Saham

15 Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu Minim Risiko 2022

Trikves.com – Berinvestasi akan terasa mudah dan murah saat mengetahui cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Namun, bukankah berinvestasi dalam bentuk saham membutuhkan biaya besar?

Mungkin itulah yang terbesit oleh banyak orang ketika mendengar kata saham. Padahal ada beberapa cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Minimnya informasi tersebut terkadang luput dari pemberitaan sehingga tidak banyak orang mengetahuinya. Alhasil, kesempatan berinvestasi melalui cara bermain saham dengan modal 100 ribu harus tertunda.

Demi membantu mewujudkan impian anda berinvestasi, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Jadi Sobat Trikves tidak perlu menyiapkan nominal dana yang besar untuk memulai.

Pengertian Saham Secara Teori

Pada dasarnya saham merupakan sebuah bukti kepemilikan perusahaan yang diberikan kepada investor karena sudah menanamkan modalnya. Nantinya investor akan mendapatkan keuntungan berupa Capital Gain dan Dividen.

Saham dapat dikelola oleh investor melalui dua cara. Pertama adalah trading dan kedua adalah investasi. Trading lebih bersifat jangka pendek, sedangkan investasi lebih bersifat jangka panjang.

Apabila anda ingin mengetahui lebih jauh, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu Saham guna menambah informasi dan wawasan. Lantas dimana tempat membeli saham tersebut?

Pada dasarnya anda hanya bisa bermain saham melalui sekuritas. Banyak pilihan sekuritas saat ini bagi para investor. Kami bahkan sudah pernah membahas salah satunya yaitu, Mandiri Sekuritas.

Pengertian Sekuritas Sebagai Perantara Jual Beli Saham

Sekuritas merupakan tempat dimana seorang investor dapat membeli saham dari para pedagang efek (perusahaan penerbit saham). Proses pendaftaran investor di suatu sekuritas umumnya meliputi proses registrasi, pembukaan rekening, dan deposit awal.

Tidak hanya menjadi perantara perdagangan saham, perusahaan sekuritas juga biasanya memiliki produk investasinya sendiri dalam bentuk Reksadana. Produk tersebut akan sangat cocok bagi investor dengan profil risiko rendah.

Bagi anda yang belum tahu tentang Reksadana, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu Reksadana sebagai landasan pengetahuan.

Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Jadi kini anda sudah tahu dimana tempat untuk bermain saham. Sekarang pembahasan akan beralih pada cara memanfaatkan modal 100 ribu untuk membeli bukti kepemilikan perusahaan.

Namun sebelumnya pastikan jika modal 100 ribu yang dimiliki merupakan dana menganggur alias tidak terpakai. Jika modal dirasa sudah aman, maka berikut ini beberapa cara bermain saham dengan modal kecil.

1. Daftar Sekuritas Dengan Minimal Setoran Awal Rendah

Setoran awal merupakan syarat utama yang diterapkan oleh hampir seluruh perusahaan sekuritas di Indonesia. Minimal pembayarannya juga berbeda tergantung kebijakan masing-masing.

Namun saat ini sudah banyak aplikasi sekuritas yang menawarkan setoran awal dengan minimal rendah. Mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 50 ribu semua tersedia. Tentu saja dengan modal Rp. 100 ribu hal tersebut bisa terwujud.

2. Daftar Sekuritas Resmi OJK

Selain menawarkan minimal setoran awal rendah, pastikan juga sekuritas terpilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi anda bisa bermain saham dengan aman tanpa ada kekhawatiran.

3. Lakukan Analisa Fundamental Berdasarkan Laporan Keuangan

Cara bermain saham berikutnya adalah membeli menggunakan analisa fundamental. Maksudnya adalah investor menilai baik buruk sebuah saham melalui laporan keuangannya.

Apabila laporan keuangannya selalu baik dari tahun ke tahun, maka sudah dipastikan saham tersebut sehat. Gunakan cara ini agar modal 100 ribu tidak terbuang secara percuma.

4. Lakukan Analisa Teknikal Saat Berorientasi Pada Trading

Selain analisa fundamental, lakukan juga analisa teknikal saat ingin melakukan trading dengan modal 100 ribu. Cara tersebut dianjurkan bahkan harus dilakukan agar pembelian saham tidak spekulatif.

5. Menghindari Pompom Saham

Pompom apabila diubah menggunakan bahasa kekinian adalah Endorsement. Perlu diingat, bermain saham akan lebih aman apabila keputusan datang berdasarkan analisa sendiri.

Rekomendasi atau saham endorse belum tentu sesuai dengan laporan keuangan tahunannya. Jadi, lebih baik kehilangan tren daripada kehilangan modal Rp. 100 ribu.

6. Beli Saham Murah dan Berkualitas

Cara bermain saham berikutnya, yaitu membeli saham berkualitas dengan harga murah. Bagaimana cara mengetahui murah atau tidaknya suatu saham? Tentu saja melalui analisa fundamental.

Membeli saham murah berkualitas dengan modal Rp. 100 ribu tidak menutup kemungkinan jika kelak bisa hasilkan jutaan rupiah. Namun anda perlu bersabar karena pada dasarnya investasi dilakukan dalam jangka waktu panjang.

7. Menghindari Saham Tidur

Saham tidur merupakan saham yang tidak diperdagangkan dalam jangka waktu lama. Karakteristik saham tidur biasanya memiliki harga di bawah Rp. 100 per lembar. Apabila tidak diperdagangkan, maka secara otomatis tidak ada transaksi.

Apabila anda nekat membeli saham tidur dengan modal 100 ribu, maka sudah bisa dipastikan bahwa uang tersebut akan hilang. Jadi hindari saham tidur dengan cara melihat volume transaksi serta harganya.

8. Buy On Weakness Sebagai Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Cara bermain saham selanjutnya adalah Buy on Weakness. Artinya anda membeli dan mulai bermain saham saat harga sudah terpantul dari level terendahnya. Apabila menggunakan analisa teknikal, maka investor akan membeli saham saat harga sudah terpantul dan menjauh dari garis support.

9. Buy On Breakout Sebagai Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Cara bermain saham lainnya adalah Buy on Breakout. Artinya anda membeli dan mulai bermain saham dengan modal 100 ribu saat harga sudah berhasil menembus garis resistance.

Garis Support dan Resistance merupakan istilah yang nantinya akan ditemukan saat belajar analisa teknik. Adapun cara lain seperti Bullish and Bearish Divergence, Fibonacci Retracement, dan masih banyak lainnya.

10. Perhatikan Biaya Beli dan Jual Saham

Cara mengoptimalkan modal Rp. 100 ribu saat mengelola saham adalah memperhatikan biaya jual dan belinya. Apabila anda bermain tanpa mempertimbangkan biaya tersebut, maka keuntungan tidak akan optimal.

Jadi mulailah pertimbangkan biaya transaksi khususnya bagi masyarakat yang ingin berfokus pada investasi maupun trading harian, mingguan, dan bulanan agar profit optimal.

11. Diversifikasi Saham Sebagai Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Apabila anda ingin bermain saham secara aman, maka lakukan diversifikasi. Artinya dengan modal Rp. 100 ribu anda membeli lebih dari satu macam saham, tetapi pembelian tetap didasarkan analisa.

Selain mengamankan modal, diversifikasi juga memperkecil kemungkinan kerugian. Namun kelemahan dari cara bermain seperti ini adalah saat harga salah satu saham mengalami kenaikan drastis. Keuntungan tidak akan optimal karena modal tidak tertanam sepenuhnya.

12. Jual pada Harga Tinggi atau Selling Profit

Bermain saham tidak melulu soal membeli. Sebagai investor, anda juga harus mengetahui kapan efek tersebut dapat dijual. Salah satu indikatornya adalah saat harga mengalami kenaikan.

Apabila dijabarkan menggunakan analisa teknik, maka penjualan dilakukan setelah harga melewati garis resistance. Jadi sudah pasti saat melakukan penjualan saham, anda mendapatkan Capital Gain.

13. Lakukan Cut Loss Saat Mengalami Kerugian

Perlu diingat bahwa saham merupakan sarana investasi yang berisiko. Apabila modal Rp. 100 ribu bisa bertambah karena keuntungan, maka suatu saat hal tersebut juga bisa jadi sebaliknya.

Cut loss akan lebih baik dilakukan, saat harga ternyata sudah menembus garis Support atau turun ke bawah. Biasanya cut loss ini juga wajib dilakukan saat kerugian sudah mencapai 5%-7%.

14. Metode DCA Sebagai Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

DCA (Dollar Cost Averaging) adalah sebuah metode dimana anda rutin menabung saham setiap waktu tanpa mempedulikan naik turunnya suatu harga. Anda dapat melakukannya dengan modal Rp. 100 ribu per bulan.

Namun cara ini akan lebih efektif apabila saham yang dipilih merupakan saham Bluechip. Karena pada dasarnya saham bluechip setiap tahun berpotensi mengalami kenaikan sehingga tidak akan mengurangi nilai investasi di kemudian hari.

Cara bermain saham seperti ini akan sangat cocok bagi pemula dengan kesibukan tinggi. Jadi perasaan akan lebih tenang tanpa perlu khawatir modal Rp. 100 ribu akan mengalami kerugian.

15. Memilih Reksadana Saham

Apabila anda merupakan seorang pemula serta membutuhkan waktu mempelajarinya, maka modal Rp. 100 tersebut bisa dialihkan ke Reksadana saham. Tentunya modal tersebut akan aman karena anda tidak bermain secara langsung.

Modal di Reksadana akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman, serta bersertifikat dari OJK. Banyak aplikasi keuangan yang menawarkan reksadana dengan modal Rp. 100 ribu. Bahkan anda dapat mencairkannya kapan saja.

Bermain Investasi Modal 100 Ribu Selain Saham

Apabila saham dirasa terlalu berisiko, maka dengan modal 100 ribu ada beragam pilihan investasi lain. Berikut beberapa pilihan investasi dengan modal 100 ribu selain saham.

  • Reksadana
  • Tabungan Emas
  • P2P Lending

Kesimpulan

Setelah membaca cara bermain saham dengan modal 100 ribu tersebut, tentunya anda sudah lebih siap dalam menjelajah pasar modal. Namun perhatikan juga waktu perdagangan saham tersebut. Kami sudah pernah membahasnya melalui Waktu Transaksi BNI Sekuritas.

Selain beberapa cara di atas, anda juga harus rajin update berita terkait perusahaan serta asah kemampuan dalam membaca laporan keuangan. Jadi Sobat Trikves bisa menentukan keputusan secara tepat dalam bermain saham.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.