Editor Choice

20 Contoh Iklan Pemberitahuan & Penjelasan Lengkap, Baca Ini!

Contoh Iklan Pemberitahuan – Hidup di era modern seperti sekarang keberadaan media menjadi hal yang sangat membantu. Pasalnya tidak hanya memberi informasi yang membantu. Terkadang media-media yang ada pun kini sering membagikan iklan pemberitahuan.

Bahkan bagi kita yang sering menggunakan internet, sepertinya sudah cukup sering menemukan berbagai macam iklan tentang pemberitahuan. Yang dimana dalam industri media, iklan pemberitahuan sendiri lebih banyak dikenal dengan istilah advertisement.

Iklan pemberitahuan sendiri merupakan salah satu jenis iklan yang masuk ke dalam kategori iklan pemberitahuan. Yang dimana sifatnya akan selalu penting dan sangat membantu karena berisikan seruan / perintah terhadap suatu hal.

Dan menariknya lagi, dengan tingkat integritas & teknologi yang canggih seperti sekarang. Banyak sudah contoh iklan pemberitahuan yang dikemas dengan tampilan begitu menarik baik dalam bentuk gambar maupun tulisan seperti halnya iklan layanan masyarakat / lainnya.

Penjelasan Tentang Iklan Pemberitahuan

Nah bila bicara tentang jenis iklan satu ini, bisa dibilang perannya terbilang sangat penting untuk dapat membantu kita sebagai masyarakat. Karena bila kita lihat di berbagai media, umumnya iklan jenis ini memiliki tingkat informatif yang sangat tinggi.

Akan tetapi, meski sudah bisa dikatakan merupakan salah satu jenis iklan yang berguna. Akan tetapi tidak sedikit dari masyarakat kita tahu apa sebenarnya itu iklan pemberitahuan, fungsi & tujuan serta seperti apa contoh dan strukturnya.

Oleh karena itu, dengan banyaknya minat masyarakat yang ingin tahu lebih jauh tentang iklan pemberitahuan / pengumuman. Berikut akan trikves.com jelaskan secara lengkap arti / pengertian lengkap dengan contoh iklan pemberitahuan yang umum bisa kita temukan.

Lantas apa itu iklan pemberitahuan?

Sesuai dengan namanya, iklan pemberitahuan adalah salah satu jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas dengan memanfaatkan berbagai media baik itu media cetek (gambar, koran, majalah, mading, iklan baris) maupun menggunakan media elektronik seperti (twitter, situs berita, facebook).

Dimana dalam pembuatannya, para pengiklan (advertiser) umumnya hanya menonjolkan manfaat dari informasi yang ingin mereka sampaikan. Namun dari sisi lain, ada pula yang mengatakan bahwa iklan jenis ini bersifat “menginformasikan” suatu hal kepada banyak orang agar tertarik dengan cara membaca / melihat.

Fungsi Iklan Pemberitahuan / Pengumuman

Nah setelah kalian tahu apa yang dimaksud dengan iklan pemberitahuan seperti trikvest.com sampaikan di atas. Lantas apa saja sih fungsi utama keberadaan jenis advertisement ini?. Nah terkait masalah fungsi iklan pemberitahuan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa fungsi utama yang bisa didapat para advertiser ketika mengiklankan sebuah informasi yang bersifat pemberitahuan / pengumuman.

  • Informing
    Fungsi pertama adalah informing. Dimana dalam penekanannya, contoh iklan pemberitahuan sendiri akan membuat masyarakat sadar akan merek baru, fitur, manfaat & untuk menciptakan image positif secara cepat.
  • Reminding
    Reminding, dalam bahasa Indonesia artinya Mengingatkan juga menjadi salah satu fungsi iklan pemberitahuan. Contoh mudahnya ketika perusahaan sudah memiliki produk bermutu & laris, mereka akan tetap membuat iklan pemberitahuan dengan tujuan mengingatkan masyarakat dengan produk tersebut.
  • Adding Value
    Adding Value (Menambah Nilai) juga jadi fungsi penting dibuatnya iklan pemberitahuan. Dimana dalam industri kita, Adding Value akan membuat para perusahaan besar. untuk tetap memberikan nilai plus pada produk dengan cara yang penuh inovasi, penyempurnaan kualitas serta pengubahan persepsi konsumen.
  • Persuading
    Contoh lain fungsi iklan pemberitahuan yakni sebagai Persuading atau Membujuk. Dimana dengan pembuatan iklan pemberitahuan yang menarik, hal ini akan menjadikan masyarakat tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan dalam iklan.

Tujuan Utama Iklan Pemberitahuan

Sementara itu sebelum kita bagikan beberapa contoh iklan pemberitahuan dalam bentuk gambar / tulisan. Tentu ada dari kalian yang bertanya apa sebenarnya tujuan utama dibuatnya iklan pemberitahuan / pengumuman tersebut.

Nah untuk masalah tersebut, setidaknya ada beberapa tujuan utama yang diinginkan oleh advertiser. Dimana beberapa hal terkait tujuan iklan pemberitahuan tersebut antara lain seperti:

  • Menarik perhatian
  • Membangkitkan / Meningkatkan minat
  • Merangsang hasrat
  • Menciptakan bujukan keyakinan
  • Serta mempengaruhi tindakan

Struktur Iklan Pemberitahuan

Kemudian bila merangkum dari semua pembahasan yang sudah trikves.com sampaikan di atas. Setidaknya bisa kita simpulkan bahwa di dalam pembuatan dan penerapan iklan pemberitahuan tidaklah dilakukan dengan sembarangan.

Karena sifatnya yang cukup penting, tidak sedikit pembuatan iklan pemberitahuan dilakukan dengan sempurna yang memanfaatkan struktur sebagai pondasi utamanya. Namun apa saja sih yang masuk dalam struktur pembuatan iklan pemberitahuan?

  • Judul
  • Nama produk
  • Penjelasan tentang produk

Contoh Iklan Pemberitahuan

Nah setelah kalian semua paham dan tahu apa itu iklan pemberitahuan dan struktur, fungsi serta tujuan utamanya. Untuk membuat kalian lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah beberapa contoh iklan pemberitahuan yang bisa kalian lihat.

Iklan Pemberitahuan Ajakan Donasi

Iklan Pemberitahuan Ajakan Donasi

Iklan Pemberitahuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

Iklan Pemberitahuan Rapat Umum Pemegang Saham

Iklan Pengumuman Ajakan Buka Bersama

Iklan Pengumuman Ajakan Buka Bersama

Iklan Pemberitahuan Pemeliharaan Listrik

Iklan Pemberitahuan Pemeliharaan Listrik

Iklan Pengumuman di Koran

Iklan Pengumuman di Koran

Iklan Pengumuman Lowongan Kerja

Iklan Pengumuman Lowongan Kerja

Iklan Pemberitahuan Covid 19

Iklan Pemberitahuan Covid 19

Iklan Pemberitahuan Di TV

Iklan Pemberitahuan Di TV

Iklan Pemberitahuan Reuni Sekolah

Iklan Pemberitahuan Reuni Sekolah

Iklan Pemberitahuan Pada Media Cetak

Iklan Pemberitahuan Pada Media Cetak

Contoh Iklan Duka Cita

Contoh Iklan Duka Cita

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Rokok

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Rokok

Kesimpulan

Dari semua contoh gambar yang iklan pemberitahuan di atas, bisa kita lihat bahwa struktur penempatan keterangan sangatlah sesuai dengan apa yang sudah trikves.com ulas di atas. Nah demikian kiranya penjelasan singkat tentang apa itu iklan pemberitahuan dan contohnya semoga bisa bermanfaat.

Sumber Gambar: google.com, wongcerdas.com, trikves.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.