Editor Choice

7 Contoh Prototype Produk Barang Terlengkap dan Akurat 2022

Trikves.com – Melihat beberapa contoh prototype produk barang tentu akan membuat anda memahami beberapa kelebihan dan kekurangan barang jualan. Namun pentingkah protoype produk tersebut?

Pada dasarnya prototype produk merupakan salah satu bukti fisik berupa konsep perancangan. Contoh prototype produk barang tersebut nantinya akan direalisasikan setelah ada beberapa revisi serta saran.

Namun kurangnya ide serta gagasan terkadang membuat prototype produk sulit dibuat. Mungkin anda membutuhkan beberapa contoh prototype produk barang yang sudah ada agar mendapat inspirasi.

Guna mendatangkan inspirasi tersebut, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberi contoh prototype produk barang. Jadi pastikan Sobat Trikves menyimak beberapa contoh pada pembahasan.

Daftar Contoh Prototype Produk Barang Terlengkap dan Akurat

Beberapa contoh prototype barang pada daftar kali ini memang sudah teruji serta memuat informasi yang lengkap. Berikut beberapa prototype produk barang yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

1. Contoh Prototype Produk Otomotif Mobil

1. Contoh Prototype Produk Otomotif Mobil

Contoh pertama datang dari dunia otomotif berupa mobil. Dalam rancangan dapat terlihat bagaimana desainer mencoba menggambarkan dimensi produk kemudian hasil akhir dari prototype nantinya.

Adapun keterangan tentang kapasitas penumpang, harga, jenis otomotif, dan kemampuan mesin. Jadi silahkan anda buat desain protoype seperti di atas apabila ingin terjun kedalam dunia otomotif.

2. Contoh Prototype Produk Makanan

2. Contoh Prototype Produk Makanan

Selanjutnya terdapat salah satu prototype produk makanan, yaitu burger. Dalam prototype tersebut dijelaskan beberapa tujuan pembuatan burger serta latar belakang masalah terciptanya produk.

Meski terbilang sederhana, contoh di atas sudah cukup merefleksikan perencanaan prototype makananan. Silahkah gunakan gambar di atas apabila ingin anda ingin berinovasi dalam bidang kuliner.

3. Contoh Prototype Kemasan Produk Makanan

3. Contoh Prototype Kemasan Produk Makanan

Setelah produk makanan sudah jadi, maka langkah selanjutnya tentu saja membuat kemasannya. Contoh di atas merupakan protype barang berupa kemasan donat secara lengkap.

Adapun penjelasan tentang bagaimana cara kerja dari kemasan ketika hendak digunakan. Jadi audiens dapat mengetahui bagaimana barang atau kemasan tersebut nantinya.

4. Contoh Prototype Produk Fashion

4. Contoh Prototype Produk Fashion

Selanjutnya terdapat sebuah prototype dari produk fashion berupa pakaian. Dapat terlihat bagaimana desainer membuat sketsa, kemudian hasil akhir gaun nantinya akan jadi seperti apa.

Namun dalam dunia fashion, beberapa hal seperti tema dan penggunaan bahan harus turut dipertimbangkan. Lakukan proses Moodboard agar desain tidak menyimpang dari tema.

5. Contoh Prototype Produk Furniture

5. Contoh Prototype Produk Furniture

Berikutnya terdapat contoh prototype dari produk furniture atau mebel. Tentunya sebagai awalan, produk furniture ini digambarkan sketsa barangnya terlebih dahulu. Kemudian barulah dibuat prototype barang yang mengacu pada konsep.

6. Contoh Prototype Komponen Elektronik

6. Contoh Prototype Komponen Elektronik

Adapun contoh prototype lainnya berupa komponen perangkat elektronik. Komponen tersebut akan dibuatkan sketsanya terlebih dahulu sebelum nantinya disusun serta digunakan.

7. Contoh Prototype Produk Mesin

7. Contoh Prototype Produk Mesin

Gambar di atas merupakan salah satu jenis prototype mesin pengayak pasir. Dijelaskan beberapa komponen penting, ukuran, bahan pembuatan, dan jumlahnya dalam satu mesin.

Cara Membuat Beberapa Contoh Prototype Produk Barang

Apabila beberapa contoh prototype di atas kurang memberikan ide, maka silahkan anda melakukan eksperimen. Silahkan gunakan beberapa cara berikut ini agar prototype produk barang dapat tercipta.

1. Tentukan Tema Produk

Sebelum anda membuat sebuah produk, maka terlebih dahulu tentukan tema. Bisa berupa kuliner, elektronik, fashion, otomatif, dan masih banyak yang lainnya.

2. Kumpulkan Barang-barang yang Menginspirasi

Proses pengumpulan barang sebagai sumber inspirasi ini biasa disebut sebagai moodboard. Beberapa barang itulah yang nantinya akan menjadi pedoman dalam membuat sebuah desain produk.

Beberapa barang tersebut dapat berupa foto, lukisan, objek tertentu yang menggambarkan tema. Setelah barang terkumpul, anda akan membuat coretan gambar.

3. Membuat Sketsa Produk Desain dan Teknis

Setidaknya dalam menyusun sebuah prototype produk barang, anda diharuskan membuat sketsanya terlebih dahulu. Tuangkan semua ide, gagasan, serta kreativitas dalam pembuatan contoh sketsa.

Pembuatan sketsa tersebut juga nantinya akan dikategorikan lagi sesuai jenisnya. Berikut beberapa kategori penggambaran sketsa dalam protoype produk barang.

Sketsa Desain: Menunjukan tampak visual dari sebuah barang setelah diproduksi.

Sketsa Teknis: Menunjukan dimensi dari sebuah produk barang, material pembuatan, dan cara kerja.

Umumnya pembuatan sketsa akan lebih mudah dilakukan apabila anda nantinya mengerti tentang software. Namun tulis tangan atau gambar manual juga diperbolehkan tergantung dari pihak yang meminta sketsa.

4. Buatlah Prototype Berupa Produk 3D

Setelah selesai membuat sketsa sebuah produk barang dalam bidang 2D, maka segera buatlah contoh 3D. Artinya contoh produk tersebut dapat terlihat nyata dari berbagai sisi (timbul).

Adanya contoh produk 3D akan membuat proses koreksi menjadi lebih akurat. Pasalnya sudah jelas skala serta bagian protype produk secara rinci. Namun cara ini lebih bersifat opsional atau tidak wajib.

5. Realisasikan Prototype Berpedoman Pada Konsep

Apabila semua hal yang berhubungan dengan gambar sudah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah merealisasikan prototype produk. Namun perlu diingat bahwa hasil realisasi harus berpedoman pada contoh konsep.

Prototype tersebut nantinya tidak harus sempurna seperti hasil akhir. Hanya saja pastikan jika contoh prototype barang benar-benar berfungsi sesuai konsep. Jadi ide tersebut akan dianggap berkualitas dan berkelas.

6. Jelaskan Bagaimana Cara Kerja Produk

Setelah jadi sebuah prototype, maka jelaskan kepada kolega atau kepada siapa anda membuatnya. Silahkan jabarkan produk barang dari awal hingga akhir serta bagaimana hal tersebut dapat bekerja.

Tentunya rasa penasaran akan muncul di benak audiens. Mau tidak mau anda harus menanggapi beberapa pertanyaan seputar prototype barang. Cukup jelaskan jawaban cerdas serta jangan menambahkan hal yang mustahil untuk dibuat.

7. Perbaiki Prototype Produk Barang Sesuai Revisi

Sesi tanya jawab atau diskusi tentang prototype produk merupakan salah satu momen menyenangkan. Pasalnya anda dapat dengan mudah mendapatkan kritik, masukan, dan saran yang membangun.

Apabila semua saran tadi sudah tertampung dan diketahui pula letak kelemahan produk, maka segera lakukan perbaikan. Benahi apa-apa saja yang dianggap sebagai cacat pada produk.

Apabila terdapat beberapa bagian yang dirasa sudah bagus, maka biarkan dan jangan dirubah kembali. Cukup perbaiki kekurangan dari contoh prototype barang sesuai anjuran.

8. Realisasikan Prototype Produk Barang

Setelah revisi dari prototype produk barang dianggap lulus, maka ide tersebut sudah bisa dibuat serta dijadikan produk jualan. Tentu karena sudah melalui berbagai tahapan sulit, sudah pasti produk memiliki kualitas apabila sudah dipasarkan.

Kesimpulan

Banyak juga contoh prototype produk barang yang sudah beredar saat ini. Tentunya hal tersebut akan semakin memudahkan anda dalam membuatnya. Silahkan mulai realisasikan perencanaan agar bisnis bisa segera berjalan.

Setelah bisnis sudah berjalan, tentu anda harus mempromosikannya ke ranah publik. Maka dari itu, silahkan Sobat Trikves kunjungi pembahasan kami tentang Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.