Saham

10 Cara Trading Saham Harian Modal Kecil dan Keuntungan 2022

Trikves.com – Saham merupakan salah satu aset yang banyak dimanfaatkan orang untuk mendapatkan keuntungan melalui investasi. Bahkan kini cara trading saham harian menjadi pilihan untuk balik modal dengan cepat tanpa perlu menunggu waktu lama.

Cara trading saham harian dilakukan oleh semua kalangan mulai dari pengusaha, karyawan, pegawai bahkan sampai pekerja lepas. Tak jarang cara beli saham luar negeri juga dipilih karena dianggap bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Investor saham bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat, hal ini karena pergerakan saham selalu berubah setiap detiknya. Apabila anda ingin melakukan cara trading saham harian kami sarankan harus mempelajari sistem kerja serta bagaimana manajemennya.

Ketika ingin trading saham harian sebaiknya dimulai dari modal kecil supaya kerugian yang ditanggung tidaklah terlalu besar. Anda dapat memanfaatkan aplikasi trading saham harian dimana menawarkan kemudahan serta dipelajari dengan cepat bahkan oleh pemula sekalipun.

Apa itu Trading Saham Harian?

Trading saham harian adalah kegiataan jual beli saham dimana terjadi pada hari yang sama dan bisa dilakukan lebih dari satu kali setiap harinya. Ketika melakukannya secara benar maka anda akan bisa mendapat keuntungan trading saham harian meski memang nominalnya kecil.

Pada umumnya cara trading saham harian dilakukan oleh pemula, pemain lama maupun broker untuk memperoleh untung secara cepat. Kebanyakan trade saham harian dijadikan pekerjaan sampingan ataupun hobi, masih jarang yang menjadikannya profesi utama.

Cara Trading Saham Harian

Pada dasarnya cara trading saham harian memang diperlukan pengetahuan terlebih dahulu supaya tidak mengalami kerugian. Selain itu anda wajib secara disiplin serta konsistem dalam mengatur keuangan supaya tidak mudah terbawa emosi.

Selain itu diperlukan juga strategi yang matang supaya anda dapat memperoleh untuk dari aktivitas trading harian. Khusus bagi pemula silahkan anda simak beberapa cara trading saham harian dan tipsnya dibawah ini.

1. Membuat Rencana Trading Harian

Cara pertama silahkan anda buat rencana trading sesuai dengan tujuannya dimana bisa dijadikan sebagai pedoman. Kamu perlu mengumpulkan informasi maupun pengetahuan supaya bisa melakukan trading secara lancar. Trading plan biasanya dibagi kedalam 4 bagian seperti berikut.

  • Daftar saham : anda perlu mengumpulkan serta seleksi saham yang menguntungkan supaya mudah dalam trading. Kami sudah menyediakan rekomendasinya pada bagian saham yang cocok untuk trading harian dibagian bawah.
  • Entry Point (buy) : merupakan waktu ataupun moment untuk membeli saham ketika harga sampai ke level yang sudah ditentukan.
  • Exit Point (sell) : merupakan waktu/momen untuk jual saham saat ada kenaikan harga dari nominal pembelian untuk mendapatkan profit/keuntungan.
  • Cut Loss Point : merupakan waktu/momen untuk jual saham saat harga turun sesuai prosentase pembelian dengan tujuan mengindari kerugian.

Dari tiap poin diatas trader bisa menentukan sendiri perencanaan trading saham harian supaya meminimalisir kerugian. Bahkan pemula dapat membuat perkiraan sendiri secara logika untuk mengatur dimana harus melakukan jual atau beli saham.

2. Memilih Saham yang Cocok Untuk Trading Harian

Faktor utama adalah memilih saham yang cocok untuk trade harian dimana mungkin kurang dipahami oleh pemula. Terlebih kini cukup banyak medium yang menawarkan aktivitas trading namun tidak memberikan rekomendasi pilihan saham terbaik.

Kebanyakan beberapa sektor cocok untuk trading saham online modal kecil sehingga dapat langsung anda coba. Penghasilan trader saham akan bertambah apabila memilih emiten yang tepat, sebagai rekomendasinya simak dibawah ini.

SektorPerusahaan
PertambanganPT.Aneka Tambang (ANTM)
 PT.Vale Indonesia (INCO)
 PT.Timah (TINS)
 PT.Adaro Energy (ADRO)
 PT.Indo Tambangraya Megah (ITMG)
 PT.Bukit Asam(PTBA)
PropertiPT.Bumi Serpong Damai(BSDE)
 PT.Ciputra Development(CTRA)
 PT.Pakuwon Jati(PWON)
TelekomunikasiPT.Telkom Indonesia(TLKM)
KeuanganPT.Bank Rakyat Indonesia Bank BRI (BBRI)
 PT.Bank Mandiri(BMRI)
 PT.Bank Central Asia Bank BCA (BBCA)
 PT.Bank Negara Indonesia Bank BNI (BBNI)

3. Memperhitungan Resiko Trading Harian

Sesudah rencana trading harian sudah dibuat maka kamu wajib memperhitungan resiko kerugian. Kamu bisa mennggunakan rumus Risk Reward Ratio dimana sangat efektif menghitung kerigian maupun keuntungan yang akan diperoleh, rumusnya seperti berikut.

trading saham harian

Kamu tinggal memasukkan perhitungan berdasarkan harga jual dan beli saham berikut parameternya maka didapatkan hasilnya. Pada dasarnya rumus ini dapat digunakan seterusnya untuk menghitung profit baik dalam nominal kecil sampai dengan besar.

4. Memilih Sekuritas atau Aplikasi Trading Saham Harian

Berikutnya anda bisa memilih perusahaan sekuritas seperti misalnya Mandiri, BNI, BCA maupun dari lembaga keuangan lainnya. Memang investasi lewat perusahaan sekuritas keuntungannya memiliki biaya rendah sehingga tidak banyak potongan sehingga keuntungannya maksimal.

Namun jika lebih memilih kepraktisan maka bisa menggunakan aplikasi trading saham OJK yang resmi supaya aman. Pilihan beberapa aplikasi trading harian seperti IPOT, Bibit, Ajaib, Bareksa dan juga Stockbit, kamu bisa memanfaatkan salah satunya.

Setiap penyedia fasilitas memiliki cara trading saham harian yang sebenarnya sama meskipun tampilannya berbeda. Misalnya cara trading harian di IPOT juga menyediakan emiten yang sama saja dengan sekuritas ataupun aplikasi trade lainnya.

5. Memulai dengan Modal Kecil

Cara selanjutnya adalah mulai dari modal yang kecil misalnya Rp.100.000 supaya resikonya tidak terlalu tinggi. Hindari setor atau deposit uang dalam jumlah besar karena tanpa pengalaman bisa beresiko hilang dan tidak kembali. Dengan modal kecil anda juga dapat belajar mengetahui sistem dan cara kerja tradingnya sehingga ada ilum yang diperoleh.

Meskipun keuntungannya tidak masalah, hitung hitung belajar supaya akan lebih mendalami sistemnya. Secara perlahan baru setelah paham dapat langsung mencoba bertahap sedikit sedikit menaikkan modal trading.

6. Kesabaran Kunci Sukses Trading Harian

Selanjutnya usahakan selalu sabar dalam trading karena tidak ada uang instan tanpa adanya usaha serta kerja keras. Sebagai trader pemula lebih fokuslah belajar, jangan terlalu terpaku pada uang yang dihasilkan karena belum menguasai sepenuhnya ilmunya.

Selalu utamakan kesabaran dalam trading, jangan mudah terpancing kenaikan saham singkat dan perhitungkan untuk serta ruginya. Unntuk mendapat keuntungan besar diperlukan proses dan pengalaman, paling penting ilmunya yang sangat berharga.

7. Analisa Saham

Berikutnya pada saat trading silahkan perhatikan pergerakan saham serta harganya supaya mendapatkan intuisi yang baik. Hitung juga setiap pengeluaran serta pemasukan supaya akan mudah dalam menentukan apakah dalam posisi profit ataupun loss.

Kini banyak media pembelajaran untuk analisa saham secara gratis dimana bisa diambil ilmunya sehingga memperoleh formula jitu. Kemudian jangan lupa selalu lakukan manajemen keuangan dan mengelola hasil trading supaya tidak mudah habis.

Keuntungan Trading Saham Harian

Trading harian memang banyak diminati karena dapat dilakukan kapan saja serta tidak terikat oleh kontrak ataupun kewajiban apapun. Kemudian ada beberapa keuntungan trading saham harian yang pastinya wajib anda tahu dibawah ini.

  • Meminimalisir kerugian karena trading bisa dipantau dalam sehari penuh, ketika ada penurunan maka tinggal langsung diatasi.
  • Anda dapat mengumpulkan keuntungan harian yang bisa langsung dijadikan modal. Memang jumlahnya lebih kecil namun dipastikan banyak peluang keuntungan yang mampu dihasilkan.
  • Anda bisa balik modal secara cepat karena sistemnya sehari sekali. Jadi ketika membeli saham maka dapat langsung dijual pada hari yang sama sehingga modal akan kembali.

Kesimpulan

Memang cara trading cukup menggiurkan namun harus didasari dengan ilmu dan pengalaman yang cukup. Terlebih sebagai pemula jangan sampai anda terbawa iming iming dan langsung terjun, selalu rencanakan dulu aktivitas keuangan supaya tidak mengalami kerugian.

Gunakan juga perhitungan untuk selalu memeriksa apakah anda dalam kondisi profit ataupun loss. Biasanya setiap harinya orang menargetkan profit loss sebesar 3% saja sedangkan keuntungannya 6%, namun anda dapat memiliki rencana target sendiri sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.