Emas

8 Cara Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian 2022 : Website & Digital

Trikves.com – Anda tentunya sudah mengenal produk Tabungan Emas Pegadaian dimana digunakan sebagai alat investasi jangka pendek maupun panjang. Pegadaian Tabungan Emas sendiri merupakan layanan titip saldo emas yang mudah dimanfaatkan serta memiliki fasilitas seperti pembukaan rekening, top up saldo, pejualan serta pencetakan emas batangan.

Dibanding Deposito Rupiah Mandiri memang tabungan emas banyak dipilih karena dapat kapan saja diambil ataupun dijual apabila dibutuhkan. Kemudian cara top up tabungan emas Pegadaian juga dapat dilakukan kapanpun sehingga investasi akan lebih mudah. Disisi lain cek saldo tabungan emas Pegadaian juga dapat dipantau melalui website serta aplikasi sehingga semakin fleksibel.

Bicara soal cara cek saldo tabungan emas Pegadaian memang hampir sama seperti tabungan lainnya karena ada nomor rekening sebagai identitas nasabahnya. Namun bedanya tabungan emas dapat dibuka secara online, sedangkan tabungan bank wajib dibuat pada kantor cabang. Demikian pula dengan penggunaannya keduanya akan sangat berbeda karena emas memiliki pergerakan harga tersendiri.

Melalui tabungan emas anda dapat memperoleh keuntungan sekaligus sebagai alat investasi jangka panjang. Dengan fasilitas pencetakan saldo emas anda dapat memperoleh cetakan emas batangan yang dibuat oleh anak perusahaan Perusahaan PT Pegadaian Persero yaitu PT Pegadaian Galeri Dua Empat.

Cara Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian

Jika dibandingkan dengan tabungan uang dapat dikatakan emas lebih menguntungkan karena nilainya jauh lebih stabil. Kemudian nasabah dapat kapan saja menabung dengan nominal minimal 0,01 gram sampai maksimalnya 100 gram perhari. Terlebih hingga kini emas masih sangat digemari mulai kalangan mudah sampai tua karena tidak terpengaruh inflasi.

Selain investasi emas, cara jualan di Tiktok Shop untuk pemula juga sedang trend dan dapat dicoba supaya meningkatkan penghasilan. Bedanya saldo tabungan emas Pegadaian lebih cocok untuk investasi jangka panjang dan menguntungkan karena harganya yang stabil.

Investasi emas di Pegadaian memang menguntungkan karena resikonya yang termasuk minim. Terlebih saldo tabungan dapat juga dimanfaatkan sebagai jaminan ketika membutuhkan pinjaman dana. Kemudian kedepannya harga emas mempunyai kecenderungan untuk naik sehingga dapat dijadikan tabungan masa depan.

Nasabah bisa cek saldo secara online ataupun offline sehingga jauh lebih fleksibel. Bagi yang memilih datang ke kantor Pegadaian wajib menyiapkan nomor rekening serta KTP sebagai verifikasinya. Bagi yang masih penasaran bagaimana cara cek saldo tabungan emas Pegadaian silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cek Sisa Tabungan Emas di Website

Cara pertama adalah menggunakan website untuk cek transaksi Pegadaian dimana akan memuntulkan status saldo terkini dan juga mutasinya. Cek saldo lewat website menjadi pilihan utama karena sangat mudah dilakukan dan dapat diakses selama 24 jam. Anda cukup menyiapkan informasi meliputi nama nasabah, nama ibu kandung, tanggal lahir, PIN dan juga nomor rekening tabungan.

Pada proses cek saldo anda diwajibkan memasukkan validasi berupa kode captcha yang bertindak sebagai alat keamanan. Kemudian setelah mengecek transaksinya maka akan tampil sisa saldo tabungan emas serta transaksi yang sudah dilakukan.

1. Masuk ke Website BMI Pegadaian co id

bmi pegadaian co id

Pertama siapkan browser kemudian buka halaman bmi.pegadaian.co.id/pages/cek-saldo.php. Berikutnya isi nomor rekening, nama ibu kandung, tanggal lahir, PIN kemudian ketikkan kode validasi yang muncul dilayar. Lanjutkan centang verifikasi im not a robot, setelahnya klik Cek Transaksi

2. Saldo & Mutasi Tabungan Emas Muncul

Saldo Tabungan Emas Pegadaian

Setelah itu saldo tabungan emas Pegadaian akan muncul dilayar, anda dapat melihat tanggal terkini kemudian memeriksa gram dari emasnya. Untuk K artinya kredit yaitu transaksi masuk, sedangkan D adalah debitu yang artinya transaksi keluar.

Cara Cek Saldo di Pegadaian Digital

Aplikasi Pegadaian Digital menjadi salah satu platform terpecaya untuk jual beli emas, membuka tabungan, membayar gadai, cicilan serta banyak lainnya. Apabila anda memiliki tabungan emas maka dapat dipantau pergerakannya secara langsung lewat Pegadaian Digital. Untuk cara cek saldo di Pegadaian Digital sebagai berikut.

1. Login Pegadaian Digital

Cara pertama pastikan sudah memiliki akun dan teraftar di Pegadaian Digital, berikutnya buka aplikasinya. Pada menu awal silahkan masukkan email/nomor HP kemudian kata sandi. Setelahnya tekan tombol MASUK kemudian akan berhasil login Pegadaian Digital.

pegadaian digital

2. Cek Saldo di Pegadaian Digital

Sesudah bisa login maka amati pada bagian Saldo Emas Efektif dimana disitu tertera sisa saldo tabungan emas anda. Untuk melihat detail dan mutasinya tinggal masuk kedalam menunya. Disitu akan tampil informasi semua transaksi tabungan emas yang belakangan dilakukan.

cara cek saldo di pegadaian digital

Cek Saldo di Cabang Pegadaian

Cara berikutnya adalah cek langsung di kantor Pegadaian, syaratnya cukup mempersiapkan nomor rekening tabungan emas dan juga KTP. Kurang lebih sama dengan cara cek saldo tabungan emas Pegadaian Syariah dimana dilakukan pada kantor cabang. Sesudah sampai sampaikan ke satpam bahwa ingin cek saldo tabungan emas.

Berikutnya ambil nomor antrian lalu menunggu dipanggil pihak teller. Setelah dipanggil tunjukkan nomor rekening tabungan emas serta KTP anda. Selanjutnya petugas akan memberikan informasi sisa saldo tabungan emas, anda juga bisa meminta mencetak bukti transaksinya.

Cetak Buku Tabungan Emas

Lalu cara cek saldo berikutnya adalah dengan mencetak buku tabungan emas di kantor Pegadaian terdekat. Memang Pegadaian tidak mewajibkan setiap nasabahnya mencetak buku tabungan, namun bagi yang membutuhkan informasi saldo serta mutasi secara nyata maka buku tabungan sangat diperlukan. Syaratnya cukup mempersiapkan uang Rp.10.000 untuk membayar materai dan membawa KTP.

Cetak Buku Tabungan Emas
  1. Datang ke loket Pegadaian dimana akun tabungan emas terdaftar. Bisa dicek di profil kemudian bagian cabang outlet
  2. Setelah sampai beritahukan ke satpam bahwa ingin cetak buku tabungan emas Pegadaian. Untuk beberapa cabang Pegadaian wajib menunjukkan KTP
  3. Ambil nomor antrian lalu anda akan diberikan formulir cetak buku tabungan emas Pegadaian
  4. Silahkan isi secara lengkap data diri
  5. Setelah nomor antrian dipanggil silahkan datang ke teller, berikutnya bayarkan biaya materai sebesar Rp.10.000
  6. Lalu tanda tangani formulir pembuatan buku tabungan emas diatas materai
  7. Serahkan KTP sebagai syarat utama, berikutnya proses percetakan tabungan emas akan dilakukan
  8. Apabila buku tabungan emas jadi maka tanda tangani
  9. Setelahnya petugas akan mencetak mutasi, lewat mutasi inilah saldo tabungan emas Pegadaian dapat diketahui

Saldo Tabungan Emas Pegadaian Hilang ?

Lantas bagaimana jika ternyata saldo tabungan emas Pegadaian hilang? Aturan dari Pegadaian saldo emas tidak akan hilang ketika rekening dalam keadaan aktif dan ada saldo untuk membayar biaya admin sebesar Rp.30.000. Namun ketika saldo tabungan emas tidak mencukupi maka rekeningnya otomatis akan ditutup.

Jadi untuk memasikan saldo tabungan emas Pegadaian masih ada anda dapat menghubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang. Anda juga dapat cek nomor rekening Pegadaian apabila kehilangan ataupun lupa.

  • Telepon 1500569
  • WhatsApp : 085224432443 atau 081324432443
  • Email : cs.digital@pegadaian.co.id

Kesimpulan

Pada dasarnya cara cek saldo tabungan emas Pegadaian dapat dilakukan secara mudah karena tersedia fasilitas baik online maupun offline. Namun kami menyarankan anda menggunakan fasilitas online karena akan jauh lebih menghemat waktu, transport serta tenaga. Sekian pembahasan trikves.com, semoga dapat membantu dalam mengelola saldo tabungan emas Pegadaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.