Editor Choice

50 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda Paling Bagus

Trikves.com – Anda pastinya sudah pernah melihat iklan layanan masyarakat dimana merupakan bentuk iklan dengan pesan pesan sosial didalamnya. Tujuan iklan layanan masyarakat memang cukup beragam dan banyak jenis bahasa yang digunakan. Salah satunya adalah contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda dimana banyak muncul pada kehidupan sehari hari.

Pada dasarnya contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda berbentuk kalimat, gambar ataupun video. Sebelumnya kami sudah membahas contoh kata kata promosi pondok pesantren dimana juga mengandung pesan agama. Sedangkan iklan layanan masyarakat memiliki tujuan utama mengingatkan serta meningkatkan kepedulian publik mengenai isue sosial.

[toc]

Iklan layanan masyarakat bahasa sunda tidak memiliki muatan dan unsur politik, tidak komersiap dan juga mengandung unsur agama. Secara langsung iklan layanan masyarakat ditujukan bagi seluruh kalangan dimana seringkali muncul pada media cetak ataupun sosial media. Misalnya contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda tentang corona dimana berfokus untuk mencegah penyebaran virus dan bagaimana sikap yang harus diambil.

Demikian pula dengan iklan layanan masyarakat dina televisi dimana bertujuan menghemat listrik dengan mematikan TV. Secara langsung jenis iklan ini sangat memiliki peranan penting karena jadi alat komunikasi dimana tujuannya luas. Bahasa sunda memang digunakan pada wilayah Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Dengan memakai bahasa sunda diharapkan lebih banyak orang mengerti apa pesan yang ingin disampaikan secara masif.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Iklan pelayanan masyarakat memang tidak diperbolehkan dimasuki unsur komersial karena nanti akan berbeda tujuan dan manfaatnya. Kemudian tidak memiliki informasi yang menyinggung persoalan agama maupun politik. Selain itu semua orang menjadi sasarannya dimana kebanyakan mempunyai informasi berisi edukasi maupun pengetahuan.

Dengan melihat iklan tersebut maka masyarakat akan lebih mudah memahami dan menyerap informasi. Hal tersebut akan menyebabkan dampak positif karena penyuluhan ataupun pemberitahuan dapat sampai dengan mudah. Dipilihnya bahasa sunda karena memang ditujukan bagi masyarakat Jawa Barat, Banten dan sekitarnya agar mudah mengerti.

Contoh Kalimat Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Iklan pelayanan masyarakat pada umumnya dikemas dengan bahasa yang simple dan to the point. Hal tersebut akan membuat pembaca atau yang melihatnya mudah menangkap maknanya. Untuk memperjelas juga dilengkapi dengan gambar berisi tata cara ataupun objek yang berhubungan langsung dengan iklan tersebut.

Contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda juga harus memiliki wawasan secara menyeluruh. Semisal dalam hal bayar pajak dimana wajib diberikan prosedur tak hanya semata kalimat saja. Biasanya bentuknya poster yang didesain khusus sehingga mampu mencakup seluruh informasi yang dibutuhkan. Semua lapisan masyarakat juga dapat menerima edukasi tanpa mengalami kesulitan.

Dapat dikatakan kalimat iklan bahasa sunda memang ada sangat banyak dimana tujuannya pun berbeda. Kalimat yang digunakan pada umumnya singkat namun bisa mengena dan mengandung pesan sosial didalamnya. Ketika anda akan membuatnya maka silahkan simak contoh kalimat iklan layanan masyarakat bahasa sunda sebagai berikut.

iklan bahasa sunda

Dari kalimat diatas anda dapat menjadikannya contoh untuk memudahkan dalam membuat iklan. Bisa dikatakan sampai saat ini bahasa sunda memang banyak penggunanya sehingga maksud dapat tersampaikan dengan mudah. Kemudian dari informasi diatas juga dapat dibuat dengan mudah susunan kayta yang sesuai.

Hingga kini memang iklan banyak dikeluarkan oleh lembaga pemerintahan secara resmi, namun ada pula yang dari instansti ataupun aktivis. Secara langsung masyarakat juga dapat menerima informasi tanpa perlu menerjemahkannya.

Kemudian dari sisi pembuatnya juga wajib memperhatikan dengan benar apakah muatan kalimat berbau politis, komersil ataupun agama. Diwajibkan iklan pelayanan memiliki sifat sosial ditambah dengan edukasi sehingga tidak menguntungkan pihak manapun. Himbauan, larangan ataupun kewajiban harus dilakukan bersama demi kebaikan.

Contoh Gambar Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Berikutnya adalah iklan berbentuk gambar dimana paling mudah dimengerti karena disertakan keterangan dan petunjuknya. Jenisnya memang beragam ada yang membahas bahaya narkoba, merokok, hemat listrik, sayang lingkungan serta isue sosial lainnya. Bentuknya bisa berupa contoh poster ataupun pamflet yang disesain khusus.

Secara langsung anda dapat memahami maksudd dan juga pesan dari iklan sehingga tidak perlu berfikir keras. Kemudian karena dikemas dengan bahasa daerah maka dapat dimengerti oleh semua usia mulai dari tua sampai muda. Berikut ini beberapa contoh poster bahasa sunda yang dapat anda jadikan referensi.

contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda tentang corona
contoh iklan layanan masyarakat bahasa jawa
stop hoax
poster bahasa sunda
Iklan Layanan Masyarakat Sunda
iklan layanan masyarakat bahasa sunda kelas 7
Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda
gambar iklan layanan masyarakat bahasa sunda
contoh poster bahasa sunda
poster lingkungan
hemat tenaga
contoh gambar iklan layanan masyarakat bahasa sunda
irit listrik
hemat listrik
Contoh Iklan Layanan Masyarakat
iklan layanan masyarakat dina televisi
buang sampah
gambar poster
contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda brainly
buang sampah pada tempatnya
iklan buang sampah

Dapat dikatakan desain dari tiap posternya memang unik dimana mampu memancing kesadaran masyarakat untuk lebih peduli. Kemudian tujuan dari tiap posternya juga berbeda beda dimana dapat dimanfaatkan diluar kepentingan politik dan juga agama. Pada umumnya gambar iklan akan tampil apabila ada gerakan secara masif yang wajib diikuti seluruh masyarakat.

Manfaat utama gambar iklan pelayanan masyarakat adalah mampu sebagai petunjuk dan panduan resmi. Kemudian desainnya juga dapat dibuat secara mudah, namun gambar memang harus sesuai dengan topik agar diketahui tujuannya. Didalamnya juga ditambahkan keterangan tambahan supaya yang melihat dapat mengerti.

Kesimpulan

Cukup berbeda dengan contoh promosi hotel yang menarik, tujuan iklan layanan masyarakat bukan kearah sana. Melainkan lebih untuk menyampaikan secara luas gerakan, larangan, aktivitas, pedoman, panduan ataupun informasi kepada seluruh masyarakat. Jadi menggunakan bahasa sunda menjadi contoh yang baik karena dapat merangkul semua kalangan serta mudah dipahami.

Kemudian lewat contoh gambar iklan layanan masyarakat bahasa sunda penyebarannya juga dapat melalui sosial media ataupun website resmi pemerintahan. Demikian pula jika ada gerakan dari aktivis pecinta lingkungan ataupun sosial maka penggunaannya jadi semakin mudah tinggal membagikan pamflet saja.

Sumber gambar : google.com, trikves.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.