Saham

√ Setoran Awal Mandiri Sekuritas : Rincian dan Trik Bayar Murah 2022

Trikves.com – Mengetahui besaran setoran awal Mandiri Sekuritas mungkin dapat membantu anda melakukan perencanaan investasi saham. Namun benarkah jika nominal yang harus dibayarkan mahal?

Banyak orang merasa ragu untuk mendaftarkan diri pada perusahaan sekuritas. Salah satu masalahnya adalah ketidaktahuan tentang besaran setoran awal Mandiri Sekuritas yang ditetapkan.

Padahal hal tersebut dapat membantu anda untuk mempersiapkan dana dari jauh hari. Belum lagi di era saat ini ada cara baru yang lebih murah untuk memangkas setoran awal Mandiri Sekuritas.

Demi mewujudkan impian anda untuk memulai kegiatan investasi saham, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang rincian setoran awal Mandiri Sekuritas. Tentunya informasi di dalamnya akan membantu Sobat Trikves berinvestasi.

Syarat Daftar Mandiri Sekuritas

Demi menjaga agar ekosistem pasar modal tetap sehat serta mencegah adanya penyalahgunaan data, maka pihak Mandiri Sekuritas memiliki beberapa syarat daftar. Berikut beberapa persyaratan dalam melakukan pendaftaran Mandiri Sekuritas.

1. Pendaftaran Offline

  • Formulir Pembukaan Rekening Efek dari Mandiri Sekuritas
  • Formulir Tabungan Investor
  • Fotokopi dokumen berupa KTP, NPWP, dan cover buku tabungan Mandiri miliki pribadi.
  • Apabila ternyata tidak memiliki NPWP, maka wajib membuat surat pernyataan yang sudah disediakan oleh pihak Mandiri Sekuritas.
  • Mahasiswa wajib menyertakan fotokopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa).

2. Pendaftaran Online

  • Foto E-KTP yang masih aktif dan berlaku
  • Swafoto dengan memegang E-KTP
  • Foto NPWP (jika ada)
  • Rekening tabungan Bank Mandiri miliki pribadi

Pastikan anda sudah mempersiapkan segala dokumen persyaratan yang dibutuhkan, kemudian kumpulkan dalam satu wadah. Hal tersebut dilakukan agar dokumen tidak hilang saat dibutuhkan.

Rincian Setoran Awal Mandiri Sekuritas

Apabila berkas sudah terkumpul, maka sudah saatnya anda mengetahui berapa besaran setoran awal dari perusahaan efek milik Mandiri. Nasabah harus menyiapkan dana sebesar Rp. 10.000.000,00.

Khusus bagi mahasiswa, maka terdapat ketentuan khusus terkait setoran awal. Mandiri Sekuritas menerapkan setoran sebesar Rp. 5.000.000,00. Jadi anda dapat berinvestasi sedari dini.

Kemana Larinya Setoran Awal Mandiri Sekuritas ?

Setoran awal tersebut nantinya akan menjadi saldo dalam bertransaksi saham. Bagaimana jika ternyata perusahaan sekuritas yang anda pilih bangkrut? Anda tidak perlu khawatir karena Mandiri Sekuritas merupakan perusahaan efek yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pada dasarnya perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK tidak menyimpan setoran investor. Dana tersebut akan langsung tersimpan secara aman di Bank Kustodian.

Sekedar informasi, Bank Kustodian merupakan suatu lembaga yang berperan penting dalam melakukan administrasi, kontrol, dan pengamanan aset keuangan dalam bentuk instrumen di pasar modal.

Apakah Bank Kustodian merupakan suatu lembaga yang kredibel? Tentu saja karena dalam praktik operasionalnya, lembaga tersebut sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK.

Cara Daftar Mandiri Sekuritas Terbaru

Setelah dana yang dibutuhkan sudah terkumpul, maka sudah saatnya anda melakukan proses pendaftaran Mandiri Sekuritas. Berikut beberapa cara dalam melakukan pendaftaran Mandiri Sekuritas.

1. Daftar Melalui Kantor Cabang

Apabila ternyata di wilayah anda terdapat kantor cabang dari Mandiri Sekuritas, maka silahkan lakukan pendaftaran secara offline. Berikut langkah-langkah dalam melakukan pendaftaran melalui kantor cabang.

  • Siapkan berkas secara lengkap sesuai syarat dari Mandiri Sekuritas.
  • Selanjutnya kunjungi kantor cabang Mandiri Sekuritas.
  • Ambil nomor antrean untuk menuju Customer Service (CS).
  • Temui CS dan serahkan berkas terkumpul.
  • Lakukan setoran awal sesuai ketentuan berlaku.
  • Pembukaan rekening Mandiri Sekuritas telah berhasil dilakukan.

2. Daftar Secara Online

Jika ternyata tidak ada kantor cabang Mandiri Sekuritas di wilayah pendaftar, maka silahkan lakukan proses registrasi secara online. Saat ini perusahaan efek dari Mandiri tersebut memiliki sebuah layanan online bernama MOST.

MOST merupakan aplikasi dari Mandiri Sekuritas yang memudahkan investor dalam melakukan investasi dan trading secara online. Berikut langkah-langkah melakukan registrasi melalui MOST.

  • Lakukan register MOST melalui link (https://register.most.co.id/) tanpa tanda kurung. Atau bisa juga melalui aplikasi MOST.
  • Saat sudah berhasil masuk di halaman utama, maka pilih menu Daftar Baru.
  • Isikan serangkaian kolom pada formulir pendaftaran sesuai instruksi.
  • Terakhir lakukan tanda tangan virtual.

Apabila anda ingin mendapatkan panduan bagaimana melakukan registrasi tersebut, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Cara Daftar Mandiri Sekuritas.

Trik Setoran Awal Mandiri Sekuritas Murah

Apabila rincian setoran awal di atas dirasa terlalu besar, tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa metode untuk mengakali hal tersebut. Berikut beberapa trik agar setoran awal perusahaan efek Mandiri jadi lebih murah.

1. Ikut Promo Sebagai Trik Setoran Awal Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas termasuk salah satu perusahaan di bidang efek yang terbilang sering mengadakan promo. Bahkan saat promo tersebut berlangsung, besaran setoran awal bisa berkisar antara Rp. 11.000 hingga Rp. 100.000,00.

Apakah hal tersebut bukan merupakan sebuah penipuan? Anda bisa bernafas lega karena promo tersebut memang sering diadakan. Informasi mengenai event tersebut dapat anda pantau melalui media sosial MOST atau website resmi secara langsung.

Hitung perbandingannya jika disandingkan dengan nominal setoran awal untuk pendaftaran secara umum. Tentunya sisa dana dapat dialokasikan untuk kebutuhan lainnya atau berinvestasi saham.

2. SPM (Sekolah Pasar Modal) Sebagai Trik Setoran Awal Mandiri Sekuritas

Menurut hasil survey, setidaknya hanya 1 dari 100 orang di Indonesia yang terjun dalam dunia investasi, khususnya saham. Hal tersebut membuat IDX (Indonesian Stock Exchange) gencar berkolaborasi dengan beberapa perusahaan sekuritas untuk membuat SPM (Sekolah Pasar Modal).

Layaknya sebuah sekolah, anda akan diajarkan tentang teori investasi saham dari awal dan dipandu secara bertahap hingga dapat berinvestasi saham secara mandiri.

Dilihat dari praktiknya saja, sudah pasti biaya SPM mahal

Tunggu dulu, sepertinya anda sudah keliru. Biaya pendaftaran SPM gratis tanpa dipungut biaya apapun. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen pembuatan rekening dan uang Rp. 100.000,00.

Kenapa harus menyiapkan uang Rp. 100.000,00? Tadi katanya gratis!

Uang Rp. 100.000,00 tersebut nantinya akan digunakan oleh peserta sebagai setoran awal sekaligus menjadi saldo dalam praktik investasi di pasar modal. Jadi dana tersebut tetap menjadi milik anda hanya saja akan berbentuk saham.

Peserta akan dipandu oleh praktisi investasi dari IDX dan staff ahli dari jajaran direksi Mandiri Sekuritas. Sudah mendapatkan ilmu, dipandu oleh praktisi, dan rekening Mandiri Sekuritas bisa dibuat dengan setoran awal yang kecil.

Cara Daftar SPM (Sekolah Pasar Modal)

Untuk mengikuti SPM tersebut, anda hanya perlu aktif mencari informasinya melalui Instagram IDX Event. Kelas akan dilakukan secara daring dan kuota terbatas. Namun perlu diingat bahwa event ini diselenggarakan langsung oleh IDX yang merupakan lembaga resmi perdagangan efek di Indonesia.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan setoran awal Mandiri Sekuritas di atas, tentunya anda jadi lebih bersemangat untuk berinvestasi, bukan? Cukup sediakan dokumen yang menjadi persyaratan.

Namun perlu diingat apabila saham bukanlah sebuah permainan. Di dalamnya juga terdapat analisa dengan mempertimbangkan laporan keuangan tahunan dari suatu perusahaan.

Jadi pastikan Sobat Trikves belajar saham terlebih dahulu sebelum berinvestasi agar terhindar dari kerugian.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.