Editor Choice

20 Contoh Iklan Komersial yang Mudah Digambar : Produk & Jasa

Trikves.com – Di dalam dunia periklanan sebagai contoh iklan komersial, Anda pasti sering mendengar dengan istilah iklan komersial dan non komersial yang mudah digambar. Tak menutup kemungkinan bahwa masih cukup banyak orang di luar sana yang belum paham akan perbedaan dari kedua jenis iklan tersebut.

Secara garis besarnya, perbedaan antara iklan komersial dan non komersial terdapat pada tujuan pemasarannya. Pada intinya, iklan komersial merupakan sebuah iklan yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk ataupun layanan jasa kepada masyarakat.

Adapun tujuan utama dibuatnya iklan komersial yaitu menarik daya tarik masyarakat agar mau membeli produk yang ditawarkan. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana yang belum mengerti bagaimana cara membuat iklan komersial sebuah produk ataupun jasa.

Oleh sebab itu, apabila Sobat Trikves berencana membuat iklan komersial yang mudah digambar, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa contohnya. Untuk membantunya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai contoh iklan komersial yang mudah digambar.

Apa Itu Iklan Komersial?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai contoh iklan komersial yang mudah digambar lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara sederhananya, iklan komersial merupakan sebuah iklan yang dibuat sebagai bentuk kampanye atau pemasaran sebuah produk dan jasa dari produsen atau perusahaan.

Pada umumnya, sebuah perusahaan akan secara khusus menyewa jasa pembuat iklan dalam membuat iklan komersial. Iklan komersial sendiri biasanya muncul di media massa, media digital dan bahkan di dalam aplikasi dengan tujuan untuk memberikan keuntungan dari perusahaan.

Ciri Iklan Komersial

Setelah mengetahui sekilas pengertian mengenai iklan komersial, maka selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana ciri-cirinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa ciri iklan komersial dari sebuah perusahaan atau produsen di bawah ini.

  • Kalimat berisi bujukan atau bersifat perusasi.
  • Bahasa yang digunakan komunikatif.
  • Bahasa yang dipakai mudah diingat serta dimengerti.
  • Isinya padat informasi.
  • Berisikan gambar atau informasi agar menarik perhatian.
  • Terdapat slogan.

Fungsi Iklan Komersial

Ketika hendak mengetahui contoh iklan komersial yang mudah digambar, tentunya Anda juga harus mengerti apa saja fungsinya. Hampir sama seperti iklan reklame, iklan komersial juga mempunyai fungsi untuk memudahkan masyarakat dalam mengenali produk-produk yang ditawarkan.

Selain itu, contoh iklan komersial yang mudah digambar tersebut juga mempunyai beberapa fungsi ataupun kegunaan lainnya, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Iklan berfungsi mempengaruhi orang yang membaca atau melihat supaya membeli produk barang maupun menggunakan jasa yang ditawarkan.
  • Iklan yang dipasang di berbagai macam platform media sosial, media cetak dan media elektronik berfungsi menyebarkan informasi yang dimiliki produk barang atau jasa yang ditwarkan, dilengkapi dengan ciri khusus serta kelebihan produk.
  • Iklan berguna memberikan nilai tambah produk serta mempengaruhi persepsi masyarakat atau konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Jenis Iklan Komersial

Selain harus mengetahui sejumlah contoh iklan komersial yang mudah digambar, tentunya Anda juga harus memahami apa saja jenis-jenisnya. Apabila dilihat dari segi media yang digunakan untuk menyebarkan, iklan komersial terbagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Iklan Cetak

Jenis iklan komersial pertama yaitu iklan cetak. Dimana jenis iklan ini bisa dipasang dalam media majalah, koran, reklame, spanduk, stiker dan lain sebagainya. Dalam iklan cetak dengan media majalah maupun tabloid dan koran bisa dibedakan menjadi 3 bentuk.

  • Iklan baris, terdiri dari 3 sampai 4 baris.
  • Iklan kolom, luas iklan kolom lebih tinggi ketimbang iklan baris.
  • Iklan display, luas iklan display lebih besar ketimbang iklan kolom.

Iklan Elektronik

Kemudian jenis iklan komersial selanjutnya yaitu ada iklan elektronik. Pada jenis iklan ini, media yang digunakan dalam iklan elektronik diantaranya yaitu seperti radio, televisi dan platform media sosial seperti website, email advertising, YouTube dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Komersial yang Mudah Digambar

Di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian iklan komersial dilengkapi dengan jenis, fungsi hingga ciri-cirinya. Nah, selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai contohnya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh iklan komersial yang mudah digambar untuk sebuah produk barang maupun jasa.

Contoh Iklan Komersial Makanan

Contoh iklan komersial yang mudah digambar pertama yaitu berasal dari produk makanan. Dimana iklan komersial makanan ini bisa ditemukan di berbagai macam media, mulai dari media sosial, media cetak, media elektronik dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Komersial Indomie

Contoh Iklan Komersial Indomie

Contoh Iklan Komersial KFC

Contoh Iklan Komersial KFC

Contoh Iklan Komersial Chitato

Contoh Iklan Komersial Chitato

Contoh Iklan Komersial Minuman

Selain produk makanan, iklan komersial juga seringkali dimanfaatkan dalam membuat sebuah iklan minuman. Adapun sejumlah contoh iklan komersial untuk minuman yang mudah digambar tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Contoh Iklan Komersial Minute Maid Pulpy

Contoh Iklan Komersial Minute Maid Pulpy

Contoh Iklan Komersial Pocari Sweat

Contoh Iklan Komersial Pocari Sweat

Contoh Iklan Komersial GoodDay

Contoh Iklan Komersial GoodDay

Contoh Iklan Komersial Kosmetik

Belakangan ini permintaan kosmetik juga semakin meningkat. Maka dari itu, tak heran jika banyak perusahaan mengeluarkan modal cukup banyak dalam membuat iklan komersial kosmetik, seperti pada perusahaan Garnier, Citra dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Komersial Garnier

Contoh Iklan Komersial Garnier

Contoh Iklan Komersial Emina

Contoh Iklan Komersial Emina

Contoh Iklan Komersial Citra

Contoh Iklan Komersial Citra

Contoh Iklan Komersial Obat-Obatan

Contoh iklan komersial yang mudah digambar selanjutnya yaitu tentang promosi sebuah obat-obatan. Dimana biasanya iklan ini seringkali ditemui di TV, baliho, reklame dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Komersial Hot In Cream

Contoh Iklan Komersial Hot In Cream

Contoh Iklan Komersial Counterpain

Contoh Iklan Komersial Counterpain

Contoh Iklan Komersial Tolak Angin

Iklan Tolak Angin

Contoh Iklan Komersial Aplikasi Smartphone

Tidak hanya untuk mempromosikan sebuah produk barang, namun iklan komersial juga bisa dimanfaatkan dalam membuat iklan sebuah jasa berbentuk aplikasi. Sebagai bahan gambaran, berikut adalah beberapa contoh iklan komersial yang mudah digambar untuk jasa aplikasi di smartphone.

Contoh Iklan Komersial Lazada

Iklan Lazada

Contoh Iklan Komersial LinkAja

Iklan LinkAja

Contoh Iklan Komersial Perusahaan

Sesuai namanya, iklan perusahaan merupakan sebuah iklan yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan tujuan mengenalkan nama mereka, brand produk serta apa saja yang mereka komersilkan. Salah satu contoh iklan komersial untuk perusahaan yaitu dari PLN.

Iklan Perusahaan

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar contoh iklan komersial yang mudah digambar untuk produk barang dan jasa dilengkapi dengan ciri-ciri, fungsi hingga jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat iklan komersial.

Sumber gambar : facebook.com, twitter.com, tokopedia.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.