Emas

4 Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online Via HP 2022

Trikves.com – Investasi di era digital akan terasa sangat mudah saat memahami cara buka Tabungan Emas di Pegadaian secara online. Tentunya anda tidak perlu membuang tenaga dan waktu dalam kegiatan tersebut.

Pegadaian sebagai lembaga keuangan telah membantu perekonomian masyarakat selama bertahun-tahun. Bahkan kini anda dapat melakukan kegiatan Investasi dengan memahami cara buka Tabungan Emas di Pegadaian secara online.

Investasi memang memiliki banyak varian produk. Hanya saja cara buka tabungan emas di pegadaian secara online adalah yang paling mudah dilakukan serta memiliki tingkat risiko rendah.

Pada kesempatan kali ini, akan kami jelaskan bagaimana cara buka tabungan emas di pegadaian secara online. Tentunya segala informasi pada pembahasan kali ini akan sangat bermanfaat bagi Sobat Trikves.

Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan emas merupakan salah satu layanan dari pegadaian guna memfasilitasi masyarakat dalam kegiatan menanam modal khususnya Investasi Emas. Namun cara kerja dari investasi tersebut dilakukan selayaknya menabung.

Inti dari tabungan emas tersebut adalah anda akan menabung dengan nominal Rupiah tertentu kemudian dikonversikan secara otomatis kedalam saldo emas. Pengkonversian akan dilakukan berdasarkan harga emas berlaku.

Setelah menabung emas tersebut, nantinya nasabah akan bisa mencairkannya kedalam bentuk emas batangan. Tentunya berat emas fisik di pegadaian tersebut masih mengacu pada harga emas berlaku di pasaran.

Cara mencairkan tabungan emas pegadaian sangatlah mudah dilakukan. Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang terdaftar dan lakukan instruksi yang diberikan.

Khusus untuk cara membuka tabungan emas di pegadaian ini tidak hanya dilakukan melalui outlet saja. Melainkan dapat dilakukan secara online. Besaran minimal untuk membuka rekening tabungan emas, yaitu 0,01 gram.

Syarat dan Ketentuan

Sebelum memulai cara membuka rekening tabungan pegadaian emas secara online, maka anda harus mengetahui beberapa syarat dan juga ketentuan berlaku. Berikut beberapa syarat dan ketentuan buka tabungan emas.

1. Identitas Diri

Syarat pertama pada cara buka tabungan emas adalah menyiapkan identitas diri berupa KTP atau paspor yang masih berlaku. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak ada pemalsuan data atau penyalahgunaan identitas di pegadaian.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Saat merealisasikan cara buka tabungan emas secara online, anda diharuskan mengisi formulir secara lengkap dan akurat. Pasalnya pengisian formulir tersebut nantinya akan memudahkan proses pencairan emas di pegadaian.

3. Biaya Tabungan Emas

Saat melakukan kegiatan buka tabungan emas, ada biaya berlaku yang dibebankan kepada nasabah. Apabila pembukaan rekening dilakukan secara online, maka hanya perlu membeli saldo emasnya saja sebesar Rp. 50.000,00.

4. Dianjurkan Memiliki M-Banking Atau Internet Banking

Agar memudahkan proses buka tabungan emas secara online, maka ada baiknya apabila anda memiliki Mobile Banking atau Internet Banking. Tentunya hal ini akan membuat pembayaran saldo semakin praktis.

Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Tibalah pembahasan cara buka tabungan emas Pegadain. Guna membuka rekening tabungan emas secara online melalui HP, berikut langkah-langkah yang bisa anda gunakan.

1. Cari Aplikasi

Khusus cara menabung emas di Pegadaian untuk pemula, Langkah pertama adalah membuka Playstore atau Apple Store (jika anda pengguna produk Apple). Kemudian ketikan “Pegadaian Digital” dan tap Enter.

1. Cari Aplikasi

2. Unduh Aplikasi

Jika sudah menemukan aplikasi Pegadaian Digital, maka langkah selanjutnya yaitu unduh aplikasi. Tap Unduh/Instal (sesuai tampilan layar) di pojok kanan atas. Tunggu hingga proses unduh data secara online berhasil.

2. Unduh Aplikasi

3. Daftar Akun

Apabila proses unduh telah dilaksanakan, maka langkah selanjutnya pada cara buka tabungan emas secara online adalah daftar akun. Masuk kedalam aplikasi, kemudian tap kotak Daftar.

3. Daftar Akun

4. Pengisian Data Diri

Proses selanjutnya pada cara buka tabungan emas pegadaian adalah mengisi data diri. Anda diharuskan mengisi data sesuai dengan instruksi tertera pada masing-masing kolom. Jika sudah, tap kotak Selanjutnya.

4. Pengisian Data Diri

5. Masukan Kode OTP

Jika pengisian sudah dilakukan, maka pihak pengembang Pegadaian Digital akan langsung mengirimkan Kode OTP melalui SMS. Isikan kolom sesuai Kode OTP diperoleh, maka proses cara buka tabungan emas akan otomatis berlanjut.

5. Masukan Kode OTP

6. Membuat Password

Langkah berikutnya pada cara buka tabungan emas secara online adalah membuat Password atau kata kunci. Buatlah kata kunci akun Pegadaian Digital anda sesuai instruksi. Jika sudah, tekan Daftar.

6. Membuat Password

7. Verifikasi Email Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Langkah selanjutnya pada cara buka tabungan emas Pegadaian adalah melakukan Verifikasi Email. Pihak pengembang aplikasi akan mengirimkan Email sesuai alamat tercantum. Buka Email, kemudian tap kotak Verifikasi Email.

Anda sudah sukses membuat Akun Pegadaian Digital. Kini Tiba saatnya untuk masuk proses buka tabungan emas secara online.

Sedikit catatan, cara menabung emas di pegadaian untuk pelajar juga memiliki syarat dan ketentuan sama. Jadi selama anda sudah memiliki identitas diri, maka menabung emas bisa dilakukan.

7. Verifikasi Email Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

8. Masuk Halaman Utama Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Setelah berhasil membuat akun, maka masuk kembali pada Halaman Utama Pegadaian Digital. Guna memulai cara buka tabungan emas secara online, maka tap kotak bertuliskan “Buka Tabungan“.

8. Masuk Halaman Utama Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

9. Buka Tabungan Emas Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Setelah tap kotak Buka Tabungan, maka anda akan masuk halaman konfirmasi. Guna melanjutkan cara buka tabungan emas di Pegadaian, maka tap kotak Buka Tabungan Emas di bagian bawah.

9. Buka Tabungan Emas Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

10. Masukan Identitas Diri Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Langkah berikutnya pada cara buka tabungan emas secara online adalah mengisi data diri. Isikan data diri secara lengkap. Kemudian siapkan juga KTP milik anda karena pada tahapan ini anda diharuskan mengunggah foto KTP.

Apabila semua kolom sudah terisi secara benar dan akurat, maka silahkan tap kotak Selanjutnya.

10. Masukan Identitas Diri Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

11. Pilih Pegadaian Cabang Terdekat

Setelah memasukkan data diri, maka langkah selanjutnya pada cara buka tabungan emas di Pegadaian Digital adalah memilih Cabang Pegadaian terdekat. Ketikan nama daerah pada kotak pencarian di atas sesuai lokasi.

Rekomendasi cabang pegadaian terdekat di lokasi anda akan muncul. Pilih rekomendasi, kemudian tap Selanjutnya.

11. Pilih Pegadaian Cabang Terdekat

12. Persetujuan Administrasi Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Selanjutnya anda akan dialihkan pada halaman rincian transaksi guna membuka Tabungan Emas di Pegadaian Digital. Apabila anda setuju dengan rincian tersebut, centang kotak kecil di bagian bawah, kemudian tap Selanjutnya.

12. Persetujuan Administrasi Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

13. Pemilihan Metode Pembayaran Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Setelah melakukan persetujuan, langkah berikutnya pada cara buka tabungan emas secara online adalah memilih metode pembayaran. Lakukan pembayaran dengan menggunakan metode M-Banking atau Internet Banking melalui daftar bank yang tersedia.

Jika sudah menentukan metode untuk digunakan, maka tap kotak Bayar di bagian bawah.

13. Pemilihan Metode Pembayaran Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

14. Proses Pembayaran Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Pada langkah berikutnya, anda akan mendapatkan Nomor Virtual untuk digunakan membayar. Salin nomor tersebut, kemudian baca Tata Cara Membayar yang tertera di bagian bawah nomor. Kemudian lakukan pembayaran.

Apabila proses pembayaran telah anda lakukan, maka langkah selanjutnya pada cara buka tabungan emas secara online adalah tap kotak Selesai di bagian bawah.

14. Proses Pembayaran Sebagai Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

15. Proses Peninjauan Oleh Pegadaian

Saat pembayaran telah berhasil dilakukan, maka pihak pengembang Pegadaian Digital akan langsung melakukan peninjauan ulang. Tunggu beberapa saat hingga anda mendapatkan Notifikasi pada bagian atas HP.

Saat Notifikasi sudah muncul, maka lakukan tap pada Notifikasi.

15. Proses Peninjauan Oleh Pegadaian

16. Rekening Berhasil Dibuat

Setelah anda melakukan tap pada notifikasi, maka akan muncul keterangan bahwa Rekening Tabungan Emas milik anda sudah aktif dan kegiatan menabung emas di Pegadaian bisa dilakukan. Jangan lupa cek saldo tabungan emas pegadaian anda.

16. Rekening Berhasil Dibuat

17. Ambil Buku Rekening Tabungan Emas

Kendati pembukaan rekening dilakukan secara online, anda tetap harus mengambil Buku Rekening Tabungan Emas pada outlet yang anda daftar. Datang ke kantor dalam jangka waktu 6 bulan setelah rekening aktif.

Tips Buka Tabungan Emas di Pegadaian Secara Online

Agar proses buka tabungan emas di Pegadaian Digital berjalan lancar, ada beberapa tips atau saran. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan, antara lain:

  • Isikan data diri secara benar dan akurat
  • Unggah foto KTP atau Paspor dengan gambar jelas
  • Gunakan alamat Email aktif dan bisa digunakan
  • Buatlah password atau kata kunci yang sulit, tetapi mudah anda ingat
  • Catatlah password akun Pegadaian Digital dan simpan secara rahasia
  • Aktifkan M-Banking atau Internet Banking

Call Center Pegadaian Digital

Apabila informasi cara buka tabungan emas secara online di atas masih kurang bisa dipahami, maka anda dapat melakukan konfirmasi secara langsung pada pihak Pegadaian. Anda juga dapat bertanya secara langsung apabila terjadi penipuan tabungan emas Pegadaian. Berikut beberapa kontak untuk dihubungi.

  • Pegadaian Call Center (Jam Kerja): 1500569
  • Pegadaian WA (24 Jam): 085224432443
  • Pegadaian WA (24 Jam): 081324432443
  • Email: cs.digital@pegadaian.co.id

Kesimpulan

Ternyata cara buka tabungan emas di pegadain secara online cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas secara tepat. Ikuti juga tips di atas agar proses pembuatan rekening berjalan lancar.

Waktu terbaik untuk melakukan investasi emas adalah saat anda memiliki dananya. Jangan ragu berinvestasi demi masa depan lebih baik. Selamat menabung emas, Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.