Editor Choice

Pendaftaran Beasiswa BCA Finance 2023: Syarat & Tes Seleksi

Trikves.com – Di tengah biaya pendidikan yang semakin melambung tinggi, kini Bank Central Asia (BCA) menawarkan beasiswa BCA Finance yang pendaftaran atau registrasinya dibuka bagi para lulusan SMA/SMK/sederajat. Dimana kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk meringankan biaya serta berbagai macam kebutuhan kuliah lainnya.

Secara garis besarnya, beasiswa BCA Finance ditujukan untuk mahasiswa yang berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Dengan kata lain, baik mahasiswa PTN atau PTS sama-sama mempunyai kesempatan besar untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance tersebut.

Akan tetapi, ketika seseorang ingin mendapatkan beasiswa BCA Finance tersebut, tentunya mereka harus memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya. Selain itu, nantinya pada saat pendaftaran calon penerima beasiswa diwajibkan untuk mengikuti serangkaian tes maupun ujian sebagai bentuk seleksi.

Maka dari itu, apabila Sobat Trikves berencana untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan beasiswa BCA Finance, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu syarat dan cara pendaftarannya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pendaftaran beasiswa BCA Finance beserta syarat hingga ketentuannya.

Apa Itu Beasiswa BCA Finance?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai pendaftaran beasiswa BCA Finance lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, beasiswa BCA Finance merupakan salah satu program Corporate Social Responsbility yang ditujukan kepada para lulusan SMA/SMK/sederajat berprestasi.

Dimana beasiswa tersebut diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang diselenggarakan oleh BCA. Program beasiswa BCA Finance ini berlangsung selama 2.5 tahun setiap hari Senin sampai Jum’at di BCA Learning Institute.

Keuntungan Beasiswa BCA Finance

Ketika seseorang pelajar mendapatkan beasiswa BCA Finance, tentunya mereka akan memperoleh sejumlah keuntungan di dalamnya. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa keuntungan akan didapatkan seorang pelajar ketika memiliki beasiswa BCA Finance.

  • Disediakan buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung.
  • Mendapatkan laptop (khusus untuk PPTI).
  • Bebas biaya pendidikan & mendapatkan uang saku bulanan.
  • Mendapatkan kesempatan magang & penawaran kerja di BCA.
  • Dormitory, shuttle bus & makan siang.

Secara garis besarnya, beasiswa BCA Finance akan memberikan beberapa program atau layanan kepada para pelajar, salah satunya yaitu bantuan dana pendidikan sebesar Rp 3.500.000 per semester (diberikan kepada mahasiswa aktif semester 5 maksimal semester 8). Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pelatihan skill relevan untuk penerimaan beasiswa semester 8 sebagai persiapan memasuki dunia kerja, misalkan di bekerja di BCA Finance.

Syarat Daftar Beasiswa BCA Finance

Berbicara mengenai pendaftaran beasiswa BCA Finance, tentunya terdapat sejumlah syarat dan ketentuan harus dipenuhi terlebih dahulu oleh para calon penerima. Adapun persyaratan beserta ketentuan minimum harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa BCA Finance tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mahasiswa/i PTN/PTS semua jurusan yang sedang menempuh program Strata-1 (S-1).
  • Mahasiswa aktif S1 yang saat pendaftaran beasiswa BCA Finance dibuka, sedang menempuh studi minimal semester 4 perkuliahan & tidak lebih dari semester 8.
  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN) IPK minimum 3.20, IPS terakhir 3.00 & Perguruan Tinggi Swasta (PTS) IPK minimum 3.40, IPS terakhir 3.20.
  • Melampirkan softcopy Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan sesuai dengan domisili atau daerah asal pada KTP.
  • Melampirkan softcopy tagihan rekening listrik 2 bulan terakhir, sesuai dengan domisili atau daerah asal pada KTP.
  • Melampirkan softcopy surat keterangan dari Universitas yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain.
  • Aktif dalam berorganisasi (Kemahasiswaan / Karang Taruna / Organisasi Non Politik lainnya).
  • Tidak pernah terlibat dalam tindak kasus pidana atau kasus perdata, serta penyalahgunaan NAPZA (narkotika, psikotropika & zat adiktif).
  • Melakukan pendaftaran beasiswa BCA Finance melalui aplikasi online.

Pendaftaran Beasiswa BCA Finance

Setelah memahami sejumlah syarat dan ketentuan pendaftaran beasiswa BCA Finance, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai tata cara melakukannya. Seperti sudah di singgung sebelumnya, saat ini registrasi calon penerima beasiswa BCA Finance dilakukan secara online melalui situs resminya.

Nantinya calon pendaftar hanya perlu mengeklik menu Pendaftaran Beasiswa BCA Finance dengan cara membuat akun baru. Setelah itu, calon pendaftar diminta untuk mengisi biodata pendaftaran secara lengkap dan benar sesuai dengan data diri masing-masing. Perlu diingat, jika data diri tersebut tidak sesuai, maka akan langsung didiskualifikasi.

Setelah pendaftaran beasiswa BCA Finance di terima, maka mereka akan menjalani beberapa tahapan seleksi, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Seleksi Tahap I
    • Penentuan 150 calon pemenang beasiswa. 150 calon pemenang yang telah diumumkan wajib mengirimkan dokumen persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Seleksi Tahap II
    • Penentuan 90 pemenang beasiswa yang berhak menerima Rp 3.500.000 per semester.

Perlu diketahui, proses seleksi penerimaan beasiswa BCA Finance sendiri dilakukan oleh tim khusus seleksi BCA Finance. Dimana keputusan hasil penerimaan adalah mutlak serta tidak bisa diganggu gugat. Selain itu, pihak BCA Finance juga tidak menerima surat menyurat dalam bentuk apapun selama proses dan setelah keputusan pemenang.

Catatan : Pengumuman kelulusan penerima beasiswa BCA Finance dapat dilihat langsung di website resmi BCA Finance.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar pendaftaran beasiswa BCA Finance mulai dari pengertian, keuntungan, syarat beserta ketentuan hingga tata cara registrasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika berencana ingin mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance.

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.