Bisnis Offline

Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor & Analisa Modal Usaha!

Trikves.com – Bisnis ternak ikan lele merupakan salah satu peluang usah yang cukup menggiurkan. Bahkan, sebagian para pelaku usaha ternak lele dengan modal 1000 ekor mampu mendatangkan keuntungan yang tergolong cukup besar.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya karakter ikan lele yang terkenal sangat tahan banting ini menyebabkan tingkat keberhasilan dalam ternaknya naik. Terlebih lagi permintaan yang cenderung selalu meningkat membuat banyak peternak lele bersaing dalam memproduksi lele dengan cepat.

Maka dari itu, banyak orang yang ingin melakukan usaha ini dan dijadikan sebagai penghasilan utama bagi mereka. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan mengenai seberapa besar peluang mendapatkan keuntungan atas usaha tersebut.

Oleh karena itu, apabila Sobat Trikves berencana menjalankan usaha budidaya lele 1000 ekor, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu keuntungannya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai keuntungan ternak lele 1000 ekor dilengkapi analisa kebutuhan modalnya.

Prospek Usaha Ternak Lele

Sebelum pembahasan poin utama mengenai keuntungan ternak lele 1000 ekor lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu prospek atau peluang usahanya. Dimana ikan lele merupakan salah satu jenis budidaya ikan air tawar dengan prospek bisnis paling tinggi, karena lele sendiri merupakan ikan air tawar konsumsi yang paling populer di Indonesia.

Potensi ternak lele juga cenderung besar, sebab ikan tersebut mudah untuk dibudidayakan, tidak membutuhkan perawatan terlalu sulit, tahan dengan kondisi perairan yang buruk serta tidak membutuhkan waktu lama. Untuk itu, budidaya lele seringkali dijadikan sebagai usaha sampingan para PNS.

Menurut beberapa penelitian, lele menempati urutan teratas sebagai ikan konsumsi yang menyumbang lebih dari 100% dari keseluruhan produksi ikan budidaya nasional dengan rata-rata pertumbuhan selama 6 tahun terakhir, yakni 38% per tahun. Hal ini menjadikan jumlah produsen dan peternak lele selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, bahkan mampu mendapatkan keuntungan cukup besar.

Analisa Bisnis Ternak Lele 1000 Ekor

Di dalam menjalankan semua jenis usaha budidaya, tentunya dibutuhkan adanya analisa yang cermat dan hari-hati supaya bisnis tersebut bisa berhasil dilakukan dan memberikan keuntungan, begitupun dalam memulai usaha ternak lele 1000 ekor. Meskipun hanya melakukan ternak lele dalam jumlah 1000 ekor, jika mengalami kegagalan tentunya para peternak tetap merasakan kerugian, terlebih lagi jika Anda memulai usaha dengan modal pas-pasan.

Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa seorang peternak pemula wajib mengetahui analisa usaha ternak lele 1000 ekor secara lengkap dan komprehensif meliputi modal ternak lele, cara memulai hingga tips sukses menjalankan bisnisnya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik analisa bisnis ternak lele 1000 ekor berikut ini.

Biaya Tetap

Perlu diketahui, nantinya biaya tetap akan mempengaruhi besaran keuntungan ternak lele 1000 ekor. Dimana komponen penting ini dapat diartikan sebagai modal awal yang tidak akan berubah selama proses budidaya ikan lele berlangsung.

Nantinya biaya tetap tersebut akan tetap dikeluarkan bahkan ketika para peternak tidak melakukan aktivitas apapun seperti menambah ikan, ikan mati, menambah faktor produksi dan lain sebagainya. Secara garis besarnya, terdapat 3 hal yang harus dikeluarkan ketika membuka usaha ternak lele 1000 ekor, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Kolam

Kapasitas kolam untuk ternak lele secara intensif adalah 200 sampai 400 ekor per meter persegi. Dimana rumus tersebut berlaku untuk kedalaman kolam 1 hingga 1.2 meter. Jadi, untuk ternak lele 1000 ekor, Anda bisa mempersiapkan kolam berukuran 2 x 3 meter persegi dengan kepadatan 200 ekor per meternya.

Adapun salah satu jenis kolam paling sering digunakan untuk ternak lele yaitu kolam terpal. Untuk lebih menghemat anggaran biaya sebagai modal awal, sebaiknya gunakanlah kolam terpal full set, sehingga Anda hanya tinggal merangkainya saja. Berikut adalah perkiraan ongkos pembuatan kolam terpal.

KeteranganBiaya
Terpal 2 x 3Rp 300.000
Bambu dan perlengkapan kolamRp 100.000
Biaya lain-lainRp 200.000

Pada siklus selanjutnya, Anda tidak perlu mempersiapkan modal sebesar ini, sebab kolam tersebut bisa dipakai berulang kali. Hanya saja, mungkin para peternak perlu menganggarkan biaya untuk perawatannya.

Benih Ikan

Benih ikan lele juga nantinya akan mempengaruhi besaran keuntungan ternak lele 1000 ekor. Di pasaran Indonesia sendiri, harga benih lele tergantung pada ukuran dan jenis ikan lele tersebut. Biasanya harga benih ikan lele yang digunakan untuk permulaan usaha berada di kisaran Rp 250 per ekor. Jadi, untuk memulai usaha ternak lele 1000 ekor, Anda perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp 250.000.

Biaya Pakan

Komponen penting selanjutnya yaitu biaya pakan. Adapun modal pembelian pakan harus dikeluarkan pada kolam lele 1000 ekor yaitu kurang lebih sekitar Rp 300.000 untuk 60 kg. Selain itu, siapkan juga anggaran biaya untuk pembelian vitamin ikan lele sebesar Rp 100.000.

Biaya Tidak Tetap

Selain harus mempersiapkan biaya tetap, para peternak juga perlu mempertimbangkan biaya tidak tetap. Dimana biaya ini merupakan modal bisa berubah sepanjang proses budidaya karena mengikuti perubahan aktivitas dalam usaha ternak. Sejumlah contoh biaya tidak tetap di dalam modal ternak lele 1000 ekor tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Perubahan jumlah ikan lele saat proses budidaya.
  • Penambahan listrik dan perluasan kolam.
  • Penambahan jumlah pekerja.
  • Peningkatan pakan dan suplemen.

Keuntungan Ternak Lele 1000 Ekor

Keuntungan Usaha Ternak Lele 1000 Ekor

Setelah memahami sekilas tentang prospek usaha ternak lele 1000 ekor beserta analisa perhitungan kebutuhan modal awalnya, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai perhitungan keuntungan terkait penghasilannya. Sebagai salah satu jenis usaha ternak menjanjikan di masa depan, tentunya budidaya lele mampu mendatangkan keuntungan cukup besar kepada para peternak.

Untuk saat ini, harga lele segar di pasaran Indonesia untuk 1 kg berada di kisaran Rp 16.000 sampai Rp 18.000. Dimana di dalam 1 kg lele bisa berisikan 8 hingga 10 ekor, tergantung pada ukurannya. Apabila usaha ternak lele 1000 ekor berhasil (dengan asumsi angka kematian 5%), peternak bisa panen 118.75 kg per siklus (1 kg isi 8 ekor).

Jadi, untuk 118.75 kg ikan lele, maka peternak akan mendapatkan penghasilan atau pendapatan kotor sebesar Rp 2.137.500. Untuk mendapatkan keuntungan bersih atas usaha ternak lele 1000 ekor, Anda harus menguranginya dengan total biaya tetap serta variabelnya. Daripada penasaran, perhatikan baik-baik perhitungan keuntungan ternak lele 1000 ekor berikut ini.

  • Keuntungan ternak lele = Hasil penjualan – Modal awal (biaya tetap + variabel).
  • Keuntungan ternak lele = Rp 2.137.500 – (Rp 1.250.000 + Rp 250.000).
  • Keuntungan ternak lele = Rp 2.137.500 – Rp 1.500.000.
  • Keuntungan ternak lele = Rp 637.500.

Dari data perhitungan di atas, maka keuntungan bisa didapatkan ketika membuka usaha ternak lele 1000 ekor yaitu kurang lebih sekitar Rp 637.500. Perlu diingat, besaran keuntungan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebutuhan modal awal hingga hasil penjualan lele.

Tips Sukses Ternak Lele

Di atas sudah dijelaskan mengenai keuntungan ternak lele 1000 ekor dilengkapi dengan perhitungan analisa modal awal membuka usaha. Nah, di bawah ini juga akan dijelaskan mengenai beberapa tips harus dilakukan oleh para peternak pemula supaya bisnis ternak lele bisa sukses dan berjalan dengan lancar.

  • Ketahui semua kebutuhan dalam membuka usaha ternak lele.
  • Riset target pasar.
  • Pilih spesies ikan lele yang tepat.
  • Mulai membudidayakan ikan lele dalam skala kecil.
  • Buatlah fasilitas peternakan.
  • Pisahkan gender.
  • Perhatikan faktor kesehatan dan lingkungan.
  • Pemberian pakan optimal serta konsisten.
  • Buat laporan kelayakan.
  • Dapatkan ide dari peternak lele lain di lingkungan sekitar.
  • Menganalisis biaya pengembalian investasi (ROI).

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar keuntungan membuka usaha ternak lele 1000 ekor dilengkapi dengan analisa perhitungan modal awal hingga tips sukses menjalankan bisnisnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalankan bisnis ternak lele 1000 ekor.

Sumber gambar : harmony.co.id

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.