Crypto

Indodax Vs Tokocrypto : 10 Pembuktian Platform Crypto Terbaik 2022

Trikves.com – Menilai Indodax vs Tokocrypto dari berbagai sudut pandang memang sangat berguna bagi masyarakat yang ingin berinvestasi Cryptocurrency.

Mata uang digital memang kerap menjadi buah bibir di kalangan masyarakat. Dalam praktiknya, masyarakat cenderung lebih memilih antara Indodax vs Tokocrypto untuk dijadikan sebagai sarana investasi Cryptocurrency.

Tentunya hal tersebut merupakan sebuah pilihan sulit mengingat keduanya merupakan nama besar platform jual beli mata uang kripto saat ini. Jadi hasil akhir perbandingan Indodax vs Tokocrypto tentunya menjadi informasi berharga.

Demi mengobati rasa penasaran anda terkait hasil perbandingan akhir Indodax vs Tokocrypto, maka pada kesempatan kali ini akan kami bahas secara rinci. Informasi di dalam pembahasan ini dapat Sobat Trikves jadikan sebagai acuan.

Pembuktian Indodax Vs Tokocrypto

Tiba saatnya untuk membandingkan dua platform besar Indodax dan Tokocrypto guna mengetahui mana yang lebih baik. Berikut ulasan perbandingan antara keduanya beserta penjelasan rinci dari berbagai sudut pandang.

1. Legalitas Patform

Berdasarkan legalitasnya, kedua perusahaan ini sama-sama memiliki perizinan dari lembaga pemerintahan di Indonesia. Baik Indodax maupun Tokocrypto sudah mendapatkan izin beroperasi dari Bappebti (Badan Pengawas Perdangangan Berjangka Komoditi).

Indodax dan Tokocrypto juga mendapatkan perizinan dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) untuk beroperasi. Jadi dari sisi legalitasnya, kedua platform tersebut aman jika dipilih sebagai sarana Investasi crypto.

Pada segmen ini, Indodax maupun Tokocrypto terbilang imbang. Pasalnya kedua aplikasi tersebut sama-sama terdaftar secara resmi di lembaga pemerintahan sehingga kegiatan operasionalnya legal.

2. Tampilan Antar Muka Indodax Vs Tokocrypto

Tampilan antar muka dari masing-masing platform terbilang memiliki ciri khasnya masing-masing. Desain pada tampilan cenderung menyesuaikan penggunanya. Agar lebih jelas berikut penjelasan perbandingannya.

  • Indodax memiliki desain tampilan antar muka dengan konsep sederhana dan minimalis. Perkembangan data pasar yang ditampilkan cenderung lambat dan belum bisa sepenuhnya mengikuti real time. Hal tersebut kadang berpengaruh pada keputusan investor dalam menentukan limit pesanan.
  • Tokocrypto memiliki desain tampilan antar muka atraktif dengan penempatan ornamen yang rapi. Perkembangan data pasar ditampilkan secara responsif sesuai real time sehingga mempermudah investor dalam pengambilan keputusan limit pesanan.

Pada bagian ini, Tokocrypto lebih unggul jika dibandingkan dengan Indodax. Desain tampilan mungkin menjadi selera masing-masing pengguna. Namun data pasar merupakan hal penting sehingga harus di update secara cepat.

3. Tingkat Likuiditas Indodax Vs Tokocrypto

Likuiditas menjadi acuan berikutnya dalam menilai sebuah Aplikasi Crypto. Baik Indodax maupun Tokocrypto sama-sama memiliki volume transaksi besar dan lancar. Namun jika disandingkan, akan terlihat perbandingannya.

  • Indodax memiliki volume transaksi pair IDR sangat besar di Indonesia. Namun penggunaan transaksi pair altcoin terbilang kecil tingkat volumenya.
  • Tokocrypto memiliki volume transaksi pair USDT cukup besar karena didukung adanya binance cloud yang terhubung secara langsung ke pasar global. Sementara volume transaksi pair IDR terbilang sedang.

Pada segmen ini, keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam kelancaran transaksi. Pengguna tinggal menyesuaikan ingin bertransaksi menggunakan pair IDR atau USDT.

4. Fitur Andalan

Jika berbicara fitur, maka Indodax dan Tokocrypto memiliki hal menarik untuk ditawarkan. Keduanya memberikan pelayanan guna memfasilitasi user. Namun tetap ada beberapa aspek yang diunggulkan dari keduanya.

  • Indodax memiliki lebih dari 140 jenis aset kripto BIDR untuk diperjualbelikan kepada para penggunanya. Ragam pilihan tersebut memberikan keleluasaan pengguna melakukan diversifikasi investasi.
  • Tokocrypto lebih banyak menyediakan fitur untuk mengembangkan ekosistemnya. Platform tersebut juga memiliki aset crypto sendiri bernama Token TKO. Hampir seluruh fitur ditujukan sebagai sarana promosi token tersebut.

Versus atau vs pada segmen ini relatif menyesuaikan tujuan penggunanya. Apabila ingin fokus dalam melakukan transaksi jual beli aset kripto, maka Indodax lebih unggul. Namun jika pengguna ingin bertransaksi sekaligus terjun kedalam ekosistem platformnya, maka Tokocrypto lebih unggul.

5. Kebijakan Deposit Indodax Vs Tokocrypto

Kebijakan deposit jadi bagian penilaian Versus atau vs selanjutnya. Pada dasarnya deposit merupakan kegiatan pengisian saldo dana guna melakukan transaksi jual beli kripto. Berikut perbandingan kebijakan kedua aplikasi.

  • Indodax memiliki kebijakan deposit minimal sebesar Rp. 10.000,00 melalui beberapa metode Virtual Account (VA) dari beberapa bank umum. Adapun layanan pembayaran lain via Alfamart, OVO, DANA, LinkAja, dan Shopeepay.
  • Tokocrypto memiliki kebijakan deposit dengan minimal sebesar Rp. 50.000,00 melalui beberapa layanan Virtual Account (VA) miliki beberapa Bank Umum serta layanan pembayaran virtual lainnya, seperti Gopay.

Jika dilihat segi fasilitas pembayaran despositnya, maka kedua aplikasi memiliki pelayanan cukup lengkap. Hanya saja minimal deposit Indodax lebih kecil dari Tokocrypto sehingga tidak terlalu membebani pengguna.

6. Kebijakan Biaya Transaksi Indodax Vs Tokocrypto

Biaya transaksi aplikasi crypto juga menjadi pertimbangan masyarakat untuk memilih. Baik Indodax maupun Tokocrypto memiliki kebijakan berlaku kepada para penggunanya.

Dalam platform terdapat istilah Market Maker (menentukan harga sendiri atau limit untuk jual beli) dan Market Taker (melakukan transaksi jual beli sesuai harga market maker). Berikut perbandingan biaya transaksinya.

  • Indodax memiliki jumlah minimal pada transaksi pair IDR sebesar Rp. 10.000,00 dan pair USDT sebesar 1 USDT. Platform tersebut tidak membebankan biaya kepada para market maker, sedangkan market taker dibebankan biaya sebesar 0,3% pada setiap transaksi.
  • Tokocrypto memiliki jumlah minimal pada transaksi pair IDR sebesar Rp. 20.000,00 dan pair USDT sebesar 10 USDT. Baik market maker maupun market taker sama-sama dibebankan biaya 0,1% per transaksi.

Melihat perbandingan di atas, maka bisa dikatakan Indodax lebih memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi karena memiliki minimal nominal rendah jika dibandingkan dengan Tokocrypto.

7. Kebijakan Biaya Penarikan Dana

Penarikan dana jadi indikator penilaian penting berikutnya bagi para pengguna. Setidaknya masin-masing aplikasi memiliki kebijakan terkait penarikan dana. Berikut perbandingan serta penjelasan kebijakan biaya penarikan dana.

  • Indodax memiliki minimal jumlah penarikan dana sebesar Rp. 100.000,00. Kendati demikian, biaya penarikannya cukup besar, yaitu Rp. 25.000,00 (penarikan di bawah Rp. 100 Juta) dan Rp. 100.000,00 (penarikan di atas Rp. 100 Juta).
  • Tokocrypto memiliki minimal jumlah penarikan dana sebesar Rp. 500.000,00. Sedangkan biaya penarikannya hanya Rp. 5.500 berlaku untuk semua nominal penarikan.

Apabila nantinya dana digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, maka Indodax merupakan pilihan yang tepat. Namun jika tujuannya hanya berinvestasi, maka pengguna bisa melakukan Registrasi Tokocrypto sebagai pilihan.

8. Layanan Afiliasi Antar Pengguna

Program afiliasi merupakan sebuah sarana berbagi keuntungan dengan pengguna lain melalui Kode Referral. Artinya user bisa mendapatkan keuntungan lebih karena mengajak orang lain bergabung menggunakan platform.

Keuntungan tersebut berbentuk persentase dari transaksi orang lain yang diajak untuk bergabung. Berikut penjelasan perbandingan persentase tersebut.

  • Indodax memiliki kebijakan kode referral dengan persentase 10%.
  • Tokocrypto memiliki kebijakan kode referral dengan persentase mencapai 20%.

Berdasarkan perbandingan tersebut, maka jelas Tokocrypto lebih ungggul bila dibandingkan Indodax. Selisih besar antara dua kebijakan tersebut membuat banyak pengguna cenderung mempromosikan Tokocrypto.

9. Keamanan

Keamanan menjadi merupakan salah satu kunci kenyamanan dalam melakukan proses transaksi jual beli crypto. Adanya pengamanan tersebut membuat user aman dari tindak peretasan.

Baik Tokocrypto maupun Indodax sama-sama memiliki pengamanan bagi para penggunanya. Namun jika disandingkan, maka terdapat beberapa perbedaan pada metode keamanan. Berikut perbandingan keamanannya.

  • Indodax hanya memiliki keamanan 2FA (Factor Authentication) berupa SMS melalui nomor terdaftar dan Google Authenticator melalui email terdaftar. Kemudian verifikasi pengguna juga tetap diberlakukan.
  • Tokocrypto memiliki setidaknya 4 keamanan pada sistemnya, antara lain 2FA, kode anti phising, dan whitelist penarikan. Pihak pengembang juga memberlakukan verifikasi pada para penggunanya.

Secara sistem pengamanan, Tokocrypto memang jauh lebih unggul karena memiliki keamanan berlapis. Kendati demikian, kedua aplikasi tetap memberikan keamanan bagi para penggunanya.

10. Dukungan Komunitas

Komunitas masing-masing platform menjadi hal penting bagi pengguna karena dapat dijadikan sebagai wadah bertukar pikiran serta sarana mendapatkan informasi. Baik Indodax maupun Tokocrypto memiliki dukungan komunitas yang kuat.

Anda bisa menemukannya di beberapa media sosial, seperti Telegram. Bagi pengguna baru, adanya dukungan komunitas mampu membantu mengembangkan kemampuan investasi Crypto yang dimiliki.

Alasan Memilih Indodax

Melihat perbandingan di atas, maka Indodax lebih disarankan kepada pengguna baru dengan pengalaman minim. Rendahnya minimum transaksi serta minimum penarikan bisa membantu beberapa pengguna dengan keterbatasan modal.

Belum lagi tampilan antar mukanya yang sederhana membuat proses memahami transaksi jual beli crypto jadi lebih terfokus. Alhasil, anda memiliki pondasi yang kuat saat terjun ke dunia Cryptocurrency.

Alasan Memilih Tokocrypto

Pilihlah Tokocrypto apabila anda merupakan seorang investor maupun trader berpengalaman. Sajian pergerakan data responsif serta beragam fitur didalamnya bisa memudahkan dalam mengatur strategi serta kebijakan investasi.

Belum lagi biaya penarikan dana rendah serta layanan afiliasi yang diberikan dapat menghasilkan keuntungan optimal bagi penggunanya. Terutama bagi beberapa pihak penggemar pair USDT.

Kesimpulan

Perbandingan Indodax vs Tokocrypto di atas menunjukan bahwasanya masing-masing aplikasi memiliki beberapa kunggulan dan kekurangan. Namun penilaian tersebut kembali disesuiakan dengan kebutuhan pengguna.

Apabila sudah bisa menentukan pilihan aplikasi crypto, maka ada baiknya anda tetap menambah lagi wawasan seputar dunia cryptocurrency dari berbagai referensi. Ilmu tersebut berguna dalam mengoptimalkan keuntungan investasi Sobat Trikves kedepannya.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.