Emas

10 Cara Gadaikan Emas di Pegadaian Solusi Tanpa Masalah 2022

Trikves.com – Mengetahui cara gadaikan emas di Pegadaian dapat menjadi alternatif dana darurat saat anda ingin memenuhi kebutuhan mendesak. Apakah benar prosedur gadai tersebut sulit dilakukan?

Tren investasi emas memang sudah terkenal sejak lama. Bahkan logam mulia tersebut menjadi salah satu aset yang likuid sehingga mudah dicairkan meski dengan cara gadaikan emas di Pegadaian.

Namun sayangnya masih ada beberapa pihak yang belum memahami tentang hal tersebut. Padahal cara gadaikan emas di Pegadaian dapat menjadi sebuah solusi alternatif masalah keuangan.

Guna memberikan referensi tentang cara gadaikan emas di Pegadaian, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Pastikan Sobat Trikves tidak melewatkan informasi pada bahasan kali ini.

Apa Itu Layanan Gadai Emas di Pegadaian?

Gadai Emas merupakan sebuah layanan pemberian pinjaman atau kredit dengan menggunakan emas sebagai agunan (jaminan). Adanya layanan Pegadaian ini juga berlaku bagi seluruh masyarakat dari berbagai kalangan.

Anda dapat memanfaatkan layanan gadaikan emas tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumtif maupun operasional. Tentu saja dalam praktiknya terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat Gadaikan Emas di Pegadaian

Apabila masyarakat ingin mengikuti program gadaikan emas, maka terdapat beberapa persyaratan dalam pengajuannya. Berikut beberapa dokumen persyaratan untuk menggadaikan emas di Pegadaian.

  • Fotokopi identitas berupa KTP aktif dan masih berlaku.
  • Barang jaminan berupa emas baik dalam bentuk batangan, minigold, dan perhiasan.
  • Surat Bukti Gadai (SBG) yang ditandatangani oleh pihak pemohon.
  • Bukti keaslian emas didukung dengan adanya sertifikat.

Ketentuan Gadaikan Emas di Pegadaian

Selain syarat, terdapat juga ketentuan gadaikan emas. Hal tersebut mencakup tarif dan biaya selama proses pinjaman berlangsung. Berikut rincian ketentuan terkait emas yang anda gadaikan.

  • Golongan A: Pinjaman Rp. 50.000,00 – Rp. 500.000,00 tarif sewa modal 1% per 15 hari.
  • Golongan B: Pinjaman >Rp. 500.000,00 – Rp. 5 Juta tarif sewa modal 1,2% per 15 hari.
  • Golongan C: Pinjaman >Rp. 5 Juta – Rp. 20 Juta tarif sewa modal 1,2% per 15 hari
  • Golongan D: Pinjaman >Rp. 20 Juta tarif sewa modal 1,1% per 15 hari.

Sistem Gadai Emas di Pegadaian

Gadai emas memang memiliki sistem yang sama dengan beberapa pegadaian pada umumnya. Anda akan mendapatkan dana sesuai dengan taksiran emas yang digunakan sebagai jaminan atau agunan.

Nilai taksiran tersebut akan ditentukan berdasarkan berat dan kadar emas. Setelah nilai taksir diketahui, maka pemohon akan mendapatkan pinjaman sesuai ketentuan persentase dari nilai taksir tersebut.

Jangka Waktu Gadaikan Emas di Pegadaian

Setiap layanan gadaikan emas memiliki jangka waktu 1 – 120 hari atau sekitar 4 bulan. Apabila ingin memperpanjang tenor, maka pemohon harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pihak Pegadaian.

Waktu atau tenor juga berpengaruh pada jenis program gadaikan emas yang dipilih oleh pemohon. Jadi sesuaikan jenis kebutuhan dengan program gadai emas tersedia dari pihak Pegadaian.

Program Pinjaman Gadai Emas

Pegadaian memiliki beberapa program pilihan bagi pemohon yang ingin gadaikan logam mulia tersebut. Berikut beberapa program dan penjelasan terkait pinjaman gadaikan emas.

1. KCA (Kredit Cepat Aman) Pegadaian

Program pertama, yaitu KCA (Kredit Cepat Aman) dari Pegadaian. Pihak pemohon akan diberikan pinjaman dengan tenor waktu 4 bulan yang dapat diperpanjang dengan prosedur berlaku.

Pada saat proses pengajuan, Pegadaian juga akan meminta Surat Bukti Gadai dengan menyertakan tanda tangan dari pihak pemohon pinjaman. Bunga pinjaman dari program ini juga rendah sehingga memudahkan nasabah.

2. KCA Prima Pegadaian

KCA Prima dari Pegadaian tidak jauh berbeda dari program KCA biasa. Bedanya hanya terletak pada tenor yang lebih singkat, yaitu 60 hari atau 2 bulan. Namun hal tersebut diimbangi dengan bunga sebesar 0%.

3. Gadai Bisnis Pegadaian

Gadai Bisnis Pegadaian merupakan sebuah program yang berfokus pada permodalan usaha. Total pinjaman dapat berkisar Rp. 100 juta hingga Rp. 1 Miliar dengan emas sebagai agunan.

Besaran persentase program ini, yaitu berkisar 86,5% dari nilai agunan. Secara otomatis, aset gadaikan emas juga harus memiliki berat dan kadar emas tinggi.

4. Krasida Pegadaian

Program pinjaman gadaikan emas ini memiliki jangka waktu paling lama di antara beberapa program lainnya. Tenor berlaku bagi nasabah pemilih Krasida adalah 36 bulan atau sekitar 3 tahun.

Keunggulan Krasida lainnya juga terletak pada persentase perolehannya, yang mencapai angka 92%. Belum lagi potongan sewa modal apabila proses pelunasan dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo.

Perhitungan untuk Gadaikan Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan gadaikan emas, selanjutnya penting bagi anda untuk mengetahui cara perhitungan tersebut. Agar dapat memberikan gambaran, berikut contoh perhitungan gadaikan logam mulia di Pegadaian.

Mamat mengajukan pinjaman menggunakan emas dengan nilai taksir Rp. 5.000.000,00. Persentase dari nilai taksir ditetapkan sebesar 92%. Maka berapa total pinjaman yang akan diterima Mamat?

Rp. 5.000.000,00 x 92% = Rp. 4.600.000,00

Jadi Mamat akan menerima pinjaman sebesar Rp. 4.600.000,00 dari aktivitas gadaikan emas. Lantas berapa jumlah yang harus dikembalikan oleh Mamat pada saat pelunasan?

  • Biaya admin: Rp. 35.000,00
  • Tarif Berlaku: 1,2% per 15 hari (dalam waktu 4 bulan menjadi 9,6%) dari nilai pinjaman
  • Pinjaman: Rp. 4.600.000,00

Total Pengembalian Mamat

Pinjaman + Biaya Admin + Tarif Berlaku

Rp. 4.600.000,00 + Rp. 35.000,00 + (Rp. 4.600.000,00 x 9,6%)

Rp. 4.600.000,00 + Rp. 35.000,00 + Rp. 441.600,00 = Rp. 5.706.600,00

Jadi dalam kurun waktu 4 bulan, Mamat harus mengembalikan sebesar Rp. 5.706.600,00 pada saat proses pelunasan.

Cara Gadaikan Emas di Pegadaian Termudah

Setelah mengetahui tentang persyaratan dan simulasi atau cara menghitung pinjaman dari hasil gadaikan emas, maka sudah saatnya anda mengetahui cara pengajuan. Berikut langkah-langkah untuk pengajuan gadaikan emas.

1. Siapkan berkas persyaratan beserta emas yang akan anda gadaikan.

2. Apabila berkas dan jaminan sudah disiapkan, maka silahkan kunjungi kantor pegadaian terdekat.

3. Utarakan permohonan anda dan serahkan berkas persyaratan serta emas untuk di gadaikan.

4. Pihak pegadaian akan melakukan verifikasi serta perhitungan atas emas yang digunakan sebagai jaminan.

5. Setelah proses verifikasi selesai dilakukan, maka dana pinjaman sudah langsung bisa digunakan.

6. Cara gadaikan emas telah selesai dilakukan.

Apabila ternyata nasabah membutuhkan waktu tambahan atau memperpanjang tenor, maka pihak pemohon harus melakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan.

Cara Memperpanjang Tenor Gadai Emas di Pegadaian

Dalam praktik pelunasannya, terkadang nasabah membutuhkan waktu agar dapat melunasi kewajibannya. Apabila ternyata hal tersebut diperlukan, maka cara untuk memperpanjang pinjaman adalah mengunjungi kantor pertama tempat bertransaksi.

Kemudian lakukan negosiasi atau ajukan permohonan ulang untuk dapat memperpanjang tenor. Jadi silahkan kunjungi kantor Pegadaian pertama tempat anda mengajukan permohonan.

Cara Menebus Emas Gadai di Pegadaian

Setelah dirasa sanggup melunasi kewajiban yang dimiliki, tentunya pihak pemohon akan menebus emas yang di gadaikan. Berikut langkah-langkah dalam menebus emas di Pegadaian.

1. Silahkan hubungi pihak Pegadaian terlebih dahulu guna memberi kabar tentang penebusan emas yang anda gadaikan.

2. Siapkan dokumen berupa Surat Bukti Gadai, nota tanda penerimaan uang pinjaman, dan identitas diri berupa KTP.

3. Kunjungi kantor Pegadaian pertama tempat anda mengajukan pinjaman.

4. Temui petugas Pegadaian dengan menyerahkan seluruh dokumen.

5. Petugas akan melakukan verifikasi dan proses pelunasan.

6. Cara menebus emas yang anda gadaikan sudah berhasil dilakukan.

Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini

Sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi apabila harga emas mengalami naik turun. Tentunya harga tersebut akan berpengaruh pada nilai taksir atas emas yang dimiliki.

Agar anda dapat senantiasa memantau hal tersebut, berikut beberapa cara dalam melakukan cek harga emas di Pegadaian.

  • Melalui brosur dari pihak Pegadaian
  • Melalui website resmi Pegadaian

Customer Service Resmi Pegadaian

Informasi dan juga kebijakan terkadang dapat berubah sewaktu-waktu. Maka dari itu penting untuk melakukan validasi secara langsung melalui Customer Service resmi. Berikut beberapa layanan Call Center ke Customer Service Pegadaian.

  • Telepon CS Resmi Pegadaian: 0213155550
  • Faximile CS Resmi Pegadaian: 02180635162
  • Email Resmi: cs digital pegadaian

Kesimpulan

Kini anda sudah mengetahui cara gadaikan emas di Pegadaian sebagai langkah terbaik dalam memperoleh pinjaman dana. Namun selalu perhatikan terkait syarat dan ketentuan berlaku.

Jika pinjaman tersebut sudah dilunasi, maka silahkan persiapkan perencanaan keuangan anda secara baik. Apabila anda membutuhkan referensi, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu Investasi Emas sebagai sarana berbagi ilmu.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.