Tabungan

Masa Aktif Rekening BNI Semua Jenis & Cara Mengeceknya!

Trikves.com – Sebagaimana diketahui, Bank Negara Indonesia atau BNI merupakan salah satu bank milik BUMN. Dimana bank BNI sendiri memiliki berbagai macam peraturan yang berkaitan dengan penggunaan rekening tabungannya, salah satunya yaitu tentang masa aktif dan penonaktifan rekening nasabah.

Terkadang seseorang tidak aktif dalam menggunakan rekening tabungannya atau bahkan tidak melakukan transaksi sama sekali selama beberapa kurun waktu tertentu. Tentunya hal tersebut menjadi kekhawatiran sendiri apakah rekeningnya tersebut akan mati atau masih bisa digunakan kembali suatu saat nanti.

Terlebih lagi jika di dalam rekening BNI nasabah masih terdapat sisa saldo yang cukup banyak, maka permasalahan tersebut akan cukup menjengkelkan. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar nasabah BNI di luar sana merasa kebingungan mengenai peraturan masa aktif untuk semua produk rekeningnya.

Maka dari itu, apabila Sobat Trikves merupakan nasabah setia bank BNI, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ketentuan tentang masa aktif rekeningnya. Nah, untuk membantunya di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai masa aktif rekening BNI untuk semua jenis produk tabungan dilengkapi cara mengeceknya.

Akibat Rekening BNI Tidak Ada Aktivitas

Seperti diketahui, beberapa orang mungkin mempunyai rekening tabungan lebih dari satu untuk berbagai macam tujuan, mulai dari menabung, rekening gaji serta transaksi harian ataupun untuk kebutuhan lainnya. Akan tetapi, terkadang Anda lupa dengan salah satu rekening karena jarang digunakan.

Nah, apabila rekening tabungan BNI jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali dalam jangka waktu tertentu, maka akan ada konsekuensi yang harus nasabah terima. Oleh karena itu, sebelum membahas poin utama mengenai masa aktif rekening BNI, berikut adalah beberapa akibat rekening tabungan tidak ada aktivitas dalam kurun waktu tertentu.

1. Rekening BNI Menjadi Pasif

Apabila rekening BNI menjadi pasif atau dormant, maka dapat dipastikan bahwa nasabah tidak akan bisa melakukan beberapa jenis transaksi, seperti penarikan tunai dan transfer melalui e-channel hingga pembelanjaan di merchant melalui EDC. Meskipun demikian, rekening BNI dormant masih bisa menerima transfer dari bank lain, namun transaksi tersebut tidak akan merubah status rekening menjadi aktif.

2. Rekening BNI Otomatis Tertutup

Selain rekening BNI menjadi pasif atau dormant, apabila nasabah tidak memiliki saldo di dalam tabungan dalam jangka waktu tertentu, maka rekening BNI otomatis ditutup oleh pihak bank. Dimana ketentuan ini juga sebenarnya berlaku untuk hampir semua jenis produk rekening tabungan miliki BNI, termasuk BNI Taplus Muda.

Masa Aktif Rekening BNI

Masa Aktif Rekening Tabungan BNI

Setelah mengetahui beberapa akibat atau kondisi ketika nasabah tidak memiliki saldo maupun jarang melakukan transaksi perbankan dalam jangka waktu tertentu, maka selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana ketentuan mengenai masa aktif rekening BNI. Seperti sudah disinggung sebelumnya, ketentuan masa aktif rekening BNI tersebut sudah berlaku untuk hampir semua produk BNI.

Dimana ketentuan tersebut biasanya berisi beberapa hal, diantaranya yaitu seperti jika selama 6 bulan berturut-turut rekening BNI tidak ada transaksi sama sekali, maka rekening BNI akan dinyatakan pasif atau dormant (mati suri), meskipun memang di dalam tabungan tersebut masih ada sisa saldo di atas saldo minimum.

Nah, setelah rekening dinyatakan dormant atau pasif namun tidak diaktifkan kembali oleh pemiliknya, kemudian 6 bulan selanjutnya masih tidak ada transaksi dan saldo rekening adalah nol, maka rekening BNI akan ditutup secara otomatis oleh sistem (mati). Ketentuan masa aktif rekening BNI ini juga berlaku apabila saldo nasabah nol selama 3 bulan.

Cara Cek Masa Aktif Rekening BNI

Cara Cek Masa Aktif Rekening BNI

Kurang lengkap rasanya apabila Anda sudah mengetahui ketentuan mengenai masa aktif rekening BNI, namun tidak mengetahui bagaimana tata cara mengecek apakah produk tersebut masih bisa digunakan atau tidak. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara cek rekening BNI masih dapat digunakan atau tidak.

1. Cek Lewat Mobile Banking BNI

Cara mengecek rekening BNI sudah melewati batas masa aktif atau belum pertama yaitu dilakukan melalui Mobile Banking BNI. Caranya yaitu Anda hanya perlu menginstall Mobile Banking BNI kemudian melakukan proses di laman awal, seperti memasukkan nomor kartu. Apabila pada proses ini Anda masih diperbolehkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, maka dapat dipastikan bahwa rekening BNI masih dapat digunakan.

2. Cek Lewat Internet Banking BNI

Kemudian cara mengecek selanjutnya yaitu melalui layanan Internet Banking BNI. Anda hanya perlu login Internet Banking BNI menggunakan User ID dan Password. Apabila berhasil login ke dalam fasilitas internet banking, maka rekening BNI masih dalam keadaan dapat digunakan kembali.

3. Cek Lewat Mesin ATM BNI

Solusi berikutnya yaitu mengecek menggunakan mesin ATM BNI terdekat. Apabila tidak terjadi penolakan saat kartu ATM BNI di masukkan ke dalam slot mesin ATM, maka bisa dipastikan bahwa rekening BNI belum melewati batas masa aktif yang telah ditentukan oleh pihak bank.

4. Cek dengan Menghubungi Call Center BNI

Menghubungi call center BNI di 1500046 juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengeceknya. Biasanya nantinya nasabah akan ditanyai mengenai identitas, nomor kartu ATM BNI serta nomor rekening BNI untuk pengecekan secara langsung oleh customer service guna memastikan apakah rekening masih dapat digunakan atau tidak.

5. Cek dengan Mengunjungi Kantor Cabang BNI

Kemudian cara mengecek masa aktif rekening BNI terakhir yaitu dengan mendatangi kantor cabang BNI terdekat di wilayah setempat. Anda hanya perlu mengunjungi customer serive di kantor cabang BNI kemudian mengutarakan maksud dan tujuan untuk mengecek keaktifan rekening tabungan BNI.

Tips Agar Rekening BNI Tetap Aktif

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai masa aktif rekening BNI untuk semua jenis produk tabungan dilengkapi dengan cara mengeceknya. Nah, supaya tabungan BNI milik Anda bisa tetap aktif dan dapat digunakan untuk bertransaksi perbankan, alangkah baiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Rutin mengecek saldo rekening BNI secara berkala.
  • Lakukan minimal 1 kali transaksi di setiap bulannya.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan kartu dari pihak bank lain.
  • Simpan kartu ATM BNI ditempat yang sering Anda lihat.
  • Isi saldo melebihi batas minimal.
  • Jangan biarkan saldo di dalam rekening BNI kosong.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar masa aktif rekening BNI untuk semua produk tabungan apabila saldo kosong (0) ataupun tidak melakukan transaksi perbankan sama sekali dalam jangka waktu tertentu. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengetahui rekening BNI masih dapat digunakan.

Sumber gambar : linkqu.id, qoala.app

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.