Saham

3 Cara Daftar Mandiri Sekuritas : Offline, Online, dan SPM Termudah 2022

Trikves.com – Sudah menjadi hal wajar apabila anda memahami cara daftar Mandiri Sekuritas sebelum berinvestasi saham. Pasalnya perusahaan tersebut dapat menjadi gerbang akses menuju pasar modal.

Investasi hanya akan menjadi sebuah angan-angan belaka apabila anda tidak memiliki inisiatif untuk memulainya. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah memahami cara daftar Mandiri Sekuritas.

Namun faktanya, banyak orang tidak mengerti cara daftar Mandiri Sekuritas tersebut. Padahal langkah-langkahnya cukup mudah untuk diterapkan. Belum lagi prosesnya tidak memakan waktu berhari-hari.

Dikarenakan adanya masalah di atas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara daftar Mandiri Sekuritas. Tentu informasi ini akan membantu Sobat Trikves membuat rekening dari awal hingga siap digunakan bertransaksi.

Peran Mandiri Sekuritas

Pada dasarnya Mandiri Sekuritas merupakan sebuah perusahaan yang berperan sebagai broker atau pialang. Fungsi dari broker sendiri adalah menjembatani antara investor dan pedagang efek.

Apakah investor bisa langsung membeli saham dari pedagang efek? Jawabannya adalah tidak. Perlu diketahui bersama bahwa seorang investor hanya dapat menanamkan sahamnya melalui perusahaan sekuritas.

Jadi mau tidak mau, investor harus mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan sekuritas. Banyak sekali perusahaan sekuritas di Indonesia. Hanya saja Mandiri Sekuritas termasuk salah satu yang terbaik.

Jika anda penasaran dengan beberapa perusahaan sekuritas tersebut, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Manajer Investasi Terbaik di Indonesia.

Namun sebelum melakukan serangkaian prosedur pendaftaran, ada baiknya anda juga mengetahui beberapa syarat dan ketentuan berlaku. Sehingga proses daftar tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Syarat dan Ketentuan Daftar Mandiri Sekuritas

Adapun beberapa kebijakan terkait dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi calon nasabah apabila ingin melakukan proses daftar. Berikut beberapa syarat dan ketentuan Mandiri Sekuritas.

1. Syarat Daftar Melalui Kantor Cabang

  • Formulir pembukaan rekening efek yang dapat diunduh melalui website resmi Mandiri Sekuritas.
  • Formulir Mandiri Tabungan investor yang dapat diunduh melalui website resmi Mandiri Sekuritas.
  • Rekening tabungan Bank Mandiri milik pribadi. Apabila belum memilikinya, maka wajib melakukan pembukaan terlebih dahulu.
  • Fotokopi E-KTP milik pribadi yang aktif dan masih berlaku.
  • Fotokopi Dokumen NPWP milik pendaftar.
  • Apabila belum memiliki NPWP, maka wajib mengisi surat pernyataan yang telah disediakan oleh pihak Mandiri Sekuritas.
  • Fotokopi cover buku tabungan Bank Mandiri jika sudah terdaftar sebagai nasabah.
  • Khusus mahasiswa, maka harus membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dari universitas.

2. Syarat Daftar Secara Online

  • Foto atau scan dokumen administrasi kependudukan, yaitu E-KTP yang masih aktif dan berlaku.
  • Swafoto dengan memegang E-KTP milik pribadi.
  • Foto atau scan dokumen NPWP (jika tidak ada maka harus mengunduh surat pernyataan).
  • Rekening Tabungan Bank Mandiri (jika belum ada, maka diharuskan melakukan pembukaan rekening secara online).

3. Ketentuan Daftar Mandiri Sekuritas

  • Setoran awal untuk mahasiswa, yaitu sebesar Rp. 2.000.000,00 – Rp. 5.000.000,00.
  • Setoran awal untuk umum, yaitu sebesar Rp. 10.000.000,00.
  • Setoran awal untuk pengguna layanan Full Service, yaitu sebesar Rp. 100.000.000,00.

Di lain kesempatan, kami sudah pernah membahas tentang ketentuan setor dana di Mandiri Sekuritas. Silahkan kunjungi pembahasan kami terkait Setoran Awal Mandiri Sekuritas untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Cara Daftar Mandiri Sekuritas Secara Offline

Proses daftar dan pembukaan rekening dapat dilakukan secara offline melalui kantor cabang, Namun pastikan anda sudah menyiapkan segala berkas persyaratan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah dalam melakukan pendaftaran Mandiri Sekuritas secara offline.

1. Kunjungi kantor cabang Mandiri Sekuritas terdekat yang ada di wilayah anda.

2. Silahkan ambil nomor antrean menuju ke Customer Service.

3. Apabila anda sudah berada di Customer Service, maka silahkan tujuan dan serahkan berkas pembukaan Rekening Dana Investor.

4. Tunggu beberapa saat selagi Customer Service Mandiri Sekuritas membuatkan Rekening Dana Investor.

5. Apabila rekening sudah jadi, maka silahkan deposit awal sesuai ketentuan berlaku.

6. Cara daftar rekening dan pembukaan rekening investor sudah selesai dilakukan.

Apabila ternyata di wilayah pendaftar tidak ada kantor cabang, maka cara daftar dapat dilakukan secara online melalui aplikasi. Mandiri Sekuritas telah merilis sebuah platform jual beli saham bernama MOST.

Cara Daftar Mandiri Sekuritas Melalui Aplikasi

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Mandiri Sekuritas memiliki aplikasi bernama MOST untuk memudahkan nasabah melakukan jual beli saham secara online. Berikut langkah-langkah atau cara daftar perusahaan sekuritas tersebut melalui aplikasi.

1. Silahkan unduh aplikasi MOST melalui Playstore maupun Appstore sesuai dengan jenis Smartphone anda.

2. Buka aplikasi MOST terinstal di Smartphone anda.

3. Saat aplikasi sudah terbuka, maka silahkan anda tap Register untuk memulai cara daftar.

3. Tap Register Untuk memulai cara daftar Mandiri Sekuritas

4. Kemudian silahkan anda lakukan tap lagi pada bagian Register Now.

4. Tap Register Now pada aplikasi MOST

5. Layar akan menampilkan persyaratan untuk disiapkan oleh pendaftar. Apabila semua berkas sudah disiapkan, silahkan tap Selanjutnya.

5. Baca persyaratan dan tap selanjutnya untuk melanjutkan cara daftar Mandiri Sekuritas

6. Secara otomatis, aplikasi MOST akan memberikan anda formulir pembuatan akun. Isikan kolom sesuai instruksi.

6. Isikan formulir pendaftaran akun MOST baru

7. Selanjutnya, anda diminta memasukkan kode OTP. Pihak MOST akan mengirimkan kode OTP tersebut melalui nomor handphone yang sudah anda input pada saat pengisian data akun.

7. Masukan kode otp dari SMS melalui nomor terinput pada form daftar akun Mandiri Sekuritas

8. Apabila kode OTP sudah berhasil diidentifikasi, maka langkah selanjutnya adalah lakukan verifikasi email. Silahkan buka pesan dari pihak MOST yang dikirimkan melalui email terdaftar.

9. Saat proses verifikasi sudah berhasil dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah melengkapi formulir data diri tambahan. Unggah foto atau scan E-KTP dan Swafoto.

9. Upload foto E-KTP dan Swafoto dengan E-KTP

10. Selanjutnya isikan data NPWP serta upload foto atau Scan NPWP yang anda miliki. Isikan juga nomor rekening tabungan Bank Mandiri. Apabila semua dokumen di atas telah diunggah, maka silahkan lakukan tanda tangan digital.

11. Langkah selanjutnya adalah mengisi data pekerjaan serta perusahaan. Isikan semua kolom tersedia, kemudian lakukan ceklist pada semua pernyataan yang sudah disediakan oleh pihak Mandiri Sekuritas.

12. Cara atau proses pendaftaran Mandiri Sekuritas sudah berhasil dilakukan.

Apabila anda masih merasa awam dan baru terjun di dunia investasi saham, maka silahkan lakukan pembukaan rekening melalui SPM (Sekolah Pasar Modal) yang rutin diadakan oleh IDX (Indonesian Stock Exchange).

Cara Daftar Mandiri Sekuritas Melalui SPM

Pada dasarnya SPM merupakan sebuah program pelatihan rutin yang diselenggarakan oleh IDX selaku lembaga resmi dalam aktivitas perdagangan efek di pasar modal. Dalam praktiknya, IDX akan bekerjasama dengan beberapa perusahaan sekuritas termasuk Mandiri Sekuritas.

Adanya pelatihan tersebut dilakukan untuk edukasi investasi dan juga menambah jumlah investor di Indonesia. Penyampaian materi akan dimulai dari teori dasar hingga praktik berinvestasi saham.

Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun dengan kuota terbatas. Peserta hanya harus menyiapkan uang sebesar Rp. 100.000,00 sebagai setoran awal pembuatan rekening Mandiri Sekuritas dan nantinya akan menjadi saldo untuk praktik jual beli saham di perusahaan pedagang efek.

Customer Service Resmi Mandiri Sekuritas

Apabila setelah daftar rekening Mandiri Sekuritas ditemukan kendala dalam proses login, maka anda dapat segera menghubungi Customer Service. Berikut beberapa layanan Call Center untuk menghubungi CS Mandiri Sekuritas.

  • Call Center Resmi Mandiri Sekuritas: 14032
  • Telepon Resmi Mandiri Sekuritas: (62-21) 526 3445
  • Faximile Resmi Mandiri Sekuritas: (62-21) 526 3521
  • Email: care center mandirisek

Kesimpulan

Prosedur dan cara daftar Mandiri Sekuritas ternyata mudah untuk diaplikasikan bukan? Tentunya hal tersebut akan membantu anda dalam memulai proses investasi saham.

Apabila anda masih belum memahami definisi sebenarnya dari saham, maka silahkan kunjungi pembahasan kami sebelumnya tentang Apa Itu Saham. Jadi Sobat Trikves bisa memiliki landasan pengetahuan untuk berinvestasi pada aset tersebut.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.