Tabungan

√ Bunga Tabungan Rencana Mandiri 2022 : Biaya, Syarat & Cara Buka

Trikves.com – Seperti diketahui, Tabungan Rencana Mandiri ialah salah satu jenis tabungan berjangka dengan setoran bulanan, suku bunga serta jangka waktu fleksibel sesuai kebutuhan nasabah. Dengan kata lain, Tabungan Rencana Mandiri sangat cocok untuk Anda yang menjadikan rekening tabungan sebagai simpanan dana darurat.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya rekening nasabah akan melakukan penarikan dana secara otomatis melalui fasilitas autodebet sehingga mereka akan mempunyai simpanan secara rutin. Menariknya lagi, jangka waktu tabungan Rencana Mandiri sendiri juga sangat fleksibel, bahkan bisa mencapai 20 tahun dengan suku bunga cukup tinggi.

Berbicara mengenai suku bunga, tentunya komponen tersebut menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan ketika ingin membuka salah satu jenis tabungan berjangka di bank Mandiri. Secara garis besarnya, suku bunga yang ditawarkan di dalam salah satu jenis simpanan di bank Mandiri tersebut ditentukan berdasarkan jangka waktu perjanjian nasabah.

Oleh sebab itu, apabila Sobat Trikves berencana membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran suku bunganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini Trikves.com akan menjelaskan secara lengkap mengenai bunga Tabungan Rencana Mandiri dilengkapi dengan syarat dan cara buka hingga biaya administrasinya.

Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Sebelum membahas poin utama mengenai bunga Tabungan Rencana Mandiri lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Tabungan Rencana Mandiri sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadikan rekening tabungan sebagai simpanan dana darurat suatu hari nanti.

Dimana Tabungan Rencana Mandiri sendiri memungkinkan nasabahnya menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis atau autodebet dari rekening tabungan setiap bulan. Dengan begitu, menabung pun terasa lebih ringan serta menjadi kebiasaan yang tidak membebani, terlebih lagi suku bunganya tergolong cukup tinggi.

Selain mempunyai suku bunga cukup tinggi, Tabungan Rencana Mandiri juga menghadirkan sejumlah fasilitas yang akan menguntungkan nasabahnya. Adapun beberapa keuntungan dan fitur di dalam Tabungan Rencana Mandiri tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Gratis biaya administrasi.
  • Menerapkan fasilitas autodebet.
  • Kebebasan dalam menentukan serta mengubah setoran bulanan.
  • Nasabah bisa menambah dana ke Tabungan Rencana Mandiri di luar setoran bulanan.
  • Jangka waktu atau tenor fleksibel.
  • Dilengkapi perlindungan asuransi gratis.
  • Sudah tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar.
  • Nasabah berhak mendapatkan fasilitas konsultasi gratis dengan Customer Service professional bank Mandiri.

Bunga Tabungan Rencana Mandiri

Suku bunga Tabungan Rencana Mandiri yang tergolong cukup tinggi menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang ingin mendapatkan fasilitas perbankan tersebut. Meskipun besaran bunganya tidak sebesar deposito, namun nasabah masih bisa mendapatkan beberapa benefit lain, salah satunya yaitu asuransi.

Perlu diketahui, pihak bank Mandiri menetapkan besaran suku bunga Tabungan Rencana berdasarkan tenor atau jangka waktu simpanannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik besaran suku bunga Tabungan Rencana Mandiri untuk semua jangka waktu simpanannya berikut ini.

Jangka Waktu TabunganSuku Bunga Per Tahun
1 – 3 tahun1.10%
4 – 9 tahun1.35%
10 – 14 tahun1.60%
≥ 15 tahun1.85%

Biaya Tabungan Rencana Mandiri

Selain bunga, pihak bank Mandiri juga sebenarnya memberlakukan ketentuan mengenai biaya administrasi di dalam produk Tabungan Rencana. Meskipun nasabah tidak dibebankan tarif administrasi bulanan, namun tetap saja terdapat beberapa ketentuan Tabungan Rencana Mandiri lainnya yang perlu di patuhi.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan daftar ketentuan tarif ataupun biaya di dalam produk Tabungan Rencana Mandiri.

KeteranganBiaya
Biaya administrasi bulananGratis
Biaya premi asuransiGratis
Biaya AFTGratis
Biaya penutupan rekeningGratis
Biaya perpanjangan jangka waktu non AROGratis
Biaya perpanjangan jangka waktu AROGratis
Biaya penarikan sebagian sebelum tanggal jatuh tempoRp 100.000 atau 0.5% dari nominal penarikan (jumlah yang lebih kecil)
Biaya pembuatan rekening koran di luar rekening koran triwulananRp 2.500 per lembar

Syarat Buka Tabungan Rencana Mandiri

Setelah mengetahui ketentuan suku bunga hingga biaya administrasi Tabungan Rencana Mandiri, selanjutnya Anda juga sebenarnya harus mengetahui apa saja syarat pembukaannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya target market Tabungan Rencana Mandiri yaitu seperti nasabah perorangan berusia 78 – 35 tahun (first jobber), nasabah payroll hingga ibu rumah tangga dan mahasiswa.

Tak heran jika cukup banyak nasabah yang menjadikan Tabungan Rencana Mandiri ini menjadi salah satu pilihan tabungan pendidikan anak yang bisa dicairkan suatu hari nanti. Hal ini dikarenakan Tabungan Rencana Mandiri memang lebih diperuntukkan bagi nasabah yang menginginkan investasi berjangka dengan setoran bulanan dalam jangka waktu lebih fleksibel.

Adapun syarat buka Tabungan Rencana Mandiri tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Nasabah berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 70 tahun saat Tabungan Rencana Mandiri jatuh tempo.
  • Nasabah sudah memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
  • Nasabah mengisi formulir aplikasi beserta pernyataan kesehatan dan surat kuasa pendebitan otomatis, tanpa perlu mengikuti medical check up.

Cara Buka Tabungan Rencana Mandiri

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai suku bunga dan biaya Tabungan Rencana Mandiri hingga syarat-syarat pembukaannya. Nah, setelah memenuhi sejumlah persyaratan utama di atas, selanjutnya juga Anda perlu mengetahui bagaimana tata cara pembukaan rekening Tabungan Rencana Mandiri.

Untungnya, saat ini proses pembukaan rekening Tabungan Rencana Mandiri sudah bisa dilakukan entah itu secara offline melalui kantor cabang ataupun secara online melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Jika secara offline, nasabah hanya perlu mengunjungi customer service bank Mandiri kemudian mengutarakan maksud dan tujuan untuk membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri.

Sementara jika dilakukan secara online melalui aplikasi Livin’ by Mandiri, sebaiknya pahami beberapa langkah-langkah membuatnya di bawah ini.

  1. Pastikan Anda sudah mempunyai fasilitas Livin’ by Mandiri.
  2. Silahkan buka aplikasi Livin’ by Mandiri dan login menggunakan username dan password.
  3. Kemudian pilih Pembukaan Rekening Baru.
  4. Setelah itu pilih Tabungan Rencana Mandiri.
  5. Kemudian pilih Buka Rekening.
  6. Cara selanjutnya pilih Sumber Rekening dan isi formulir pembukaan rekening.
  7. Silahkan centang Syarat dan Ketentuan lalu tekan Lanjut.
  8. Langkah terakhir yaitu konfirmasi dan masukkan PIN.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan seputar bunga Tabungan Rencana Mandiri dilengkapi dengan biaya administrasi hingga syarat beserta cara pembukaannya versi Trikves.com. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuka rekening Tabungan Rencana Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.