Editor Choice

16 Usaha Ternak Modal 300 Ribu Perawatan Mudah Menguntungkan 2022

Trikves.com – Apabila anda ingin memulai sebuah kegiatan produktif dengan dana terbatas, maka cobalah usaha ternak modal 300 ribu. Apakah nominal tersebut cukup untuk usaha ternak?

Beternak hewan tertentu terkadang memang dapat menjadi sebuah keuntungan bagi si pemilik. Tidak perlu merogoh kocek cukup dalam karena sudah ada beberapa usaha ternak modal 300 Ribu saja.

Sayangnya informasi ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Mungkin dengan adanya referensi tentang usaha ternak modal 300 ribu, maka kegiatan bisnis tersebut dapat segera terlaksana.

Guna membantu dalam memulai usaha ternak modal 300 ribu, maka pada kesempatan kali ini kami akan berikan referensinya. Jadi silahkan Sobat Trikves simak informasinya secara seksama sebelum beternak.

Rekomendasi Usaha Ternak Modal 300 Ribu Cepat Balik Modal

Usaha ternak memang terkenal akan modal awalnya yang cukup besar. Namun hal tersebut sudah dapat teratasi berkat banyaknya jenis hewan yang dapat diternakan. Berikut beberapa rekomendasi usaha peternakan modal 300 Ribu.

1. Penangkaran Belut

1. Penangkaran Belut

Usaha ternak belut menjadi yang pertama pada daftar kali ini. Pasalnya hewan satu ini memiliki perawatan yang cukup mudah serta modal yang kecil hanya sekitar 300 ribu saja.

Kolam dalam usaha ternak belut tidak perlu terlalu luas. Hanya dengan luas 1 meter saja, kapasitas kolam sudah mampu menampung 50 hingga 150 ekor belut.

2. Ayam Broiler sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

2. Ayam Boiler sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Apabila anda ingin ternak ayam yang mudah dan murah, maka ayam broiler atau ayam pedaging solusinya. Pasalnya perawatan ayam broiler juga terbilang mudah dan hanya membutuhkan halaman saja.

Modal 300 ribu sudah sangat cukup untuk ternak ayam broiler secara kecil-kecilan. Segala kegiatan operasional usaha juga sudah dapat tercover mulai dari dedak, vitamin, dan vaksin.

Apalagi usaha ternak ayam broiler dapat digeluti oleh berbagai kalangan usia. Bahkan anak juga cocok menjalankan usaha ternak yang menguntungkan ini.

3. Ayam Petelur sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

3. Ayam Petelur sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Usaha ternak berikutnya yang dianggap murah adalah ayam petelur. Menjadikan unggas satu ini sebagai komoditi ternak tidak akan ada ruginya. Kendati dimulai dengan modal 300 ribu, usaha tetap bisa dirintis.

Anda hanya perlu selektif dalam memilih ras, umur, serta kemampuan rata-rata jenis ayam menghasilkan telur dalam setahun. Dengan demikian, usaha ternak akan jadi lebih terencana dan menguntungkan.

4. Penangkaran Udang

4. Penangkaran Udang

Udang juga dapat menjadi pilihan usaha ternak menarik untuk dijalani. Pangsa pasar dari hewan tersebut juga sudah ada sendiri sehingga permintaan pasti akan selalu ada.

Modal 300 ribu sudah sangat cukup dalam membuka penangkaran udang. Alokasi dana hanya akan terforsir pada pembuatan tempat dari terpal kemudian pengaturan ketersediaan oksigen.

5. Pemeliharaan Keong Mas

5. Pemeliharaan Keong Mas

Keong Mas merupakan hewan yang dianggap sepele, tetapi mampu mendatangkan keuntungan. Hewan tinggi protein satu ini ternyata cukup besar permintaanya sebagai pakan ternak maupun konsumsi masyarakat.

Anda hanya membutuhkan waktu 1 bulan agar bisa segera panen dan balik modal. Modal 300 ribu akan sangat cukup dalam memulai usaha. Bibit keong serta pakan ternak juga mudah didapatkan.

6. Pengembangan Ulat Sutera

6. Pengembangan Ulat Sutera

Ulat Sutera dapat menjadi sebuah usaha ternak menarik dan mudah dijalani oleh banyak orang. Anda hanya membutuhkan modal kurang dari 300 ribu guna memulai usaha peternakannya.

Anda hanya membutuhkan setidaknya kotak khusus guna menangkat telur ulat sutera. Kemudian masa panen hanya membutuhkan waktu 30 hari saja. Baik di desa maupun di perkotaan, usaha terak ini tetap dapat dilakukan.

7. Pemeliharaan Jangkrik

7. Pemeliharaan Jangkrik

Apabila anda ingin memulai sebuah usaha ternak dengan modal terjangkau, maka memelihara jangkrik adalah salah satu rekomendasinya. Selain bibit yang murah, pembuatan kandang jangkrik juga hanya membutuhkan wadah telur ayam sehingga tidak menghabiskan 300 ribu.

Anda tidak perlu area yang terbuka atau lahan luas guna beternak jangkrik. Cukup sediakan tempat terbatas dalam ruangan, maka usaha ternak sudah dapat dilakukan. Belum lagi ternak jangkrik merupakan salah satu usaha yang menguntungkan di desa.

8. Burung Puyuh sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

8. Burung Puyuh sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Burung puyuh dapat dijadikan sebagai ternak usaha karena terbilang mudah. Kebutuhan akan pakan dan bibit biasanya cukup hanya dengan modal 300 ribu saja. Sebuat saja biji-bijian yang dapat digunakan sebagai pakan.

Hanya dalam waktu sekitar 30 hari saja, usaha ternak sudah bisa balik modal. Namun perlu diingat bahwa kandang burung puyuh memiliki aroma yang menyengat sehingga kebersihan harus dijaga.

9. Pemeliharaan Kroto

9. Pemeliharaan Kroto

Kroto merupakan telur semut untuk pakan burung yang paling banyak dicari. Biasanya anda dapat menemukan kroto ini di beberapa pohon. Tentunya hal tersebut lebih menghemat modal 300 ribu yang anda miliki.

Apabila ingin lebih praktis, maka silahkan beli kroto di beberapa petani. Adapun pengaturan kandang dari kroto dapat dibuat menggunakan paralon bekas. Belum lagi pakan semut hanya membutuhkan protein dari jangkrik.

10. Kelinci sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

10. Kelinci sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Apakah kelinci dapat dijadikan sebagai komoditi dalam usaha ternak? Tentu saja anda dapat menggunakan hewan mamalia imut ini sebagai ternak. Pada dasarnya kelinci dibedakan menjadi hias dan pedaging.

Dengan modal 300 ribu, jenis kelinci pedaging sudah bisa diperoleh. Kandang serta pakan cukup sederhana. Tidak perlu menyiapkan lahan luas hanya untuk ternak hewan mamalia satu ini.

11. Ayam Kampung sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

11. Ayam Kampung sebagai Usaha Ternak Modal 300 Ribu

Ayam kampung merupakan salah satu jenis unggas dengan harga cukup tinggi di pasaran. Tentunya hal tersebut dapat menjadi sebuah peluang memulai usaha ternak. Modal 300 ribu sudah dapat membeli ayam kampung kecil-kecilan.

Syarat utama dalam menjalankan ternak ini hanyalah halaman luas. Pasalnya ayam kampung lebih senang berkeliaran agara terhindar dari stres. Cukup sediakan jaring di berbagai sudut sebagai penahan.

12. Pemeliharaan Ikan Hias

12. Pemeliharaan Ikan Hias

Ikan hias juga solusi terbaik bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha ternak dengan modal minim. Setidaknya dengan modal 300 ribu, anda sudah dapat membeli beberapa jenis bibit ikan.

Tentu saja semakin banyak jenis bibit, maka akan semakin leluasa konsumen dalam memilih. Sediakan tempat berupa akuarium kemudian susun secara rapi agar mempercantik tampilan display.

13. Penangkaran Ikan Lele

13. Penangkaran Ikan Lele

Lele jadi salah satu hewan favorit bagi beberapa pengusaha ternak. Pasalnya ikan lele tidak membutuhkan banyak oksigen, tetapi masih dapat bertahan dari berbagai macam penyakit.

Modal 300 ribu akan sangat cukup untuk membeli banyak bibit serta membuata kolam beralaskan terpal. Apabila segala persiapan tersebut telah dilakukan, maka usaha ternak lele bisa dijalankan.

14. Pemeliharaan Kambing

14. Pemeliharaan Kambing

Beternak kambing hanya menggunakan modal 300 ribu mungkin akan terdengar kurang masuk akal. Namun nyatanya anda dapat memulai usaha ternak kambing secara mudah.

Cukup ajukan diri sebagai perawat sewaan kepada para peternak kambing. Kemudian buat kesepakatan sistem pembayaran menggunakan anak kambing. Alhasil, modal 300 ribu akan mampu dialokasikan sebagai dana perawatan atas anak kambing.

15. Usaha Ternak Itik

15. Usaha Ternak Itik

Ternak itik juga masuk rekomendasi usaha apabila ingin mencobanya. Gunakan modal 300 ribu guna membeli sepasang indukan bebek agar dapat berkembang biak. Dalam satu kali produksi, bebek dapat menelurkan setidaknya 20 butir.

16. Pemeliharaan Sapi

16. Pemeliharaan Sapi

Ternak sapi modal 300 ribu hampir memiliki skema yang mirip dengan kambing. Tentunya agar aman, alangkah baiknya apabila modal tadi ditambah sedikit mengingat perawatan sapi lebih rumit.

Kesimpulan

Berdasarkan daftar di atas, ternyata ada beragam usaha ternak modal 300 ribu yang bisa dipilih saat ini. Tentunya anda harus menekuni usaha tersebut agar dapat berkembang serta balik modal secara cepat.

Apabila Sobat Trikves masih ingin memulai usaha ternak lainnya secara terperinci, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Modal Usaha Ternak Ayam Petelur sebagai sarana penambah wawasan.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.