Editor Choice

7 Tugas Finance Manager & Tanggung Jawabnya di Perusahaan!

Trikves.com – Ketika bekerja di dalam sebuah perusahaan, maka terdapat banyak sekali bagian-bagian sistem kerja yang terbagi untuk membantu jalannya kegiatan kerja. Salah satu bagian yang memiliki peran dan tugas cukup penting di dalam sebuah perusahaan yaitu finance manager dari divisi keuangan yang mengelola laporan keuangan.

Finance manager atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai manajer keuangan dalam divisi keuangan sendiri sebenarnya menjadi center untuk sebuah industri agar tetap bisa bekerja dan berkembang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya semua dana operasional menjadi tanggung jawab finance manager sehingga perannya tergolong sangat penting.

Misalnya saja harus mencari kandidat finance manager, maka harus mencari yang berkompeten dan berdikari untuk kemajuan itu sendiri. Selain itu, sebagai seorang manajer keuangan, mereka juga pastinya harus benar-benar memahami apa saja tugas serta peran hingga tanggung jawabnya.

Oleh sebab itu, apabila Sobat Trikves berencana ingin menjadi seorang finance manager, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah tugas-tugasnya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tugas finance manager di sebuah perusahaan dilengkapi dengan tanggung jawab hingga kisaran gajinya.

Apa Itu Finance Manager?

Sebelum membahas poin utama mengenai tugas finance manager lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Finance manager ialah individu yang mengatur manajemen keuangan, membuat strategi, membuat keputusan dan mengaplikasikannya sesuai tujuan perusahaan.

Secara garis besarnya, finance manager mempunyai tujuan untuk memimpin divisi keuangan dan membuat laporan langsung kepada direktur perusahaan. Seperti diketahui, bidang keuangan merupakan hal yang berpengaruh besar kepada industri karena bersangkutan dengan pendapatan untuk digunakan di berbagai kegiatan bisnis.

Dimana tanpa adanya uang, maka sebuah industri tidak akan mampu mengeksekusi seluruh rencana bisnisnya. Oleh sebab itu, pengelolaan keuangan harus diatur secara cermat dan finance manager atau manager keuanganlah yang diberikan tugas beserta tanggung jawab akan hal itu.

Tugas Finance Manager

Daftar Tugas Finance Manager

Setelah memahami sekilas pengertian finance manager, maka selanjutnya Anda tinggal mencari tahu apa saja tugas maupun perannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tugas seorang finance manager dalam sebuah corporate di berikut ini.

1. Bekerjasama dengan Manajer Lainnya

Tugas seorang finance manager pertama yaitu mampu bekerjasama dengan manajer lainnya di sebuah perusahaan. Dimana kemampuan bekerja sama dengan rekan lainnya pasti akan membantu corporate untuk berkembang dan meminimalisir kegagalan kerja serta keuangan.

2. Membuat Perencanaan Umum Keuangan

Tugas lainnya dari seorang finance manager yaitu harus mampu dalam membuat laporan sebuah perencanaan umum keuangan perusahaan. Sebagai contoh finance manager harus mempunyai skill untuk membuat perencanaan keuangan dalam periode tertentu, seperti 1 tahun kerja ataupun periode bulanan kerja.

3. Menjalankan Roda Perusahaan Sebaik Mungkin

Tugas finance manager selanjutnya harus mampu menjalankan sebuah roda perusahaan dengan efisien dan efektif. Adapun kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang finance manajer agar industri yang dipimpin tidak bekerja berlebihan atau mengalami pembengkakan gaji karyawan.

4. Mengambil Keputusan dalam Investasi

Mengambil keputusan dalam investasi juga termasuk ke dalam salah satu tugas seorang manajer keuangan. Dimana pada saat menjalankan sebuah corporate, tentunya terdapat kegiatan kerjasama investasi dengan rekan lainnya. Nah, dalam pengambilan keputusan investasi tersebut manajer harus mampu menanganinya dengan syarat investasinya menguntungkan.

5. Bertanggung Jawab dalam Semua Keputusan Pembiayaan

Membuat keputusan pembiayaan operasional perusahaan juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan tanpa perhitungan. Oleh sebab itu, tugas pembuatan keputusan pembiayaan menjadi salah satu tugas penting dari seorang finance manager. Pada intinya, keputusan yang diambil oleh finance manager harus menguntungkan bagi industri dalam operasinya.

6. Menghubungkan pada Pasar Keuangan

Selanjutnya tugas lainnya yang cukup berat yaitu mampu bekerja dalam menghubungkan perusahaan yang ada di pasar keuangan. Jangan sampai industri tersebut tidak berkembang serta tidak mampu bersaing di dalam persaingan kerja. Jadi, seorang finance manager wajib berinovasi dan bekerja aktif dalam menghubungkan perusahaan yang ada pada pasar.

7. Memajukan Keuangan Perusahaan

Tugas terakhir dari finance manager yaitu memajukan keuangan perusahaan. Jangan sampai pengelolaan dana perusahaan akan menjadi salah satu kesalahan yang nantinya menghasilkan kerugian. Pada intinya, pengeluaran, pendapatan, laba hingga rugi harus dicatat dan menjadi tanggung jawab manajer untuk dikelola.

Tanggung Jawab Finance Manager

Setelah memahami beberapa tugas finance manager di dalam sebuah perusahaan, maka selanjutnya Anda juga harus mengerti bahwa mereka juga mempunyai tanggung jawab pada divisi keuangan. Adapun tanggung jawab seorang finance manager pada divisi keuangan di suatu perusahaan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengkoordinasikan pengontrolan dana perusahaan.
  • Mengelola fungsi akuntasi yang ada.
  • Merencanakan dan mengembangkan sistem keuangan.
  • Memastikan jalannya efisiensi kerja.
  • Bertanggung jawab menjaga pengelolaan pajak.
  • Menjaga arus kas, utang dan piutang.

Gaji Finance Manager

Seperti halnya saat bekerja di BCA Finance, tentunya setiap jabatan ataupun posisi karyawan memiliki besaran gaji yang cukup bervariasi. Sementara untuk finance manager sendiri di Indonesia tergolong cukup tinggi, mengingat tugas dan tanggung jawabnya pada perusahaan sangat besar.

Untuk saat ini, rata-rata finance manager mampu mendapatkan gaji mulai dari Rp 10.000.000 sampai Rp 16.000.000 per bulan, belum termasuk bonus dan tunjangan. Dimana besaran nominal bonus beserta tunjangan bagi seorang finance manager sendiri tergantung dari kebijakan perusahaan tempat mereka bekerja.

Kualifikasi Finance Manager

Di atas sudah dijelaskan mengenai tugas finance manager dilengkapi dengan tanggung jawab sampai kisaran gaji bulanannya. Nah, ketika Anda ingin menjadi finance manager, maka terdapat beberapa kualifikasi dan kriteria yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya untuk menjadi seorang finance manager diperlukan pengalaman dan kualifikasi tertentu, sehingga tidak sembarangan orang mampu mengemban tugasnya. Agar lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa kualifikasi untuk menjadi finance manager.

  • Minimal lulusan S1 bidang keuangan.
  • Mempunyai pengalaman di bidang keuangan minimal 2 tahun.
  • Berusia 30 sampai 40 tahun.
  • Mampu memimpin sebuah tim.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar tugas finance manager di perusahaan dilengkapi dengan peran dan tanggung jawab beserta kisaran gaji bulanannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjadi seorang finance manager.

Sumber gambar : ad-ins.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.