Reksadana

12 Manajer Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia 2022

Trikves.com – Kegiatan penanaman modal akan lebih terjamin saat anda mengetahui tentang manajer investasi reksadana terbaik. Pasalnya kesuksesan melakukan investasi, khususnya reksadana sangat bergantung pada kecakapan MI (Manajer Investasi) dalam mengelola dana.

Setidaknya ada acuan yang dapat anda jadikan sebagai pedoman dalam memilih manajer investasi reksadana terbaik di tahun 2022 mendatang. Salah satunya dengan melihat nilai AUM (Assets Under Management).

AUM merupakan suatu nilai keseluruhan dana yang terkumpul dari investor untuk kemudian dikelola oleh pihak MI. Dengan adanya AUM tersebut, maka anda dapat melihat kinerja entitas perusahaan dan menentukan manajer investasi reksadana terbaik.

Untuk lebih memudahkan anda dalam memilih manajer investasi reksadana terbaik, maka kami sudah sediakan daftarnya. Tentu saja perusahaan yang kami masukan kedalam daftar sangatlah tinggi tingkat kredibilitasnya.

Daftar Manajer Investasi Reksadana Terbaik di Indonesia

Dalam daftar ini terdapat 12 perusahaan Manajer Investasi dengan nilai AUM terbesar yang terakumulasi per 30 November 2021. Berikut adalah daftar perusahaan tersebut.

1. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Sebagai Manajer Investasi Reksadana Terbaik

PT-Manulife-Aset-Manajemen-Indonesia-Sebagai-Manajer-Investasi-Reksadana-Terbaik

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia atau biasa disebut MAMI merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang sudah berdiri sejak tahun 1996. Sejak awal berdirinya, MAMI selalu memberikan solusi investasi termasuk di dalamnya reksadana.

Terhitung Per 30 November 2021, setidaknya terdapat nilai AUM sebesar Rp 63.274 Triliun yang dikelola oleh MAMI. Angka tersebut mengalami kenaikan dari total nilai pada bulan sebelumnya yang berada di kisaran Rp 62.326 Triliun.

2. PT Bahana TCW Investment Management Sebagai Manajer Investasi Reksadana Terbaik

PT-Bahana-TCW-Investment-Management-Sebagai-Manajer-Investasi-Reksadana-Terbaik

PT Bahana TCW Investment Management merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang sudah berusia lebih dari 25 tahun. Dalam kiprahnya, Bahana TCW Investment Management berhasil mengatasi dampak dari krisis ekonomi yang sempat terjadi.

Terhitung Per 30 November 2021, terdapat nilai AUM sebesar Rp 45.652 Triliun yang dikelola oleh Bahana TCW Investment Management. Jumlah tersebut juga mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya yang berada di kisaran Rp 44.292 Triliun.

3. PT Mandiri Manajemen Investasi Sebagai Manajer Investasi Reksadana Terbaik

PT-Mandiri-Manajemen-Investasi-Sebagai-Manajer-Investasi-Reksadana-Terbaik

PT Mandiri Manajemen Investasi atau yang lebih dikenal dengan Mandiri Investasi merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang berdiri pada bulan Oktober 2004. Perusahaan ini juga masih berada di bawah naungan PT Bank Mandiri.

Tercatat per 30 November 2021, nilai AUM yang dikelola oleh Mandiri Investasi yaitu sebesar Rp 44.369 Triliun. Terjadi kenaikan angka dari bulan sebelumnya yang berada pada kisaran Rp 41.332 Triliun.

4. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen Sebagai Manajer Investasi Reksadana Terbaik

PT-Batavia-Prosperindo-Aset-Manajemen-Sebagai-Manajer-Investasi-Reksadana-Terbaik

PT Batavia Prosperindo Aset Majemen atau yang biasa disebut BPAM merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang berdiri pada tahun 1996. Perusahaan ini berfokus pada pengelolaan reksadana dan juga pengelolaan dana yang bersifat bilateral.

Tercatat pada 30 November 2021 setidaknya terdapat nilai AUM sebesar Rp 40.820 Triliun yang dikelola oleh BPAM. Terdapat kenaikan dari bulan sebelumnya yang berada di kisaran Rp 39.883 Triliun.

5. PT Schroders Investment Management Indonesia

PT-Schroders-Investment-Management-Indonesia

PT Schroders Investment Management Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Schroders Indonesia merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang didirikan pada tahun 1997 dengan izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Terhitung pada tanggal 30 November 2021, Schroders Indonesia memiliki nilai AUM sebesar Rp 33.168 Triliun untuk dikelola. Angka tersebut mengalami penurunan dari sebelumnya yang berada di kisaran Rp 33.846 Triliun. Hal tersebut membuat Schroders Indonesia berada di ranking 5 perusahaan manajer investasi.

6. PT Sinarmas Asset Management

PT-Sinarmas-Asset-Management

PT Sinarmas Asset Management merupakan salah satu perusahaan manajer investasi yang didirikan pada bulan April 2012 dengan izin Bapepam. Perusahaan manajer investasi yang satu ini masih berada di bawah naungan PT Sinarmas Sekuritas.

Pada tanggal 30 November 2021, tercatat setidaknya terdapat total nilai AUM yang dikelola sebesar Rp 30.588 Triliun. Angka tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari bulan sebelumnya dengan kisaran Rp 21.527 Triliun.

7. PT Danareksa Investment Management

PT-Danareksa-Investment-Management

PT Danareksa Investment Management atau yang biasa dikenal dengan nama DIM merupakan perusahaan manajer investasi yang didirikan pada tahun 1992. Perusahaan manajer investasi yang satu ini bergerak di bawah naungan PT Danareksa (Persero) dan juga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk selaku pemegang saham terbesar.

Tercatat pada tanggal 30 November 2021, DIM sudah mengumpulkan nilai AUM sebesar Rp 29.914 Triliun untuk dikelola. Angka tersebut mengalami penurunan karena pada bulan sebelumnya nilai AUM yang berhasil dikumpulkan berada di kisaran Rp 30.221 Triliun. Hal tersebut membuat DIM berada di peringkat 7 daftar perusahaan manajer investasi saat ini.

8. PT Ashmore Asset Management Indonesia

PT-Ashmore-Asset-Management-Indonesia

PT Ashmore Asset Management Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama AMOR adalah salah satu perusahaan manajer investasi yang merupakan anak dari perusahaan Ashmore Investment Management yang berdomisili di Inggris. AMOR lahir setelah mengakuisisi saham mayoritas dari Buana Megah Abadi.

Terhitung per 30 November 2021, AMOR memiliki nilai AUM sebesar Rp 25.667 Triliun untuk dikelola. Terjadi kenaikan apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang berada pada kisaran Rp 25.120 Triliun.

9. PT Trimegah Asset Management

PT-Trimegah-Asset-Management

PT Trimegah Asset Management merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang memperoleh izin untuk beroperasi pada bulan Januari 2011. Perusahaan ini bergerak di bawah naungan PT Trimega Securities Tbk yang berkecimpung di dunia pasar modal selama lebih dari 30 tahun.

Pada tanggal 30 November 2021, Trimegah Asset Management telah mengumpulkan nilai AUM sebesar Rp 24.670 Triliun untuk dikelola. Angka tersebut mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang berada pada kisaran Rp 24.840 Triliun. Hal tersebut yang akhirnya membuat Trimegah Asset Management menempati posisi ke-9 dalam daftar perusahaan manajer investasi.

10. PT Sucorinvest Asset Management

PT-Sucorinvest-Asset-Management

PT Sucorinvest Asset Management merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang didirikan pada tahun 1999. Perusahaan tersebut juga bergerak di bawah naungan Sucorinvest Group.

Tercatat per 30 November 2021, nilai AUM yang dimiliki oleh Sucorinvest Asset Management yaitu sebesar Rp 24.276 Triliun untuk dikelola. Terjadi kenaikan pada nilai AUM bulan sebelumnya yang berada di kisaran Rp 23.072 Triliun.

11. PT BNI Asset Management

PT-BNI-Asset-Management

PT BNI Asset Management merupakan sebuah perusahaan manajer investasi yang beroperasi sejak bulan Oktober 1995. Perusahaan tersebut dulunya tergabung dalam PT BNI Sekuritas sebelum akhirnya melakukan pemisahan dan berdiri sendiri.

Pada tanggal 30 November 2021, BNI Asset Management mengumpulkan nilai AUM sebesar Rp 23.388 Triliun untuk dikelola. Terjadi penurunan angka dari bulan sebelumnya yang memiliki nilai AUM sebesar Rp 23.588 Triliun. Karena itulah BNI Asset Management berada di posisi ke-11 dalam daftar perusahaan manajer investasi.

12. PT BNP Paribas Asset Management

PT-BNP-Paribas-Asset-Management

PT BNP Paribas Asset Management merupakan salah satu perusahaan manajer investasi yang didirikan pada tahun 1992. Perusahaan ini berfokus mengelola reksadana milik investor.

Tercatat per 30 November 2021, BNP Paribas Asset Management mengelola nilai AUM sebesar Rp 23.197 Triliun. Terjadi kenaikan nilai AUM dari bulan sebelumnya dengan kisaran Rp 21.986 Triliun.

Kesimpulan

Berdasarkan daftar di atas, tentunya anda sudah bisa menyimpulkan perusahaan manajer investasi reksadana terbaik untuk dipilih. Kendati demikian, anda tetap harus melakukan analisa secara mendalam sebelum berinvestasi kedalam reksadana. Jadi kesuksesan dalam investasi yang anda lakukan bisa lebih terjamin.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.