Tabungan

Bunga Tabungan Berjangka BRI 2022 : Biaya, Syarat & Cara Buka

Trikves.com – Hampir semua pihak perbankan di Indonesia saat ini menyediakan produk tabungan berjangka kepada para nasabahnya, termasuk bank BRI. Dimana bank BRI sendiri menghadirkan produk tabungan berjangka dengan beberapa peraturan dan ketentuan di dalamnya, salah satunya yaitu tentang besaran suku bunga.

Berbicara mengenai tabungan berjangka BRI, saat ini pihak perbankan tersebut menyediakan produk bernama BritAma Rencana yang bisa digunakan untuk merencanakan kondisi keuangan di masa depan. Pasalnya, tabungan berjangka BRI sendiri membebaskan nasabah dalam menentukan jangka waktu tabungan, mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun.

Menariknya lagi, bank BRI sendiri menawarkan produk tabungan BritAma Rencana tersebut dengan tingkat suku bunga lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis tabungan umum lainnya. Maka dari itu, BritAma Rencana bisa dijadikan sebagai solusi tepat ketika ingin merencanakan finansial di masa mendatang.

Akan tetapi, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah ketika ingin membuka tabungan rencana tersebut. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini Tikves.com akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai besaran suku bunga tabungan berjangka BRI beserta syarat dan cara pembukaannya.

Keuntungan Tabungan Berjangka BRI

Keuntungan Tabungan Berjangka BRI

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini bank BRI mempunyai produk tabungan berjangka bernama BritAma Rencana yang bisa nasabah manfaatkan untuk merencanakan kondisi keuangan di masa depan. Dimana BritAma Rencana sendiri juga sebenarnya bisa dikategorikan kembali menjadi dua jenis, yaitu Rencana Plan A serta Rencana Plan B.

Secara garis besarnya, kedua jenis tabungan berjangka BRI tersebut akan memberikan fasilitas ataupun keuntungan yang sama kepada para nasabahnya. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai bunga tabungan berjangka BRI lebih lanjut, sebaiknya pahami beberapa keuntungannya terlebih dahulu berikut ini.

  • Suku bunga tabungan berjangka BRI lebih tinggi dibandingkan tabungan pada umumnya.
  • Setoran awal minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 5.000.000.
  • Nasabah bebas dalam memilih jangka waktu tabungan, yaitu antara 1 tahun sampai 20 tahun.
  • Tersedia manfaat pertanggungan asuransi jiwa sampai Rp 1.000.000.000.
  • Tidak diperlukan adanya medical check up.
  • Gratis biaya administrasi bulanan.
  • Laporan mutasi rekening koran tabungan berjangka BRI dilakukan via email atau e-statement.

Bunga Tabungan Berjangka BRI

Setelah mengetahui beberapa fasilitas dan keuntungan yang bisa didapatkan di dalam tabungan berjangka BRI, maka selanjutnya Anda juga harus mengerti berapa besaran suku bunga produk tersebut. Seperti sudah disinggung sebelumnya, bank BRI memiliki kebijakan terkait suku bunga tabungan berjangka yang lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan lain pada umumnya.

Dengan begitu, tabungan berjangka BRI ini bisa dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang ingin menyimpan uang atau menabung secara terpisah dari rekening tabungan utama. Bahkan kedua jenis tabungan berjangka BRI seperti BritAma Plan A dan BritAma Plan B juga mempunyai ketentuan suku bunga yang sama.

Dimana BRI memberikan ketentuan besaran suku bunga untuk tabungan berjangka atau BritAma Rencana ini sebesar 3.25% per tahunnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa suku bunga tabungan berjangka BRI tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan yang berlaku. Oleh seba itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada petugas ketika ingin membuka BritAma Rencana.

Biaya Tabungan Berjangka BRI

Selain memiliki ketentuan mengenai besaran suku bunga, bank BRI juga mempunyai kebijakan terkait biaya layanan atau biaya administrasi untuk produk tabungan berjangka. Seperti halnya pada tabungan BRI Simpedes, besaran biaya administrasi tabungan berjangka BRI juga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak bank itu sendiri.

Untungnya, hingga saat ini sebagai salah satu bank terbaik dan terbesar di Indonesia, BRI masih membebaskan nasabahnya untuk beberapa potongan alias gratis. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya administrasi tabungan berjangka BRI atau BritAma Rencana di bawah ini.

KeteranganBiaya
Biaya Administrasi BulananGratis
Biaya di Bawah Saldo MinimumGratis
Biaya Pelunasan DipercepatGratis
Biaya Penutupan RekeningGratis
Biaya Penarikan Saldo Sebelum Tanggal Jatuh TempoGratis

Syarat Buka Tabungan Berjangka BRI

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh nasabah ketika membuka tabungan berjangka BRI yaitu persyaratan dan ketentuannya tergolong cukup ringan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya BritAma Rencana sendiri saat ini sudah dapat dibuka oleh nasabah dengan rentang usia mulai dari 17 tahun sampai 64 tahun.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan produk tabungan berjangka tersebut, pastinya nasabah diwajibkan untuk mempunyai salah satu jenis rekening BritAma Bisnis atau Giro sebelumnya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan di bahas secara lengkap mengenai sejumlah syarat dan ketentuan pembukaan rekening tabungan berjangka BRI.

  • Usia nasabah minimal 17 tahun dan maksimal 64 tahun.
  • Mempunyai rekening tabungan BRI BritAma, BritAma Bisnis ataupun Giro.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan berjangka BRI.
  • Menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk WNI.
  • Menyertakan Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP untuk WNA.

Cara Buka Tabungan Berjangka BRI

Kurang lengkap rasanya apabila Anda sudah mengetahui besaran suku bunga dan syarat pembukaan tabungan berjangka BRI, namun tidak mengerti bagaimana tata cara pembukaannya. Untungnya, saat ini proses pembukaan rekening tabungan berjangka BRI dalam hal ini yaitu BritAma Rencana sudah bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, entah itu offline maupun online.

Dimana pembukaan rekening tabungan berjangka BRI secara offline sendiri bisa dilakukan dengan cara mengunjungi kantor cabang terdekat di wilayah setempat. Sedangkan pembukaan rekening BritAma Rencana secara online kini dapat dilakukan melalui fasilitas Mobile Banking BRI atau biasa disebut juga dengan BRImo.

Pada saat proses pembukaan rekening tabungan berjangka BRI berlangsung, nasabah akan diminta untuk melakukan setoran awal minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 5.000.000. Apabila ingin menabung dalam jangka waktu selama 3 tahun dengan setoran awal Rp 100.000, maka setiap bulan Anda juga harus menyetorkan sejumlah saldo awal tersebut.

Simulasi Tabungan Berjangka BRI

Simulasi Tabungan Berjangka BRI

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk tabungan berjangka BRI mulai dari keuntungan, suku bunga, biaya layanan hingga syarat dan cara pembukaannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya saat ini calon nasabah BRI juga bisa melakukan simulasi perhitungan bunga tabungan berjangka melalui situs resminya.

Adapun langkah-langkah melakukan simulasi tabungan berjangka atau BritAma Rencana melalui situs resmi bank BRI tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Kunjungi situs resmi bank BRI di bri.co.id.
  2. Kemudian cari produk tabungan BritAma Rencana.
  3. Silahkan usap layar ke bawah sampai menemukan halaman tentang simulasi tabungan.
  4. Cara selanjutnya isi kolom simulasi tabungan berjangka BRI mulai dari jumlah bulan hingga setoran bulanannya.
  5. Apabila sudah, silahkan klik Hitung.
  6. Maka secara otomatis hasil simulasi perhitungan tabungan berjangka BRI akan ditampilkan di layar.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar besaran suku bunga tabungan berjangka BRI dilengkapi dengan biaya administrasi, syarat dan cara buka hingga simulasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuka tabungan berjangka atau BritAma Rencana milik bank BRI.

Sumber gambar : pinhome.id, bri.co.id

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.