Tabungan

Apa Itu Tabungan: Pengertian, Jenis, Contoh, Manfaat & Fungsi

Trikves.com – Sejak usia dini, sudahkah anda mengetahui apa itu tabungan? Mendengar kata tersebut mungkin yang terlintas di benak anda adalah sebuah aktivitas mengumpulkan uang dalam suatu wadah. Namun bagaimana praktiknya saat ini? Untuk lebih memahami perkembangan aktivitas menabung di era ini, mari kita bahas bersama.

Ada sebuah fakta menarik dimana nenek moyang kita pada zaman dahulu sudah mengenal apa itu tabungan. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya sejumlah prasasti wadah serupa celengan, yang diduga kuat sebagai tempat menabung. Bentuknya pun bermacam-macam, seperti gajah, kura-kura, babi, dan anak kecil.

Pada era Majapahit kuno, tabungan umumnya berbentuk anak kecil. Hal tersebut dilakukan sebagai sebuah penghormatan terhadap Kuwera, yang merupakan sosok bendahara bagi para dewa. Bahkan menurut bangsawan pada era tersebut, kuwera adalah dewa kekayaan.

Sudah berabad-abad lamanya kegiatan menabung dilakukan. Apakah menabung masih relevan dengan kehidupan sekarang? Tentunya jawaban atas pertanyaan tersebut dapat disimpulkan saat anda belajar secara detail tentang apa itu tabungan. Mulai dari pengertiannya hingga untung ruginya.

Apa Itu Tabungan

Tabungan pada dasarnya adalah simpanan berupa sejumlah uang yang anda titipkan pada pihak bank. Proses penarikan dari simpanan tersebut dapat dilakukan dengan atau tanpa ketentuan sesuai dengan kesepakatan. Sebagai nasabah, umumnya anda akan mendapatkan sebuah buku tabungan yang didalamnya berisi nomor rekening, data diri, dan seluruh aktivitas transaksi keuangan.

Untuk membuka rekening dari produk bank tersebut, akan ada jumlah minimal uang yang digunakan sebagai setoran awal. Biasanya beberapa bank mematok setoran awal sebesar Rp 50.000,00 hingga Rp 100.000,00. Namun semua kembali lagi pada kebijakan masing-masing bank.

Dalam mekanismenya, proses penarikan uang pada tabungan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan memanfaatkan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang tersedia di berbagai lokasi. Kedua, melalui Teller bank dengan menggunakan buku dari produk simpanan. Namun untuk metode yang menggunakan buku, biasanya minimal penarikan harus di atas Rp 3.000.000,00.

Dalam perkembangannya saat ini, seluruh aktivitas terkait program penyimpanan yang anda miliki bisa dipantau dari mana saja melalui Internet Banking dan juga Mobile Banking. Bahkan di dalamnya juga terdapat beberapa fasilitas yang memberikan anda pelayanan secara lengkap.

Jenis Tabungan

Seiring dengan berkembangnya waktu, hampir seluruh Bank menciptakan inovasi terkait dengan tabungan. Hal tersebut terjadi lantaran banyaknya jumlah nasabah yang bertambah setiap harinya. Sejak saat itu muncul berbagai jenis terkait produk bank tersebut, antara lain:

1. Tabungan Konvensional

Jenis produk penyimpanan uang yang satu ini sama halnya dengan tabungan biasa. Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas berupa buku rekening, kartu ATM dan layanan Internet Banking saat menjadi nasabah. Jenis simpanan ini juga digunakan oleh banyak masyarakat.

Tujuan adanya program menabung yang ada di Bank adalah murni untuk menyimpan uang dan bukan mengembangkannya. Jadi bunga pada program menabung biasa ini terbilang sangat rendah. Berbeda dengan investasi yang bertujuan untuk mengembangkan aset.

2. Tabungan Berjangka

Salah satu jenis dari produk simpanan yang satu ini terbilang unik. Pasalnya anda harus menabung dengan nominal yang tetap setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan dengan pihak Bank. Program tersebut akan terus berjalan hingga target simpanan yang sudah disepakati terpenuhi.

Dalam proses penarikan simpanannya, anda harus menunggu terlebih dahulu hingga jatuh tempo. Namun jika anda menarik uang simpanan sebelum waktu yang sudah ditentukan, maka akan ada sanksi atau denda yang diberlakukan. Jadi sebelum menabung dalam program ini, maka pastikan dulu tujuannya.

Sebagai catatan, tabungan berjangka tidak sama dengan deposito. Kedua produk tersebut sangat berbeda jika dilihat dari mekanismenya. Pada simpanan berjangka anda harus menyetorkan uang secara berkala. Sedangkan deposito anda hanya melakukan setoran di awal dengan tujuan investasi dan menerima bunga secara berkala.

3. Tabungan Anak

Program menabung yang satu ini dikhususkan untuk anak-anak yang sedianya ingin belajar menabung. Literasi keuangan memang penting untuk diajarkan sedari dini. Jika anak anda mengikuti program menabung ini, maka akan ada beberapa fasilitas seperti buku tabungan dengan desain menarik dan biasanya juga tersedia kartu ATM.

4. Tabungan Haji

Menunaikan ibadah haji memang salah satu rukun islam kelima yang menjadi impian bagi banyak orang. Bagi anda yang memang ingin melaksanakan ibadah tersebut, maka ada baiknya anda memilih program menabung yang satu ini. Pasalnya anda dapat mengumpulkan uang secara aman sebelum akhirnya berangkat ke tanah suci. Namun pelunasannya sudah harus dilakukan sebelum jatuh tempo.

Saat mengikuti program menabung yang satu ini, maka anda diharuskan menyiapkan dokumen yang lebih banyak dari pada program menabung yang lainnya. Misalnya saja data diri secara lengkap, dan bahkan tidak jarang riwayat penyakit yang dimiliki. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengamanan manakala hal yang tidak diinginkan terjadi.

5. Tabungan Giro

Program menabung yang satu ini lebih sering diperuntukan bagi beberapa pihak yang merupakan seorang pelaku bisnis. Adapun fasilitas yang diberikan juga ditujukan untuk melayani berbagai transaksi dengan nominal yang besar. Anda dapat menggunakan cek dan juga bilyet dalam melakukan transaksi.

6. Tabungan Valuta Asing

Program menabung berikutnya ditujukan bagi anda yang ingin melakukan simpanan dalam bentuk mata uang asing. Nasabah dalam program ini biasanya juga merupakan seorang pelaku bisnis yang transaksinya bersifat lintas negara. Dalam program ini anda juga bisa menarik sejumlah dana dengan mata uang asing.

Contoh Tabungan

Contoh-Tabungan

Meskipun anda sudah memahami tentang apa itu tabungan, nampaknya anda membutuhkan sebuah contoh visual dari sebuah buku tabungan itu sendiri. Hal ini akan membantu anda dalam menabung dan mengetahui beberapa istilah yang terasa asing.

Adapun beberapa istilah yang nantinya akan anda jumpai dalam buku tersebut, antara lain:

  • Tanggal yang merupakan catatan tentang waktu transaksi dilakukan
  • Debet merupakan catatan transaksi yang berisi pemasukan dana kedalam rekening
  • Kredit merupakan catatan transaksi yang berisi pengeluaran dana dalam rekening
  • Saldo merupakan catatan tentang jumlah uang yang terdapat pada rekening anda
  • Keterangan merupakan catatan berisi kode aktivitas keuangan dalam rekening
  • Kode AFT merupakan kode transfer ke rekening sesama bank
  • Kode FAS merupakan kode transfer ke rekening bank lain
  • Kode TAX merupakan kode untuk pemotongan pajak rekening anda
  • Kode INT merupakan kode untuk penerimaan suku bunga pada rekening anda
  • Kode KOR merupakan kode untuk penarikan yang anda lakukan
  • Kode CSD merupakan kode untuk penyetoran tunai

Manfaat Tabungan

Pernahkah terpikirkan oleh anda mengapa kegiatan menabung harus diajarkan sejak usia dini? Entah disadari atau tidak menabung dan memiliki tabungan mendatangkan manfaat yang besar. Bahkan efek dari kegiatan menabung cenderung merubah pola hidup anda ke arah yang positif. Berikut ini adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dari tabungan.

1. Membentuk Pola Hidup Hemat

Manusia memang terkadang memiliki banyak kebutuhan dan keinginan yang berkaitan dengan pengeluaran uang. Namun seringkali hal tersebut tidak bisa dikendalikan dan berujung pemborosan. Dengan membiasakan diri untuk menabung, maka secara tidak langsung anda bisa menahan diri untuk keinginan di luar kebutuhan. Imbasnya adalah tercipta pola hidup yang lebih hemat.

2. Membiasakan Diri Untuk Disiplin

Biasanya menabung merupakan kegiatan yang ada hubungannya dengan mengumpulkan uang. Semakin sering dilakukan maka akan tercipta kesadaran untuk menyisihkan uang demi mengisi pundi-pundi simpanan yang dimiliki. Kebiasaan tersebut akan membuat anda lebih taat dalam mengelola keuangan atau disiplin.

3. Membentuk Pribadi yang Sabar

Dibalik sebuah kesuksesan biasanya terdapat kerja keras dan kesabaran dalam berproses. Begitu juga dalam kegiatan menabung. Tentunya anda memiliki sebuah tabungan untuk tujuan tertentu. Secara tidak langsung, proses menabung hingga mencapai tujuan tersebut akan melatih kesabaran yang anda miliki.

4. Menjauhkan Diri dari Hutang

Kembali lagi dalam memenuhi banyak keinginan manusia. Banyak kasus dimana beberapa orang tidak mampu mengendalikan hasrat tersebut sehingga berujung mencari sebuah jalan pintas dengan cara berhutang. Agar dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginan tersebut, maka setidaknya anda harus memiliki tabungan untuk berjaga-jaga.

Fungsi Tabungan

Sebuah produk tabungan biasanya diciptakan dengan fungsi atau kegunaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabah. Penting bagi anda untuk mengetahui hal ini, agar nantinya anda dapat mengerti kegunaan dari tabungan. Berikut adalah beberapa fungsi tersebut.

1. Sebagai Cadangan Dana

Seringkali kebutuhan mendesak datang tanpa kita sadari. Bahkan beberapa kebutuhan tersebut mengharuskan kita mengeluarkan pengeluaran dana. Saat anda memiliki tabungan, mungkin anda dapat bernafas lega. Pasalnya anda masih memiliki simpanan sejumlah uang meski sudah melakukan pengeluaran dana.

2. Persiapan Menyongsong Masa Depan

Tidak ada manusia yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kita hanya dapat berasumsi dan juga mempersiapkan diri sebaik mungkin. Begitu halnya dengan masalah keuangan. Adanya tabungan adalah untuk menghadapi beberapa masalah keuangan yang mungkin akan anda hadapi di masa depan.

3. Mempersiapkan Masa Pensiun

Suatu hari akan tiba saatnya bagi kita untuk berhenti melakukan kegiatan produktif yang menghasilkan uang. Jika sudah tiba waktunya, maka secara otomatis sumber pendapatan juga punya kemungkinan berkurang. Dengan memiliki tabungan, setidaknya anda dapat merasa tenang meski sudah memasuki masa pensiun.

Keuntungan Tabungan

Menabung di Bank memang sudah menjadi sebuah kegiatan umum di masyarakat. Banyaknya nasabah yang melakukan penyimpanan uang tersebut tentunya mendapatkan keuntungan dari pihak Bank. Agar anda lebih semangat dalam menabung, penting untuk mengetahui beberapa keuntungan tabungan, antara lain:

1. Mendapatkan Suku Bunga

Salah satu cara menarik nasabah agar tertarik untuk menabung di bank adalah dengan memberikan suku bunga. Adanya suku bunga tersebut merupakan imbalan atau balas budi berupa nominal karena sudah mempercayakan pihak Bank untuk menyimpan uang anda. Tentu hal ini menjadi sebuah keuntungan karena dapat menambah jumlah simpanan anda.

Tingkat suku bunga pada sebuah tabungan umumnya lebih kecil apabila dengan berbagai produk investasi. Hal tersebut terjadi karena fokus dari sebuah produk simpanan bank yang satu ini memang berfokus pada kegiatan menyimpan uang anda dan bukan mengembangkannya.

2. Keamanan Tingkat Tinggi

Menabung di Bank cenderung lebih aman daripada anda menyimpan uang di rumah. Dengan menabung di Bank, maka anda dapat terhindar dari resiko pencurian, kerusakan uang, dan juga resiko lainnya. Beberapa hal tersebut yang akhirnya membuat banyak orang lebih memilih untuk menabung dan memiliki tabungan di bank.

3. Kemudahan dalam Bertransaksi

Dahulu masyarakat harus bertemu dan bertatap muka secara langsung untuk melakukan sebuah proses transaksi khususnya yang berkaitan dengan keuangan. Namun dengan memiliki tabungan, maka anda hanya perlu melakukan transaksi antar rekening dan uang sudah langsung terkirim.

Untuk melakukan transaksi tersebut, anda hanya perlu pergi ke lokasi ATM terdekat dan melakukan proses transaksinya. Atau jika anda sudah menggunakan Internet Banking dan Mobile Banking, maka semua transaksi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pelayanan transaksi ini berlangsung selama 24 jam.

4. Mengelola Keuangan Menjadi Lebih Mudah

Memiliki tabungan artinya anda dapat memantau segala aktivitas keuangan yang dimiliki. Segala pemasukan dan juga pengeluaran yang anda lakukan tercatat kedalam buku tabungan. Terpantaunya aktivitas keuangan akan memudahkan dalam mengendalikan setiap pengeluaran sehingga anda dapat lebih bijak dalam menggunakan uang.

5. Potensi Mendapatkan Hadiah

Sudah menjadi rahasia umum apabila setiap Bank Umum memiliki program menabung yang memberikan banyak hadiah kepada para nasabahnya. Hal tersebut memang dilakukan agar masyarakat termotivasi untuk menabung. Semakin besar jumlah tabungan anda, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Kerugian Tabungan

Meski menabung cenderung membuat anda lebih baik, tetap ada beberapa kerugian yang bisa anda alami saat menabung di bank. Penting bagi anda untuk mengetahui hal tersebut agar nantinya bisa mempersiapkan diri manakala kerugian datang. Berikut adalah beberapa kerugian dari tabungan.

1. Adanya Biaya Transaksi dan Biaya Administrasi

Saat akan melakukan sebuah transaksi, biasanya akan ada beban yang ditangguhkan. Besaran biaya transaksi tersebut bergantung pada kebijakan dari masing-masing bank. Begitupun dengan biaya administrasi yang akan dipotong secara langsung melalui rekening yang anda miliki setiap bulannya.

2. Lambatnya Perkembangan Tabungan

Sekali lagi perlu diingatkan bahwasanya menabung berbeda dengan investasi. Memang anda mendapatkan bunga dari kegiatan menabung, tetapi nominalnya hanya sedikit. Jadi nominal yang ada pada tabungan anda juga akan sulit berkembang.

3. Adanya Saldo Minimum

Pada beberapa bank umum, anda dapat menjumpai sebuah kebijakan yang mengharuskan anda memiliki saldo minimum. Hal ini membuat anda tidak bisa melakukan menarik uang atau melakukan transfer saat sisa saldo rekening anda kurang dari batas minimum.

4. Adanya Limit dalam Tarik Tunai

Beberapa bank umum menerapkan batasan atau limit dalam melakukan penarikan secara tunai per harinya. Limit tersebut akan mengatur ulang secara otomatis saat pergantian hari. Tentunya hal ini akan merugikan anda saat membutuhkan dana dalam jumlah yang besar. Jadi saat membutuhkan dana yang cukup besar, usahakan anda sudah menyiapkannya jauh-jauh hari.

Pertanyaan Seputar Tabungan

Apa itu tabungan?

Tabungan adalah sebuah simpanan dalam bentuk uang yang dititipkan kepada pihak bank

Apa saja jenis tabungan?

Beberapa jenis tabungan, antara lain tabungan konvensional, tabungan berjangka, tabungan anak, tabungan haji, tabungan giro, tabungan valuta asing

Apa keuntungan tabungan?

Beberapa keuntungan tabungan, antara lain mendapat suku bunga, tingkat keamanan tinggi, dan kemudahan dalam transaksi

Kesimpulan

Ternyata menabung memang penting untuk bisa dilakukan di masa sekarang. Bahkan belajar tentang apa itu tabungan juga sangat dianjurkan bahkan sejak usia dini. Dengan mengikuti program menabung tersebut, maka anda dapat memiliki pegangan untuk kebutuhan yang mendesak. Jadi, tunggu apalagi. Buat tabunganmu sekarang!

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.