Tabungan

√ Bunga Tabungan Berjangka BCA 2022 : Biaya, Syarat & Cara Buka

Trikves.com – Tabungan Berjangka BCA atau BCA Tahapan Berjangka merupakan jenis produk tabungan yang diperuntukkan bagi nasabah ketika ingin menabung dengan suku bunga di atas bunga reguler. Dimana produk dari bank BCA tersebut bisa menjadi salah satu solusi terbaik ketika ingin mengumpulkan uang untuk rencana masa depan.

Sebagaimana diketahui, tabungan berjangka ialah sebuah produk pilihan simpanan dimana uang nasabah akan ditarik secara otomatis oleh pihak bank dari rekening tabungan induk pada tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain itu, tabungan berjangka juga pastinya mempunyai ketentuan mengenai jangka waktu menabung.

Dengan kata lain, nasabah tidak bisa menarik uang yang berada di dalam Tabungan Berjangka BCA sesuka hati seperti halnya menarik uang dari rekening tabungan biasa. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menjadi salah satu pemilik Tabungan Berjangka BCA, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya.

Untuk saat ini, Tahapan Berjangka BCA sendiri memberlakukan ketentuan mengenai bunga dengan nilai atau tingkat yang lebih tinggi dari bunga biasa. Nah, untuk membantunya, pada kesempatan kali ini Trikves.com akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran bunga Tabungan Berjangka BCA dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan keuntungannya.

Keuntungan Tabungan Berjangka BCA

Keuntungan Tabungan Berjangka BCA

Sebelum pembahasan poin utama mengenai besaran suku bunga Tabungan Berjangka BCA lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas kelengkapan fasilitasnya. Dimana beberapa fasilitas di dalam produk Tahapan Berjangka BCA tersebut pastinya akan memberikan sejumlah keuntungan bagi para nasabahnya.

Salah satu fasilitas yang tergolong sangat menguntungkan bagi para nasabah yaitu suku bunga Tahapan Berjangka BCA di atas suku bunga tabungan reguler atau biasa. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa keuntungan yang bisa nasabah dapatkan ketika menjadi pemilik Tabungan Berjangka dari bank BCA.

  • Adanya kemudahan cek saldo dan fasilitas e-statement, entah itu melalui KlikBCA Individu dan KlikBCA Bisnis.
  • Asuransi jiwa untuk kepastian kenyamanan nasabah.
  • Suku bunga di atas suku bunga tabungan reguler.
  • Tidak ada biaya administrasi di setiap bulannya (gratis).
  • Nasabah diperbolehkan menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan.
  • Membantu membentuk kebiasaan menabung secara rutin demi mewujudkan impian di masa depan.
  • Nasabah tidak perlu repot melakukan setoran bulanan, sebab akan ada proses autodebet dari rekening sumber dana.
  • Rekening Tabungan Berjangka BCA yang telah jatuh tempo akan ditransfer ke rekening sumber dana, lalu nasabah akan mendapatkan pemberitahuan lewat SMS atau email.

Bunga Tabungan Berjangka BCA

Seperti halnya Tabungan Rencana Mandiri, pihak bank BCA dalam menawarkan produk Tahapan Berjangka juga dilengkapi dengan ketentuan mengenai suku bunga. Namun, perlu diingat bahwa untuk bisa mendapatkan ataupun mengikuti Tabungan Berjangka BCA, Anda harus mempunyai Simpanan BCA jenis lainnya, seperti Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi ataupun Tapres BCA.

Untuk besaran suku bunga Tabungan Berjangka BCA sendiri ditentukan berdasarkan setoran rutin per bulan serta tenor atau jangka waktunya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik besaran bunga Tabungan Berjangka BCA berdasarkan setoran rutin bulanan dan jangka waktu simpanannya di bawah ini.

Jangka Waktu (Tahun)Setoran <Rp 1.000.000Setoran ≥Rp 1.000.000
≥1 – <31,00%1,20%
≥3 – <51,20%1,50%
≥5 – <101,50%1,70%
≥101,70%1,70%

Catatan : Fluktuasi suku bunga tabungan bisa terjadi mengikuti perkembangan pasar dan akan dikenakan pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

Biaya Tabungan Berjangka BCA

Selain memberlakukan ketentuan mengenai bunga, pihak bank BCA juga mempunyai peraturan mengenai biaya administrasi untuk beberapa jenis kegiatan yang berkaitan dengan Tabungan Berjangka BCA. Agar lebih jelasnya, berikut ini akan kami berikan daftar biaya administrasi di dalam Tabungan Berjangka BCA.

KeteranganBiaya
Transaksi setoran di counterGratis
Administrasi bulananGratis
Gagal debetGratis
Premi asuransiGratis
Cetak data/mutasi di cabangSesuai ketentuan yang berlaku
Penutupan rekening sebelum tanggal jatuh tempo1% x saldo akhir Tabungan Berjangka BCA, minimal Rp 50.000 atau maksimal sebesar akumulasi bunga yang sudah dibayarkan kepada nasabah
Penutupan rekening karena nasabah meninggalGratis

Syarat Buka Tabungan Berjangka BCA

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran suku bunga Tabungan Berjangka BCA sesuai dengan besaran setoran serta jangka waktu simpanannya. Mungkin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk mendapatkan Tahapan Berjangka BCA sebenarnya tergolong cukup mudah, asalkan sudah mempunyai salah satu produk simpanan di BCA.

Selain itu, terdapat juga beberapa syarat dan ketentuan lainnya yang harus nasabah penuhi ketika hendak mengikuti Tabungan Berjangka BCA. Adapun sejumlah syarat dan ketentuan membuka Tabungan Berjangka BCA tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mempunyai produk Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi ataupun Tapres BCA.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Jangka waktu menabung yaitu maksimal sampai dengan usia ulang tahun 65 tahun.
  • Mengisi formulir pembukaan Tabungan Berjangka BCA.
  • Menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening beserta Syarat dan Ketentuan Produk Asuransi Jiwa.
  • Nasabah tidak diperbolehkan membuka rekening joint account “DAN” maupun “ATAU”.

Cara Buka Tabungan Berjangka BCA

Cara Buka Tabungan Berjangka BCA

Kurang lengkap rasanya apabila Anda sudah mengetahui suku bunga, biaya hingga syarat membuka Tabungan Berjangka BCA, namun tidak mengetahui bagaimana tata cara pembukaannya. Untuk saat ini, pembukaan rekening Tabungan Berjangka BCA sudah bisa dilakukan secara online melalui fasilitas Internet Banking BCA, yaitu KlikBCA.

Jadi, pastikan ketika ingin membuka rekening Tabungan Berjangka BCA, Anda sudah mempunyai akun Klik BCA. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara buka Tabungan Berjangka BCA melalui fasilitas Internet Banking BCA, yakni KlikBCA.

  1. Pertama-tama, login KlikBCA dengan memasukkan Username dan Password.
  2. Kemudian pilih menu Pembukaan Rekening.
  3. Setelah itu pilih menu Tahapan Berjangka.
  4. Cara berikutnya pilih Pembukaan Rekening – Tahapan Berjangka.
  5. Di bagian Setoran Rutin Bulanan, silahkan isi jumlah dana yang sanggup disetorkan setiap bulan ke rekening Tabungan Berjangka BCA, minimal Rp 500.000.
  6. Lalu tentukan juga jangka waktunya, minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan.
  7. Silahkan pilih tanggal dimana BCA akan melakukan autodebet dana.
  8. Tahap selanjutnya isi kolom Tujuan dengan tujuan penggunaan dana tabungan, nomor HP serta email aktif.
  9. Kemudian pilih salah satu dari tiga pilihan notifikasi yang disediakan, entah itu SMS, email maupun keduanya.
  10. Silahkan ikuti panduan selanjutnya, seperti memasukkan kode dengan token Key BCA Anda.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar besaran bunga Tabungan Berjangka BCA dilengkapi dengan ketentuan mengenai biaya administrasi, syarat hingga tata cara pembukaan rekeningnya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan produk Tahapan Berjangka dari bank BCA.

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.