Editor Choice

15 Makanan Unik yang Jarang Ditemui dan Mulai Langka di Indonesia

Trikves.com – Rasa penasaran dalam dunia kuliner mungkin dapat terobati manakala anda mengetahui referensi makanan unik yang jarang ditemui. Namun benarkah beberapa sajian tersebut masih ada?

Perkembangan zaman nampaknya membawa industri kuliner ke arah yang lebih modern. Apalagi jajanan instan di toko-toko membuat banyak orang melupakan makanan unik yang jarang ditemui.

Padahal jika dilihat dari segi rasa, beberapa makanan unik yang jarang ditemui tersebut mampu bersaing dengan jajanan instan di toko-toko. Apakah anda masih mengingat salah satunya?

Untuk mengembalikan memori tentang makanan unik yang jarang ditemui, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Informasi yang terkandung bisa menambah wawasan kuliner, Sobat Trikves.

Daftar Makanan Unik yang Jarang Ditemui Khas Indonesia

Indonesia sendiri memiliki beragam makanan unik yang tersebar di beberapa penjuru wilayah. Hanya saja sudah ada beberapa makanan yang mulai jarang ditemui karena termakan oleh zaman. Agar dapat menambah wawasan kita bersama, berikut daftar makanan unik tetapi jarang ditemui.

1. Bendu Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

1. Bendu Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

Makanan unik pertama datang dari pulau dewata, yaitu Bendu. Bendu merupakan sebuah jajanan khas bali yang saat ini jarang ditemui karena hanya ada pada saat acara pernikahan saja.

Bahan pembuat Bendu merupakan tepung ketan, parutan kelapa, serta gula merah sebagai isian yang membuat makanan ini terlihat unik. Namun sayangnya sudah jarang yang menjajakan Bendu sehingga sulit dijumpai.

2. Kue Rangi Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

2. Kue Rangi Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

Kue Rangi mungkin menjadi salah satu makanan unik yang menemani masa kecil masyarakat jaman dahulu. Kendati rasanya gurih serta manis, jajanan khas satu ini sudah jarang ditemui.

Mungkin di beberapa wilayah masih terdapat pedagang kue rangi. Hanya saja jumlahnya sangat sedikit sehingga makanan ini nyaris jarang ditemui. Jika bertemu dengan pedagang makanan unik satu ini, maka anda harus mencobanya.

3. Jewawut Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

3. Jewawut Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

Di era ini, mungkin banyak yang belum mengenal Jewawut sebagai salah satu makanan unik. Karena jarang ada orang menjajakan jewawut, maka secara otomatis makanan ini juga jarang ditemui.

Jewawut merupakan sejenis bubur unik yang berasal dari biji-bijian. Karena banyak orang kurang tertarik pada makanan tersebut, akhirnya Jewawut beralih fungsi menjadi pakan burung sehingga jarang ditemui.

4. Awug Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

4. Awug Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

Awug merupakan makanan unik tradisional selanjutnya pada daftar ini. Bahan pembuatan awug merupakan tepung beras, kelapa, daun pandan, serta gula merah sehingga rasanya manis saat dikunyah.

Cara pembuatannya sedikit unik, karena dikukus menggunakan rotan berbentuk kerucut sehingga wujudnya cukup besar. Namun karena banyak orang tidak dapat membuat Awug, maka makanan tersebut jarang ditemui.

5. Clorot Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

5. Clorot Sebagai Makanan Unik yang Jarang Ditemui

Clorot merupakan makanan unik zaman dahulu dimana saat ini sudah jarang terlihat di beberapa wilayah. Asal nama Clorot berasal dari cara membuka janur atau daun kelapa pembungkus makanan di dalamnya.

Tekstur Clorot sangat kenyal dan halus pada saat dimakan. Hampir mirip seperti jenang di beberapa wilayah. Hanya saja makanan tersebut sudah jarang ditemui bahkan di pasar tradisional sekalipun.

6. Jenang Krasikan

6. Jenang Krasikan

Masyarakat Jawa Tengah mungkin akan familiar saat mendengar tentang Jenang Krasikan. Makanan unik satu ini dulunya sering menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan. Namun entah mengapa saat ini Jenang Krasikan jarang ditemui.

Bahan pembuat Jenang Krasikan merupakan beras ketan yang kemudian diolah bersamaan dengan gula merah, santan, serta parutan kelapa. Jadi tidak heran apabila rasanya manis dan uniknya Jenang Krasikan akan bertekstur seperti pasir pada saat dikunyah.

7. Sayur Babanci

7. Sayur Babanci

Bagi masyarakat Betawi, Sayur Babanci mungkin jadi salah satu makanan unik favorit mereka. Biasanya hidangan satu ini akan tersaji pada saat acara keagamaan. Namun faktanya, Sayur Babanci mulai jarang ditemui bahkan terbilang sebagai makanan langka di Indonesia.

Sayur Babanci merupakan salah satu hidangan khas Betawi yang terdiri dari potongan daging sapi, kelapa muda, dan petai dalam satu wadah. Kemudian disiramkan dengan kuah santan pedas asam. Namun bahan-bahan pembuatannya yang mulai hilang membuat makanan ini menjadi langka.

8. Kue Putu

8. Kue Putu

Kue Putu merupakan salah satu makanan unik tradisional di beberapa wilayah Indonesia. Bahan pembuatan kue ini berasal dari tepung beras, kemudian gula jawa sebagai isian, serta parutan kelapa di atasnya.

Namun saat ini kue putu menjadi salah satu makanan yang jarang ditemui oleh masyarakat. Padahal suara dari proses pembuatan kue ini sangat khas di telinga masyarakat. Apabila anda menemui pedagang kue ini, maka cobalah.

9. Gulali

9. Gulali

Gulali merupakan makanan unik identik dengan jajanan anak-anak pada zaman dahulu. Namun tren jajanan ini mulai tergantikan dengan permen pabrikan sehingga jarang ditemui.

Bahan pembuat Gulali merupakan gula yang kemudian dipanaskan hingga menjadi kental. Penjual Gulali tadi kemudian akan membentuk adonan gula kental kedalam bentuk tertentu sesuai permintaan pembelinya.

10. Wedang Tahu

10. Wedang Tahu

Makanan unik berikutnya datang dari kota Semarang. Wedang Tahu merupakan salah satu makanan tradisional berbahan sari kedelai. Sari kedelai tersebut nantinya akan direbus hingga menjadi bubur tahu.

Bubur tahu tersebut kemudian disiram menggunakan wedang jahe sehingga rasanya hangat saat disantap. Hanya saja Wedang Tahu sudah sangat jarang ditemui bahkan di beberapa wilayah Jawa.

11. Grontol

11. Grontol

Grontol merupakan sebuah makanan unik dari Jawa Tengah. Bahannya terbuat dari jagung rebus, kemudian ditaburi gula dan parutan kelapa sehingga memiliki citarasa yang gurih dan manis.

Kendati memiliki citarasa nikmat, grontol sudah jarang ditemui. Tentunya pamor Grontol kalah dengan beberapa makanan modern. Bahkan di pasar tradisional saja sangat sulit menemukan makanan unik ini.

12. Gulo Puan

12. Gulo Puan

Masyarakat Palembang mungkin sudah tidak asing dengan Gulo Puan. Makanan unik tersebut sangat digemari masyarakat pada masanya. Namun kini Gulo Puan jarang ditemui karena kelangkaan bahan.

Gulo Puan terbuat dari susu kerbau dan gula pasir yang kemudian dimasak. Makanan tersebut mulai jarang ditemui karena kelangkaan susu sapi sebagai bahan pembuatnya. Padahal pada zaman dahulu Gulo Puan merupakan hidangan bagi para raja.

13. Bassang

13. Bassang

Bassang merupakan makanan unik dari Tanah Sulawesi. Bahan pembuatannya adalah jagung serta santan yang kemudian diolah menjadi sebuah bubur. Kendati mudah untuk dibuat, nyatanya Bassang sudah mulai jarang ditemui.

Rasa gurih, manis, dan lembut saat disantap tentu menjadi alasan masyarakat Sulawesi masih merindukan makanan tersebut. Bahkan baru-baru ini tren Bassang sedang gencar-gencarnya digaungkan guna melestarikan makanan unik satu ini.

14. Madu Mongso

14. Madu Mongso

Madu Mongso merupakan makanan tradisional dengan citarasa unik. Bahan pembuatannya merupakan ketan hitam dan tidak ada unsur madu sama sekali di dalamnya. Ketan hitam tersebut nantinya akan melalui sebuah proses fermentasi.

Rasa dari madu mongso sangatlah manis dengan sedikit asam karena pengaruh proses fermentasinya. Bagi anda yang belum pernah mencoba makanan tersebut mungkin harus bersabar karena madu mongso sudah jarang ditemui.

15. Ampo

15. Ampo

Ampo merupakan makanan unik yang juga berfungsi sebagai kudapan. Bahan pembuatnya adalah tanah liat atau tanah lempung. Anda tidak salah dengar karena memang itulah bahan pembuatannya.

Tanah liat akan dikikis tipis-tipis sehingga mudah digiling layaknya astor. Kemudian tanah liat tersebut akan melalui proses pemanggangan dan jadilah Ampo. Bukankah makanan langka tersebut mudah dibuat?

Kesimpulan

Banyak juga makanan unik yang jarang ditemui saat ini. Apakah anda sudah pernah mencoba beberapa makanan pada daftar tersebut?

Selain referensi di atas, kami juga membahas tentang Usaha Makanan Ringan sebagai pencerahan guna membuka usaha unik dengan modal kecil. Semoga bisnis makanan unik Sobat Trikves bisa sukses.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.