Emas

Bunga Gadai Tabungan Emas Pegadaian 2022 : Simulasi & Biaya

Trikves.com – Tabungan emas Pegadaian memang salah satu produk investasi yang sudah cukup dikenal luas masyarakat Indonesia. Kegunaaan tabungan emas ternyata tidak hanya sebagai simpanan saja, melainkan bisa juga dijaminkan sebagai syarat pinjaman gadai. Tentunya banyak orang ingin mengetahui bunga gadai tabungan emas Pegadaian untuk memperhitungan cicilan perbulannya.

Pada gadai tabungan emas Pegadaian merupakan agunan dengan bentuk emas dari hasil titipan nasabah dimana dapat dijadikan jaminan kepada pelanggan. Cukup berbeda dengan bunga deposito Allo Bank, sistem bunga gadai tabungan emas menggunakan sistem hari namun prosentasenya termasuk kecil dan dapat dijangkau.

Kemudian cara registrasi gadai tabungan emas memang dapat dengan mudah dilakukan lewat outlet Pegadaian serta Pegadaian Digital Service. Dengan menggunakan jaminan saldo tabungan emas anda dapat mengajukan pinjaman dengan tenor 30, 90 serta 20 hari. Syarat pengajuannya cukup dengan KTP, buku tabungan emas serta formulir RFG.

Plafon gadai tabungan emas Pegadaian akan mengikuti nominal saldonya, ketika menyimpan dalam jumlah besar maka pinjamannya juga bertambah. Kemudian untuk mengetahui bunga gadai tabungan emas Pegadaian, simulasi maupun biaya administrasinya simak penjelasan sebagai berikut.

Bunga Gadai Tabungan Emas Pegadaian

Bunga gadai tabungan emas Pegadaian dan Pegadaian syariah akan berbeda nominalnya. Untuk bunga gadai tabungan emas Pegadaian jumlahnya 0,75% dihitung per 15 hari, sedangkan bunga gadai tabungan emas Syariah senilai 0,49% per 10 hari. Dengan perbedaan bunga ini maka akan lebih terjangkau menggunakan fasilitas Pegadaian Syariah.

Penyebutan bunga pada Pegadaian Syariah adalah Mu’nah Pemeliharaan dan akad rahn dimana memberikan tenor yang sama maksimal 120 hari. Kemudian anda dapat mengajukan pinjaman dengan minimum sisa saldo 0,1 gram emas. Sebagai gambarannya berikut ini perhitungan bunga gadai tabungan emas.

ParameterPerhitungan Bunga Pegadaian Perhitungan Bunga Pegadaian Syariah
Bunga0,75% per 15 hari0,49% per 10 hari
Tenor 30hari30hari
Nominal PinjamanRp.5.000.000Rp.5.000.000
Nominal Bunga0,75% x Rp.5.000.000 = Rp.37.5000,49% x Rp.5.000.000 = Rp.24.500
Total BungaRp.37.500 x 2 =Rp.75.000Rp.24.500 x 3 = Rp.73.500

Terdapat perbedaan bunga dari perhitungan diatas sehingga kembali ke anda ingin mengambil kredit yang mana. Kemudian produk gadai tabungan emas juga akan lebih mudah apabila diajukan secara langsung dari aplikasi Pegadaian Digital. Prosesnya dapat lebih cepat kemudian uang dapat cair langsung ke rekening.

Manfaat dari tabungan emas Pegadaian dapat kapan saja dijadikan jaminan untuk mendapatkan fasilitas kredit dengan plafon dana cukup tinggi. Meskipun ada kemuddahan dalam fasilitas pinjaman namun sebagian orang lebih memilih melakukan cara menutup tabungan emas Pegadaian karena dianggap kurang profit.

Simulasi Gadai Tabungan Emas Pegadaian

Pada proses pinjamannya memang saldo emas akan dibekukan kemudian dapat digunakan ketika pelunasan sudah dilakukan. Untuk perhitungannya anda juga dapat memanfaatkan fasilitas simulasi gadai tabungan emas Pegadaian. Cukup memasukkan nominal uang ataupun gram emas kemudian akan didapatkan hasil cicilan perbulannya.

Perhitungan cicilan juga sudah termasuk biaya angsuran sehingga mempermudah dan dapat menjadi gambaran sebelum pengajuan. Namun karena simulasi maka tidak menghitung biaya yang timbul ketika transaksi kemudian dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan Pegadaian. Supaya lebih jelasnya ikuti simulasi gadai tabungan emas Pegadaian dibawah ini.

1. Buka Simulasi Gadai Tabungan Emas

Pertama anda kunjungi situs sahabatPegadaian.com/simulasi-gadai-tabungan-emas dari perangkat yang digunakan. Apabila sudah tampil maka ketikkan jumlah gadai bisa uang tunai ataupun berat gram emas

simulasi gadai tabungan emas pegadaian

2. Pilih Produk

Selanjutnya pilih fitur produk apakah ingin Regular (tenor maksimal 120hari) ataupun Angsuran (tenor maksimum 36 bulan).

gadai tabungan emas

3. Memilih Tenor Cicilan

Langkah berikutnya pilih tenor yang diinginkan sesuai produknya, semakin panjang masa cicilan maka beban pembayaran juga bertambah

tenor angsuran

4. Hasil Perkiraan Maksimal Pinjaman & Bunga

Kemudian akan tampil perkiraan maksimal uang yang dapat anda pinjaman dan biaya sewa modal atau bunga perbulannya

Bunga Gadai Tabungan Emas

Dengan adanya simulasi maka nominal bunga gadai dapat langsung diketahui. Sebagai pelanggan anda juga dapat memperhitungkannya dalam angsuran perbulan. Disamping itu anda dapat memperoleh perkiraan dana maksimal yang bisa cair berdasarkan berat emas per gramnya.

Biaya Administrasi

Dalam simulasi memang hanya dicantumkan besaran bunga gadai tabungan emas Pegadaian. Namun perlu anda ketahui bahwa ada biaya administrasi yang harus dibayarkan saat akad atau awal pinjaman. Besaran biaya admin akan berbeda untuk Pegadaian dan Pegadaian Syariah, lebih jelasnya simak sebagai berikut.

PegadaianPegadaian Syariah
0,05% minimal Rp.2.000 maksimal Rp.25.0000,049% minimal Rp.2.000 maksimal Rp.25.000

Perbedaannya memang cukup tipis yaitu 0,01% saja dimana mungkin bagi sebagian orang tidak terlihat perbedaannya. Namun Pegadaian sudah mematok nominal minimal biaya admin yaitu Rp2000 dan maksimalnya Rp25.000. Kemudian biaya admin akan dibayarkan dalam sekali periode cicilan sehingga akan meringankan beban debitur.

Pastinya dengan bunga gadai tabungan emas Pegadaian yang terjangkau akan semakin memudahkan semua orang mengajukan kredit. Disamping itu proses pengajuan serta syaratnya mudah kemudian pencairannya tidak memakan waktu lama. Tak salah jika gadai tabungan emas Pegadaian jadi salah satu pilihan ketika membutuhkan suntikan dana.

Kesimpulan

Kini cara bayar gadai tabungan emas Pegadaian juga semakin mudah karena banyak fasilitas perbankan serta digital yang dapat dimanfaatkan. Karena bunga gadai tabungan emas Pegadaian rendah maka siapa saja bisa mengajukannya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif sehari hari. Selain itu bagi yang membutuhkan modal usaha maka gadai tabungan emas juga dapat jadi jalan keluarnya.

Terlebih cara top up tabungan emas Pegadaian dapat dilakukan kapan saja secara mudah sehingga penambahan saldo memudahkan kenaikan nilai pinjamannya. Demikian pembahasan Trikves.com, semoga anda dapat memperhitungkan bunga serta pengajuan kredit secara baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.