Editor Choice

40 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Untung Berlimpah 2022

Trikves.com – Kegiatan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa dapat menjadi alternatif solusi guna menambah penghasilan. Namun kurangnya referensi jenis usaha kadang menjadi penghambat.

Usaha memang tidak mengenal tempat dan wilayah. Asalkan strategis dan memiliki potensi, maka hal tersebut dapat dilakukan. Contohnya seperti kebanyakan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa.

Aktivitas sosial dan sumberdaya di desa dapat menjadi sebuah potensi usaha apabila anda mampu memanfaatkannya. Jadi segera rencanakan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa milik anda sendiri.

Agar dapat memberikan anda ide serta referensi tentang usaha sampingan ibu rumah tangga di desa, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Pastikan Sobat Trikves simak pembahasan ini hingga tuntas.

Rekomendasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

Apakah tinggal di desa merupakan halangan bagi ibu rumah tangga untuk melakukan usaha? Pernyataan tersebut tidaklah benar karena pada dasarnya banyak peluang yang dapat dimanfaatkan. Agar dapat memberikan referensi, berikut daftar beberapa usaha sampingan di desa.

1. Usaha Sampingan di Bidang Kuliner

a. Usaha Kue

Jualan kue sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Berjualan kue menjadi rekomendasi pertama dalam daftar usaha sampingan di desa. Selain mudah dalam pembuatannya, kue juga dapat dipasarkan oleh ibu rumah tangga baik secara offline maupun online.

b. Usaha Jajanan Pasar

Usaha Jajanan Pasar

Selanjutnya adalah usaha sampingan dengan berjualan jajanan pasar di desa. Tentunya jajanan pasar ini akan dicari oleh banyak orang baik sebagai bekal maupun teman bersantai menikmati teh dan kopi. Ibu rumah tangga dapat membuat sendiri atau menggunakan jasa supplier.

c. Usaha Sayuran dan Lauk (Nasi Rames)

Usaha Sayuran dan Lauk (Nasi Rames)

Jualan nasi rames menjadi usaha sampingan berikutnya bagi ibu rumah tangga. Kendati berada di desa, masyarakat di sana cenderung produktif dan memiliki aktivitas yang padat sehingga terkadang tidak sempat membuat masakan. Hal inilah yang menjadi sebuah peluang bagi ibu rumah tangga.

d. Usaha Nasi Uduk

Usaha nasi uduk sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Nasi uduk juga menjadi solusi usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Makanan tersebut tergolong sebagai sarapan bagi banyak orang. Rasa gurih dan nikmatnya nasi uduk ini dapat menjadi hidangan nikmat bagi banyak orang di desa.

e. Usaha Bubur Ayam

Usaha Bubur Ayam

Apabila nasi uduk dirasa belum cukup memuaskan pelanggan di desa, maka tambahkan lagi bubur ayam sebagai usaha sampingan. Hal tersebut akan membuat masyarakat di desa leluasa dalam memilih.

f. Vlog Demo Memasak

Vlog demo mamasak sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga

Apabila anda memahami bagaimana penggunaan kamera dan cara merekam, maka membuat demo memasak dapat menjadi usaha sampingan secara online. Cukup rekam aktivitas memasak anda di desa dan unggah video tersebut di kanal Youtube.

g. Usaha Minuman

Usaha Minuman

Selanjutnya ada jual minuman sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga. Apa saja jenis minuman yang cocok dijual di desa? Silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Ide Usaha Minuman agar menambah referensi.

h. Usaha Sembako

Jualan sembako sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Kebutuhan pokok memang menjadi sebuah hal yang penting bagi masyarakat di desa. Oleh sebab itu berjualan sembako akan sangat cocok apabila dijadikan sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga.

2. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Bidang Fashion

a. Usaha Pakaian

Usaha pakaian

Apakah pakaian termasuk kedalam sebuah usaha sampingan yang menjanjikan? Tentu saja hal tersebut benar adanya dan ibu rumah tangga bisa memanfaatkan usaha ini di desa.

b. Usaha Rias Pengantin

Rias pengantin sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Apabila anda memiliki kemampuan dalam merias sebagai ibu rumah tangga, maka silahkan manfaatkan kemampuan tersebut untuk usaha sampingan rias pengantin. Tentunya peluang ini sangat terbuka lebar di desa.

c. Usaha Penata Rambut

Usaha Penata Rambut

Penata rambut atau potong rambut juga memiliki potensi yang besar untuk menjadi usaha sampingan di desa. Apabila anda merupakan seorang ibu rumah tangga dengan kemampuan tersebut, maka silahkan coba usaha sampingan ini.

d. Usaha Pernak Pernik

Jual Aksesoris sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Apabila ternyata pakaian dan menata rambut dirasa sebagai usaha sampingan yang berat, maka silahkan anda mencoba jual pernak pernik serta aksesoris. Di desa hal ini masih menjadi sebuah peluang yang besar.

e. Usaha Kerudung atau Hijab

Usaha Kerudung atau Hijab

Selanjutnya anda dapat menjual kerudung atau hijab melalui program reseller maupun dropshipping. Usaha sampingan secara online maupun offline ini bisa dimanfaatkan saat berada di desa.

f. Penjahit Baju

Jahit Baju sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Sebagai ibu rumah tangga, anda dapat mencoba usaha jahit pakaian. Ternyata jasa penjahit pakaian sangat dibutuhkan di desa. Jadi silahkan manfaatkan hal tersebut sebagai usaha sampingan.

g. Vlog atau Tutorial Kecantikan

Vlog atau Tutorial Kecantikan

Apabila anda memiliki pengetahuan yang luas dalam dunia kecantikan, maka cobalah untuk berbagi pengetahuan dengan merekam dan unggah video melalui kanal Youtube

3. Usaha Sampingan di Bidang Pertanian

a. Usaha Hasil Kebun

Jual Hasil Kebun sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Selanjutnya anda dapat memanfaatkan hasil kebun dengan menjualnya secara langsung. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hasil kebun di desanya, maka bisa dijual secara langsung.

b. Usaha Olahan Hasil Kebun

Usaha olahan hasil kebun

Apabila ternyata anda memiliki ide dalam mengolah hasil kebun tersebut, maka silahkan wujudkan sebagai usaha sampingan. Kendati anda seorang ibu rumah tangga di desa, olahan tersebut tetap dapat dijual baik secara offline maupun online.

c. Usaha Pupuk dan Vitamin Tumbuhan

Jual Pupuk sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Selanjutnya ibu rumah tangga juga dapat menjual pupuk sebagai usaha sampingan. Lantas bagaimana menyediakan stok barangnya di desa? Tenang saja karena anda dapat mencari supplier atau bisa membuat sendiri.

d. Usaha Alat Pertanian

Usaha Alat Pertanian

Jika berdagang pupuk dirasa masih kurang, maka silahkan tambahkan alat pertanian pada usaha sampingan tersebut. Alhasil masyarakat di desa yang bekerja pada sektor pertanian dapat mencari pupuk dan peralatannya sekaligus.

e. Vlog Tentang Tips Pertanian

Vlog Tentang Tips Pertanian

Apabila anda hanya menjadikan budidaya perkebunan sebagai hobi, maka silahkan bagikan ilmunya melalui platform Youtube. Caranya cukup rekam dan berikan saran-saran agar sukses dalam budidaya tanaman.

f. Usaha Tanaman Hias

Jual Tanaman Hias sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Tanaman hias juga terkadang dapat menjadi komoditi yang menarik untuk diperdagangkan. Medianya dapat berupa forum jual beli. Jadi bagi ibu rumah tangga, silahkan manfaatkan media sosial yang dimiliki sebagai sarana jualan tanaman hias.

4. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Bidang Peternakan

a. Usaha Hasil Ternak

Usaha Hasil Ternak

Ternak peliharaan juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Apalagi jika ternyata anda dapat membudidayakan hewan ternak tersebut dalam jumlah banyak. Maka bukan tidak mungkin jika usaha tersebut dapat menjadi supplier untuk beberapa tempat.

b. Usaha Alat Peternakan

Jual Peralatan Ternak sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Tidak memiliki lahan untuk membudidayakan hewan ternak, maka jual peralatan ternaknya sebagai usaha sampingan. Mengingat di desa banyak sekali orang yang beternak hewan peliharaan, tentunya peralatan tersebut sangat dibutuhkan.

c. Usaha Makanan dan Vitamin Ternak

Usaha Pakan Ternak

Jika sudah menjual peralatannya, maka akan lebih lengkap lagi apabila usaha sampingan tersebut juga ditambah makanan dan vitamin ternak. Jadi bukan tidak mungkin bila usaha sampingan tersebut akan jadi yang terlengkap di desa.

d. Vlog Tentang Tips Peternakan

Vlog Peternakan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Apabila anda memiliki pengetahuan seputar dunia peternakan, maka silahkan bagi ilmunya secara umum. Caranya dengan memanfaatkan platform berbagi video, Youtube. Berikan edukasi serta tips agar sukses beternak di desa.

5. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Bidang Seni

a. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha Kerajinan Tangan

Apakah anda memiliki kemampuan untuk membuat sebuah kerajinan tangan? Bisa jadi hasil dari kerajinan tersebut sangat berharga di pasaran. Coba jual kerajinan tangan tersebut dan jadikan usaha sampingan di desa.

b. Usaha Melukis

Jual Lukisan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Selain kerajinan tangan, lukisan juga dapat menjadi sebuah objek yang berharga untuk dijual. Apabila anda memiliki hobi melukis sebagai ibu rumah tangga, maka silahkan jadikan hobi tersebut untuk membuka usaha.

c. Usaha Peralatan Musik

Usaha Alat Musik

Peralatan musik memang menjadi salah satu hal yang bisa dipertimbangkan untuk diperjualbelikan dan menjadi usaha sampingan di desa. Bahkan ibu rumah tangga juga dapat memasarkannya secara online.

d. Sewa Studio Musik

Sewa Studio Musik sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Apabila memiliki ruangan tidak terpakai, maka membuat studio musik dapat menjadi pertimbangan usaha sampingan di desa.

6. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Bidang Wisata

a. Sewa Staycation

Sewa Staycation

Khusus untuk desa yang merupakan desa wisata, maka anda dapat menjadikan hunian yang dimiliki sebagai tempat penginapan untuk wisatawan. Jadi bagi ibu rumah tangga yang memiliki hunian bagi wisatawan, maka hal tersebut dapat menjadi peluang.

b. Jual Makanan Khas Oleh-Oleh

Jual Makanan Khas Oleh-Oleh sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Apakah anda bisa membuat makanan khas dari desa? Hal tersebut dapat menjadi oleh-oleh khas apabila anda bisa melihat potensinya. Jadi silahkan manfaatkan desa wisata untuk usaha sampingan ibu rumah tangga.

c. Jual Souvenir Objek Wisata

Jual Souvenir Objek Wisata

Makanan khas mungkin bisa habis, tetapi souvenir dan merchandise merupakan kenang-kenangan yang baik setelah mengunjungi objek wisata. Silahkan bagi ibu rumah tangga buat souvenir agar menjadi usaha sampingan.

d. Sewa Wahana Bermain

Sewa Wahana Bermain sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Objek wisata identik dengan wahana bermain. Apabila anda memiliki sebuah ide atau kreativitas terkait permainan menarik bagi wisatawan, maka buatlah usaha sampingan dari ide tersebut.

e. Sewa Peralatan Objek Wisata

Sewa Peralatan Objek Wisata

Apabila ternyata objek wisata memiliki banyak wahana yang menggunakan alat dalam bermain, maka silahkan sewa peralatannya pada para wisatawan.

7. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Bidang Jasa

a. Jasa Laundry

Jasa Laundry sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Jasa laundry juga bisa dipilih sebagai usaha sampingan sehingga anda bisa produktif di desa. Bahkan tidak perlu menyediakan tempat luas. Khusus bagi ibu rumah tangga, mulai saja terlebih dahulu.

b. Isi Pulsa dan Agen PPOB (Payment Point Online Blank)

Jasa isi pulsa dan agen PPOB (Payment Point Online Blank)

Cari peluang usaha sampingan yang paling dibutuhkan oleh banyak rakyat. Contohnya adalah isi pulsa serta pembayaran tagihan, seperti listrik, air, telepon, dan internet. Hal tersebut bisa menjadi peluang besar bagi ibu rumah tangga untuk berbisnis.

c. Jasa Isi Ulang Galon

Jasa Isi Ulang Galon sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Isi ulang galon juga menjadi hal yang penting saat ini di desa. Ibu rumah tangga bisa memulai usaha sampingan tersebut melalui beberapa supplier terpercaya.

d. Jasa Pengiriman Paket

Jasa Pengiriman Paket

Internet sudah dapat digunakan secara global baik di desa maupun kota semua bisa menikmatinya. Anda dapat mengajukan diri sebagai agen kirim paket sehingga bisa menjadi usaha sampingan bagi ibu rumah tangga.

e. Bimbingan Belajar

Jasa Bimbingan Belajar

Sebagai akademisi, keilmuan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai usaha sampingan. Khususnya bagi ibu rumah tangga di desa, hal tersebut sangat dibutuhkan dan justru mendatangkan manfaat yang besar. Jadi silahkan buat bimbingan belajar serta manfaatkan kemampuan akademis tersebut.

f. Usaha Pengecer Gas

Usaha Pengecer Gas

Usaha pengecer gas juga menjadi kebutuhan yang penting bagi banyak orang. Maka dari itu ibu rumah tangga silahkan manfaatkan hal ini sebagai usaha sampingan agar memberi penghasilan tambahan.

Kesimpulan

Setelah melihat daftar usaha sampingan ibu rumah tangga di desa, maka silahkan pilih yang dirasa cocok agar dapat menjadi sumber penghasilan. Kemudian jangan lupa berinovasi agar usaha kian berkembang.

Apabila anda ingin berbisnis usaha makanan ringan, maka kunjungi juga referensi dari kami tentang 80 Usaha Makanan Ringan. Jadi Sobat Trikves bisa tetap produktif kendati tinggal di desa.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.