Editor Choice

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko : Format & Cara Membuat

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko – Surat lamaran kerja memang menjadi salah satu hal penting ketika kalian ingin melamar kerja di beberapa tempat. Untuk membuat surat lamaran kerja sebenarnya sangat mudah, hanya saja masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui seperti apa format dan struktur penulisannya. Nah untuk itu di pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap terkait contoh surat lamaran kerja di toko.

Sebelumnya perlu diketahui bahwasanya penulisan surat lamaran kerja di toko sebenarnya tidak berbeda jauh dengan penulisan surat lamaran kerja pada umumnya. Disini kalian hanya perlu memperhatikan alamat tujuan toko yang dilamar dan juga syarat apa saja yang diperlukan. Syarat disini biasanya berupa dokumen terlampir sebagai pendukung agar kalian bisa lolos selesai dan bisa diterima.

Membahas sedikit mengenai format atau struktur isi dalam penulisan surat lamaran kerja. Ada beberapa hal atau poin penting yang wajib kalian tulis pada surat tersebut. Mulai dari tempat dan tanggal penulisan surat, alamat toko tujuan yang dilamar, data diri lengkap, syarat atau dokumen terlampir dan juga penutup. Nah beberapa poin tersebut harus benar-benar kalian perhatikan dan jangan sampai terlewat.

Selain memberikan informasi tersebut, masih ada juga beberapa pembahasan lain yang bisa kalian simak pada pembahasan contoh surat lamaran kerja di toko kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap yang telah trikves.com siapkan berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

Format Isi Surat Lamaran Kerja di Toko

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai format isi surat lamaran kerja di Toko. Setiap surat lamaran kerja yang memang umumnya memiliki format yang sama, baik lamaran kerja di toko, perusahaan, pabrik dan lain sebagainya. Untuk memudahkan kalian membuat surat lamaran kerja di toko, silahkan simak beberapa struktur yang wajib ada dalam surat lamaran berikut ini.

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Perta ada tempat dan tanggal penulisan surat. Sama halnya dengan surat lainnya, lamaran kerja pun perlu dicantumkan tempat dan tanggal. Umumnya tempat dan tanggal ditulis pada bagian pojok kanan atas.

2. Alamat Toko yang Dilamar

Lalu kedua ada Alamat tujuan yang akan dilamar. Disini kalian harus menuliskan alamat dengan lengkap dan benar. Disini kalian bisa menuliskan dengan kalimat. contoh : ,”Yth. Pemilik Toko Jaya Abadi di tempat.” Nah jika tahu pemilik tokonya, akan lebih baik jika kalian juga menuliskan nama pemiliknya, atau bisa juga HRD.

3. Salam Pembuka

Agar terlihat lebih sopan, kalian wajib menuliskan salam pembuka. Beberapa frasa yang bisa digunakan seperti Assalamualaikum, salam hormat, dengan hormat, dan lain sebagainya.

4. Pembuka Surat

Kemudian masuk ke bagian penting, yakni salam pembuka. Di bagian ini kalian bisa menuliskan referensi kerja atau dimana kalian mendapatkan informasi lamaran tersebut. Cantumkan juga posisi yang akan dilamar.

5. Data Diri Singkat

Hal penting lain yang harus ada pada surat lamaran adalah data diri. Biasanya, data diri di surat lamaran kerja itu berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, domisili, pendidikan terakhir, nomor telepon, dan email. Hal tersebut wajib dicantumkan, agar nantinya penerima surat tahu identitas pelamar sehingga bisa mempertimbangkannya.

6. Penutup

Dan terakhir adalah penutup. Sama halnya dengan surat lainnya, disini kalian juga perlu menuliskan penutup di lamaran kerja. Pada bagian ini, kalian bisa menjelaskan harapan untuk bisa diterima di toko tersebut. Kemudian, ucapkan pula terima kasih, karena telah diberi kesempatan untuk mengikuti proses seleksi. Tak kalah penting, beri salam penutup, nama lengkap, dan tanda tangan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Toko

Setelah mengetahui informasi diatas, berikutnya kita akan bahas seperti apa cara membuat surat lamaran kerja di toko yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan disini agar nantinya kalian bisa diterima.

  • Pertama kalian bisa menulis surat dengan format yang telah kami sampaikan diatas. Pastikan untuk penulisan yang dilakukan benar dan jelas agar mudah dipahami.
  • Lalu jangan lupa juga untuk melampirkan beberapa dokumen pendukung sesuai posisi yang akan dituju. Sebagai contoh, sertifikat kerja atau keterampilan tertentu. Jangan lupa pula untuk melampirkan data pendukung yang diminta, biasanya berupa CV atau resume terakhir, pas foto, fotocopy KTP, serta fotocopy ijazah.
  • Dan terakhir jangan lupa untuk memeriksa syarat yang dicantumkan di lowongan kerja.  Ini penting agar kalian bisa menyesuaikan dengan kriteria dan syarat yang diberikan. Apabila yakin, cantumkan beberapa hal yang dituliskan di lowongan kerja sebagai keahlian, baik di CV maupun surat lamaran kerjanya. Beberapa kualifikasi yang diminta saat melamar sebagai karyawan toko, yaitu paham dengan produk, ramah, berpenampilan rapi, dan dapat berbahasa asing (untuk toko tertentu).

Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

Nah sebagai referensi kalian yang mungkin belum mengetahui lebih detail seperti apa cara membuat surat lamaran kerja di toko, di bawah ini bisa kalian lihat contoh surat lamaran kerja di toko berikut ini.

Surat Lamaran Kerja di Toko Sebagai Kasir
Surat Lamaran Kerja di Toko Baju
Suarat Lamaran Kerja di Toko Swalayan

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai contoh surat lamaran kerja di toko yang bisa kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat trikves.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.