Editor Choice

Apa Itu Shopkeeper? Tugas, Gaji & Pengertian!

Apa Itu Shopkeeper – Belanja kebutuhan harian maupun kebutuhan hobi dan lainnya mungkin akan banyak dilakukan masyarakat dengan mendatangi pusat-pusat perbelanjaan. Baik itu seperti swalayan, pasar, toko, minimarket, distro ataupun supermall.

Hal tersebut tak terlepas karena umumnya di pusat-pusat perbelanjaan seperti yang kami sebut di atas akan memiliki produk lengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun lainnya. Disamping itu dipilihnya metode / cara ini juga tak terlepas karena kemudahan dalam berbagai hal.

Termasuk salah satunya ketika kita ingin menanyakan barang yang sesuai dengan kebutuhan kita. Dimana dalam hal ini umumnya akan selalu dibantu oleh shopkeeper. Karena memang tugas utama shopkeeper yakni membantu para pelanggan untuk melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.

Nah mendengar istilah Shopkeeper, mungkin banyak dari kita yang belum tahu apa itu Shopkeeper serta apa sebenarnya tugasnya. Untuk itu, guna membantu kalian yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang Shopkeeper beserta tugas, gaji & cara kerjanya.

Mengenal Apa Itu Shopkeeper

Tidak bisa kita pungkiri mendengar nama Shopkeeper mungkin banyak dari kita yang masih bertanya-tanya apa sebenarnya itu. Dan bila kalian adalah salah satu dari sekian banyak masyarakat yang mungkin belum tahu dan ada di sini, kami rasa cukup tepat rasanya.

Karena seperti judul di atas, trikves.com akan menjelaskan secara lengkap dan detail apa itu Shopkeeper. Bahkan tidak hanya itu, disini kami juga akan menjelaskan secara lengkap sistem / cara kerja, gaji / penghasilan serta tugas & tanggung jawab shopkeeper.

Dan pertama, mari kita perjelas / kenali apa itu Shopkeeper.

Dalam bahasa Inggris, Shopkeeper sendiri memiliki arti pemilik / pengusaha toko / penjual toko. Dari arti tersebut, disini bisa kita simpulkan bahwa Shopkeeper adalah penjaga toko, kedai atau bahkan warung dan supermall serta pusat perbelanjaan lain.

Tugas & Tanggung Jawab Shopkeeper

Tugas Tanggung Jawab Shopkeeper

Setelah tahu apa itu Shopkeeper, lantas apa sih tugas dan tanggung jawab seorang penjaga toko?. Terkait masalah tersebut, berikut ini akan kami rangkum beberapa jenis tugas dan tanggung jawab sebagai seorang penjaga toko maupun distro.

1. Menyambut Konsumen

Salah satu tugas utama dari penjaga toko adalah menyambut kedatangan konsumen menggunakan ekspresi muka yang ramah dan sumringah. Bahkan untuk bisa membuat pelanggan merasa nyaman saat masuk ke toko.

Sebagai seorang Shopkeeper juga sebaiknya harus menjaga tutur kata dan perbuatan. Usahakan ketika konsumen datang sambut mereka dengan senyuman ramah dan juga tutur kata yang sopan dan santun.

2. Menjaga Keamanan Toko

Kemudian tanggung jawab seorang Shopkeeper lain harus kita pahami yakni mampu menjaga keamanan toko dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini karena biasanya ada saja “konsumen nakal” yang memanfaatkan kesempatan untuk bisa mengambil barang tanpa membayarnya.

Disisi lain menjaga toko / warung juga harus dilakukan karena dengan adanya pembagian shift maka ketika ada kehilangan / hal-hal tidak diinginkan dapat ditanggung oleh seluruh shopkeeper di shift tersebut.

3. Menjaga Kebersihan Toko

Memberi rasa nyaman dan aman kepada para pelanggan adalah salah satu hal penting yang harus bisa dilakukan Shopkeeper. Karena pada umumnya tempat perbelanjaan di era modern seperti sekarang lebih dipilih masyarakat.

Maka dari itu salah satu cara untuk bisa kita terapkan yakni dengan selalu menjaga kebersihan toko / warung dan juga barang display / pajangan yang ada di etalase maupun rak barang. Bahkan ketika ada barang kosong, kita juga harus bisa menata warung / toko agar punya display menarik.

4. Memeriksa Ketersediaan Stok Barang Display

Kemudian tugas lain dari seorang penjaga toko / warung yang perlu kalian ketahui ketika ingin mendaftar pekerjaan ini adalah mampu dengan baik memeriksa ketersediaan stok barang. Terutama barang-barang yang terdapat di display / rak pajangan.

Dengan begitu, ketika ada konsumen datang mereka akan dengan mudah menemukan barang tersebut. Disisi lain ketika ada pelanggan yang datang pun kita bisa dengan mudah membantu menunjukan lokasi barang sedang mereka cari.

5. Dapat Menjawab Pertanyaan Konsumen

Tak saja hanya sampai disitu, sebagai seorang Shopkeeper. Kita juga dituntut untuk dapat menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan / ditanyakan konsumen kepada kita. Dengan kata lain setidaknya kita mau tidak mau harus paham dengan “setiap produk” yang ada di toko / minimarket.

Selain masalah produk, kita juga dituntut untuk bisa memberikan penjelasan ketika ada pelanggan / konsumen melakukan retur barang dengan menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung.

6. Dapat Memberikan Info Promo & Diskon

Umumnya di setiap pusat perbelanjaan ada penawaran diskon / promo sebagai salah satu upaya menarik konsumen agar dapat membelinya. Namun di sisi lain, kita sebagai seorang Shopkeeper juga dituntut agar bisa menjelaskan secara detail tentang program promo & diskon tersebut.

Jadi ketika ada ketentuan program promo yang sedang berlangsung, usahakan kita sebagai seorang Shopkeeper bisa memahami teknis dalam penerapan promo tersebut. Dengan begitu disaat ada konsumen bertanya kita bisa menjelaskannya secara detail.

7. Mampu Memberi Pelayanan Terbaik ke Setiap Konsumen

Dan terakhir, sebagai seorang penjaga distro/toko kita juga dituntut untuk dapat memberi pelayanan terbaik kepada setiap konsumen yang datang. Baik itu hanya ingin menanyakan ketersediaan barang maupun ketika mereka akan melakukan pembelian barang.

Penghasilan / Gaji Shopkeeper

Dari detail rincian tugas dan tanggung jawab Shopkeeper seperti di atas kami sampaikan. Jelas bisa dibilang bila seluruh tugas tersebut dibebankan kepada tentu terbilang berat. Maka dari itu umumnya di sebuah perusahan besar seperti supermall maupun minimarket / toko.

Terkadang tugas-tugas tersebut akan dibagi sesuai kemampuan para shopkeeper yang bekerja. Dengan begitu selain akan membuat sistem kerja lebih imbang, hal ini juga akan dapat membuat pelayanan toko kepada para pelanggan jauh lebih sempurna.

Kemudian bicara tentang masalah penjaga toko, di Indonesia sendiri ada cukup banyak masyarakat yang mungkin memilih menjadi seorang pelayan / pramudiaga untuk bisa mendapatkan penghasilan. Nah pertanyaannya disini berapa sih kira-kira gaji Shopkeeper di Indonesia?.

Dari informasi yang trikves.com dapat, gaji seorang penjaga toko / Shopkeeper umumnya akan dibuat berbeda di setiap wilayah, tempat kerja ataupun faktor-faktor lainnya. Mengingat dalam hal ini tentu ada kebijakan yang dimiliki setiap toko untuk memberikan gaji kepada karyawan mereka.

Namun bila dilihat dari rata-rata yang ada, gaji Shopkeeper di Indonesia setidaknya ada di angka Rp3.500.000. Pun begitu gaji tersebut tidak akan diberikan merata kepada semua penjaga toko, karena disini perusahaan juga akan melihat jam kerja serta pekerjaan (jobdesk) dari masing-masing.

Kesimpulan

Jadi demikianlah kiranya detail penjelasan yang dapat kami bagikan tentang apa itu Shopkeeper serta berbagai informasi lain yang bisa kami cantumkan termasuk seperti tugas serta tanggung jawab dan perkiraan gaji yang akan di dapat.

Kami rasa dengan adanya penjelasan di atas kalian yang tertarik untuk melakukan pendaftaran kerja sebagai seorang Shopkeeper akan lebih mudah dalam memahami tugas dan tanggung jawabnya. Sekian dan semoga apa yang trikves.com rangkum bisa membantu.

Sumber Gambar: trikves.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.