Tabungan

5 Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri Lewat Online 2022

Trikves.com – Sebagaimana diketahui, Tabungan Rencana Mandiri seringkali dijadikan pilihan oleh seseorang ketika ingin mempersiapkan kondisi finansial di masa mendatang. Akan tetapi, masih ada sebagian besar orang di luar sana yang bertanya tentang bagaimana cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri tersebut.

Secara garis besarnya, saat ini semua nasabah pemilik Tabungan Rencana Mandiri atau TRM sudah bisa melakukan pencairan dana atau saldo, entah itu sebelum ataupun sesudah tanggal jatuh tempo. Akan tetapi, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah supaya proses pencairan tersebut bisa berhasil dilakukan.

Sementara untuk mencairkan TRM sendiri kini sudah bisa dilakukan secara online melalui layanan mobile banking bernama Livin’ by Mandiri. Meskipun tergolong cukup mudah, namun masih ada cukup banyak nasabah Mandiri di luar sana yang merasa bingung terkait tata cara melakukannya.

Maka dari itu, apabila Sobat Trikves termasuk nasabah bank Mandiri yang ingin mencairkan saldo tabungan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana caranya. Nah, untuk membantunya di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya.

Syarat Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini sebenarnya semua nasabah pemegang buku rekening Tabungan Rencana Mandiri sudah bisa mencairkan saldo sebelum ataupun setelah tanggal jatuh tempo setoran. Akan tetapi, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nasabah terlebih dahulu agar proses pencairan dana Tabungan Rencana Mandiri bisa berhasil dilakukan.

Salah satu syarat supaya kegiatan mencairkan Tabungan Rencana Mandiri bisa berhasil yaitu nasabah harus mendapatkan sertifikat TRM terlebih dahulu. Dimana sertifikat tersebut hanya bisa diambil di kantor cabang bank Mandiri semua wilayah. Agar lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan mengenai syarat pencairan Tabungan Rencana Mandiri.

1. Pencairan Sebagian Dana

Di dalam tata cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri, Anda harus mengetahui seluruh sistem pencairan menurut kebijakan bank terkait. Ternyata mencairkan TRM sendiri bisa dilakukan entah itu untuk sebagian ataupun keseluruhan, tergantung keinginan pada nasabah.

Seperti pada pembahasan tentang bunga Tabungan Rencana Mandiri, terdapat sebuah ketentuan bahwa saldo hanya bisa dicairkan maksimal 30% dari total nominal tabungan apabila ingin mencairkannya sebagian saja. Selain itu, proses mencairkan dana tabungan ini juga hanya bisa dilakukan satu kali saja.

2. Pembatalan atau Penutupan Rekening

Sementara jika ternyata dana yang Anda butuhkan mengharuskan untuk mencairkan seluruh dana, maka artinya Anda wajib memproses pembatalan atau penutupan rekening. Dimana pembatalan ataupun penutupan rekening Tabungan Rencana Mandiri sendiri bisa dilakukan baik itu di kantor cabang, melalui mobile banking ataupun internet banking.

Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan pencairan Tabungan Rencana Mandiri sebagian ataupun keseluruhan, selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Perlu diingat, untuk cara mencairkan dana Tabungan Rencana Mandiri kali ini, Trikves hanya akan membahasnya melalui Mandiri Mobile atau Livin’ by Mandiri.

Ketika sertifikat TRM nasabah sudah diterima, maka cara selanjutnya yaitu tinggal memproses pencairan saldo melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri melalui aplikasi Mandiri Online atau Livin’ by Mandiri berikut ini.

1. Buka Livin’ by Mandiri

Buka Livin by Mandiri

Cara pertama silahkan buka Livin’ by Mandiri di smartphone Anda. Sebelum melanjutkan langkah-langkahnya, pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi jaringan internet di smartphone berada dalam keadaan stabil dan lancar. Kemudian login ke dalam aplikasi menggunakan user ID dan password Anda.

2. Pilih Tabungan Rencana Mandiri

Pilih Tabungan Rencana Mandiri

Setelah berhasil masuk ke dalam menu utama aplikasi Livin’ by Mandiri, nantinya Anda akan disuguhkan mengenai beberapa fitur, termasuk daftar rekening nasabah. Cara selanjutnya yaitu tinggal memilih salah satu jenis Tabungan Rencana Mandiri.

3. Ketuk Cairkan

Ketuk Cairkan

Apabila sudah masuk ke dalam menu Tabungan Rencana Mandiri, nantinya halaman akan memunculkan total saldo atau dana di dalam rekening tersebut. Untuk mencairkannya, silahkan pilih opsi Cairkan yang berada di bagian bawah layar. Pada menu ini juga akan ditampilkan besaran biaya penalti dan biaya administrasi pencairan Tabungan Rencana Mandiri.

4. Pilih Rekening Pencairan

Pilih Rekening Pencairan

Lalu cara berikutnya yaitu tinggal memilih jenis rekening pencairan dari Tabungan Rencana Mandiri. Silahkan pilih salah satu jenis rekening tabungan Mandiri, kemudian klik tombol Lanjutkan di bagian bawah layar. Jangan lupa untuk mengonfirmasi pencairan saldo dengan cara menekan tombol Cairkan.

5. Masukkan PIN

Masukkan PIN

Langkah terakhir yaitu tinggal memasukkan PIN Livin’ by Mandiri. Tunggu beberapa saat sampai transaksi pencairan saldo Tabungan Rencana Mandiri berhasil dilakukan. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri berhasil dilakukan.

Biaya Pencairan Tabungan Rencana Mandiri

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai syarat dan ketentuan hingga tata cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Seperti sudah disinggung sebelumnya, proses mencairkan saldo tabungan Mandiri mempunyai ketentuan mengenai biaya administrasi tambahan.

Dimana besaran biaya administrasi atau biaya layanan tambahan dalam pencairan saldo Tabungan Rencana Mandiri sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu biaya penalti serta biaya admin. Untuk besaran biaya penalti penarikan Tabungan Rencana Mandiri sendiri yaitu sekitar Rp 150.000 per transaksi.

Sementara besaran biaya admin pencairan rekening Tabungan Rencana Mandiri jauh lebih murah, yaitu sekitar Rp 5.000. Jadi, jika di total maka nasabah akan dikenai potongan sebesar Rp 155.000 ketika melakukan pencairan saldo Tabungan Rencana Mandiri melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Trikves.com seputar cara mencairkan Tabungan Rencana Mandiri sebelum ataupun sesudah tanggal jatuh tempo dilengkapi dengan syarat dan biayanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menarik saldo Tabungan Rencana Mandiri, entah itu pencairan sebagian maupun keseluruhan.

Sumber gambar : youtube.com

Anang

Saya adalah seorang penulis yang gemar membaca berita dan mencari informasi terupdate

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.