Editor Choice

15 Contoh Label Makanan Ringan Sederhana & Unik 2023

Trikves.com – Selain sebagai identitas sebuah produk, label atau kemasan menjadi salah satu faktor penunjang kualitas sebuah produk makanan. Sebagai contoh pada label produk makanan ringan yang dibuat dengan unik, hal tersebut bisa memikat calon konsumen supaya tertarik membeli produk yang Anda miliki.

Secara garis besarnya, label merupakan sesuatu yang akan dinilai oleh calon konsumen pada saat pertama kali melirik produk. Hal ini dikarenakan saat sebelum membayarnya, konsumen ataupun pelanggan tentunya tidak akan diperbolehkan untuk mencicipi rasa makanan sehingga dibuatlah label untuk memikat daya tariknya.

Dimana di dalam label makanan sendiri nantinya akan tertera beberapa informasi penting seputar produk seperti nama atau merk, jenis, daftar bahan yang digunakan, tanggal produksi dan lain sebagainya. Adapun keterangan label yang lengkap juga bisa membantu calon pembeli untuk lebih mengenali produk Anda.

Oleh sebab itu, apabila Sobat Trikves berencana ingin membuat label untuk produk makanan ringan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuatnya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa contoh label makanan ringan dilengkapi dengan cara hingga tips membuatnya.

Isi Label Makanan Ringan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, label merupakan salah satu hal penting dalam kemasan suatu produk yang bisa menarik perhatian banyak orang. Dengan kata lain, label makanan dapat dikatakan berkualitas apabila label tersebut mampu menarik perhatian banyak orang dan membuatnya memutuskan untuk membeli produk.

Maka dari itu, pembuatan label pada sebuah produk tentunya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, termasuk pada produk makanan ringan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat beberapa unsur penting yang biasanya menjadi syarat dari BPOM serta beberapa lembaga terkait perizinan penjualan produk.

Selain itu, keterangan label yang lengkap juga bisa membantu calon pembeli atau konsumen untuk lebih mengenali produk Anda. Nah, sebelum pembahasan poin utama mengenai contoh label makanan ringan dan cara membuatnya lebih lanjut, berikut akan dijelaskan secara lengkap tentang beberapa isi atau unsur di dalamnya.

  • Nama/merk produk.
  • Jenis produk/jenis makanan.
  • Daftar bahan yang digunakan.
  • Tanggal produksi dan kadaluwarsa.
  • Kode produksi.
  • Info kontak.
  • Label halal.
  • Varian rasa makanan ringan.

Ukuran Label Makanan Ringan

Ketika hendak melihat beberapa contoh label makanan ringan, tentunya Anda juga harus memahami berapa ukuran yang paling tepat. Secara garis besarnya, tidak terdapat syarat maupun ketentuan yang valid terkait ukuran label makanan ringan.

Hal tersebut menjadikan ukuran label produk entah itu untuk makanan ringan ataupun jenis produk lainnya bisa sangat beragam. Pada intinya, Anda harus menyesuaikan ukuran label makanan ringan tersebut sesuai dengan kebutuhan pemasaran.

Selain ukuran, bentuk label makanan ringan juga bisa sangat beragam, mulai dari kotak, bulat, persegi dan lain sebagainya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa referensi ukuran label makanan ringan.

  • Label bentuk lingkaran : Diameter 5 cm atau 7 cm – 10 cm.
  • Label bentuk persegi : Ukuran mulai dari 5 cm x 5 cm atau 7 cm x 7 cm – 10 cm x 10 cm.
  • Label bentuk persegi panjang : Ukuran mulai dari 6 cm x 4 cm atau 9 x 6 cm – 12 cm x 8 cm.

Perlu diingat, bentuk hingga ukuran label makanan ringan di atas sebenarnya tidak bisa dijadikan sebagai patokan, namun bisa digunakan sebagai referensi apabila memang sesuai dengan kemasan produk yang Anda miliki.

Cara Membuat Label Makanan Ringan

Pada saat ingin melihat seperti apa bentuk contoh label makanan ringan, tentunya Anda juga harus mengerti terlebih dahulu bagaimana tata cara pembuatannya. Mungkin Anda sudah memahami bahwa label makanan ringan bisa dibuat sendiri dengan mudah asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Agar lebih jelasnya, perhatikan baik-baik cara membuat label makanan ringan berikut ini.

  1. Menentukan tujuan pembuatan label makanan ringan.
  2. Memilih software untuk mendesain label makanan ringan.
  3. Menentukan ukuran dan bentuk stiker label makanan ringan.
  4. Memilih warna yang sesuai untuk label makanan ringan.
  5. Memilih bahan label makanan ringan yang tepat.
  6. Pilihlah kualitas cetak label makanan ringan yang terbaik.

Contoh Label Makanan Ringan

Setelah memahami sekilas pengertian, isi, bentuk dan ukuran hingga tata cara membuat label makanan ringan, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai contoh pembuatannya. Seperti halnya pada pembahasan mengenai contoh iklan makanan sehat, sebenarnya pada label makanan ringan terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Adapun beberapa hal penting yang perlu diperhatikan di dalam pembuatan label makanan ringan tersebut yaitu tentang pesan yang ingin disampaikan oleh pemilik produk kepada calon pembelinya. Dengan kata lain, label makanan ringan tersebut harus menggambarkan atau mendeskripsikan produk secara jelas kepada para pelanggannya.

Oleh karena itu, seringkali label makanan ringan dibuat dengan disertai contoh gambar produk itu sendiri pada kemasannya sebagai bentuk daya tarik kepada konsumen. Jika label dibuat dengan sangat menarik, maka kemungkinan besar minat pelanggan untuk membeli produk makanan ringan tersebut akan jauh lebih tinggi.

Namun, kembali lagi bahwa label makanan ringan yang berkualitas tentunya mampu mengandung beberapa informasi atau isi penting seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan Trikves berikan mengenai beberapa contoh label makanan ringan untuk semua bentuk dan ukurannya.

Contoh Label 1

Contoh Label 1

Contoh Label 2

Contoh Label 2

Contoh Label 3

Contoh Label 3

Contoh Label 4

Contoh Label 4

Contoh Label 5

Contoh Label 5

Contoh Label 6

Contoh Label 6

Contoh Label 7

Contoh Label 7

Contoh Label 8

Contoh Label 8

Contoh Label 9

Contoh Label 9

Contoh Label 10

Contoh Label 10

Contoh Label 11

Contoh 11

Contoh Label 12

Contoh 12

Contoh Label 13

Contoh 13

Contoh Label 14

Contoh Label Makanan Ringan 14

Contoh Label 15

Contoh 15

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar kumpulan contoh label makanan ringan yang mudah dibuat dilengkapi dengan format isi, ukuran hingga bentuk beserta cara membuatnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat label produk makanan ringan miliki Anda sendiri.

Sumber gambar : google.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.