Tabungan

Tabungan Berjangka BJB 2022: Bunga, Biaya & Syarat!

Trikves.com – Sebagai penyedia jasa layanan perbankan, bank BJB menghadirkan produk tabungan berjangka kepada para nasabahnya. Dimana produk tabungan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh nasabah untuk mengelola serta mempersiapkan keuangan di masa mendatang.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa tabungan berjangka tidak bisa dicairkan kapan saja karena terikat dengan jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi para nasabah untuk memisahkan tabungan berjangka dengan tabungan darurat.

Bank Jawa Barat sendiri mempunyai produk tabungan berjangka bernama Tandamata Berjangka yang bisa dibuka oleh nasabah perorangan. Namun, untuk bisa mendapatkan produk rekening tabungan tersebut, tentunya nasabah perlu memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya.

Maka dari itu, apabila Sobat Trikves berencana untuk membuka BJB Tandamata Berjangka, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai tabungan berjangka BJB mulai dari keunggulan, suku bunga, biaya hingga syarat pembukaannya.

Keunggulan Tabungan Berjangka BJB

Keunggulan Tabungan Berjangka BJB

Sebagai salah satu bank ternama di Indonesia, Bank Jawa Barat menawarkan produk tabungan berjangka kepada para nasabahnya bernama BJB Tandamata Berjangka. Dimana tabungan tersebut dapat diartikan sebagai tabungan masa mendatang perorangan dalam mata uang rupiah dengan jumlah setoran bulanan dan jangka waktu tertentu.

Menariknya lagi, produk rekening yang ditawarkan BJB tersebut sudah disertai dengan manfaat pertanggungan asuransi bagi para nasabahnya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa keunggulan BJB Tandamata Berjangka.

  • Nasabah bebas menentukan tujuan investasi, seperti pendidikan, wisata, ibadah, pensiun dan lain sebagainya.
  • Jangka waktu tabungan mulai dari 1 tahun sampai 10 tahun (kelipatan 12 bulan).
  • Memberikan keleluasaan dalam menentukan setoran bulanan sesuai keinginan nasabah, yaitu mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 5.000.000 (kelipatan Rp 50.000).
  • Nasabah bisa melakukan setoran tambahan kapan saja dengan mekanisme transfer melalui ATM ataupun counter teller.
  • Bebas biaya administrasi bulanan.
  • Nasabah berkesempatan mendapatkan hadiah langsung.
  • Nasabah berhak mendapatkan fasilitas gratis perlindungan asuransi.

Bunga Tabungan Berjangka BJB

Seperti halnya tabungan berjangka BCA, tentunya pihak BJB juga mempunyai ketentuan mengenai suku bunga untuk produk tabungan atau simpanannya tersebut. Dimana besaran tingkat suku bunga BJB Tandamata Berjangka sendiri yaitu 3.50% per tahun dihitung berdasarkan saldo harian.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya ketentuan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak BJB. Jika terdapat perubahan ketentuan mengenai tingkat suku bunga, biasanya pihak BJB akan memberitahukannya secara langsung kepada nasabah.

Biaya Tabungan Berjangka BJB

Selain memiliki ketentuan mengenai suku bunga, tabungan berjangka BJB juga mempunyai peraturan mengenai tarif atau biaya administrasi. Dimana di dalam ketentuan tersebut nantinya akan dijelaskan tentang minimal setoran awal, setoran bulanan hingga biaya administrasi lainnya yang berkaitan dengan buku rekening tabungan milik nasabah.

Untungnya, saat ini pihak Bank Jawa Barat membebaskan nasabahnya biaya administrasi bulanan alias gratis untuk produk tabungan Tandamata Berjangka. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ketentuan mengenai besaran biaya administrasi tabungan Tandamata Berjangka di bawah ini.

KeteranganBiaya
Biaya administrasi bulananGratis
Minimal setoran awalRp 100.000 dengan kelipatan Rp 50.000 per rekening
Minimal setoran bulananRp 100.000 dengan kelipatan Rp 50.000 per rekening
Maksimal setoran bulananRp 5.000.000 dengan kelipatan Rp 50.000 per rekening
Biaya administrasi gagal debetRp 2.500
Biaya penggantian buku tabungan rusakRp 5.000
Biaya penggantian buku tabungan hilangRp 5.000
Biaya penggantian buku tabungan habis pakaiGratis

Catatan : Besaran biaya administrasi di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari BJB.

Syarat Buka Tabungan Berjangka BJB

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai keunggulan, tingkat suku bunga hingga ketentuan biaya administrasi untuk tabungan berjangka BJB. Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi oleh calon nasabah ketika ingin membuka tabungan tersebut.

Secara garis besarnya, persyaratan pembukaan rekening BJB Tandamata Berjangka tergolong ringan, karena memang diperuntukkan bagi nasabah perorangan. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik sejumlah syarat beserta ketentuan pembukaan rekening BJB Tandamata Berjangka berikut ini.

  • Nasabah perorangan.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Mempunyai rekening utama di BJB sebagai sumber dana (tabungan/giro BJB).
  • Jenis tabungan BJB yang bisa digunakan diantaranya yaitu seperti Tandamata, Tandamata Gold, Bisnis, Simpeda, BJB TandaMata my First, Tabunganku dan Giro.

Perlindungan Asuransi Tabungan Berjangka BJB

Perlindungan asuransi BJB Tandamata Berjangka menjadi salah satu keunggulan yang bisa dimanfaatkan oleh para nasabahnya. Oleh sebab itu, sebagai informasi tambahan di bawah ini juga akan dijelaskan secara lengkap mengenai syarat dan ketentuan kepesertaan perlindungan asuransi tabungan berjangka BJB.

  • Usia nasabah 18 sampai 64 tahun.
  • Usia maksimal perlindungan adalah 65 tahun.
  • Maksimal pertanggungan sebesar Rp 600.000.000 per nasabah.
  • Santunan duka diberikan jika nasabah meninggal dunia sebesar 10 kali setoran bulanan atau maksimal Rp 50.000.000 per nasabah.
Usia PolisMeninggal dunia/ketidakmampuan tetap karena penyakitMeninggal dunia/ketidakmampuan tetap karena kecelakaan
< 2 tahunTidak ada manfaatMembayar secara sekaligus sisa setoran bulanan sampai jatuh tempo + santunan duka
> 2 tahunMemberikan total jumlah sisa setoran bulanan sampai jatuh tempo + santunan dukaMembayarkan secara sekaligus sisa setoran bulanan sampai jatuh tempo + santunan duka

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar seluk beluk tabungan berjangka BJB mulai dari keunggulan, suku bunga, biaya administrasi, syarat pembukaan rekening hingga perlindungan asuransi. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuka rekening BJB Tandamata Berjangka.

Sumber gambar : bankbjb.co.id

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.