Saham

BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas : Siapa Dapat Predikat Terbaik?

Trikves.com – Dewasa ini banyak investor membandingkan BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas sebagai broker terbaik. Namun apa indikator yang harus dijadikan sebagai patokan?

Saat berinvestasi, nasabah ingin menemukan tempat terbaik agar modal yang ditanamkan dapat dikelola secara nyaman. Namun saat ini pilihan tersebut hanya ada pada BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas.

Kedua broker tersebut tidak perlu lagi diragukan kapasitasnya. Pasalnya baik BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas sama-sama masuk kedalam manajer investasi terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

Agar dapat memberikan gambaran yang nyata terkait hasil perbandingan BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Jadi Sobat Trikves mampu memilih sekuritas yang cocok.

Aplikasi BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas

Pertama kami akan membandingkan aplikasi dari kedua sekuritas tersebut. Pertama ada BNI Sekuritas dengan aplikasi BIONS. Kedua, yaitu Mandiri Sekuritas dengan aplikasi MOST.

Berikut beberapa perbandingan dari kedua aplikasi Sekuritas tersebut dari berbagai segi.

1. Tampilan Interface

Secara tampilan, BNI Sekuritas terlihat lebih atraktif dengan aksen warna dan beberapa ornamen yang dimiliki. Jadi pengguna tidak akan merasa bosan saat menjelajah di dalam BIONS.

Sementara Mandiri Sekuritas terlihat lebih sederhana dan hanya menampilkan data yang dibutuhkan. Jadi MOST akan lebih cocok bagi banyak investor yang melakukan diversifikasi saham.

2. Fitur Andalan

Dari segi fitur, baik BNI Sekuritas maupun Mandiri Sekuritas memiliki keunggulan untuk ditawarkan. Jadi anda dapat menggunakan beberapa fitur tersebut guna berinvestasi saham secara optimal.

BIONS memiliki fitur news yang dapat digunakan untuk update kabar yang mungkin berpotensi menggerakan harga saham suatu perusahaan. Jadi anda dapat memahami potensi dari efek tersebut.

Sedangkan Mandiri Sekuritas lebih mengunggulkan fitur guna melancarkan proses transaksi saham. Mulai dari Booking Order, Automatic Order, dan Stock Withdraw.

3. Sajian Data

Terakhir ada pada kemampuan sekuritas dalam menyajikan data. Baik BNI Sekuritas maupun Mandiri sekuritas sama-sama memberikan sajian data yang dapat digunakan dalam membantu analisa.

Hanya saja Mandiri Sekuritas dapat menyajikan data secara realtime jika dibandingkan dengan BNI Sekuritas. Belum lagi MOST mampu menghadirkan chart view yang dapat dimanfaatkan untuk analisa teknikal secara agresif.

Apakah BNI Sekuritas kurang baik dalam menyajikan data? Tentu saja tidak karena BIONS memiliki tampilan antarmuka yang baik sehingga analisa fundamental akan terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Setoran Awal BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas

Selanjutnya kami akan membandingkan minimal setoran awal yang harus dibayarkan agar dapat memulai transaksi. Baik BNI Sekuritas maupun Mandiri Sekuritas sama-sama menerapkan ketentuan tersebut.

BNI Sekuritas memiliki setoran awal sebesar Rp. 1.000.000,00 bagi pengguna layanan umum. Sedangkan bagi pengguna dengan layanan hybrid akan dikenakan minimal deposit sebesar Rp. 5.000.000,00.

Mandiri Sekuritas memiliki setoran awal sebesar Rp. 5.000.000,00 bagi mahasiswa. Kemudian adapula setoran awal sebesar Rp. 10.000.000,00 apabila menggunakan layanan umum. Terakhir adalah layanan Full Service yang memiliki setoran awal sebesar Rp. 100.000.000,00.

Apabila anda ingin belajar saham dengan modal terbatas, maka BNI Sekuritas merupakan pilihan terbaik untuk pemula. Namun jika anda ingin sudah mahir dalam bertransaksi saham dengan segala analisanya, maka Mandiri Sekuritas merupakan pilihan terbaik.

Fee BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas

Selanjutnya adalah fee atau biaya transaksi efek. Hal tersebut sering diperbincangkan oleh banyak orang setiap akan terjun dan mulai berinvestasi saham. Berikut rincian biaya untuk BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas.

1. BNI Sekuritas

a. Layanan Hybrid

  • Biaya pembelian saham: 0,25% dari nilai transaksi
  • Biaya penjualan saham: 0,35% dari hasil penjualan

b. Layanan Online

  • Biaya Pembelian saham: 0,17%
  • Biaya Penjualan saham: 0,27%

2. Mandiri Sekuritas

  • Biaya Pembelian saham: 0,18% + minimal biaya Rp. 5.000,00 per hari
  • Biaya Penjualan saham: 0,28% + minimal biaya Rp. 5.000,00 per hari

Berdasarkan biaya yang ditetapkan oleh keduanya, BNI Sekuritas khususnya BIONS merupakan platform yang menguntungkan untuk melakukan kegiatan trading, baik harian, mingguan, dan bulanan.

Sedangkan Mandiri Sekuritas, khususnya MOST lebih baik digunakan dalam melakukan investasi karena besarnya persentase biaya serta minimal biaya yang harus dikeluarkan.

Waktu Penyelesaian Transaksi

Pembahasan selanjutnya adalah waktu transaksi dari kedua Sekuritas. Karena berada di bawah naungan BEI (Bursa Efek Indonesia), maka waktu penyelesaian transaksi juga menyesuaikan dengan kebijakan yang berlaku.

Umumnya penyelesaian transaksi adalah T+2. Artinya baik pembelian saham maupun hasil penjualan saham baru akan masuk kedalam portofolio 2 hari setelah transaksi berlangsung.

Penarikan Dana BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas

Perbandingan selanjutnya terkait dengan penarikan dana. Waktu dalam melakukan penarikan dana disesuaikan dengan jam perdagangan bursa sesi 1, yaitu pada pukul 09.30-11.00 WIB.

Namun terdapat kebijakan biaya penarikan dana yang berbeda dari kedua sekuritas. Berikut rincian biaya penarikan dana dari kedua sekuritas tersebut.

1. Biaya Penarikan Dana BNI Sekuritas

  • Withdrawal Kliring: dikenakan biaya Rp. 15.000,00 dengan transaksi di bawah Rp. 100 juta ke rekening bank selain BNI.
  • Withdrawal RTGS: dikenakan biaya Rp. 30.000,00 dengan transaksi lebih dari Rp. 100 juta ke rekening bank selain BNI.

2. Biaya Penarikan Dana Mandiri Sekuritas

  • SKNBI: dikenakan biaya Rp. 2.900,00 dengan transaksi di bawah Rp. 100 juta ke rekening bank selain Mandiri.
  • RTGS: dikenakan biaya Rp. 25.000,00 dengan transaksi lebih dari Rp. 100 juta ke rekening bank selain Mandiri.

Kedua sekuritas akan membebaskan biaya penarikan dana, apabila rekening tujuan yang digunakan berasal dari Bank induk. Namun dilihat dari segi optimalisasi keuntungan, maka Mandiri Sekuritas merupakan pilihan terbaik.

Proses Pendaftaran BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas

Dalam proses pendaftaran atau pembukaan rekening, Mandiri Sekuritas dapat dikatakan lebih fleksibel dan juga praktis karena semua layanan dilakukan secara online kendati proses verifikasi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan BNI Sekuritas dimana pendaftar harus mengirimkan berkas ke kantor pusat setelah melakukan registrasi online. Tentunya hal tersebut lebih merepotkan pendaftar.

Jadi apabila ingin memulai investasi saham secara fleksibel, maka Mandiri Sekuritas merupakan platform terbaik. Namun jika anda tidak keberatan untuk mengirim berkas persyaratan, maka silahkan pilih BNI Sekuritas.

Legalitas BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas

Terkait masalah legalitas, anda tidak perlu merasa khawatir karena keduanya sudah terdaftar secara resmi di OJK. Apabila perusahaan sekuritas mengalami kebangkrutan dalam perjalanannya, maka uang anda akan tetap aman karena sudah tersimpan di Bank Kustodian.

Kesimpulan

Setelah membandingkan antar BNI Sekuritas Vs Mandiri Sekuritas, dapat terlihat bahwasanya BIONS lebih ditujukan kepada para pemula yang ingin mulai berinvestasi saham. Sedangkan MOST ditujukan bagi beberapa investor yang sudah mahir.

Namun sebaik apa pun sekuritas yang dipilih, investasi saham tetap memiliki risiko besar yang mengintai. Jadi alangkah baiknya apabila anda mulai memahami kembali tentang Apa Itu Saham dari pembahasan kami sebelumnya.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.