Editor Choice

Potongan Angsuran Adira 2023: Biaya & Pelunasan Dipercepat

Trikves.com – Adira Finance jadi salah satu perusahaan keuangan dengan nama besar di Indonesia. Pengguna bisa mengajukan pembiayaan motor, mobil, properti ataupun barang elektronik cepat cair. Namun sebagai pelanggan juga wajib tahu informasi potongan angsuran Adira agar menyiapkan budget yang cukup ketika akan melakukan pelunasan.

Membayar biaya potongan juga jadi syarat pelunasan Adira Finance sehingga dapat mudah terus mengangsur atau mengambil BPKB kendaraan. Sebelumnya kami sudah bahas KKB BCA vs BCA Finance dimana salah satu pembandingkan adalah soal potongan biayanya. Dapat dikatakan Adira jadi salah satu perusahaan pembiayaan dengan potongan rendah sehingga mengutungkan bagi konsumen.

Selain itu konsumen bisa lebih aman karena Adira diawasi Otoritas Jasa Keuangan sehingga bunga maupun potongan yang diterapkan nominalnya sesuai standar di Indonesia. Pelanggan memang wajib tahu potongan angsuran Adira mulai dari awal perjanjian kontrak sampai dengan menjalankan cicilan setiap bulannya.

Dengan tahu potongan angsuran Adira maka kamu dapat memperhitungkan secara langsung berapa saja pengeluaran bulanan yang harus ditanggung. Kemudian setiap bentuk pembiayaan juga akan memiliki potongan biaya berbeda, agar lebih jelasnya silahkan kalian simak penjelasan kami dibawah ini.

Potongan Angsuran Adira Finance

Apabila digolongkan potongan angsuran Adira terdiri dari biaya admin pembayaran, biaya provisi, denda dan juga pelunasan kredit Adira sebelum waktunya. Setiap potongan akan memiliki perhitungan nominal berbeda sehingga konsumen wajib mengetahuinya. Selain itu dengan membayar potongan juga menandakan bahwa pelanggan Adira sudah memenuhi kewajibannya dengan melunasi angsuran.

Adira memang memiliki sistem kontrak ketika memberikan pembiayaan kepada pelanggan. Jadi pada kontraknya juga akan tercantum angsuran perbulan yang harus dibayarkan berikut dengan rincian biaya lainnya. Jadi potongan angsuran Adira memang sudah ditentukan dengan besaran berbeda untuk tiap pelanggan.

Biaya Potongan Bayar Angsuran Adira

Pertama adalah potongan bayar angsuran Adira dapat dikatakan sebagai biaya admin. Hal ini karena dalam proses pembayaran angsuran kalian akan menggunakan fasilitas dari beberapa lembaga keuangan serta perusahaan terkait sehingga dikenakan potongan sesuai kebijakan masing masing.

Kemudian potongan biaya admin angsuran Adira akan disesuaikan dengan jenis pembiayaan diambil mulai dari mobil, motor, properti dan elektronik. Masing masing sudah memiliki ketentuan potongan berbeda seperti tabel dibawah ini.

Potongan Angsuran diMobilPropertiMotorDurable/Elektronik
Alfamart/DAN+DAN /Alfamidi  Rp.7.500Rp.7.500
Aplikasi AdirakuRp.0Rp.0Rp.0Rp.0
ATM & Mobile Banking DanamonRp.10.000Rp.10.000Rp.6.000Rp.6.000
ATM BNI  Rp.7.500Rp.7.500
Autodebet Danamon0000
Collector/Petugas Penagihan Adira FinanceRp.40.000Rp.40.000Rp.10.000Rp.10.000
GOJEKRp.20.000Rp.20.000Rp.7.500Rp.7.500
Indomaret  Rp.8.000Rp.8.000
Kantor Cabang Adira FinanceRp.20.000Rp.20.000Rp.5.000Rp.5.000
Kantor PosRp.20.000Rp.20.000Rp.7.500Rp.7.500
Keday  Rp.4.000Rp.4.000
LinkAja  Rp.7.500Rp.7.500
Bayar adiraku Virtual Account lewat BRI, Mandiri, Maybank & Permata.Rp.6.000Rp.6.000Rp.6.000Rp.6.000
Bayar Angsuran Virtual Account Danamon BCA 20777+ Nomor PKRp.20.000Rp.20.000Rp.7.500Rp.7.500
Bayar Angsuran Virtual Account Danamon 7755+ Nomor PKKetentuan bankKetentuan bankKetentuan bankKetentuan bank
TokopediaRp.20.000Rp.20.000Rp.7.500Rp.7.500

Potongan Provisi

Berikutnya adalah potongan provisi atau biaya atas pembalasan jasa kepada Adira karena menyetujui pembiayaannya. Nominal provisi akan ditenukan berdasarkan besaran pinjaman/ pembiayaan yang diambil oleh pengguna. Semuanya akan tertera pada kontrak perjanjian pinjaman.

Denda Adira

Berikutnya adalah potongan denda Adira dimana diterapkan ketika pelanggan terlambat melakukan pembayaran angsuran. Untuk besaran denda senilai 0,5% perhari dimana perhitungannya akan tetap berjalan selama tagihannya belum dilunasi. Jadi semisal kalian memiliki angsuran kalian senilai Rp.500.000 kemudian terlambat 3 hari maka perhitungannya jadi 0,5% x Rp.500.000 x 3 = Rp.7500.

Pelunasan Adira Dipercepat

Berikutnya adalah perhitungan pelunasan dipercepat Adira Finance dimana potongannya sebesar 5%. Disebut juga sebagai biaya penalti karena pelanggan melanggar kontrak karena membayarkan tagihannya lebih awal. Nantinya potongan pelunasan Adira akan dihitung sesuai dengan bulan total cicilan dan juga angsuran perbulannya.

Jadi semisal kalian memiliki angsuran Rp.500.000 kemudian mengambil tenor 12 bulan kemudian melunasi semuanya diawal. Maka besarn dari penaltinya adalah 5% x Rp.500.000 x 12 = Rp.300.000. Kemudian otomatis kalian harus melakukan pelunasan angsuran sisa pokoknya ditambahkan dengan penalti. Supaya tidak rugi maka hindari pelunasan diawal.

Cek Angsuran Adira Finance

Untuk memastikan potongannya kalian bisa cek angsuran Adira Finance dimana kini dapat dilakukan lewat aplikasi adiraku. Lewat aplikasi kamu juga bisa cek nomor pk Adira kemudian kontrak pinjaman yang sedang berjalan.

Kemudahan yang ditawarkan pengguna bisa kapan saja bayar kemudian melunasi angsuran sesuai dengan fasilitas yang ada. Kemudian aplikasinya bisa diakses secara online dimana tidak perlu datang kekantor Adira.

1. Jalankan aplikasi adiraku, dimenu utama tekan Akun

cek angsuran Adira Finance

2. Setelahnya menuju ke menu kontrak kemudian cek apakah ada pinjaman berjalan. Silahkan tekan KONTRAK

potongan pelunasan Adira

3. Muncul informasi kontrak yang aktif, lanjutkan dengan masuk kedalamnya.

kontrak

4. Disini akan muncul sisa angsuran adira, denda, angsuran perbulan serta informasi pembayaran lainnya.

Angsuran Adira

Kesimpulan

Dibandingkan potongan BNI Taplus Muda per bulan memang Adira menerapkan biaya yang lebih mahal. Namun hal ini wajar karena adira memberikan layanan berupa pinjaman dimana harus ada laba kembali yang didapatkan dari pelanggannya. Pengguna juga wajib paham besaran potongan supaya tidak terjadi kesalahan perhitungan.

Selain itu dengan adanya aplikasi adiraku seluruh angsuran dapat dilihat secara detail sehingga dapat jadi acuan. Memang potongan angsuran Adira tidak sebanyak perusahaan finansial lainnya sehingga cukup menguntungkan bagi pelanggan. Namun jangan sampai terkena penalty karena pembayaran lebih awal dimana biayanya cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.