Bisnis Online

Cara Membuat TikTok Shop Untuk Jualan & Syarat Utama!

Cara Membuat TikTok Shop – Memulai bisnis online di masa seperti sekarang rasanya sudah bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Mengingat semakin berkembangnya era digital membuat banyak tempat bisa kita gunakan untuk memulai bisnis online.

TikTok, sebagai salah satu platform media sosial yang cukup ternama bahkan bukan sekedar merupakan aplikasi media sosial semata. Tetapi di platform satu ini kita bisa mulai melakukan bisnis dengan cara berjualan di toko TikTok.

Yah, bukan lagi menjadi rahasia TikTok sekarang sudah dilengkapi dengan adanya fitur jual beli / yang lebih dikenal dengan istilah TikTok Shop. Kalian dapat memasarkan beragam produk yang kalian miliki melalui platform dengan jumlah pengguna begitu besar ini.

Namun sama halnya ketika ingin berjualan di Shopee, Tokopedia atau marketplace lain tentu kita juga harus memiliki Toko di TikTok. Untuk itulah bagi kalian para pemula yang ingin berjualan di TikTok, berikut ini adalah langkah mudah cara membuat TikTok Shop / Toko TikTok.

Tentang TikTok Shop

Mendengar kata Toko TikTok kami yakin hampir sebagian besar masyarakat tentu sudah begitu mengenalnya. Namun apakah kalian tahu apa sebenarnya TikTok Shop itu?. Nah sebelum kita mulai membahas syarat dan juga cara membuat Toko di TikTok berikut penjelasan tentang TikTok Shop.

Singkatnya TikTok Shop merupakan wadah / tempat bagi para pengguna TikTok yang ingin menawarkan barang / produk kepada para pengguna TikTok lain untuk dapat membelinya. Melalui fitur Toko TikTok setidaknya para pengguna yang ingin melakukan pemeblian barang tak perlu keluar dari aplikasi ini/

Mereka bisa langsung melakukan transaksi mulai dari checkout hingga pemesanan / pembayaran langsung dari dalam aplikasi TikTok itu sendiri. Dengan begitu, buat kalian para pemilik bisnis / produk yang ingin memasarkannya secara luas tidak salah jika memilih TikTok sebagai wadahnya.

Yang menariknya lagi, ketika kalian sudah berhasil melakukan pendaftaran Toko di TikTok. Nantinya di akun yang kalian miliki tersebut akan muncul sebuah fitur berupa tombol bertuliskan “Shop” pada halaman profil dengan ikon tas belanja yang dapat dilihat semua pengguna untuk memilih barang.

Keunggulan TikTok Shop

Setelah mengetahui apa itu TikTok Shop seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Kami yakin banyak dari kalian yang lalu bertanya apa sebenarnya keunggulan dari TikTok Shop bila dibandingkan dengan marketplace lain yang ada saat ini bukan?.

Untuk itu, sebelum kita bahas syarat dan cara membuat Toko TikTok untuk jualan. Tak ada salahnya apabila disini juga kami jelaskan apa saja keunggulan / kelebihan TikTok Shop tersebut, sehingga hal ini membuat kalian bisa lebih percaya untuk segera menggunakannya dalam pembelian barang.

  1. Memiliki sistem yang praktis karena sudah terintegrasi langsung di dalam aplikasi TikTok itu sendiri.
  2. Memiliki pangsa pasar yang terbilang sangat besar karena jumlah pengguna aktif pun begitu banyak.
  3. Disertai adanya layanan gratis ongkir.
  4. Bisa dijadikan sebagai tempat bisnis perorangan / individu.
  5. Pemasaran lebih maksimal karena ada fitur TikTok Ads.

Syarat Daftar Toko di TikTok Shop

Kemudian untuk dapat melakukan pendaftaran / pembuatan akun TikTok Shop untuk jualan. Seperti halnya cara join TikTok Affiliate yang sebelumnya sudah pernah kami sampaikan. Setidaknya dalam hal ini terdapat beberapa syarat yang perlu disiapkan, diantaranya seperti:

  • KTP / paspor
  • Pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun
  • Akun memiliki minimal 2000 followers 
  • Akun memposting 50 video dalam 28 hari terakhir
  • Pemilik akun mempunyai rekening bank
  • Toko dan produk yang dijual sesuai dengan syarat dan ketentuan TikTok
  • Pengguna harus memakai aplikasi TikTok non Lite
  • Nomor HP

Cara Membuat TikTok Shop Untuk Jualan

Adapun untuk cara membuat TikTok Shop sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan menggunakan aplikasi dan juga bisa langsung menggunakan situs website TikTok. Meskipun begitu secara garis besar langkah yang dibutuhkan tidaklah jauh berbeda.

Untuk itu disini akan kami sampaikan dan jelaskan secara lengkap langkah dan cara membuat TikTok Shop untuk jualan baik melalui situs website maupun melalui aplikasi. Jadi buat kalian para pemula yang ingin mencoba peruntungan di Toko TikTok, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Daftar Lewat Aplikasi

  • Buka aplikasi TikTok di HP kalian dan pastikan sudah menggunakan versi terbaru di Play Store / App Store.
  • Masuk ke menu Profile.
  • Kemudian silahkan pilih garis tiga di pojok kanan atas.
  • Lalu lanjutkan dengan pilih opsi Creator Tools / Alat Kreator.
  • Setelah itu silahkan klik Toko TikTok di bagian Monetization.
  • Klik Apply di bagian Syarat & Ketentuan.
  • Akun TikTok Shop pun sudah bisa dibuka.
  • Sampai disini kalian cukup menunggu proses verifikasi yang tidak akan lama.
  • Apabila sudah berhasil, maka badge (icon) Toko TikTok akan muncul di bagian Profil.

Daftar Lewat Website

Klik Daftar Sekarang
  • Setelah itu silahkan kalian isi formulir pendaftaran yang muncul, pastikan semua data yang kalian input benar yah.
Isi Formulir
  • Jika sudah silahkan kalian klik tombol Simpan.
  • Pendaftaran Toko TikTok pun berhasil dilakukan.

Kesimpulan

Dengan adanya layanan Toko TikTok yang jelas hal ini dapat membuat kalian para pemilik bisnis online kini bisa mendapatkan wadah baru untuk memasarkan produk / barang yang kalian miliki. Namun seperti apa yang sudah trikves.com sampaikan.

Untuk dapat menikmati semua layanan / fitur di dalam Toko TikTok yang jelas ada syarat dan ketentuan seperti kami rangkum di atas. Dan kiranya sekian informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara membuat TikTok Shop untuk jualan semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.