Tabungan

√ Biaya Ganti Buku Tabungan BNI 2022 : Syarat & Cara Mengurus

Trikves.com – Seperti diketahui, buku tabungan BNI merupakan bukti kepemilikan seseorang atas rekening tabungan di bank tersebut. Akan tetapi, bagaimana jika buku tabungan tersebut hilang? Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini yaitu nasabah harus mencetak atau ganti buku tabungan BNI baru dengan beberapa biaya administrasi tambahannya.

Salah satu alasan kenapa nasabah harus segera melakukan penggantian buku tabungan BNI ketika hilang yaitu supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti data dicuri, disalahgunakan dan lain sebagainya. Selain itu, buku tabungan sendiri wajib dibawa oleh nasabah setiap kali melakukan penyetoran atau pengambilan uang di teller.

Namun, tentunya setiap jenis layanan yang diberikan oleh bank BNI kepada nasabahnya mempunyai beberapa syarat beserta ketentuannya. Dimana salah satu syarat dan ketentuan harus dipenuhi oleh nasabah ketika ingin mencetak atau mengganti buku rekening tabungan mereka karena hilang yaitu tentang biaya administrasinya.

Maka dari itu, apabila Sobat Trikves mengalami masalah seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja syarat dan ketentuan hingga cara mengurusnya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai biaya ganti buku tabungan BNI untuk semua jenis dilengkapi prosedur pengurusannya.

Dampak Buruk Buku Tabungan Hilang

Dampak Buruk Buku Tabungan Hilang

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya ganti buku tabungan BNI karena hilang atau rusak, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja dampak yang bisa timbul atas permasalahan tersebut. Perlu diketahui, buku tabungan BNI sendiri biasanya berisikan beberapa informasi penting seperti nomor rekening, nama nasabah, alamat, nomor HP, nomor KTP hingga data transaksi.

Dimana buku tabungan BNI sendiri sangat berguna untuk berbagai macam keperluan administrasi terkait rekening tabungan nasabahnya, seperti sebagai lampiran untuk pelaporan pajak, pengajuan kredit dan pinjaman, rekonsiliasi rekening dan lain sebagainya. Dengan adanya data-data tersebut, tentu saja bahaya penyalahgunaan buku tabungan yang hilang sangat mungkin terjadi.

Syarat Ganti Buku Tabungan BNI

Selain harus membayar sejumlah biaya ketika hendak mengajukan permohonan ganti buku tabungan BNI, seorang nasabah juga tentunya harus melengkapi beberapa syarat dan ketentuan lainnya. Sebagai informasi tambahan, biasanya hal pertama harus Anda lakukan ketika kehilangan buku tabungan BNI yaitu melapor ke kantor kepolisian setempat.

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya buku tabungan BNI sudah bisa di ibaratkan seperti KTP yang memiliki masa aktif dan berisi identitas pribadi seseorang sehingga sangat rentan untuk disalahgunakan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika hendak mengurus penggantian buku tabungan BNI.

  • Surat keterangan kehilangan buku tabungan BNI dari kepolisian setempat.
  • KTP atau paspor nasabah pemilik buku tabungan BNI.
  • Kartu ATM sesuai dengan nomor rekening tabungan BNI.

Cara Ganti Buku Tabungan BNI

Cara Ganti Buku Tabungan BNI

Setelah memenuhi beberapa syarat ganti buku rekening tabungan BNI di atas, maka selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana tata cara ataupun prosedur pengurusannya. Untungnya, saat ini proses penggantian buku rekening tabungan BNI hilang atau rusak sudah bisa dilakukan di kantor cabang bank BNI terdekat.

1. Kunjungi Kantor Cabang Bank BNI

Langkah pertama setelah melapor ke pihak kepolisian setempat terkait kehilangan buku tabungan BNI yaitu mengunjungi kantor cabang bank BNI terdekat. Setelah sampai di bank BNI, silahkan sampaikan kepada petugas atau satpam bahwa Anda ingin mengurus buku tabungan hilang. Biasanya nantinya petugas akan memberikan nomor antrean untuk ke meja customer service. Silahkan tunggu hingga giliran tiba.

2. Serahkan Dokumen Persyaratan

Setelah tiba giliran dipanggil, silahkan temui customer service BNI dan katakan bahwa Anda mempunyai masalah terkait buku tabungan. Kemudian jangan lupa untuk menyerahkan semua dokumen persyaratan penggantian buku tabungan BNI seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Membayar Biaya Ganti Buku Tabungan BNI

Apabila petugas atau customer service sudah selesai mencocokkan data nasabah dengan buku rekening tabungan BNI, maka biasanya mereka akan meminta nasabah untuk membayar biaya administrasi ganti buku tabungan karena hilang atau rusak.

4. Tunggu Proses Penggantian Buku Tabungan BNI

Kemudian langkah terakhir yaitu tinggal menunggu proses penggantian atau pencetakan buku rekening tabungan BNI yang baru. Perlu diingat, meskipun proses penggantian buku tabungan BNI terbilang cukup cepat, namun sebagai nasabah yang baik dan bijak, Anda juga harus rela mengantre terlebih dahulu.

Biaya Ganti Buku Tabungan BNI

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai syarat hingga tata cara mengurus penggantian buku tabungan BNI karena hilang. Seperti sudah disinggung sebelumnya, untuk fasilitas ataupun layanan dari bank BNI tersebut juga mempunyai ketentuan mengenai biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh setiap nasabahnya.

Pada pembahasan sebelumnya mengenai potongan BNI Taplus Muda per bulan juga sudah dijelaskan bahwa terdapat biaya administrasi tambahan yang harus nasabah bayarkan ketika mengganti buku tabungan karena hilang. Dimana besaran biaya ganti buku tabungan BNI sendiri yaitu kurang lebih sekitar Rp 15.000.

Namun, perlu diingat bahwa besaran biaya ganti buku rekening tabungan BNI karena hilang atau rusak tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan bank. Biasanya pihak bank BNI akan memberikan informasi terbaru mengenai biaya penggantian buku tabungan melalui website atau sosial media resminya jika memang terjadi sebuah penyesuaian tarif.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar biaya ganti buku tabungan BNI karena hilang atau rusak dilengkapi dengan syarat dan ketentuan hingga tata cara mengurusnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika sedang mengalami masalah buku tabungan BNI hilang atau rusak.

Sumber gambar : qoala.app, liputan6.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.