Editor Choice

7 Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK 2023

Trikves.com – Pada dasarnya surat keterangan pengalaman kerja memiliki peran penting karena sebagai bahan pertimbangan dalam penerimaan pegawai. Oleh karena itu setiap pelamar wajib menyertakan informasi dimana sebelumnya bekerja sebagai bukti kompetensinya. Belakangan banyak orang mencari contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK ketika ada lamaran CPNS.

Berbeda dengan contoh kliping dari internet, format dokumen surat keterangan pengalaman kerja PPPK sudah diatur dan ditentukan. Secara otomatis dokumen untuk tiap instansi akan berbeda beda formatnya sehingga kalian wajib mengetahuinya. Selain surat tersebut kamu juga wajib menampilkan kontrak kerja, bukti pengangkatan pegawai, ataupun pertanggung jawaban mutlak bergantung pada instansinya.

Pada dasarnya pada surat juga akan memiliki kop resmi dari instansi berkaitan. Berikutnya surat akan disahkan oleh pejabat dengan tanda tangan diatas materai serta dibubuhkan cap instansi. Dengan adanya surat pengalaman kerja maka pihan instansi akan dapat menilai apakah calon pegawai benar benar bekerja dengan baik. Selain itu juga dapat jadi bukti bahwa memang yang bersangkutan benar benar sudah memiliki track record pekerjaan.

Tentunya contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK dapat dijadikan sebagai referensi ketika melakukan pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN. Lebih jelasnya untuk contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK dari berbagai jenis instansi silahkan simak sebagai berikut.

Apa itu Surat Pengalaman Kerja PPPK

Surat keterangan pengalaman kerja PPPK adalah dokumen yang jadi syarat pemberkasan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja. Secara langsung bukti dari pengalaman kerja memang harus disertakan oleh pendaftaran yang memang sudah pernah bekerja disebuah instansi ataupun perusahaan. Sesuai petunjuk BKN/Badan Kepegawaian Negara suratnya wajib dilegalisir pejabat yang berwenang.

Nantinya surat keterangan pengalaman kerja PPPK akan diupload ke SSCASN memakai format file PDF berukuran minimum 100kb serta maksimalnya 1000kb. Pada dasarnya setiap instansi memang memberikan syarat berbeda sehingga pendaftar wajib memperhatikan serta melengkapinya.

Format Surat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK

Pada dasarnya untuk formatnya memang sama meskipun beberapa keterangannya ada yang berbeda. pastinya harus ada kop instansi, nomor surat keterangan, informasi yang bersangkutan, pejabat daerah serta pengesahan secara resmi. Kemudian untuk beberapa komponen format dari awal sampai akhir adalah sebagai berikut.

  • Kop instansi atau logo pemerintah sesuai dengan yang ada.
  • Keterangan surat pengalaman kerja serta nomornya.
  • Informasi nama, NIP, jabatan, unit instansi dari pejabat daerah atau instansi
  • Informasi pihak pelamar dimana mencantumkan nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir serta unit kerjanya.
  • Memberikan informasi keterangan pengalaman kerja PPPK berupa waktu masa kerja dan hasil selama bekerja di instansi bersangkutan.
  • Informasi tanggal dan tahun pembuatan surat.
  • Pengesahan oleh pemegang jabatan pemerintahan/instansi
  • Materai Rp.10.000.
  • Stempel/cap instansi.
  • Tanda tangan pejabat.
  • Nama lengkap pemberi pengesahan.
  • Keterangan tambahan ketika ada dibagian paling bawah.

Format diatas memang banyak digunakan berbagai instansi, namun untuk penulisannya memang berbeda beda karena kewenangan diberikan kepada pihaknya. Selain itu dalam pembuatan surat biasanya instansinya sudah memberikan format dokumen, tinggal diisi oleh pelamar kemudian disahkan dilokasi setempat.

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK

Meskipun contoh surat memiliki format berbeda namun pada dasarnya sama yaitu untuk menerkangkan riwayat pekerjaan dari pelamar. Jadi dengan adanya bukti sah maka memudahkan pendaftar melengkapi dokumen ketika seleksi SSCASN.

Disamping itu contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK juga akan dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan/instansi resmi. Apabila kalian masih belum mengetahui bagaimana bentuknya silahkan simak beberapa contoh dibawah ini.

1. Surat Pengalaman Kerja PPPK Doc

Pertama adalah contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK untuk berbagai jenis instansi yang ada di Indonesia. Secara jelas kamu bisa lihat bahwa lewat suratnya terdapat pengesahan resmi dari pejabat berwenang sehingga tidak dapat dibuat sembarangan.

surat pengalaman kerja pppk doc

DOWNLOAD

Lalu karena pengesahannya memakai materai jadi akan lebih resmi serta bisa dijadikan langsung sebagai syarat pendaftaran CPNS. Kemudian kamu bisa langsung download dokumennya lalu mengeditnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK PDF

Berikutnya adalah surat dengan file format pdf dimana harus jadi syarat utama ketika diupload ke SSCASN. Memang file pdf tidak bisa diedit langsung harus melalui program editor sehingga isinya dapat diubah sesuai keinginan.

PPPK PDF

DOWNLOAD

3. Contoh Surat Pengalaman Kerja PPPK Kesehatan

Berikutnya adalah format untuk tenaga medis kesehatan diseluruh Indonesia. Biasanya digunakan untuk mendaftar sebagai tenaga di fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas sampai dengan rumah sakit. Bentuknya juga memiliki sedikit perbedaan dimana dapat kalian unduh kemudian edit.

contoh surat pengalaman kerja pppk kesehatan

DOWNLOAD

4. Surat Pengalaman Kerja PPPK Jabatan Fungsional Non Guru

Selanjutnya adalah khusus untuk jabatan fungsional non guru dimana seringkali digunakan pada instansi pemerintahan diberbagai wilayah. Formatnya memang cukup berbeda dimana akan ada pengesahan dari kepala dilengkapi dengan NIP.

surat pengalaman kerja pppk jabatan fungsional non guru

DOWNLOAD

5. Surat PPPK Guru

Berikutnya untuk yang ingin mendaftar sebagai PPPK guru maka dapat menggunakan contoh dibawah ini. Secara langsung formatnya memang dibuat cukup berbeda karena dimana akan ada pengesahan dari bupati daerah.

PPPK Guru

DOWNLOAD

6. Format Pengalaman Kerja P3K

Selanjutnya contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK simple dimana dapat kalian gunakan langsung untuk lamarannya. Isi didalamnya lebih sedikit karena tidak tercantum keterangan dimana langsung ke pengesahannya.

KOP SURAT


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor:

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama:
NIP:
Jabatan:
Unit:

Menerangkan bahwa

Nama:
Tempat/Tanggal Lahir:
Pendidikan:
Unit kerja:

Sudah bekerja dalam waktu 2 tahun terhitung mulai dari…………..sampai…………. dengan kinerja yang baik.

Demikian surat keterangan kami buat sebenar benarnya agar bisa dipergunakan se bagaimana mesti nya

……………….,….. 2022

Tanda tangan&Cap Instansi

(Nama Lengkap)
(Jabatan)

7. Format PPPK Tenaga Teknis

Terakhir adalah surat untuk tenaga teknis dimana untuk pengalaman kerjanya dapat berasal dari perusahaan. Biasanya ketika dibutuhkan tenaga kerja lapangan maka beberapa instansi membuka lowongan. kalian dapat melakukan pendaftaran menggunakan contoh dibawah ini.

Format PPPK Tenaga Teknis

DOWNLOAD

Kesimpulan

Pada dasarnya tampilan suratnya memang sangat formal berbeda dengan contoh iklan komersil yang mudah digambar dimana dibutuhkan desain menarik. Melalui contoh keterangan pengalaman kerja PPPK kalian dapat dengan mudah melengkapi syarat daftar SSCASN.

Selain itu urat keterangan pengalaman kerja akan membuktikan secara sah bahwa calon pelamar benar benar memiliki kompetensi. Hal tersebut dijelaskan dengan waktu bekerja serta hasil dari pekerjaannya yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.