Tabungan

21 Tips Menabung Untuk Pelajar Di Masa Pandemi 2022

Trikves.com – Tekadmu dalam berhemat bisa lebih bulat saat mengetahui tips menabung untuk pelajar di masa pandemi. Tentunya hal tersebut bisa menambah wawasan tentang tata cara pengelolaan keuangan.

Meski sudah mendapatkan uang jajan lebih, terkadang sumber daya itu hanya berlalu begitu saja di sakumu. Nampaknya ada kejanggalan dan harus segera dibenahi dengan tips menabung untuk pelajar di masa pandemi.

Fakta menariknya, banyak orang dengan masalah keuangan serupa yang membutuhkan tips menabung untuk pelajar di masa pandemi. Hal ini sekaligus menjadi indikasi adanya kesalahan dalam mengatur keuangan secara optimal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips menabung untuk pelajar di masa pandemi. Saran-saran di dalamnya bisa bermanfaat bagi Sobat Trikves. Selebihnya, mari kita pelajari bersama.

Menabung Itu Apa Sih?

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan dan menyimpan sebagian uang pendapatan guna memenuhi kebutuhan mendesak di kemudian hari. Simpanan dalam kegiatan tersebut biasa dikenal sebagai Tabungan.

Sekecil apapun jumlahnya, menabung tetap mampu mendatangkan manfaat besar. Asal dilakukan secara rutin, maka lama kelamaan jumlah tabungan akan semakin besar.

Dewasa ini kesadaran menabung sangat penting untuk disampaikan kepada pelajar. Pasalnya dengan menabung, seorang pelajar akan mampu mengambil sikap dan kebijakan keuangan secara tepat di masa mendatang.

Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi Terpopuler

Kini tiba saatnya pembahasan tentang beberapa tips menabung terpopuler. Jika kamu penasaran dengan beberapa tips menabung tersebut, maka simaklah penjelasan berikut ini.

1. Bawalah Bekal dari Rumah Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Tips pertama dalam menabung adalah membawa bekal dari rumah. Bekal terbukti sangat efektif untuk pelajar dalam menghemat uang saku. Pasalnya rasa lapar dan haus saat berkumpul bisa teratasi menggunakan bekal tersebut.

Karena uang sakumu tidak terpakai, maka sumber daya tersebut bisa dimasukan kedalam celengan. Jadi kebutuhan uangmu di masa pandemi akan aman.

2. Ciptakanlah Tujuan Menabung

Tips berikutnya adalah menciptakan tujuan pada kegiatan menabung. Adanya tujuan akan memotivasi pelajar untuk menyisihkan uangnya demi meraih keinginan.

Misalnya saja tujuan tersebut adalah membeli hp pelajar. Atau bisa juga menabung untuk beli motor di masa pandemi. Semua itu bisa diwujudkan saat kamu mau menabung.

3. Mengalihkan Pengeluaran Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Coba pikirkan satu saja kegiatan yang menurutmu kurang bermanfaat dan menghabiskan uang saku. Jika sudah, maka hindari kegiatan tersebut selama satu minggu. Pasti di akhir pekan uang sakumu masih tersisa untuk menabung.

Tips ini hanya berlaku pada kegiatan bersifat kurang mendatangkan manfaat. Jika tujuannya untuk membantu sesama di masa pandemi, maka kamu tidak salah jika melakukannya.

4. Buatlah Daftar Prioritas Kebutuhan

Terkadang pelajar masih kesulitan membedakan kebutuhan dan keinginan. Kedua hal itu kadang tercampur dan akhirnya terjadi pemborosan.

Apabila kamu ingin menabung di masa pandemi, maka cobalah buat skala prioritas. Lakukan pengeluaran jika hal tersebut memang bisa mencukupi kebutuhanmu. Jika hal tersebut hanya keinginanmu saja, maka tahan diri.

5. Bukalah Rekening Tabungan Terpisah

Membuat rekening terpisah adalah tips jitu dalam kegiatan menabung. Fungsikan masing-masing rekening tersebut sesuai tujuannya. Jadi kamu bisa leluasa menabung tanpa khawatir tabungan tersebut akan terpakai.

Misalnya saja salah satu tabungan berfungsi menyimpan dana darurat, sedangkan rekening lainya berfungsi untuk digunakan memenuhi kebutuhan harian. Meski tergolong sebagai pelajar, kamu sudah bisa membuka rekening bank.

6. Catatlah Transaksi Keuangan Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Agar lebih mudah dalam menabung, sebaiknya pelajar mulai membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran dana. Pasalnya catatan tersebut mampu digunakan sebagai pengingat manakala dana terpakai sudah melebihi batas. Jadi pelajar bisa lebih hemat dan punya uang saku untuk ditabung.

7. Carilah Penghasilan Tambahan Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Tips menabung selanjutnya adalah mencari penghasilan tambahan. Banyak bisnis pelajar untuk ditekuni saat ini. Tentunya kamu hanya perlu mencari referensi. Apabila penghasilan sudah didapatkan, maka tabunganmu bisa berkembang secara cepat.

8. Ikutilah Program Arisan Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Arisan memang sebuah program sosial dalam hal menabung. Ada iuran wajib setiap bulannya untuk menabung pada program ini. Karena adanya sanksi sosial, maka program ini sangat cocok dalam membangun kesadaran menabung. Sangat bermanfaat bagi pelajar di masa pandemi.

9. Cobalah Uninstal Aplikasi Belanja Online

Apliksi belanja online terkadang jadi masalah bagi banyak orang khususnya pelajar. Pasalnya hal tersebut dapat menjadi godaan terbesar untuk menabung di masa pandemi. Tips terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan Uninstal Aplikasi belanja online.

10. Tabunglah Uang Nominal Kecil dari Dompet

Selepas melakukan kegiatan belajar, biasanya pelajar memiliki uang sisa di dompet atau saku. Carilah uang dengan nominal paling kecil untuk ditabung. Jika dilakukan setiap hari di masa pandemi, kamu akan terkejut dengan hasilnya.

11. Kumpulkan Koin di Rumah Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Seringkali uang koin diremehkan dan dibiarkan tergeletak di lantai rumah. Padahal koin tersebut sangat bermanfaat di masa pandemi. Sekedar tips buat kamu, mulailah kumpulkan koin tersebut dan kumpulkan.

12. Kumpulkan Bunga Deposito Sebagai Tips Menabung untuk Pelajar di Masa Pandemi

Deposito merupakan kegiatan investasi untuk siapapun termasuk pelajar. Meski bersifat jangka panjang, setidaknya bunga yang dihasilkan dapat ditabung dan dijadikan simpanan di masa pandemi. Tentunya bunga tersebut mampu digunakan juga sebagai dana darurat.

13. Kumpulkan Bunga Obligasi

Obligasi juga merupakan produk investasi dari pemerintah. Siapapun orangnya bisa berinvestasi pada produk ini termasuk pelajar. Keuntungannya berupa suku bunga yang bisa ditabung untuk keperluan darurat di masa pandemi.

14. Buatlah Celengan Sesuai Kreasi

Tips selanjutnya adalah membuat sebuah celengan sesuai kreasi. Adanya aktivitas menghias celengan biasanya membuat para pelajar bersemangat untuk menabung di masa pandemi karena bentuk tempat menabungnya sesuai dengan selera.

15. Ikutilah Program Tabungan Berjangka

Bank memiliki program tabungan berjangka untuk pelajar. Nasabah harus melakukan kegiatan menabung dengan nominal tetap setiap bulannya. Jika tidak akan ada sanksi berlaku. Tips dari kami, ikutilah program tabungan berjangka agar kegiatan menabungmu lebih disiplin.

16. Cobalah Menabung Emas

Tips selanjutnya datang dari dunia investasi khususnya emas. Sebagai pelajar, kamu sudah bisa menabung emas secara online. Tidak seperti investasi pada umumnya, tabungan emas lebih mudah dicairkan sebagai dana darurat di masa pandemi.

17. Ikutilah Program Buku Tabungan Sekolah

Jika pihak sekolah mengadakan program menabung, maka sebagai pelajar tidak ada salahnya kamu turut berpartisipasi. Apalagi kegiatan menabung ini bisa menghindarkan diri dari keinginan untuk menghabiskan uang jajan. Alhasil kamu memiliki simpanan setiap akhir semester.

18. Cobalah Menabung Berdasarkan Tanggal

Tips menabung yang bisa kamu coba di masa pandemi adalah menabung sesuai tanggal. Misalnya saja setiap tanggal genap harus ada aktivitas menabung. Atau setiap tanggal dengan kelipatan 3 harus ada aktivitas menabung dan lain sebagainya.

19. Pasanglah Poster Menabung di Kamar

Agar selalu ingat dengan tujuan menabung, maka ada sebuah tips dimana kamu harus memajang poster bertema menabung di kamar. Pasang poster pada tempat yang bisa dilihat dari berbagai sudut kamar.

20. Pasanglah Alarm Pengingat Sebelum Tidur

Terdapat tips unik bagi pelajar dalam kegiatan menabung. Cobalah memasang alarm setiap hari sebelum tidur sebagai tanda bahwa hari ini harus dilakukan aktivitas menabung di masa pandemi. Tentunya hal ini bisa menjadi sebuah pengingat yang jitu.

21. Cobalah Konsisten dalam Menabung

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menjaga agar tetap konsisten dalam menabung. Semakin sering aktivitas menabung dilakukan, maka semakin cepat tujuan menabung tersebut tercapai. Cobalah untuk bersabar dan tekun dalam menjalaninya.

Kesimpulan

Ternyata banyak juga tips menabung untuk pelajar di masa pandemi yang bisa kamu lakukan di rumah. Meski beberapa di antaranya terdengar kurang masuk akal, nyatanya hal tersebut bisa membuat kamu disiplin menabung.

Sudah saatnya menyisihkan uang saku dan mulai kegiatan menabung. Tentunya hal tersebut membuat kamu lebih sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan. Selamat menabung Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.