Bisnis Online

11 Cara Memunculkan Marketplace di Facebook Lite 2022

Trikves.com – Marketplace Facebook adalah fitur yang digunakan untuk aktivitas jual beli barang. Secara langsung Marketplace Facebook mampu membantu penggunanya memasarkan produk serta menemukan barang dengan mudah. Namun masalah Marketplace Facebook tidak muncul kadang terjadi sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya. Oleh karena itu cara memunculkan Marketplace di Facebook Lite harus segera dilakukan.

Sebelumnya kami sudah membahas mengenai contoh iklan kolom, di Facebook penggunanya bebas memposting barang jualan kemudian dapat dilihat orang lain sehingga termasuk iklan promosi gratisan. Pada dasarnya cara memulihkan Marketplace Facebook Lite dapat dilakukan apabila memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan berlaku.

[toc]

Facebook memang memberlakukan pembatasan usia dimana tidak semua bisa mengakses beberapa fiturnya. Kemudian ada pula beberapa negara yang memang tidak memiliki akses ke fitur Marketplace karena peraturan ditetapkan. Di Indonesia sendiri memang Marketplace di Facebook telah didukung dan bisa dimanfaatkan secara gratis.

Secara langsung pengguna dapat membuka Marketplace tanpa perlu melakukan install aplikasi tambahan apapun. Pada umumnya Marketplace dapat diakses dengan masuk ke menu ikon yang sudah disediakan. Namun kadang untuk beberapa pengguna ikonnya tidak muncul sehingga wajib tahu cara mengaktifkan Marketplace.

Penyebab Marketplace Facebook Tidak Muncul

Pada saat Marketplace di Facebook Lite tidak muncul maka penyebab paling utamanya adalah usia dari pengguna belum memenuhi kriteria. Minimal umur pengguna Marketplace di Facebook Lite harus sudah 18 tahun, jadi jika kurang maka secara otomatis fiturnya tidak dapat diakses langsung. Kemudian untuk cara memunculkan Marketplace di Facebook baru biasanya membutuhkan waktu karena akan ada verifikasi data dan juga umur penggunanya.

Memang cara membuka Marketplace di FB dapat dilakukan langsung di Indonesia karena sudah mendukung fiturnya. Kemudian untuk yang mengalami gambar di Marketplace tidak muncul atau bahkan ikon Marketplace hilang maka bisa jadi anda terdeteksi melakukan spam. Disini spam yang dimaksud adalah memposting barang dengan gambar dan deskripsi sama berkali kali disemua tempat.

Ketika sudah terbaca spam biasanya aktivitas penggunanya akan dibatasi dimana tidak dapat posting ataupun bahkan membuka Marketplace di Facebook Lite. Namun pembatasannya biasanya berlaku beberapa hari saja, sehabis itu anda dapat kembali mengakses Marketplace di Facebook Lite secara normal.

Cara Memunculkan Marketplace di Facebook Lite

Lantas bagaimana cara memunculkan Marketplace di Facebook Lite? Secara langsung anda dapat mencoba untuk mengubah usia sesuai dengan ketetapan Facebook. Minimal tahun lahir sampai saat ini harus minimum 18 tahun, perubahan data diri ini dapat diakses secara mudah melalui menu profile sehingga cepat teratasi.

Namun sebelum mengganti umur pastikan terlebih dahulu perhitungan tahunnya tepat diatas 18 tahun agar dapat diterima. Meskipun kesannya memberikan informasi palsu namun cara ini sangat berguna untuk mengaktifkan kembali Marketplace. Sebagai pengguna Facebook Lite memang wajib menaati semua aturan yang dibuat.

Kemudian bagi pengguna baru memang harus menunggu waktu untuk verifikasi data supaya umur dapat teridentifikasi. Namun ketika sedang terdesak membutuhkan membeli atau menjual barang silahkan simak cara dibawah ini.

1. Login Facebook Lite

Memunculkan Marketplace di Facebook Lite

Pastikan Facebook Lite sudah diupdate ke versi terbaru, silahkan buka kemudian anda login memakai emaill/nomor HP dan password.

2. Masuk ke Menu Opsi

cara memunculkan marketplace di facebook baru

Apabila sudah berhasil login ke akun Facebook anda maka silahkan tekan menu opsi atau ≡ dipojok paling kanan.

3. Masuk ke Profil

cara memulihkan marketplace facebook lite

Pada menu ini jika Marketplace tidak tampil maka anda dapat melakukan perubahan usia. Untuk melakukannya silahkan masuk ke Lihat profil anda

4. Edit Profil

cara mengaktifkan marketplace

Kemudian akan tampil profil Facebook, berikutnya untuk merubah umur silahkan tekan Edit Profile

5. Edit Info

cara membuka marketplace di fb

Muncul semua detail informasi di profile Facebook Lite anda, berikutnya lanjutkan dengan menekan Edit info Tentang Anda

6. Edit Tanggal Lahir

cara memperbarui marketplace facebook

Setelah masuk ke laman tentang, scroll kebagian bawah kemudian masuk ke info umum. Silahkan tekan tombol edit pada tanggal lahirnya.

7. Ubah Tahun Lahir

Cara Memunculkan Marketplace

Dibagian info umum untuk tanggal lahirnya bisa dibiarkan, kemudian masuk ke tahun lahir lalu tekan menu dropdown.

8. Pilih Tahun

Memunculkan Marketplace Facebook Lite

Silahkan pilih salah satu tahun kelahiran dimana pastikan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Anda dapat mengedit tahun lahir lama seperti 90an atau 80an.

9. Konfirmasi Umur

marketplace facebook

Tahun kelahiran akan berubah, kemudian centang Saya mengkonfirmasi bahwa saya berusia…

10. Simpan Perubahan

mengaktifkan marketplace

Sesudah konfirmasi usia maka gulir layarnya kearah bawah, silahkan tap tombol Simpan.

11. Marketplace di Facebook Lite Muncul

marketplace tidak muncul

Tutup aplikasi Facebook Lite kemudian tunggu kurang lebih 2 menit untuk mengaktifkan Marketplace. Setelah itu buka kembali Facebook Lite kemudian ikon Marketplace sudah tampil.

Kesimpulan

Sebelumnya kami sudah membahas perbedaan TikTok Shop dan TikTop Affiliate dimana terlihat dari cara pemasarannya. Ketika cara memunculkan Marketplace di Facebook Lite sudah selesai dilakukan maka fasilitasnya tidak kalah dibandingkan TikTok Shop. Kemudian cara memperbarui Marketplace Facebook memang cukup mudah dilakukan dengan merubah usia penggunanya.

Berbeda halnya dengan cara mengaktifkan Marketplace Facebook yang diblokir dimana karena kesalahan pengguna dan membutuhkan penanganan khusus. Ketika akun dibatasi berarti anda sudah pernah melakukan spam dengan banyak membuat postingan yang sama. Biasanya diberikan batas waktu maksimal dengan hitungan hari.

Kemudian untuk cara memunculkan Marketplace di Facebook Lite dikhususkan untuk akun yang normal dan tidak terlibat masalah sebelumnya. Jadi Marketplace dapat dikembalian dengan cepat tanpa perlu menunggu waktu lama. Demikian penjelasan trikves.com, semoga dapat jadi gambaran dan referensi bagi anda.

Sumber gambar: google.com, trikves.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.