Bisnis Offline

12 Cara Menata Warung Sembako Kecil: Menarik & Modern

Cara Menata Warung Sembako Kecil – Memiliki usaha atau bisnis pribadi mungkin menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya mereka yang memang memiliki pasion pada bidang tersebut. Akan tetapi tidak semua orang diberikan nasib yang baik, ada beberapa yang mungkin minim modal sehingga mereka mengurungkan niat untuk membuka usaha sendiri.

Membahas mengenai usaha, ada banyak sekali jenis usaha rumahan yang mungkin bisa kalian jadikan pilihan, seperti usaha warung sembako, usaha jajanan makanan ringan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun dari beberapa usaha rumahan tersebut, kami rasa usaha sembako menjadi yang paling banyak diminati, hal ini tentu dengan melihat kebutuhan sembako tersebut memang sangat dibutuhkan.

Untuk menarik banyak peminat orang agar berbelanja di warung sembako kita, maka kita harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari harga, penataan warung dan juga pelayanan. 3 poin ini harus kalian miliki agar nantinya warung sembako menjadi laris. Bagi kalian yang mungkin masih pemula dalam usaha ini, kalian bisa simak pembahasan kali ini terkait cara menata warung sembako kecil.

Laris atau tidaknya warung sembako yang kita miliki sudah pasti tergantung daripada bagaimana kita menata barang-barang yang dijual agar terlihat rapi dan menarik. Semakin rapi barang tersebut ditata dan diletakan, maka semakin mudah pula pelanggan yang ingin mengambil barang dagangan tersebut. Daripada penasaran, langsung saja simak tips dan cara menata warung sembako kecil yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Menata Warung Sembako Kecil

Cara Menata Warung Sembako Kecil

Seperti sudah dijelaskan sedikit diatas bahwasanya penataan barang dagangan sembako di warung kita tentu akan lebih banyak menarik minat pembeli. Karena nantinya pembeli akan lebih mudah mengambil barang yang akan dibelinya. Selain itu dengan penataan yang rapi juga akan semakin membuat pelanggan senang dan nyaman. Ada beberapa tips dan cara menata warung sembako kecil yang bisa kalian terapkan di bawah ini.

1. Gunakan Warna Cat Ruangan yang Menarik

Gunakan Warna Cat Ruangan yang Menarik

Tips atau cara pertama yang bisa kalian terapkan adalah dengan memilih warna cat ruangan yang terlihat menarik. Dalam hal ini kalian bisa menggunakan warna cat ruangan yang cerah seperti putih, hijau dan warna cerah lainnya. Kalian juga bisa menyesuaikan nuansa berbeda dengan warna warung berikut lokasinya. Hal ini agar tampilan warung tidak terkesan sempit. Hindari juga penggunaan warna cat gelap. Selain itu sesuaikan juga warna cat ruangan dengan pencahayaan yang ada.

2. Tempatkan Barang Sesuai dengan Jenisnya

Tempatkan Barang Sesuai dengan Jenisnya

Berikutnya kalian bisa menempatkan barang sesuai dengan jenisnya. Mengap hal ini wajib dilakukan, adalah agar nantinya pembeli bisa dengan mudah menemukan barang yang ingin mereka beli. Penempatan barang biasanya terbagi menjadi 2, yakni makanan dan non-makanan. Produk ini memang harus dipisah dan jangan pernah menggabungkan kedua produk tersebut ke dalam satu rak.

3. Perhatikan Letak Rak Barang

Perhatikan Letak Rak Barang

Lalu berikutnya kalian harus memperhatikan letak rak barang yang ada di setiap sudut warung. Perhatikan jarak rak atau gondola agar nantinya pembeli nyaman dan mudah mengambil barang dagangan yang ingin dibeli.

4. Susun Barang dengan Rapi

Susun Barang dengan Rapi

Cara menata warung sembako kecil berikutnya adalah dengan menyusun barang dagangan dengan rapi. Memang, menata warung sembako kecil butuh kesabaran yang lebih. Kita harus bisa membuat ruangan kecil bisa muat terisi banyak produk. Maka dari itu, kalian bisa menyusun barang dagangan berdasarkan kategorinya.

5. Gunakan Pola Grid Pattern

Gunakan Pola Grid Pattern

Terapkan juga pola Grid Pattern. Pola ini sangat cocok jika diterapkan pada toko kelontong, minimarket dan juga warung sembako kecil. Grid Pattern juga termasuk pola yang bisa menonjolkan barang dagangan. Penggunaan pola Grid Pattern ini bertujuan untuk mengoptimalkan produk serta memaksimalkan penggunaan ruangan. Disamping itu, kontrol keamanan pun bisa lebih mudah kita lakukan.

6. Tempatkan Barang Tertentu dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Tempatkan Barang Tertentu dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Seperti kita tahu bahwa ada beberapa barang yang tidak tahan atau bahkan tidak boleh terkena sinar matahari langsung, seperti cokelat, sayuran dan juga roti yang bisa cepat berjamur. Untuk itu, kalian bisa menempatkan barang-barang tersebut agar tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari dapat mempengaruhi suhu dan kelembapan yang menjadi faktor pembuat barang tidak bisa bertahan lama.

7. Tempelkan Informasi Harga

Tempelkan Informasi Harga

Memasang atau menempelkan label harga menjadi tips berikutnya yang wajib kalian terapkan. Label harga bisa dipasang dengan cara ditempelkan pada produk atau digantung dengan tali diatas produk. Kalian bisa memasang label harga pada barang apapun di warung sembako kalian. Hal ini agar nantinya pembeli bisa mengetahui langsung harga barang tersebut tanpa harus bertanya kepada penjaga warung. Ini bisa membantu calon pembeli untuk menyesuaikan budget barang yang ingin mereka beli.

8. Maksimalkan Bagian Dinding Warung

Maksimalkan Bagian Dinding Warung

Tips berikutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan dinding. Meskipun warung sembako kecil, dengan melakukan cara ini nantinya bisa menjadi alternatif kalian dalam menempatkan barang dagangan. Sebagai contoh, menggantung produk di dinding secara vertikal untuk memaksimalkan ruang yang ada. Barang dagangan kalian akan terlihat lebih banyak dan rapi. Selain itu, pembeli juga akan lebih leluasa membaca detail produk, seperti ukuran, komposisi, hingga tanggal kadaluwarsa jika barang disusun secara vertikal.

9. Perhatikan Kebersihan Ruangan

Perhatikan Kebersihan Ruangan

Kebersihan menjadi hal yang sangat penting dalam usaha warung sembako yang dijalankan. Pelanggan tentu akan lebih memilih warung yang bersih dan juga rapi. Maka dari itu kalian bisa selalu membersihkan warung di setiap bagi atau ketika akan tutup. Bersihkan juga barang-barang yang sekiranya sudah berdebu.

10. Sediakan Gudang Penyimpanan Barang

Sediakan Gudang Penyimpanan Barang

Dan untuk tips cara menata warung sembako kecil yang terakhir adalah dengan menyediakan gudang penyimpanan barang. Dengan memiliki gudang penyimpanan barang, maka akan membuat warung memiliki ruang yang cukup sehingga terkesan rapi.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai cara menata warung sembako kecil. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat trikves.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.