Emas

9 Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian : Syarat & Biaya

Trikves.com – Fasilitas tabungan emas Pegadaian memang banyak diminati karena menjadi alat investasi jangka panjang ataupun pendek yang mudah dijalankan. Konsumen dapat melakukan jual beli emas, mengakses fitur aplikasi digital serta pesan untuk cetak emas. Namun karena beberapa alasan sebagian orang memilih melakukan cara menutup tabungan emas Pegadaian.

Alasan mengapa cara menutup tabungan emas Pegadaian dilakukan salah satunya adalah biaya yang haris dibayar pertahun. Saat ini banyak fasilitas tabungan yang menggratiskan biaya admin sehingga lebih menarik konsumen. Namun sebelumnya anda harus melakukan cara cek saldo tabungan emas Pegadaian untuk memastikan sudah kosong supaya tidak mengalami kerugian.

Kemudian alasan lain mengapa ingin menutup tabungan emas Pegadaian adalah konvesi yang tidak bisa dilakukan langsung. Jadi ketika menabung emas maka konsumen tidak bisa mengkonversinya menjadi emas batangan ataupun bentuk fisik. Jika ingin melakukannya maka harus mengajukan permohonan dan ada biaya cetak emas Pegadaian untuk produk Antam, UBS ataupun Galeri 24.

Lalu sebagian orang memutuskan menutup tabungan emas Pegadaian karena harga buyback dinilai lebih rendah dibandingkan pembelian sehingga dianggap merugikan. Namun memang tabungan emas Pegadaian memang lebih cocok untuk investasi jangka panjang bukannya dalam waktu pendek. Untuk cara menutup tabungan emas Pegadaian serta syaratnya simak sebagai berikut.

Syarat Menutup Tabungan Emas Pegadaian

Memang kerugian yang harus ditanggung konsumen mulai dari harga buyback lebih rendah dimana untuk balik modal harus menunggu sampai harga emas naik. Padahal untuk harganya naik dibutuhkan waktu bulanan bahkan tahunan. Bagi yang menyenangi investasi jangka pendek pastinya kurang cocok jika berinvestasi emas.

Cara menutup tabungan emas Pegadaian memang tidak dapat dilakukan sembarangan karena ada syarat serta biaya yang harus ditanggung oleh pelanggan. Pada dasarnya akun Pegadaian Digital tidak bisa dihapus, namun anda dapat menutup rekening dari tabungan emas. Jadi akun Pegadaian Digital masih dapat digunakan tapi tidak bisa buyback emas.

Ketika sudah menutup tabungan emas Pegadaian anda tetap bisa membuka aplikasi Pegadaian Digital kemudian menggunakannya untuk kebutuhan lainnya. Lantas apa saja syarat menutup tabungan emas Pegadaian? Sebenarnya persyaratannya cukup mudah dipenuhi cukup dengan menyiapkan dan dokumen serta memenuhi kriterianya.

  • KTP
  • NPWP
  • Buku tabungan atau rekening emas Pegadaian
  • CIF Pegadaian
  • Memberikan informasi pribadi berupa nama lengkap, NIK, alamat surat menyurat, nomor HP serta email
  • Foto selfie pemilik rekening emas
  • Memastikan saldo tabungan emas sudah dicairkan atau diuangkan
  • Memberikan alasan menutup tabungan emas Pegadaian
  • Mempersiapkan uang untuk membayar biaya admin

Biaya Admin Menutup Tabungan Emas

Untuk menutup tabungan emas anda harus membayar biaya admin sebesar Rp.30.000. Biayanya akan diberikan kepada petugas pegadaian di kantor dimana anda terdaftar sebagai nasabah. Kemudian pada saat menutup tabungan anda juga dapat melakukan pencairan emas menjadi uang tunai sesuai saldo yang tersedia.

Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian

Saat cara menutup tabungan emas Pegadaian dilakukan maka efeknya rekening akan ditutup dan tidak bisa buyback emas di Pegadaian Digital. Jadi meski akun Pegadaian Digital aktif namun tidak dapat bertransaksi emas. Kemudian saldo G-Cash akan tetap utuh dan tidak dapat ditarik, untuk mengambilnya bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Tak heran banyak orang lebih tertarik ke bunga tabungan berjangka BCA karena mampu menghasilkan dalam waktu singkat. Sedangkan jika tabungan emas akan mengikuti harga pasara dimana perubahannya lebih lama.

Setelah tutup tabungan emas maka rekening dapat diaktifkan kembali pada kantor cabang Pegadaian yang berbeda. Pada dasarnya anda dapat menutup langsung rekening emas, memilih mencairkan semua saldo emas atapun memohon untuk mencetak ke bentuk emas fisik. Supaya lebih jelasnya silahkan simak beberapa cara dibawah ini.

Menutup Tabungan Emas Pegadaian

Cara Menutup Tabungan Emas di Kantor Pegadaian Terdaftar

Cara pertama adalah menutup di kantor Pegadaian dimana anda sudah terdaftar sebelumnya. Untuk informasi lokasinya dapat dilihat pada buku tabungan emas ataupun dari aplikasi Pegadaian Digital. Proses tutup tabungan dilakukan dalam waktu beberapa menit saja, yang penting anda melengkapi semua syarat serta dokumennya.

Dengan cara ini maka tabungan emas sudah tidak dapat digunakan bertransaksi, buyback ataupun konversi. Untuk dapat menggunakan fiturnya kembali maka harus daftar di kantor cabang lainnya. Bagi yang sudah mantap menutup tabungannya simak beberapa langkah dibawah ini.

  1. Kunjungi kantor Pegadaian dimana anda terdaftar dengan membawa seluruh persyaratannya
  2. Apabila telah sampai maka security menanyakan kepentingan anda, jawab dengan menutup tabungan emas
  3. Berikutnya mengambil antrian customer service
  4. Tunggu sampai dipanggil
  5. Setelah giliran nomor anda maka datangi CS kemudian minta menutup tabungan emas
  6. Anda akan diberikan formulir pembatalan rekening tabungan emas dan isi dengan lengkap
  7. Berikan semua syarat serta dokumen yang diminta termasuk buku tabungan, dokumen serta bayar biaya admin senilai Rp.30.000
  8. Saat ada saldo pada tabungan emas yang tersisa maka dilakukan pencairan
  9. Setelahnya rekening tabungan emas akan resmi ditutup

Mencairkan Tabungan Emas

Selain menutup tabungan anda juga dapat mencoba untuk mencairkan semua tabungan emas. Meskipun kerugiannya akan ada namun setidaknya dapat mengambil semua sisa saldo tersisa. Syarat utama mencairkan emas adalah saldo minimal 1 gram supaya memudahkan dalam proses penjualan di Pegadaian.

Lalu harga jualnya akan mengikuti pasar saat ini bersamaan anda mencairkan saldo emas. Sistem Pegadaian mengatur bahwa ketika saldo dibawah Rp.30.000 dan tidak cukup membayar biaya admin pertahun maka rekening otomatis ditutup. Bedanya anda tidak perlu mempersiapkan persyaratan karena rekening otomatis ditutup.

Cetak Emas Pegadaian

Langkah lain menutup tabungan adalah dengan mengajukan permohonan untuk mencetak emas. Proses pengajuannya memang mudah namun akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Kemudian konsumen dapat mencetak emas dengan ketentuan berat 1, 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Pilihan percetakan bisa Antam, UBS ataupun Galeri 24.

Soal biaya percetakannya memang akan berbeda beda karena akan sangat bergantung kepada berat emas totalnya. Namun setidaknya cetak emas dapat menjadi pilihan ketika memang anda tidak dapat menutup tabungan dikantor cabang secara cepat.

Kesimpulan

Sesuai dengan pengalaman menabung emas di Pegadaian memang ada keuntungan dan kerugiannya. Keuntungannya sudah pasti dapat dijadikan simpanan serta investasi jangka panjang karena harga emas stabil. Namun kekurangannya tidak cocok untuk investasi jangka pendek karena harga buyback tidak sebanding dengan jualnya.

Ketika memilih menutup tabungan emas banyak orang sudah mempertimbangkan secara matang. Meskipun rekening sudah ditutup namun akun Pegadaian masih tetap dapat digunakan selainh transaksi emas. Sekian pembahasan dari Trikves.com, semoga dapat membantu anda dalam mengambil keputusan investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.