 180 derajat dengan usaha konvensional, bisnis online hanya membutuhkan sedikit mobilitas dalam melakukan berbagai kegiatan operasionalnya. Anda tidak perlu menghampiri pelanggan dalam melakukan berbagai transaksi. Semuanya cukup dilakukan dari rumah saja melalui perangkat yang sudah tersedia.

Contoh Bisnis Online

Meskipun menjadi sebuah tren yang baru terdengar, tanpa disadari banyak sekali kegiatan bisnis online yang sering anda jumpai saat berselancar di internet. Adapun beberapa contoh nyata dari kegiatan binis online tersebut, antara lain:

1. Youtuber

Tentunya anda sudah tidak asing dengan Youtube yang merupakan salah satu platform berbagi video paling populer saat ini. Melalui platform tersebut, tak jarang seorang Youtuber (pembuat video youtube) meraih popularitasnya. Jadi tidak mengherankan apabila saat ini banyak bermunculan konten kreator untuk platform youtube.

Tidak hanya popularitas, bahkan anda bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi seorang Youtuber. Semakin banyak video anda ditonton dan diikuti oleh banyak orang, maka semakin besar juga penghasilan yang akan diberikan oleh pihak Youtube.

2. Admin Media Sosial

Media sosial mungkin menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi banyak orang. Bahkan tidak jarang anda bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk menjelajahi berbagai postingan dalam sebuah platform media sosial. Namun tahukah anda? dibalik beberapa postingan sebuah akun terdapat jasa dari seorang admin media sosial.

Admin media sosial umumnya merupakan seorang yang memiliki kuasa penuh dalam mengendalikan sebuah akun. Tidak jarang ide dan juga kreativitas yang dimiliki bisa menghasilkan sebuah konten yang menarik untuk mengundang sejumlah follower. Kesempatan tersebut bisa digunakan untuk melakukan sebuah bisnis melalui sebuah konten yang diposting.

3. Dropshipper

Istilah dropshipper merujuk kepada seseorang yang menjualkan produk milik orang lain melalui sebuah platform. Lantas dari mana para dropshipper bisa mendapatkan produk yang akan dijual? Biasanya para pelaku kegiatan bisnis ini akan bekerjasama dengan seorang supplier.

Para pelaku Dropshipper biasanya akan memasarkan produk mereka melalui media sosial dan juga E-Commerce kenamaan. Anda hanya perlu kreativitas dalam mendeskripsikan produk yang dijual. Beberapa produknya pun sudah disediakan oleh pihak supplier sehingga anda hanya perlu memasarkannya saja.

4. Kursus Online

Pandemi yang terjadi di berbagai belahan dunia memaksa banyak tenaga pendidik maupun siswa untuk melaksanakan berbagai kegiatan belajar mengajar dari rumah. Kondisi ini membuat proses menyampaikan dan menerima sebuah pelajaran menjadi terhambat. Beruntungnya banyak bermunculan kursus online melalui berbagai website.

Kursus Online ini merupakan sebuah kegiatan belajar secara online. Meski tidak bertemu secara langsung, proses penyampaian pelajaran masih terbilang lancar sebab kegiatannya dilakukan secara virtual.

Resiko Bisnis Online

Meskipun terbilang mendatangkan banyak kemudahan, melakukan bisnis secara online juga tidak terlepas dari resiko yang mengikutinya. Namun sebuah langkah pencegahan bisa anda lakukan manakala sudah mengetahui berbagai resiko yang terjadi saat menjalankan bisnis online. Berikut ini ada beberapa resiko bisnis online yang dapat anda waspadai:

1. Tersingkir dari Persaingan Bisnis

Berbisnis secara online terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Jadi tidak mengherankan apabila banyak kompetitor atau pesaing dalam hal tersebut. Jika anda tidak menjaga kualitas atau standar yang dimiliki sebagai pelaku bisnis online, maka bukan tidak mungkin jika anda tersingkir.

Meski persaingan bisnis online terbilang ketat, bukan tidak mungkin anda dapat terhindar dari resiko tersebut. Anda hanya perlu untuk senantiasa menjaga kualitas produk, menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen, dan kreatif dalam memasarkan produk.

2. Kecurangan Oleh Pihak Konsumen

Dalam melakukan bisnis online, semua kegiatan dilakukan secara virtual tanpa bertemu secara langsung. Hal ini membuat sebuah celah yang memungkinkan seorang konsumen untuk membuat sebuah kecurangan. Tujuan dan motifnya pun bermacam-macam. Namun biasanya kecurangan tersebut dilakukan untuk menjatuhkan nama baik seorang pelaku bisnis.

Dalam bisnis online, terdapat sebuah rating yang biasanya digunakan sebagai indikator kredibilitas suatu pelaku bisnis. Rating diberikan oleh konsumen yang sudah membeli produk sebagai indikator kepuasan. Namun seringkali banyak testimoni palsu bahkan tidak jarang memberikan kesan negatif hanya untuk menjatuhkan nama baik pelaku bisnis.

Untuk mencegah adanya hal tersebut, maka pastikan anda senantiasa bertanggung jawab dengan cara menjaga produk anda. Jika dikemudian hari ditemukan kasus kecurangan tersebut, cobalah untuk meminta bukti bahwa produk yang anda jual memang memiliki kekurangan.

3. Kondisi Permintaan Pasar yang Sering Berubah

Selain memudahkan para pelakunya dalam melakukan bisnis online, kegiatan tersebut juga memudahkan konsumen dalam membeli sebuah produk. Hal ini tentu membuat sebuah tren pasar cepat berganti. Dalam kurun waktu tertentu anda sudah harus menyiapkan berbagai produk yang diinginkan oleh konsumen. Jika banyak permintaan tetapi produk tidak tersedia, maka bukan tidak mungkin jika konsumen akan beralih ke tempat lain.

Untuk mengatasi resiko tersebut, anda tidak harus menyediakan semua produk dalam jumlah yang banyak. Namun alangkah baiknya apabila anda mampu menentukan produk prioritas. Dengan kata lain anda bisa melihat produk apa yang harus disediakan dalam jangka waktu panjang dan produk apa yang hanya menjadi tren sesaat.

Adanya pemiliha prioritas dalam sebuah produk akan memudahkan anda dalam mengendalikan pasar secara online. Bukan tidak mungkin jika anda bisa terhindar dari resiko kehilangan konsumen karena keterbatasan produk.

4. Kegagalan dalam Memasarkan Sebuah Produk

Kunci utama dalam kesuksesan bisnis online adalah bagaimana anda memasarkan produk yang akan dijual. Banyak pelaku usaha secara online yang memasarkan produk mereka dengan segudang ide dan kreativitas yang dimiliki. Jika anda memasarkan sebuah produk dengan cara yang biasa, maka ada kemungkinan konsumen kurang tertarik.

Agar anda dapat terhindar dari resiko tersebut, maka cobalah untuk memasarkan produk anda secara ekspresif namun tetap bertanggung jawab. Cobalah untuk menggali ide dan juga gagasan yang menarik untuk dapat memasarkan produk yang akan dijual. Dengan demikian, konsumen akan lebih tertarik dan berusaha mengenal produk tersebut lebih dalam.

Tantangan Bisnis Online

Menjalankan sebuah usaha online mendatangkan banyak keuntungan manakala anda bisa menguasainya. Namun ada beberapa hal yang bisa menjadi tantangan bagi para individu untuk menjadi pelaku usaha online. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang harus anda taklukan untuk menjalankan bisnis online.

1. Pengetahuan Mengenai Internet, Website, dan Media Sosial

Ketika melakukan kegiatan bisnis online, anda akan sering berada pada sebuah platform yang digunakan sebagai wadah bisnis. Biasanya wadah yang akan digunakan berada dalam bentuk website maupun media sosial. Apakah mudah dalam mengoperasikannya? Jika anda memahami teknis dari platform yang digunakan, maka kegiatan bisnis online akan mudah untuk dilakukan.

Pada dasarnya kemampuan teknis tersebut bisa diperoleh manakala anda mau belajar dari berbagai referensi. Atau bagi anda yang memang senang belajar dari sebuah pengalaman, maka terjung langsung dan melakukan “Trial and Error” adalah solusinya. Dengan demikian, anda dapat mengetahui kekurangan dalam menggunakan internet maupun mengelola website dan media sosial untuk kemudian dipelajari lagi.

2. Persiapan Perangkat

Kelancaran bisnis online yang digeluti sangat bergantung pada koneksi internet yang anda miliki. Namun dalam pengoperasiannya, anda tetap membutuhkan sebuah gadget. Umumnya gadget yang sering digunakan adalah smartphone dan perangkat komputer.

Mungkin akan timbul pertanyaan tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk menyiapkan beberapa perangkat tersebut. Modal awal untuk memulai bisnis online tidaklah terlalu besar. Gadget tersebut bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Manfaat Belajar Bisnis Online

Mungkin anda sudah memahami sebagian penjelasan tentang apa itu bisnis online. Namun perlukah belajar tentang hal tersebut? Dengan berkembangnya tekhnologi dan juga pasar ke arah yang lebih modern, jawabanya tentu saja perlu. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan belajar bisnis online, antara lain:

1. Peluang Produk Dikenal Secara Luas

Bisnis online dilakukan dalam sebuah platform yang notabene dapat diakses oleh banyak individu dari berbagai penjuru dunia. Jika anda mau untuk belajar tentang usaha secara online, imbasnya adalah peluang brand atau produk anda lebih dikenal luas oleh banyak orang.

2. Menghemat Biaya

Manajemen keuangan adalah hal yang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Tentunya anda akan berusaha sebijak mungkin dalam menggunakan biaya operasional. Hal tersebut akan lebih mudah dilakukan manakala anda dapat belajar tentang bisnis online dan mulai menjalankannya.

Berbisnis secara online cenderung lebih menghemat biaya karena anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Cukup sediakan perangkat dan koneksi internet yang memadai, maka bisnis tersebut dapat berjalan. Sisa biaya yang anda miliki dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat dalam menunjang bisnis.

3. Peluang Menguasai Pasar Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa semua kegiatan bisnis online dilakukan dalam sebuah platform atau wadah bisnis. Dalam platform tersebut, banyak pelaku bisnis yang tergabung didalamnya. Tentu akan lebih mudah untuk memantau kondisi dan juga tren apa yang sedang terjadi dalam sebuah pasar.

Dengan memantau hal tersebut, maka akan lebih mudah bagi anda dalam menentukan kebijakan apa yang akan diambil terkait dengan produk yang akan dijual. Dengan memahami hal tersebut, maka bukan tidak mungkin apabila peluang anda dalam menguasai pasar semakin besar.

Kelebihan Bisnis Online

Melakukan kegiatan usaha secara online memang menjadi sebuah tren dalam dunia ekonomi. Namun apa sebenarnya yang menjadi daya tarik dari kegiatan tersebut? Jawabannya adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan. dibandingkan dengan usaha konvensional, tentu berbisnis secara online memberikan anda banyak kelebihan.

1. Flesksibilitas dalam Menjalankannya

Berbisnis secara online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini tentu dapat terjadi karena pada dasarnya semua aktivitas usaha yang anda jalani dapat dilakukan hanya melalui sebuah gadget dengan koneksi internet yang memadai. Jadi anda tidak perlu untuk bertemu secara langsung dengan konsumen dan melakukan sebuah transaksi.

2. Modal yang Tidak Terlalu Besar

Apa yang harus anda persiapkan dalam melakoni sebuah usaha konvensional? Tentu saja yang pertama adalah tempat. Dapat berupa ruko atau lahan. Kedua adalah pamflet atau seleberan yang harus dicetak dalam jumlah banyak. Tentu modal yang sangat besar harus dikeluarkan untuk memulai sebuah usaha konvensional.

Sekarang apa yang harus anda persiapkan untuk memulai sebuah usaha secara online? Tentu saja sebuah perangkat gadget dan koneksi internet. Kegiatan operasional sudah bisa berjalan dari rumah. Bahkan pemasarannya pun dapat dilakukan melalui E-Commerce dan media sosial tanpa perlu mencetak selebaran iklan.

3. Area Pasar yang Tidak Terbatas

Awalnya sebuah usaha konvensional memang terbatas pada suatu daerah saja. Jika ingin melakukan sebuah ekspansi atau perluasan wilayah, maka akses antar wilayah seringkali menjadi sebuah kendala. Namun hal ini akan berbanding terbalik saat anda beralih ke bisnis secara online.

Hal tersebut terjadi lantaran usaha yang anda lakoni secara online di sebuah platform mampu di pasarkan hingga ke berbagai belahan dunia. Tidak hanya terbatas pada satu regional.

Jenis Bisnis Online

Mungkin anda sudah mulai tertarik untuk melakoni usaha secara online. Adapun beberapa jenis bisnis yang mungkin bisa anda pilih, antara lain:

  • Website
  • Sosial Media
  • Toko Online
  • Blog

Cara Memulai Bisnis Online

Setelah anda mengetahui berbagai hal tentang bisnis online, maka sudah saatnya bagi anda untuk memulainya. Lantas bagaimana caranya? Tentu saja yang pertama adalah memilih produk atau jasa yang ingin anda tawarkan. Kemudian, anda bisa mulai menyiapkan perangkat dan koneksi internet. Terakhir adalah memilih platform yang akan digunakan. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan baca cara memulai bisnis online.

FAQ

Apa pengertian bisnis online menurut pandangan anda?

Bisnis online adalah suatu bisnis atau usaha yang dijalankan lewat internet.

Apa saja tujuan bisnis online?

Menghasilkan tambahan uang, menarik pengunjung, membuat sebuah komunitas atau grup

Apa yang dimaksud dengan pemasaran online menurut para ahli?

Menurut para ahli seperti David dan George dalam buku yang ia buat yaitu Marketing Research, pemasaran online adalah membangun sebuah jaringan atau relasi guna mendapatkan konsumen.

Kesimpulan

Ternyata memulai usaha secara online memang tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memahami tentang apa itu bisnis online. Tentunya sebuah ilmu akan menjadi sia-sia apabila anda tidak menggunakannya. Jadi, mulai lah bisnis anda sekarang.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.