Saham

4 Cara Jual Saham di Mandiri Sekuritas Secara Bijak dan Menguntungkan

Trikves.com – Hasil investasi dapat segera digunakan saat memahami cara jual saham di Mandiri Sekuritas. Namun bagaimana agar penjualan saham dapat menjaga dan menambah nilai kekayaan?

Perlu diingat kembali bahwasanya saham merupakan investasi dengan keuntungan dan risiko yang tinggi. Tentunya untung rugi dari cara jual saham di Mandiri Sekuritas berpengaruh pada analisa fundamental saat pembelian.

Namun nyatanya banyak orang belum mengetahui cara jual saham di Mandiri Sekuritas tersebut. Baik dari segi prosedural maupun dari segi analitik agar investasi dapat memberikan hasil optimal.

Menimbang masalah di atas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara jual saham di Mandiri Sekuritas. Semoga informasi pada pembahasan dapat membantu Sobat Trikves dalam berinvestasi saham secara bijak.

Aplikasi Beli dan Jual Saham di Mandiri Sekuritas

PT Mandiri Sekuritas memang menjadi salah satu perusahaan yang memiliki kredibilitas sebagai pialang saham. Pasalnya semua kegiatan jual beli saham tersebut terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Agar kegiatan transaksi di pasar modal tersebut lebih fleksibel, maka Mandiri Sekuritas merilis sebuah aplikasi online bernama MOST (Mandiri Online Sekuritas Trading). Aplikasi jual beli saham tersebut sudah dapat diunduh oleh masyarakat Indonesia melalui Playstore atau Appstore.

Cara daftar Mandiri Sekuritas juga cukup mudah sehingga anda dapat segera login untuk mengakses layanan tersebut. Agar dapat memberikan anda gambaran terkait hal tersebut, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Cara Daftar Mandiri Sekuritas.

Fee Jual Saham di Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas memiliki ketentuan terkait dengan biaya penjualan saham. Hasil jual tersebut akan dibebankan biaya sebesar 0,28%. Tidak hanya Mandiri Sekuritas, tetapi beberapa perusahaan sekuritas juga memiliki ketentuan biaya transaksinya masing-masing.

Misalnya Reza menjual sahamnya diharga Rp. 1.250,00 per lembar (Rp. 125.000,00 per lot). Maka berikut cara menghitung hasil jual saham yang akan diperoleh Reza.

Biaya Jual Saham

Rp. 125.000,00 x 0,28% = Rp. 350,00

Penerimaan Hasil Jual

Rp. 125.000,00 – Rp. 350,00 = Rp. 124.650,00

Dari kegiatan jual saham yang dilakukan, maka Reza akan mendapatkan penerimaan sebesar Rp. 124.650,00.

Jadwal Transaksi Jual Saham di Mandiri Sekuritas

Menjual saham tidak bisa dilakukan secara bebas, kapanpun anda membutuhkannya. Namun terdapat waktu dan jadwal untuk transaksi, yang ketentuannya sudah diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Jadwal penjualan saham umumnya mengikuti jam perdagangan dari BEI. Berikut rincian dari waktu perdagangan tersebut.

  • Sesi 1 untuk jual saham: Pukul 09.00 – 11.30 WIB
  • Sesi 2 untuk jual saham: Pukul 13.30 – 15.15 WIB

Selain waktu, aktivitas perdagangan di Mandiri Sekuritas juga dilaksanakan pada hari Senin – Jumat. Jadi silahkan manfaatkan jadwal tersebut apabila anda ingin jual saham.

Cara Jual Saham di Mandiri Sekuritas Via MOST

Setelah berinvestasi saham, tentunya suatu saat anda akan membutuhkan dana tersebut dan menjualnya. Cara jual saham secara prosedural menggunakan aplikasi MOST sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah dalam menjual saham di Mandiri Sekuritas.

1. Buka aplikasi MOST yang sebelumnya sudah anda unduh melalui Playstore maupun Appstore.

2. Masuk kedalam akun rekening yang anda miliki dengan memasukkan data sesuai instruksi dari pihak MOST.

3. Setelah berada di halaman utama, silahkan tap Bar Menu dan dilanjutkan dengan tap menu Order untuk memulai cara jual saham.

3. Tap Bar Menu kemudian tap Order untuk mulai jual saham di Mandiri Sekuritas

4. Apabila pengguna sudah berada di halaman Order, maka silahkan lakukan pencarian dengan tap Icon Kaca Pembesar. Cari kode perusahaan yang ingin anda jual sahamnya. Kemudian tap opsi atau pilihan yang muncul.

4. Cari saham untuk dijual

5. Secara otomatis, layar akan menampilkan data transaksi dari saham tersebut. Silahkan tap menu Sell di bagian atas.

5. Tap menu Sell untuk jual saham di Mandiri Sekuritas

6. Selanjutnya silahkan anda lihat rentetan harga di sebelah kiri. Kebetulan harga saham (sebagai contoh Kalbe Farma kode KLBF) saat ini adalah Rp. 1.550,00 per lembar (Rp. 155.000,00 per lot).

6. Harga saham saat artikel dibuat

7. Apabila anda ingin melakukan penjualan saham di harga kurang dari Rp. 1.550 per lembar, maka saham akan secara otomatis terjual. Namun jika anda ingin menjual saham di atas Rp. 1.550,00 maka anda harus menunggu antrean atau tunggu hingga terjual.

7. Penawaran harga jual saham di Mandiri Sekuritas

8. Langsung saja ketikan harga jual yang anda kehendaki. Apabila sudah memasukkan harga jualnya, maka tap Sell.

8. Masukkan nominal penjualan saham

9. Apabila aktivitas jual saham masih berada pada antrean, maka akan muncul status Open. Sementara saham yang terjual akan berstatus Done.

9. Saham terjual menunggu antrean

10. Cara jual saham di aplikasi MOST dari Mandiri sudah berhasil dilakukan.

Apabila ternyata anda sudah berhasil menjual saham tersebut, maka dana investasi sudah siap dicairkan dengan melalui serangkain proses withdraw atau penarikan dana.

Withdraw Hasil Jual Saham di Mandiri Sekuritas

Proses withdraw atau penarikan dana akan dilayani pada pukul 09.30 – 11.30 WIB. Apabila kegiatan dilakukan pada waktu tersebut, maka transfer dana akan dilakukan pada hari yang sama.

Bagaimana jika ternyata kegiatan dilakukan di luar jam tersebut, maka dana akan ditransfer pada hari berikutnya. Apabila anda ingin mengetahui secara rinci tentang hal tersebut, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Waktu Penarikan Dana Mandiri Sekuritas.

Tips Aman Jual Saham di Mandiri Sekuritas

Selalu kami ingatkan bahwa investasi saham merupakan salah satu investasi yang memiliki tingkat keuntungan tinggi dengan risiko tinggi pula. Jadi setidaknya terdapat dua kemungkinan cara jual saham ini akhirnya dilakukan.

Pertama, jual saham ini dilakukan saat harga sedang tinggi untuk meraih keuntungan. Kedua, jual saham dilakukan saat harga rendah untuk meminimalisir kerugian agar tidak berlarut-larut.

Namun bagaimana agar cara jual saham tersebut menjadi efektif? Berikut beberapa tips dalam menjual saham di Mandiri Sekuritas.

1. Pertimbangkan Valuasi

Saham termasuk dalam jenis investasi yang nilainya mudah berubah. Bisa jadi harganya akan naik dan juga turun. Namun perlu diingat bahwa pertumbuhan saham membutuhkan jangka waktu panjang.

Silahkan anda jual saham pada saat valuasi tersebut tepat. Pertimbangkan rata-rata harga pembelian saham anda guna meraih keuntungan atau meminimalisir kerugian untuk menyelamatkan modal.

2. Tunggu Hingga Pembagian Dividen

Jadwal pembagian dividen memang tidak memiliki kepastian. Namun apabila anda ingin bersabar dan menahan saham pada suatu perusahaan, maka peluang mendapatkan dividen akan semakin besar.

Bagaimana jika saham tersebut dijual sebelum pembagian dividen? Tentunya anda tidak akan mendapatkan dividen tersebut karena pada dasarnya anda sudah bagian dari perusahaan.

3. Awasi PER (Price to Earning Ratio)

PER (Price to Earning Ratio) merupakan salah satu analisa fundamental yang sangat membantu dalam proses penjualan. Pasalnya hal tersebut dapat menentukan apakah suatu saham memiliki harga murah atau mahal.

Menggunakan analisa tersebut merupakan cara jual saham yang bijak dan penuh pertimbangan berdasarkan laporan keuangan. Jadi kunci sukses seorang investor saham adalah membaca laporan keuangan suatu perusahaan.

Kesimpulan

Jadi cara jual saham di Mandiri Sekuritas secara prosedural dan analitik memang butuh pertimbangan. Usahakan pada saat proses pembelian, cari tahu seperti apa perusahaan yang anda ingin tanami saham.

Alhasil, penjualan akan memberikan keuntungan optimal. Pahami juga bahwa saham merupakan instrumen investasi jangka panjang. Modal anda akan bertumbuh seiring dengan pertumbuhan perusahaan. Jadi bersabarlah dan gunakan waktu tunggu anda untuk kegiatan produktif.

George Soros salah satu investor terkenal di dunia pernah berpendapat bahwa investasi yang menyenangkan tidak akan menghasilkan uang. Namun investasi yang baik adalah investasi yang membosankan. Semoga saham anda berbuah positif, Sobat Trikves.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.