Bisnis Offline

22 Usaha Sampingan PNS Modal Kecil Laki & Wanita 2022

Trikves.com – Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS mungkin menjadi impian bagi banyak orang. Akan tetapi, tidak jarang pula masih banyak PNS di luar sana yang membutuhkan usaha sampingan atau side job dengan modal kecil agar bisa menambah pemasukan setiap bulannya.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda sehingga para PNS mungkin berpikir bahwa mengandalkan gaji saja tidak cukup. Maka dari itu, usaha sampingan bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan atau alternatif tepat untuk para PNS ketika ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun sayangnya, sebagian besar PNS terkadang merasa kebingungan mengenai jenis usaha atau bisnis apa yang tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar. Untungnya, kini perkembangan era digital sudah semakin canggih sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha kecil-kecilan.

Nah, apabila Sobat Trikves ingin membuka usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa rekomendasinya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai referensi usaha sampingan PNS modal kecil, entah itu untuk laki-laki maupun wanita.

Usaha Sampingan PNS Modal Kecil

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ide membuka usaha atau bisnis sampingan bagi para PNS sebenarnya terdapat cukup banyak, entah itu secara online maupun offline. Akan tetapi, keterbatasan anggaran dana sebagai modal awal terkadang menjadi kendala bagi seorang PNS ketika hendak memulai sebuah usaha.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena sebenarnya masih ada cukup banyak bisnis lain dengan modal kecil yang patut Anda coba pada saat ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji bulanan. Daripada penasaran, di bawah ini akan dijelaskan mengenai sejumlah referensi atau ide usaha sampingan PNS modal kecil.

1. Guru Les Privat

Guru Les Privat

Membuka usaha sampingan sebagai guru les privat mungkin menjadi salah satu referensi terbaik bagi para PNS. Dimana pekerjaan guru les privat bahasa asing sendiri dapat dilakukan setelah pekerjaan utama selesai atau di akhir pekan supaya tidak mengganggu pekerjaan lainnya.

Jadi, bagi Anda yang mempunyai kemampuan bahasa asing, maka menjadi guru les privat bahasa asing seperti Inggris, Mandarin atau Jepang bisa dijadikan sebagai opsi. Apabila ingin lebih menghemat modal awal dalam membuka usaha les privat, sebaiknya lakukan secara online.

2. Usaha Berjualan Pulsa

Usaha berjualan Pulsa

Referensi usaha sampingan PNS modal kecil selanjutnya yaitu menjadi seorang penjual pulsa, kuota data hingga agen token listrik. Dimana ketiga komponen tersebut saat ini menjadi hal penting yang terkadang tidak pernah sepi akan pembeli. Terlebih lagi, kini tersedia aplikasi jual pulsa yang tidak perlu menggunakan deposito atau modal terlebih dahulu.

3. Reseller Toko Online

Reseller Toko Online

Semakin berkembangnya era digital seperti sekarang ini, usaha sampingan menjadi seorang reseller dapat dijadikan sebagai pilihan tepat. Pasalnya, menjadi reseller toko online kini hanya membutuhkan modal kecil, bahkan bisa tanpa modal sekalipun. Anda hanya perlu mencari supplier penyedia sistem dropship yang nantinya ditawarkan kembali ke pelanggan.

4. Agen Tiket

Agen Tiket

Meskipun kini tersedia banyak aplikasi penyedia tiket kereta api maupun pesawat, namun tidak semua orang bisa memanfaatkannya. Oleh sebab itu, usaha sampingan modal kecil ini sangat cocok bagi para PNS. Bahkan Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan komisi cukup besar pada momen-momen tertentu.

5. Agen Jasa Ekspedisi

Agen Jasa Ekspedisi

Selain menjadi agen tiket, Anda juga bisa membuka bisnis sebagai pelaku atau agen jasa ekspedisi tertentu. Seperti diketahui, kini berbelanja online seperti sudah menjadi kegiatan umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, agen jasa ekspedisi dalam aktivitas berbelanja online pastinya sangat dibutuhkan.

6. Usaha Kuliner

Usaha Kuliner

Apabila hanya mempunyai modal kecil, maka Anda sebagai PNS bisa membuka usaha di bidang kuliner. Mungkin bisnis kuliner menjadi salah satu peluang usaha yang mampu memberikan penghasilan sampingan dengan nominal cukup besar bagi para PNS.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab makanan dan minuman sendiri termasuk ke dalam kebutuhan utama para makhluk hidup. Namun, perlu diingat bahwa ketika ingin berkecimpung di dunia kuliner, maka Anda harus benar-benar mencari ide atau referensi terbaik dengan kreativitas tak terbatas.

7. Affiliator

Affiliator

Referensi usaha sampingan PNS modal kecil selanjutnya yaitu menjadi seorang affiliator. Hanya dengan bermodalkan smartphone saja, Anda kini sudah bisa menghasilkan pendapatan sampingan menjadi seorang affiliator, entah itu Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya. Syaratnya, anda harus rajin dalam menawarkan atau membagikan produk kepada para pelanggan.

8. Usaha Toko Busana

Usaha Sampingan Toko Busana

Membuka usaha sampingan berdagang toko busana mungkin sangat cocok bagi para PNS wanita. Seperti halnya saat membuka usaha kuliner, pakaian menjadi salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Terlebih lagi kini tersedia beberapa konsep toko busana, mulai dari pakaian anak-anak, toko grosir baju murah, usaha baju eceran dan lain sebagainya.

9. Usaha Menyewakan Peralatan

Usaha Sampingan Menyewakan Peralatan

Sebagai informasi tambahan, seorang PNS biasanya akan mendapatkan kemudahan ketika mengajukan pinjaman modal usaha ke bank. Pasalnya, para PNS pastinya mempunyai Surat Keterangan yang bisa dijadikan sebagai jaminan dalam pengajuan pinjamannya.

Dimana pinjaman tersebut nantinya bisa Anda jadikan sebagai modal awal untuk membeli peralatan yang bisa disewakan seperti sound system, perlengkapan pesta pernikahan, peralatan camping dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa peralatan tersebut pastinya membutuhkan perawatan rutin sehingga dibutuhkan adanya biaya tambahan.

10. Penulis dan Blogger

Penulis dan Blogger

Menjadi seorang penulis atau blogger di situs tertentu dapat dijadikan sebagai opsi untuk membuka usaha sampingan para PNS dengan modal kecil. Terlebih lagi bagi para PNS yang mempunyai hobi menulis, maka menjadi penulis atau blogger menjadi alternatif paling tepat.

Dimana bisnis blogger sendiri dapat dikerjakan kapan pun dan dimana pun dengan jam kerja fleksibel, asalkan terhubung dengan koneksi internet. Namun sayangnya, sebagai seorang pemula di dunia blogger, Anda pastinya harus belajar terlebih dahulu terkait seluk beluknya.

11. Usaha Makelar

Usaha Sampingan Makelar

Bisnis makelar mungkin menjadi salah satu jenis usaha sampingan bagi para PNS dengan modal kecil. Dimana usaha tersebut tergolong mudah dijalankan asalkan Anda mempunyai relasi luas, kemampuan komunikasi baik serta pandai negosiasi. Terdapat cukup banyak produk yang bisa dijadikan usaha calo perantara tersebut, mulai dari sepeda motor, mobil, tanah, rumah dan masih banyak lainnya.

12. Usaha Peternakan

Usaha Sampingan Peternakan

Perlu diketahui, menjalankan usaha peternakan yang menjanjikan di masa depan bisa dijadikan pilihan bisnis sampingan bagi PNS, khususnya bagi mereka yang berada di wilayah pedesaan. Pasalnya, lingkungan desa masih terbilang cukup luas dan mendukung usaha peternakan seperti beternak ikan mas, gurame atau lele, cacing dan ulat sutera, ayam, burung puyuh dan lain sebagainya.

13. Usaha Pertanian

Usaha Sampingan Pertanian

Hampir sama seperti poin sebelumnya, membuka usaha di bidang pertanian bisa menjadi bisnis sampingan PNS dengan modal kecil. Adapun beberapa contoh usaha pertanian di pedesaan tersebut diantaranya yaitu seperti menanam padi di sawah, budidaya jamur merang, budidaya jahe, menanam singkong dan lain sebagainya.

14. YouTuber

YouTuber

Menjadi seorang konten kreator di YouTube juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan bagi PNS dengan modal kecil. Hal ini dikarenakan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua sudah mengenal YouTube sebagai media hiburan mereka. Akan tetapi, pastinya Anda harus mempunyai kreativitas ketika berkecimpung di dalam dunia YouTuber.

15. Usaha Jualan Gas Elpiji

Usaha Sampingan Jualan Gas Elpiji

Seperti pada pembahasan sebelumnya, usaha jualan gas Elpiji 3 kg bisa dijadikan opsi terbaik ketika ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji PNS. Dimana usaha ini anti rugi karena tidak mudah basi dan bahkan selalu untung besar. Namun, perlu diingat bahwa Anda juga harus memahami ilmu dalam mengecer gas Elpiji 3 kg supaya untung.

16. Membuka Jasa Laundry

Membuka Jasa Laundry

Bagi para PNS wanita, membuka usaha sampingan jasa laundry modal kecil juga bisa dijadikan sebagai pilihan paling tepat. Terlebih lagi bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan dan dekat fasilitas umum, pabrik, perkantoran dan lain sebagainya dengan tingkat aktivitas cukup tinggi. Jika usaha laundry sudah berkembang, maka Anda juga bisa merekrut karyawan.

17. Menyediakan Jasa Rental

Menyediakan Jasa Rental

Rekomendasi usaha sampingan bagi PNS modal kecil berikutnya yaitu menyediakan jasa rental seperti sewa PS (playstation), rental motor, mobil, kamera dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa untuk membuka usaha sampingan ini, Anda perlu mempersiapkan anggaran biaya sebagai modal awal dalam berinvestasi.

18. Usaha Fotocopy

Usaha Sampingan Fotocopy

Bagi anda yang tinggal di dekat perkantoran, sekolahan ataupun instansi pemerintahan, membuka bisnis sampingan fotocopy dapat dijadikan sebagai opsi terbaik. Selama proses pengurusan surat-surat masih menggunakan kertas, maka usaha fotocopy mampu memberikan peluang dalam mendapatkan penghasilan sampingan cukup besar.

19. Usaha Kontrakan

Usaha Sampingan Kontrakan

Memang benar bahwa untuk membuka usaha kontrakan membutuhkan anggaran modal awal cukup besar. Namun, usaha kontrakan akan memberikan peluang keuntungan sangat besar kepada pelakunya. Nah, sebagai seorang PNS sebaiknya Anda mengajukan pinjaman modal ke bank untuk membuka usaha kontrakan tersebut.

20. Bisnis Kolam Pemancingan

Bisnis Kolam Pemancingan

Referensi usaha sampingan PNS modal kecil berikutnya yaitu membuka usaha kolam pemancingan, terutama di wilayah pedesaan. Seperti diketahui, memancing merupakan sebuah hobi tergolong cukup besar peminatnya. Maka dari itu, membuka usaha kolam pemancingan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis menjanjikan.

21. Bisnis Minimarket

Bisnis Minimarket

Menjalankan bisnis minimarket waralaba seperti Yomart, Alfamart dan Indomaret merupakan pilihan tepat bagi seorang PNS ketika ingin mendapatkan penghasilan sampingan. Apabila mengalami kendala terkait modal awal, sebaiknya mulailah dari hal kecil terlebih dahulu, seperti membuka toko kelontong untuk menyediakan sembako, keperluan sehari-hari serta menjual perabotan rumah tangga.

22. Usaha Jasa Desain Grafis

Usaha Sampingan Jasa Desain Grafis

Rekomendasi usaha sampingan terakhir dengan modal kecil bagi para PNS yaitu desain grafis. Dimana keahlian ini masih diburu oleh banyak perusahaan maupun perseorangan. Walaupun terlihat biasa saja, namun desain grafis tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan dalam membuat desain surat, kop ataupun undangan bisa mendapatkan penghasilan sampingan cukup tinggi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini sebenarnya terdapat cukup banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan bagi seorang PNS. Akan tetapi, pastinya setiap usaha atau bisnis tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan harus dipertimbangkan sebelum terjun langsung.

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar ide atau referensi usaha sampingan PNS modal kecil agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya selain gaji. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuka usaha sampingan dengan modal kecil.

Sumber gambar : orami.co.id, m.merdeka.com, finance.detik.com, qoala.app, linkaja.id, liputan6.com, seotop.edu.vn, dolanyok.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.