Bisnis Offline

√ Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta : Jenis, Rincian, dan Tips 2022

Trikves.com -Menjalankan sebuah kegiatan produktif akan lebih terjangkau dengan usaha sembako modal 5 juta. Namun, apakah mungkin modal tersebut cukup untuk menjalankan sebuah usaha?

Berbicara tentang usaha memang tidak pernah lepas dari yang namanya modal. Apalagi jika usaha sembako dengan modal 5 juta, maka harus ada alokasi dana agar kegiatan operasional berjalan lancar.

Sayangnya banyak orang merasa kekurangan dan tidak dapat memaksimalkan dagangannya saat menjalankan usaha sembako dengan modal 5 juta. Jadi perlu adanya rincian tentang hal tersebut.

Agar dapat memaksimalkan usaha sembako dengan modal 5 juta, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Jadi silahkan Sobat Trikves simak pembahasan dan rincian informasi modalnya.

Kenali Langkah Awal Memulai Usaha Sembako

Kenali Langkah Awal Memulai Usaha Sembako

Menjalankan usaha sembako memang membutuhkan persiapan awal dalam pelaksanaannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar nantinya dalam menjalankan kegiatan produktif tidak ada kendala. Berikut beberapa langkah awal dalam memulai usaha sembako.

1. Memilih Tempat Pelaksanaan Usaha

Tempat usaha akan sangat berpengaruh dalam memulai sebuah usaha sembako. Akan lebih baik saat tempat usaha dekat dengan pemukiman. Pasalnya sembako akan sangat erat dengan kebutuhan masyarakat.

2. Menyediakan Perabotan Usaha Sembako

Selain tempat, anda juga membutuhkan berbagai perabotan guna dijadikan sebagai display barang dagangan. Beberapa perabot tersebut bisa diperoleh secara murah melalui marketplace online.

3. Mencari Supplier Sembako Terpercaya

Apabila segala tempat sudah dipersiapkan secara matang, maka langkah selanjutnya adalah mencari supplier agar ketersediaan barang selalu terjaga. Silahkan cari supplier sembako terpercaya dengan harga terjangkau.

4. Memahami Persaingan Pasar

Peta usaha sembako sangat identik dengan persaingan. Namun hal tersebut dapat anda pahami dan pelajari agar dapat menaklukannya. Lakukan riset secara mendalam agar harga pasaran dapat diketahui.

Apa Saja Jenis Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta?

Saat menjadi seorang pelaku usaha, anda harus mengetahui apa saja sembako yang potensial untuk dijual. Tentu saja anda harus mengelola modal 5 juta tadi agar menghasilkan untung besar. Agar dapat memberikan pencerahan, berikut referensi dagangan sembako dengan modal 5 juta.

  • Usaha Minyak Goreng
  • Usaha Beras
  • Jual Telur Ayam
  • Jual Tepung
  • Stok Mi Instan
  • Makanan Ringan
  • Jual Air Mineral Kemasan
  • Bumbu Masak Dapur
  • Peralatan Mandi
  • Obat-obatan Kemasan

Sumber Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Sumber Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Modal 5 juta memang terbilang sebagai angka yang cukup kecil untuk membuka sebuah usaha tertentu. Apabila anda memilih sembako, maka kemungkinan bisnis dapat dijalankan secara kecil-kecilan.

Lantas bagaimana cara mendapatkan modal 5 juta guna memulai usaha? Berikut beberapa cara yang dapat dijadikan sebagai sumber modal usaha sembako tersebut.

1. Gaji Kerja sebagai Sumber Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Sudah menjadi sebuah hal yang umum apabila ingin mendapatkan modal usaha sembako, maka anda harus bekerja. Mengingat saat ini merupakan era modern serta teknologi, modal 5 juta bisa didapatkan dengan mudah.

Ada beberapa bisnis online yang bisa anda jalankan terlebih dahulu sebelum memulai usaha sembako. Kami pernah membahas tentang Bisnis Online Rumahan untuk dijalankan selagi mengumpulkan modal.

2. Tabungan sebagai Sumber Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Membuat tabungan 5 juta yang anda miliki guna membuka usaha akan lebih baik daripada nilainya tergerus oleh inflasi. Namun tentu saja yang namanya sebuah usaha sembako pasti akan ada pasang surutnya.

Guna mensiasati hal tersebut, kami sudah pernah membuat pembahasan tentang Cara Mengantisipasi Resiko Usaha sebagai sarana penambah wawasan. Namun pastikan terlebih dahulu kebutuhan harian sudah terpenuhi sebelum menggunakan tabungan.

3. Investasi sebagai Sumber Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Investasi sejatinya menyimpan uang dalam bentuk aset tertentu dalam jangka panjang. Adanya kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai upaya menghindarkan kekayaan dari dampak inflasi.

Adapun keuntungan dari kegiatan investasi seperti bunga, capital gain, dividen, dan masih banyak yang lainnya guna mengumpulkan modal 5 juta. Jadi silahkan cobalah beberapa produk investasi yang ada saat ini.

4. KUR (Kredit Usaha Rakyat) sebagai Sumber Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Pemerintah sudah berusaha membantu masyarakat dengan menyediakan fasilitas berupa layanan KUR (Kredit Usaha Rakyat). Tentunya program tersebut sangat membantu masyarakat yang ingin memulai UMKM seperti usaha sembako.

Nominalnya pun variatif mulai dari Rp. 5 juta hingga Rp. 100 juta dalam sekali permodalan. Hanya saja pinjaman untuk modal awal usaha tersebut memiliki risiko apabila anda gagal bayar. Jadi gunakan KUR apabila memang memiliki kemampuan keuangan dan terpaksa.

Alokasi Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Alokasi Modal 5 Juta untuk Usaha Sembako

Modal senilai Rp. 5 Juta memang dirasa belum mencukupi kebutuhan usaha. Namun apabila alokasinya dilakukan secara optimal, hasilnya juga akan terlihat menguntungkan. Berikut rincian alokasi dana awal dalam usaha sembako.

Inventaris atau Peralatan

Inventaris atau PeralatanAlokasi Modal
Alat Timbangan Satu SetRp. 400.000,00
Satu Set Meja dan KursiRp. 1.000.000,00
KalkulatorRp. 50.000,00
Jumlah Alokasi Inventaris atau PeralatanRp. 1.450.000,00

Perlengkapan Dagang

PerlengkapanAlokasi Modal
ToplesRp. 200.000,00
Alat TulisRp. 25.000,00
PlastikRp. 25.000,00
TampahRp. 30.000,00
Jumlah Alokasi Perlengkapan DagangRp. 280.000,00

Biaya Operasional

Biaya OperasionalAlokasi Modal
Biaya listrik, air, dan teleponRp. 200.000,00
Biaya Depresiasi atau Penyusutan PeralatanRp. 100.000,00
Biaya Angkut PembelianRp. 300.000,00
Jumlah Alokasi Biaya OperasionalRp. 600.000,00

Barang Dagangan

KeteranganPemasukanPengeluaranSaldo
Modal AwalRp. 5.000.000,00
Alokasi InvestarisRp. 1.450.000,00Rp. 3.550.000,00
Alokasi PerlengkapanRp. 280.000,00Rp. 3.270.000,00
Alokasi BiayaRp. 600.000,00Rp. 2.670.000,00
Alokasi Stok Barang DaganganRp. 2.760.000,00

Kurang lebih itulah rincian alokasi dana usaha menggunakan modal Rp. 5 Juta. Namun harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung wilayah dari masing-masing pelaku usaha.

Tips Mengembangkan Usaha Sembako

Tips Mengembangkan Usaha Sembako

Setelah berhasil membuka sebuah usaha sembako, maka selanjutnya anda harus melakukan berbagai upaya guna mempertahankannya. Berikut beberapa cara dalam menjalankan usaha modal 5 juta.

1. Mempromosikan Usaha Sembako

Usaha sembako yang sudah berjalan harus dipromosikan secara luas kepada khalayak ramai. Bisa dari mulut ke mulut maupun secara online melalui media sosial. Inilah salah satu kunci agar usaha modal 5 juta yang sudah dibangun mengalami perkembangan.

2. Membuat Catatan Keuangan

Catatan keuangan merupakan hal penting bagi seorang pelaku usaha sembako. Pasalnya setiap hari anda harus memahami jumlah pemasukan serta pengeluaran dana dalam kegiatan operasional.

Laporan yang dibuat juga dapat dijadikan sebagai indikator asal muasal keuntungan maupun kerugian dalam usaha. Dengan demikian, pelaku usaha dapat membenahi segala bentuk kekurangan.

3. Rajin Cek Stok Barang

Berdagang sembako dengan modal 5 juta akan lebih dianggap kredibel apabila produk yang dijual berkualitas. Maka dari itu silahkan rutin melakukan pengecekan pada barang dagangan.

Silahkan sortir barang layak jual pada gudang maupun display. Lakukan retur pada supplier atau Re-Stock agar kualitas sembako tetap terjaga.

4. Jalin Komunikasi dengan Konsumen

Menjaga kepercayaan konsumen akan lebih mudah dilakukan manakala anda rutin melakukan komunikasi. Adanya percakapan akan lebih mengeratkan hubungan antara pelaku usaha dan pembeli. Jadi dalam waktu singkat akan terbentuk komunitas pelanggan.

Kesimpulan

Ternyata mudah bukan membuka sebuah usaha sembako dengan modal 5 juta. Tentunya dibutuhkan kerja keras serta ketekunan dalam membangun usaha tersebut. Jadi jangan sampai anda merasa putus asa.

Apabila anda membutuhkan usaha lainnya untuk dijalankan, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Usaha Makanan Ringan. Jadi Sobat Trikves bisa mendapatkan banyak referensi guna dijadikan ladang penghasilan.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.