Emas

4 Cara Cek Nomor Seri Emas Antam 2022 : Sertifikat & Barcode

Trikves.com – Investasi emas batangan memang banyak diminati karena nilai jualnya stabil dan mampu bertahan sampai jangka panjang. Kini tersedia emas Antam batangan dengan berat 0,5, 1, 2, 3, 5, 10, 25, 50 bahkan hingga 100 gram. Supaya tidak tertipu ketika membeli pastinya anda wajib cek nomor seri emas Antam apakah terdaftar secara resmi atau tidak.

Pada dasarnya untuk mengetahui asli atau tidaknya emas maka nomor seri akan menjadi penentunya. Untuk nomor seri emas Antam menggunakan susunan huruf dan angka unik. Khusus batangan emas 10 gram sampai 100 gram akan terukir langsung digrafir dibawah nilai gram. Sedangkan untuk emas batangan 0,5 gram sampai 5 gram nomor seri tertulis pada kemasan. Sebelumnya kami sudah membahas cara mencairkan emas di Tokopedia dimana sudah termasuk kedalam emas digital.

Memang penjualan emas digital kini lebih mudah karena pengguna tidak perlu kawatir cek asli atau palsunya. Namun untuk sebagian orang lebih memilih emas batangan karena dapat disimpan secara mudah tanpa perlu kawatir lupa akun ataupun passsword. Untuk menghindari pemalsuan emas tentunya Antam membekali produknya dengan berbagai keamanan mulai dari kemasan sampai dengan sertifikat kepemilikannya.

Bahkan kini pengguna bisa melakukan cek sertifikat Antam online sehingga memastikan emas yang dimilikinya benar benar asli. Kemudian fungsi nomor seri pastinya untuk menandakan bahwa produk yang dimiliki benar benar asli dan terdaftar. Selain itu nomor seri juga dapat menjadi alat pelacakan kepemilkan emas sehingga ketika ada tindak kriminal mudah dilacak.

Cara Cek Nomor Seri Emas Antam

Dari nomor seri pelanggan juga bisa mencoba cara melihat tahun pembuatan emas Antam karena datanya sudah tersedia. Melalui aplikasi cek emas Antam anda dapat melakukan verifikasi kemudian mendapatkan data berupa nomor seri, lokasi serta tahun pembuatannya. Pada dasarnya dalam tiap emas batangan sudah terdapat nomor seri unik yang berbeda satu dengan lainnya.

Nomor seri emas Antam juga dapat dijadikan verifikasi untuk menentukan apakah benar benar asli ataupun palsu. Apalagi untuk pemula yang baru ingin mencoba membeli emas Antam pastinya wajib tahu bagaimana cara cek nomor seri dan memastikan keasliannya. Lebih jelasnya anda bisa simak cek nomor seri emas Antam dibawah ini.

1. Cek Nomor Seri Dari Batangan Emas Antam

Pertama ketika anda akan membeli emas Antam dengan berat 10 gram sampai dengan 100 gram maka nomor seri digrafir dan sudah terukir pada batangannya. Hal ini berlaku untuk emas dengan berat 10, 25, 50 serta 100 gram. Nomor seri akan berada dibawah ukuran berat gramnya, anda bisa amati dari gambar dibawah ini.

Cek Nomor Seri Dari Batangan Emas Antam

Karena nomor seri sudah terukir maka akan menghindari pemalsuan, disamping itu akan ada susunan huruf dan juga angka sehingga unik. Secara otomatis anda akan dapat dengan mudah membedakan nomor seri satu dengan lainnya.

2. Cek Nomor Seri dari Kemasan

Lalu untuk emas dengan berat 0,5 gram sampai dengan 5 gram nomor seri akan dituliskan pada kemasan Antam. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini dimana tertera dengan jelas tulisan yang sudah diprint kedalam kemasannya.

seri emas Antam

Secara langsung anda dapat menggunakan nomor seri pada kemasan untuk mengecek keasliannya. Jadi ketika akan membeli emas Antam pastikan juga mengecek bagian nomor seri apakah resmi terdaftar ataupun tidaknya.

3. Cara Cek Nomor Seri Dari Sertifikat Antam

Kemudian cek nomor seri emas Antam juga dapat dilakukan melalui sertifikat yang anda dapatkan ketika pembelian. Bentuk sertifikat emas Antam adalah seperti dibawah ini, akan terdapat informasi seperti alamat lengkap PT Antam, komponen, nilai, berat (gram), dimensi dan juga ID number atau nomor serinya.

Cara Cek Sertifikat Antam Asli

Pastikan ketika membeli emas baik offline maupun online mendapatkan sertifikat autentifikasi untuk menyatakan bahwa produksnya asli. Dengan perkembangan jaman kini selain sertifikat, pada kemasan juga sudah tersedia perlindungan keamanan untuk memastikan keasliannya.

4. Cek Barcode Antam via Aplikasi Online

Selanjutnya adalah cara cek barcode Antam dimana dengan mudah dilakukan apabila akan melakukan pembelian. Disini anda akan menggunakan aplikasi bernama CertiEye dimana mampu mengautentifikasi produk emas secara instan cukup memakai smartphone. Tanpa perlu sertifikat logam mulia Antam anda hanya perlu scan barcode pada kemasan maka akan muncul hasilnya.

  • Unduh aplikasi CertiEye untuk Androd ataupun iOS.
  • Silahkan siapkan kemasan emas Antam kemudian balik kebagian belakang. Terdapat kode barcode yang terletak dibagian bawah.
cek barcode antam
  • Lanjutkan membuka aplikasi CertiEye dan pastikan anda terkoneksi dengan internet, kemudian silahkan tekan tombol Scan
aplikasi cek emas antam
  • Arahkan kamera ke kode barcode dikemasan emas Antam kemudian tahan dengan stabil sampai prosesnya berjalan.
cek antam asli
  • Kemudian tunggu sampai CertiEye memproses kode barcode dari kemasan emas anda.
Nomor Seri Emas Antam
  • Setelah selesai akan muncul logo Antam dimana menandakan bahwa emas asli, kemudian dibawahnya terdapat informasi lokasi, nomor referensi, nomor seri dan juga tahun produksi.
cara melihat tahun pembuatan emas antam

Ciri Ciri Emas Antam Batangan Palsu

Investasi emas memang menguntungkan, anda bisa mencoba cara mengetahui harga emas naik atau turun secara online. Disamping itu untuk jangka panjang investasi emas cukup menghasilkan karena nilainya stabil serta tidak terlalu terpengaruh inflasi.

Sesudah cek nomor seri emas Antam maka anda dapat mengetahui keasliannya. Selain cek Antam asli anda juga harus memahami ciri ciri emas palsu supaya tidak terkena tindak penipuan. Pada dasarnya terdapat beberapa tanda yang dapat menandakan apakah emas itu benar benar asli ataupun palsu sebagai berikut.

  • Pada bagian depan batangan emas tidak terdapat logo LM dengan bentuk segilima dimana mengkilap.
  • Dibagian belakang batangan emas tidak memiliki logo Antam dengan finishing motif khusus.
  • Tidak menggunakan kemasan CertiCard sehingga tidak ada fitur keamanannya dan dipastikan palsu.
  • Nomor seri tidak sesuai ketika di cek secara online dan hasil scan barcode kosong/tak muncul.
  • Tak tertera berat emas pada batangannya.
  • Tidak sesuai standar berat emas Antam yaitu diluar 0,5, 1, 2, 3, 5, 10, 25, 50 serta 100 gram.
  • Warna pudar serta berbeda beda pada tiap sisinya. Untuk emas Antam asli warnanya sama dan seragam.
  • Menempel di magnet sehingga bukan emas melainkan berbahan besi.
  • Emas palsu banyak dijual oleh agen atau penjual tidak resmi.
  • Sertifikat emas hanya lembaran kertas biasa tanpa perlindungan keamanan.

Cara Cek Sertifikat Antam Asli

Berikutnya adalah cara cek sertifikat antam asli dimana dapat menggunakan sinar ultra violet. Setiap sertifikat sudah dilindungi dengan keamanan print dan cetakan sehingga tidak mudah ditiru. Untuk sertifikat emas asli jika disinari ultraviolet akan akan muncul garis strip strip berwarna warni selayaknya uang kertas. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

sertifikat logam mulia antam

Setelah itu balkik sertifikatnya kemudian sinari dengan ultraviolet maka juga terlihat strip berwarna dan dibagian tulisan deskripsinya terdapat blok warna. Informasi seperti component, fineness, weight, dimension, ID number serta signatory dibagian keterangannya berwara. Dibawahnya juga terdapat watermark logo logam mulia.

cek sertifikat antam asli

Anda juga dapat secara langsung mencocokkan apakah nomor seri pada sertifikat sama dengan yang tercetak di emas batangan. Tak heran jika cek nomor seri emas Antam erat kaitannya dengan sertifikat karena saling berhubungan untuk verifikasi keasliannya.

Kesimpulan

Pada dasarnya cek nomor seri emas Antam memang dapat dilakukan cukup mudah, namun diperlukan ketelitian supaya memastikan produk yang dibeli asli. Dengan fasilitas cek barcode online akan semakin memudahkan konsumen ketika membeli emas baik secara online maupun offline.

Selain itu cek nomor seri emas Antam juga dapat menampilkan tahun pembuatan bahkan negara asalnya. Semoga dengan penjelasan cek nomor seri emas Antam dari trikves.com akan menjadi referensi ketika anda akan membeli emas.

Sumber gambar: logammulia.com, antam.com, youtube.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.