Crypto

Apa Itu Tokocrypto : Fitur, Fee, Aset, Kelebihan, dan Kekurangan

Trikves.com – Smartphone yang anda genggam akan terlihat sangat berharga saat mengetahui apa itu Tokocrypto. Selain menjadi alternatif aplikasi investasi, platform kripto tersebut juga mampu menjadi sebuah ladang penghasilan.

Inovasi dalam dunia Cryptocurrency memang terus bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi. Tentunya hal tersebut bisa dirasakan oleh beberapa pihak yang sudah terlebih dahulu mengetahui apa itu Tokocrypto.

Aplikasi Cryptocurrency satu ini memang sedang menjadi buah bibir. Selain memberikan fasilitas Investasi kepada para penggunanya, pihak pengembang juga menjanjikan efisiensi transaksi saat anda memahami apa itu Tokocrypto.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara lengkap apa itu Tokocrypto sehingga anda mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan. Untuk menambah wawasan Sobat Trikves seputar dunia kripto, mari kita bahas bersama.

Apa Itu Tokocrypto

Tokocrypto merupakan salah satu platform atau marketplace jual beli kripto yang beroperasi secara resmi di Indonesia. Dari segi legalitasnya, Platform tersebut terbilang sebagai salah satu apk legal karena terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Sebagai salah satu platform jual beli dalam dunia Cryptocurrency, Tokocrypto sudah memulai berdiri sejak 2017 silam. Kendati demikian, aplikasi itu baru diperkenalkan secara luas di masyarakat dan mulai beroperasi di tahun 2018.

Hanya dalam waktu singkat, Tokocrypto sudah memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Bahkan aplikasi itu kerap dibandingkan dengan Indodax yang bergerak dibidang sama.

Hingga sampai saat ini, terhitung sudah ada satu juta lebih pengguna aplikasi tersebut. Bahkan volume hariannya juga termasuk besar untuk ukuran marketplace di Asia Tenggara.

Masyarakat dapat mengaksesnya melalui aplikasi smartphone dan juga mengunjungi web resmi Tokocrypto melalui alamat (https://www.tokocrypto.com/) tanpa tanda kurung. Cukup daftar Tokocrypto lalu login untuk memulai pengalaman investasi Cryptocurrency.

Mengenal Sejarah Tokocrypto

Bermodal keyakinan akan manfaat besar adanya mata uang digital, Tokocrypto didirikan pada tahun 2017 oleh beberapa penggiat dan juga investor kripto Indonesia. Awalnya platform itu disokong oleh konsorsium asal Singapura bernama QCP Capital.

Kemudian pada tahun 2018, barulah Tokocrypto diperkenalkan secara resmi ke ranah publik dengan beberapa misi penting. Salah satunya adalah memperkenalkan sembari mengedukasi masyarakat tentang mata uang digital sebagai aset digital.

Satu tahun kemudian, tepatnya 2019, Tokocrypto secara resmi mendaftarkan platformnya melalui Bappebti (Badan Pengawas Perdangan Berjangka Komoditi). Terdaftarnya platform itu di lembaga pemerintahan sekaligus menandakan bahwa semua kegiatan operasinya bersifat legal.

Pembaruan Sistem Tokocrypto

Dalam rangka mengembangkan Tokocrypto ke arah yang lebih baik, maka pihak pengembang aplikasi melakukan pembaruan sistem Tokocrypto 2.0. Salah satu pembaruan paling besar adalah dijalinnya kerjasama dengan Binance.

Melalui kerjasama itu, Tokocrypto mencoba menghadirkan sebuah marketplace dengan transaksi modern yang lebih cepat prosesnya, tinggi tingkat likuiditasnya, serta menghadirkan beragam token untuk dipilih penggunanya.

Fitur Tokocrypto

Tokocrypto menyediakan berbagai fitur menarik bagi para penggunanya. Tentunya beberapa layanan itu disediakan guna memberikan pengalaman investasi kripto secara menyenangkan. Berikut beberapa fitur tersedia di Tokocrypto.

1. Markets atau Pasar

Markets atau pasar merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengguna dalam melihat perkembangan pasar mata uang digital secara real time. Data pada Markets disajikan dalam bentuk angka maupun persentase.

Data pada layanan Markets juga menampilkan bagaimana perkembangan harga masing-masing aset kripto, kemudian harga tertinggi dan terendah dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

1. Markets atau Pasar

2. Exchange atau Pertukaran

Sama halnya dengan fitur Markets, hanya saja data disajikan kedalam bentuk diagram batang. Tentunya anda dapat dengan mudah memahami kondisi pasar serta dapat memilih apa kebijakan terbaik guna memaksimalkan potensi aset kripto.

2. Exchange atau Pertukaran

3. Fitur Bot

Sebagai bentuk perhatiannya kepada pemula, pihak pengembang platform memberikan sebuah fitur bot bernama Cryptohero. Layanan itu memungkinkan penggunanya untuk melakukan investasi maupun trading secara otomatis.

Pengguna tidak perlu terus menerus melihat perkembangan harga karena proses serta kegiatan transaksi sudah diatur sedemikian rupa oleh bot. Jadi anda dapat melihatnya secara berkala melalui smartphone.

3. Fitur Bot

4. Toko Token

Toko Token merupakan sebuah fitur yang ditambahkan untuk memfasilitasi pengguna dalam pembelian token NFT. Non-Fungible Token atau NFT merupakan sebuah token yang melambangkan kepemilikan barang apa saja dalam dunia digital.

Maraknya NFT di kalangan masyarakat membuat pihak pengembang aplikasi melihat peluang itu. Anda dapat membeli apa yang disebut produk NFT melalui TKO Token atau sebuah token istimewa guna bertransaksi di ekosistem Tokocrypto.

4. Toko Token

5. Edukasi

Edukasi merupakan sebuah fitur Tokocrypto yang berusaha memberikan pengetahuan seputar dunia kripto. Setidaknya terdapat dua model pembelajaran pada fitur, yaitu video dan aplikasi turunan bernama Kriptoversity.

Kriptoversity merupakan sebuah layanan khusus ditujukan kepada beberapa pihak guna memperdalam wawasan seputar Cryptocurrency. Siswa di Kriptoversity bisa bisa belajar cara investasi kripto dan cara trading di Tokocrypto.

5. Edukasi

6. Misi Harian

Agar membuat penggunanya merasa lebih bersemangat, maka tersedia sebuah tugas unik pada apk dengan hadiah menguntungkan. Misi akan tersedia setiap harinya hingga pukul 00.00 setiap hari.

Setidaknya terdapat lima misi harian untuk diselesaikan setiap harinya. Apabila sudah terjadi pergantian hari dan muncul misi baru, maka misi sebelumnya dianggap hangus.

Namun ada syarat bagi pengguna apabila ingin berpartisipasi sebagai peserta misi harian. Salah satunya adalah menyelesaikan KYC Tingkat 1. Jadi sangat disarankan bagi pengguna untuk menyelesaikan verifikasi tersebut.

6. Misi Harian

7. Wallet

Wallet merupakan sebuah dompet digital berupa wadah untuk semua kegiatan transaksi kripto oleh pengguna. Mulai dari saldo, setoran, penarikan, serta riwayat transaksi apa saja berkaitan dengan mata uang digital.

Tentunya di dalam Wallet bisa terlihat apa saja aset kripto milik pengguna dan juga aktivitas lainnya dalam transaksi. Jadi anda bisa memantau kegiatan secara praktis hanya dalam satu wadah.

7. Wallet

8. Keamanan

Pengamanan pada Tokocrypto terbilang sangat ketat. Bahkan terdapat pengamanan ganda yang mampu menghindarkan pengguna dari risiko peretasan atau kecurangan lainnya.

Pengamanan itu terdiri dari 2 Factor Authentication, verifikasi identitas, kode Anti-Phising, dan Whitelist penarikan bagi pengguna. Jadi anda dapat berinvestasi secara aman tanpa risiko peretasan.

8. Keamanan

9. Trading Competition

Tidak hanya berinvestasi, pengguna juga bisa melakukan trading kripto melalui aplikasi tersebut. Guna memicu semangat beberapa tradernya, pihak pengembang menyelenggarakan berbagai kompetisi berhadiah besar.

Hal itu tentunya menjadi kabar baik bagi beberapa trader kompetitif mengingat hadiah besar bagi para pemenangnya. Keuntungan akan menjadi berlipat ganda hanya menggunakan satu platform.

9. Trading Competition

10. Stop Limit Tokocrypto

Salah satu layanan bagi pengguna dalam mengatur risiko agar terhindar dari kerugian. Pengguna dapat dengan mudah mengatur berapa target penjualan pembelian token sesuai kebijakan maupun strategi pengelolaan.

Anda dapat menghentikan berbagai proses transaksi saat tujuan keutungan telah tercapai. Jadi pengguna bisa meraih hasil optimal dalam kegiatan investasi tanpa harus mengalami kerugian dalam jumlah besar.

10. Stop Limit Tokocrypto

11. Limit Order Tokocrypto

Limit order merupakan fasilitas dari pihak pengembang platform dimana pengguna mampu mengatur sendiri berapa harga ideal untuk melakukan kegiatan jual beli kripto. Jadi pesanan akan otomatis dilakukan pada saat harga sudah mencapai keinginan pengguna.

11. Limit Order Tokocrypto

12. OCO Tokocrypto

OCO merupakan sebuah layanan guna mengaktifkan kedua fitur Stop Limit dan Limit Order. Tentunya anda bisa lebih mengantisipasi risiko serta memperkecil kemungkinan merugi. Belum lagi keuntungan optimal juga bisa diwujudkan sesuai strategi pengguna.

12. OCO Tokocrypto

Fee Transaksi di Tokocrypto

Dalam setiap kegiatan transaksinya, setidaknya pihak developer mematok fee sebesar 0,1% dari seluruh total transaksi pengguna. Sementara dalam kegiatan setoran dan penarikan, Tokocrypto mematok tarif sebesar Rp. 5.500,00 per transaksinya.

Namun anda tidak perlu merasa khawatir karena seluruh biaya tersebut sangatlah kecil apabila dibandingkan dengan Aplikasi Cryptcurrency lain. Jadi pengguna bisa bernafas lega karena kentungannya tidak terpangkas banyak.

Aset Kripto di Tokocrypto

Sebagai salah satu marketplace mata uang digital di tanah air, Tokocrypto memiliki beberapa aset untuk diperjualbelikan oleh para investornya. Berikut penjelasan tentang apa saja aset populer di platform tersebut.

1. Bitcoin

1. Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu komoditi besar dalam dunia Cryptocurrency. Selain menjadi pelopor, eksistensi serta tren positifnya membuat banya orang memilih jenis aset kripto satu ini.

Adalah Satoshi Nakamoto (Bukan nama sebenarnya) penemu mata uang digital terpopuler saat ini, Bitcoin. Bahkan namanya dijadikan sebagai satuan (di Indonesia adalah Rupiah) sehingga unit terkecil nominal Bitcoin diberi nama Satoshi.

2. Ethereum

2. Ethereum

Ethereum merupakan saingan besar Bitcoin. Bahkan rivalitas kedua mata uang digital ini sudah menjadi sebuah rahasia umum. Ethereum merupakan salah satu jenis mata uang digital dengan banyak peminat dari seluruh dunia.

Ethereum sendiri merupakan salah satu mega proyek seorang pengembang perangkat lunak asal Rusia, Vitalik Buterin. Proyek itu dimulai dari tahun 2013 dimana kesuksesannya bisa terlihat di era mata uang digital saat ini.

3. BNB

3. BNB

BNB merupakan mata uang kripto dari salah satu perusahaan besar di dunia bernama Binance. BNB sendiri awalnya hanya diproyeksikan sebagai alat pembayaran segala aktivitas jual beli Binance

Seiring dengan berjalannya waktu, BNB menjelma menjadi aset kripto terlaris serta memilki peminat dalam jumlah besar. Berdasarkan kesuksesannya, BNB menjadi pesaing berat bagi Bitcoin maupun Ethereum.

4. Terra

4. Terra

Terra merupakan salah satu jenis Cryptocurrency yang sangat populer di kawasan Asia-Pasifik. Dirilis di tahun 2018, Terra mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Bahkan terdapat kerjasama besar dengan platform pembayaran ternama di kawasan Asia-Pasifik.

Terra memanfaatkan stablecoin agar bisa menunjang kemampuannnya sebagai sistem pembayaran global. Meski hanya terkenal di kawasan Asia, banyak pakar memprediksi bahwa Terra akan menjadi nama besar di dunia.

Kelebihan Menggunakan Tokocrypto

Sebagai salah satu marketplace kripto, terdapat beberapa alasan mengapa platform ini harus dipilih. Salah satunya adalah kelebihan yang ditawarkan. Berikut beberapa kelebihan dari Tokocrypto.

1. Kegiatan Operasi Legal

Mungkin dewasa ini banyak orang merasa takut melakukan investasi dalam dunia Cryptocurrency karena takut adanya risiko penipuan serta penggelapan modal. Namun hal itu sangat tidak mungkin karena Tokocrypto beroperasi di bawah naungan OJK dan juga Bappebti.

Jadi anda dapat menanamkan modal dengan tenang tanpa khawatir adanya tindak penipuan. Adanya pengawasan pemerintah juga membuat pengguna memiliki layanan aduan terpercaya.

2. Kerjasama Binance

Platform tersebut menggandeng nama besar seperti Binance untuk bermitra. Tentu adanya kerjasama itu membuat Tokocrypto menjadi lebih berkembang dan menghadirkan sistem terbaik bagi penggunanya.

Anda bisa merasakan pengalaman bertransaksi kripto secara lebih modern melalui pembaruan sistem. Belum lagi semua proses bisa berjalan cepat tanpa adanya hambatan.

3. Pendaftaran Mudah

Membuat akun di platform tersebut juga sangat mudah. Pengguna tidak perlu menyiapkan hal rumit sebelum mendaftar. Prosesnya juga terbilang cepat sehingga anda dapat mengalokasikan waktu pada kegiatan produktif lainnya.

4. Banyak Pilihan Aset

Investor mempunyai kesempatan memilih aset berdasarkan harga pasarnya secara real time. Pasalnya Tokocrypto menyediakan berbagai jenis aset kripto. Jadi anda bebas memilih aset apa yang sekiranya mampu mengoptimalkan keuntungan

5. Biaya Transaksi Rendah

Biaya transaksi di platform itu sangat rendah apabila dibandingkan dengan beberapa apk kripto lain. Tentunya anda masih punya kesempatan memperoleh keuntungan optimal kendati sudah dipotong dengan berbagai biaya transaksi.

6. Ramah Bagi Pemula

Khusus bagi pengguna baru, anda dapat melakukan berbagai pembelajaran terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi di Tokocrypto. Pasalnya banyak tersedia berbagai metode pembelajaran dalam fitur Edukasi.

7. Keamanan Berlapis

Keamanan dari pihak developer juga menjadi kelebihan utama platform ini. Pasalnya terdapat 4 jenis keamanan guna melindungi akun dari tindak peretasan. Jadi investor dapat merasa aman sewaktu melakukan transaksi.

8. Fitur Penambah Keuntungan

Pengguna tidak hanya memperoleh keuntungan dari hasil investasi, tetapi juga melalui fitur-fitur di Tokocrypto yang bisa anda ikuti. Misalnya saja misi harian dan juga trading competition dari pihak developer.

Kekurangan Menggunakan Tokocrypto

Meski banyak kelebihan yang ditawarkan, Tokocrypto tetap memiliki kekurangan guna dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Berikut penjelasan tentang apa saja kekurangan tersebut.

1. Belum Tersedianya Transaksi Via Kartu Kredit

Transaksi guna mengisi saldo Tokocrypto memang belum bisa dilakukan menggunakan Kartu Kredit. Padahal jika akses itu ditambahkan, maka akan membantu proses deposit beberapa pihak tertentu.

2. Tingginya Nominal Deposito

Apabila aplikasi kripto lain mematok deposit rendah, beda halnya dengan Tokocrypto. Platform tersebut menentukan kebijakan untuk nominal deposit minimal sebesar Rp. 50 Ribu. Berbeda dengan pesaing lain yang hanya mematok Rp. 10 Ribu.

3. Adanya Minimal Penarikan Saldo

Kabar buruk bagi masyarakat yang ingin melakukan penarikan saldo dananya dalam jumlah kecil. Pasalnya minimum penarikan Tokocrypto, yaitu sebesar Rp. 500 Ribu. Sedangkan pesain lain mampu mematok saldo minimal penarikan sebesar Rp. 100 Ribu.

Pertanyaan Seputar Tokocrypto

Kesimpulan

Membahas tentang apa itu Tokocrypto tentunya membuat anda memahami alasan dibalik kesuksesannya sebagai salah satu marketplace kripto tanah air. Setidaknya anda memiliki gambaran saat Tokocrypto vs Indodax disandingkan.

Kendati sudah difasilitasi sedemikian rupa, kebijakan serta strategi berinvestasi tetap berada di tangan investor. Maka dari itu, tetap kembangkan wawasan seputar dunia investasi melalui berbagai referensi. Selamat bertransaksi Kripto, Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.