Editor Choice

Contoh Slip Gaji Excel Word : Format dan Cara Download

Contoh Slip Gaji Excel Word – Seperti kita ketahui bahwasanya setiap karyawan sebuah perusahaan tentu akan mendapatkan slip gaji ketika tanggal pembayaran telah tiba. Nah Slip Gaji sendiri merupakan sebuah dokumen yang diterima oleh setiap karyawan yang digaji dari pemberi kerjanya. Dokumen ini juga bisa dikatakan sangat penting bagi para karyawan.

Apabila perusahaan tempat kalian bekerja belum memiliki sistem pengelolaan payroll yang otomatis, salah satu hal yang bisa kalian lakukan adalah dengan mendownload template slip gaji yang kemudian bisa kalian isi secara manual. Nah pada pembahasan kali ini kami akan menginformasikan mengenai contoh slip gaji Excel Word.

Pada pembahasan kali ini kami juga bukan akan membagikan informasi mengenai contoh slip gaji Excel Word saja, namun ada beberapa poin lainnya yang bisa kalian simak nantinya. Membahas sedikit mengenai contoh slip gaji, ada beberapa manfaat yang dapat kalian pahami mengenai slip gaji ini. Kebanyakan orang tidak mengetahui apa manfaatnya.

Salah satu manfaatnya adalah sebagai bukti pembayaran setiap bulan, perencanaan pajak penghasilan dan masih ada beberapa lagi yang lainnya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai contoh slip gaji Excel Word yang telah trikves.com siapkan berikut ini.

Contoh Slip Gaji Excel Word

Apa Itu Slip Gaji?

Pada pembahasan awal kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan slip gaji. Slip gaji adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan setiap bulan oleh pemberi kerja kepada karyawannya. Slip gaji berisi rincian komponen gaji, potongan dan tunjangan. Dokumen ini dapat berupa hard copy yang dicetak atau soft copy yang dikirimkan kepada karyawan. Karyawan dapat mengunduh format slip gaji dalam format pdf.

Selain itu, perusahaan secara hukum terikat untuk mengeluarkan slip gaji secara berkala sebagai bukti pembayaran gaji kepada karyawannya dan pemotongan yang dilakukan. Berbicara mengenai komponen slip gaji, slip gaji bisa dalam berbagai format tergantung pada perusahaan pemberi kerja. Akan tetapi untuk komponen yang paling umum adalah sebagai berikut.

  • Jumlah potongan
  • Tunjangan
  • Gaji kotor
  • Gaji bersih
  • Periode bulan
  • Jumlah total hari kerja
  • Jumlah hari karyawan yang hadir
  • Nama karyawan
  • ID Karyawan
  • Nama organisasi
  • Kode organisasi
  • Tanda tangan dan stempel pemberi kerja

Manfaat Slip Gaji

Menyimpan slip gaji bisa dikatakan sama pentingnya dengan surat keterangan kerja. Ada banyak manfaat yang ada pada slip gaji tersebut. Diatas juga sudah kami singgung sedikit mengani manfaatnya. Untuk lebih jelasnya simak manfaat slip gaji berikut ini.

1. Bukti Pekerjaan

Manfaat pertama adalah sebagai bukti pembayaran kerja. Slip gaji bukan hanya sebagai bukti hukum saja, ketika mengajukan permohonan via perjalanan, pelamar harus menyerahkan salinan slip gaji sebagai bukti hukum dari gaji dan sebutan terakhir yang ditarik. Selain itu, slip gaji adalah salah satu dokumen paling penting untuk pemeriksaan latar belakang. Dokumen tersebut berlaku sebagai bukti hukum terhadap klaim gaji. Slip gaji juga memiliki peruntukan saat ini. Semua slip masa lalu dapat digunakan untuk menunjukkan lintasan karier karyawan di perusahaan.

2. Perencanaan Pajak Penghasilan

Kedua sebagai perencanaan pajak penghasilan. Slip gaji ini berisi rincian pendapatan dan potongan bulanan. Slip gaji juga mencakup komponen yang dapat dikurang dari pajak. Rincian penghasilan, yaitu gaji pokok, tunjangan kesehatan dan tunjangan lainnya. Lalu ada juga potongan-potongan lain yakni pajak penghasilan, BOJS dan lainnya.

3. Syarat Pengajuan Pinjaman

Lalu manfaat berikutnya adalah sebagai syarat pengajuan pinjaman dan juga pengajuan kartu kredit. Dimana ketika pengajuan pinjaman, adanya slip gaji juga bisa menjadi bukti hukum kemampuan membayar kredit seorang karyawan oleh pihak bank. Untuk itu dokumen ini sangat diperlukan ketika pengajuan pinjaman, kartu kredit dan hipotek.

4. Mencari Pekerjaan

Untuk manfaat berikutnya adalah sebagai syarat pendukung ketika mencari pekerjaan. Slip gaji adalah bukti hukum dari pekerjaan saat ini dan skala gaji di mana karyawan saat ini bekerja. Dokumen ini membantu dalam bernegosiasi dengan calon pemberi kerja pada tingkat agregat yakni, total biaya untuk CTC perusahaan dan setiap tingkat komponen, yaitu, gaji pokok, tunjangan. Hampir setiap perusahaan meminta slip gaji sebagai bukti pekerjaan dan penghasilan.

5. Mendapatkan Subsidi Pemerintah

Dan terakhir adalah sebagai dokumen yang bisa dimanfaatkan untuk bisa mendapatkan bantuan pemerintah saat ini seperti bantuan subsidi upah.

Contoh Slip Gaji Excel Word

Sampai di pembahasan utama yaitu contoh slip gaji Excel Word. Di bawah ini dapat kalian lihat contoh slip gaji karyawan yang bisa kalian pahami lebih lanjut terkait poin-poin yang ada pada dokumen tersebut.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Download Slip Gaji Excel Word

Di bawah ini contoh slip gaji Excel Word yang bisa kalian unduh dengan mudah. Kalian bisa memilih download file Excel maupun Word.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai contoh slip gaji Excel Word dan cara download nya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat trikves.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.