Reksadana

17 Reksadana Syariah Terbaik 2022: Pengertian, Contoh & Produk

Trikves.com – Reksadana syariah terbaik menjadi instrumen penting bagi masyarakat untuk masa depan. Dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya investasi, tidak sedikit dari mereka mulai mencari produk-produk investasi terbaik.

Meskipun ada cukup banyak pilihan reksadana terbaik yang kini bisa digunakan, namun beberapa orang lebih memilih melakukan investasi di pasar modal dengan melihat prinsip syariah. Atau setidaknya yang sudah masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Bila kita lihat dari cara kerjanya, investasi reksadana syariah tidaklah jauh berbeda dengan reksadana pada umumnya. Dimana nantinya uang milik investor akan dikumpulkan di suatu tempat dan kemudian akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) secara profesional.

Satu-satunya perbedaan dari reksadana syariah adalah cara mengelola dana reksadana tersebut. Jadi, buat kamu yang memang sedang mencari pilihan aplikasi reksadana syariah terbaik, berikut ini adalah beberapa pilihan bisa dicoba untuk menunjang masa depan kamu.

Pengertian Reksadana Syariah

Sebelum berlanjut ke rekomendasi reksadana syariah terbaik di Indonesia, bagi yang baru belajar tentang reksadana pasar modal. Tidak ada salahnya dong untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan reksadana syariah?.

Reksadana syariah merupakan sebuah instrumen investasi yang dalam pengelolaan uang milik investor dilakukan sesuai dengan kaidah serta prinsip syariah Islam oleh Manajer Investasi.

Dimana Manajer Investasi ini nantinya akan menempatkan dana milik investor di berbagai bursa efek di pasar modal dalam bentuk saham, obligasi maupun bursa efek lain yang masih dalam bentuk unit penyertaan.

Daftar Reksadana Syariah Terbaik

Apabila sampai disini kamu sudah mulai paham apa itu investasi reksadana serta pengertian reksadana syariah. Berikut adalah beberapa rekomendasi reksadana syariah terbaik yang patut kamu coba.

1. TRIM Syariah Saham

TRIM Syariah Saham

TRIM Syariah Saham adalah produk RD syariah terbaik dimiliki PT Trimegah Asset Management. Untuk dapat mulai berinvestasi di TRIM Syariah Saham, kamu cukup mengeluarkan Rp 100.000 untuk mulai memperoleh pertumbuhan nilai investasi berupa capital gain dan dividen optimal.

Adapun kebijakan investasi di TRIM Syariah Saham harus kamu pahami yaitu:

  • Minimum 80% dan maksimum 100% pada Efek bersifat ekuitas,
  • Minimum 5% dan maksimum 20% pada Efek bersifat utang serta
  • Minimum 0% dan maksimum 20% pada Instrumen Pasar Uang.

Dan berikut adalah beberapa perusahaan yang dijadikan tujuan penanaman modal reksadana syariah TRIM Syariah Saham:

  • Adaro Energy Tbk
  • Bukalapak.com Tbk
  • Chandra Asri Petrochemical Tbk
  • Elang Mahkota Teknologi Tbk
  • Harum Energy Tbk
  • Indo Tambangraya Megah Tbk
  • Sukuk Negara Ritel Seri SR-012
  • Tambang Batubara Bukit Asam Tbk
  • Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
  • United Tractors Tbk

2. Emco Barokah Syariah

Emco Barokah Syariah

Bagi pemula yang akan melakukan investasi dana di RD syariah terbaik, mungkin Emco Barokah Syariah adalah pilihan paling tepat. Dimana reksadana dari PT Emco Asset Mangement ini berada dibawah naungan bank Mandiri sebagai kustodian terbesarnya.

Dimana reksadana ini akan melakukan investasi dengan komposisi sebesar 100% dari Nilai Aktiva Bersih di Instrumen Pasar Uang Syariah dalam negeri atau Surat Berharga Syariah Negara (SUKUK) dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun dengan minimal pembelian pertama sebesar Rp 100.000.

3. Bahana Likuid Syariah

Bahana Likuid Syariah

Selanjutnya ada Bahana Likuid Syariah, merupakan salah satu contoh produk terbaik dari PT Bahana TCW Investment Management. Ujung tombak utamanya terletak pada 100% pasar uang/kas dengan likuiditas jangka pendek.

Meski dapat dikatakan reksadana syariah dengan jangka pendek, akan tetapi Bahana mengklaim bahwa mereka akan tetap dapat memberikan imbal hasil cukup optimal dengan menempatkan instrumen pasar uang deposito syariah.

4. MNC Dana Syariah

MNC Dana Syariah

Apabila kamu mencari Reksadana syariah terbaik serta cukup unggul, mungkin tidak ada salahnya bila mencoba mengalokasikan dana finansial kamu ke MNC Dana Syariah. Produk ini merupakan unggulan dari PT MNC Asset Management serta PT Bank Negara Indonesia (Persero).

Sejak kemunculannya di pasar modal, MNC Dana Syariah mampu mencetak imbal hasil mencapai 4.52% dalam kurun waktu hanya 1 tahun. Oya MNC Dana Syariah juga mampu memberikan resiko serendah mungkin melalui investasi pada efek pendapatan tetap.

5. Reksadana CIMB Syariah

Reksadana CIMB Syariah

Berikutnya ada reksadana syariah terbaik dari Bank CIMB Niaga dengan nama RD CIMB Syariah. Dimana produk unggulan dari bank CIMB Niaga ini merupakan produk investasi jangka panjang dan mampu dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan dengan meletakkan aset investor ke dalam instrumen saham.

Dijalankannya produk reksadana ini dengan jangka panjang karena melihat resiko yang diberikan pun bisa dibilang cukup tinggi. Meskipun begitu jika tertarik mencobanya kamu tidak perlu lagi merasa khawatir. Karena selain sudah terjamin kualitasnya dan sudah bersertifikasi OJK. Modal awal pun terbilang kecil hanya Rp 100.000.

6. Reksadana Syariah BNI

Reksadana Syariah BNI

Sebagai lembaga perbankan bertaraf nasional, bank BNI juga punya produk reksadana Syariah dengan nama BNI-AM Saham Syariah Musahamah. Tujuan utama dari produk ini untuk mendapatkan pertambahan nilai investasi optimal dengan meletakkan modal / dana ke instrumen efek syariah.

Selain itu modal tersebut juga akan diputar dan diakomodasikan ke instrumen saham lain seperti halnya pasar uang syariah maupun deposito syariah dengan komposisi 80% dana pada efek syariah. Dengan potensi risiko imbal hasil tinggi, reksadana syariah terbaik ini cocok untuk jangka panjang, dan modal awal pun hanya butuh Rp 100.000.

7. Majoris Sukuk Negara Indonesia

Majoris Sukuk Negara Indonesia

Tidak kalah saing dengan lembaga perbankan di atas, PT Majoris Asset Management juga merilis produk reksadana syariah terbaik dengan nama Majoris Sukuk Negara Indonesia. Satu hal paling menarik dari reksadana satu ini adalah setoran awal yang dibutuhkan kecil yaitu Rp 50.000.

Ketika ingin meningkatkan modal dimiliki sebagai aset untuk masa tua, Majoris Sukuk Negara Indonesia memberikan kemudahan. Selain itu, masuk ke dalam jenis reksadana pendapatan tetap dengan 80%. Dimana dana utama akan dimasukkan ke instrumen sukuk serta obligasi syariah.

8. BNP Paribas Pesona Syariah

BNP Paribas Pesona Syariah

BNP Paribas Pesona Syariah menjadi salah satu reksadana syariah terbaik yang mampu memberikan imbal hasil cukup tinggi, mencapai lebih dari 5%. Menariknya lagi, reksadana ini juga tersedia dalam pasar modal dengan kurs mata uang Dollar Amerika (USD).

Penanaman modal yang dilakukan BNP Paribas Pesona Syariah sepenuhnya diberikan kepada PT Astra International Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk serta PT Telkom Indonesia (Persero). Kemudahan investasi di reksadana ini juga sangat baik karena sudah terintegrasi dengan aplikasi online seperti Bibit & Bareksa.

9. Batavia Dana Saham Syariah

Batavia Dana Saham Syariah

Memberikan kualitas terbaik untuk penanaman modal dalam berinvestasi menjadi kelebihan utama dari produk reksadana terbaik bernama Batavia Dana Saham Syariah. Meski tidak di cantumkan berapa besaran modal awal bisa di investasikan.

Namun produk unggulan di bursa saham Indonesia terbilang sudah tidak perlu lagi diragukan. Salah satu alasannya karena penanaman modal reksadana yang di dapat dari para investor akan dibenamkan pada perusahaan-perusahaan besar seperti PT Unilever Indonesia Tbk, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Astra International Tbk dan PT Telkom Indonesia (Persero).

10. Simas Syariah Unggulan

Simas Syariah Unggulan

Simas Syariah Unggulan menjadi salah satu reksadana syariah terbaik yang kini mulai tumbuh dengan banyak pengguna. Merupakan produk terbaik dari PT Sinarmas Asset Management, reksadana syariah yang dirilis pada Agustus 2014 lalu ini sangat amat cocok bagi kamu ketika ingin punya investasi jangka panjang.

Tercatat selama 3 tahun terakhir, reksadana terbaik ini mampu mendapatkan keuntungan mencapai 22.4%. Bahkan dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap Simas Syariah Unggulan, sekarang banyak sudah tempat penanaman saham ini mulai dari Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Integra Indocabinet Tbk, dan PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

11. BSI Reksa Dana Syariah

BSI Reksa Dana Syariah

Meski datang sebagai bank gabungan baru di Indonesia. Namun sepak terjang BSI di produk reksadana tak perlu lagi kita pertanyakan. Banyak anak mudah menjadikannya sebagai pilihan untuk menanam modal saham guna menyambut masa tua nanti.

Ha tersebut tentu tidak terlepas dari perputaran dana investasi di instrumen-instrumen terbaik saat ini. Maka dari itu apabila tertarik dengan produk reksadana terbaik itu, silahkan gabung dan rasakan manfaatnya.

12. Reksadana Syariah Mandiri

Reksadana Syariah Mandiri

Kemudian salah satu reksadana syariah terbaik yang mungkin sudah tidak perlu lagi kita pertanyakan kualitas, keamanan dan kepercayaannya adalah Reksadana Syariah Mandiri. Dalam pasar efek, tingkat likuiditas diberikan reksadana ini bisa dikatakan paling tinggi.

Bahkan banyak masyarakat memilihnya karena proses pencairan dana dapat dilakukan kapan saja dengan cukup mudah. Sebagai informasi seluruh dana dimiliki Reksadana ini akan 100% dikelola untuk masuk ke instrumen pasar uang. Modal awal bergabung hanya Rp 100.000.

13. Syailendra Sharia Money Market Fund

Syailendra Sharia Money Market Fund

Syailendra Sharia Money Market Fund adalah produk RD yang berada di pasar uang syariah dengan tujuan memberikan hasil investasi mencapai 100% dari Nilai Aktiva Bersih di instrumen pasar uang Syariah dalam negeri. Dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun, tentu reksadana ini bisa jadi pilihan terbaik ketika sedang mencari reksadana jangka pendek.

Sebagai tambahan informasi, Syailendra Sharia Money Market Fund tetap masuk pada jenis investasi reksadana Sukuk yang memiliki kustodian Bank CIMB Niaga. Sayangnya tidak disebutkan

14. Trimegah Kas Syariah

Trimegah Kas Syariah

Masuk dalam jenis reksadana pasar uang, tujuan utama dari reksadana syariah terbaik Trimegah Kas Syariah adalah untuk memperoleh pendapatan optimal dengan memperhatikan pertumbuhan nilai investasi dengan tetap mempertahankan nilai investasi awal.

Disamping itu juga akan dapat memberikan tingkat likuiditas tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dengan jangka waktu singkat. Kamu dapat mulai berinvestasi di pasar modal Trimegah Kas Syariah dengan modal awal Rp 100.000. Informasi tambahan, bank kustodian dari Trimegah Kas Syariah adalah Bank Mandiri.

15. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Sucorinvest Sharia Equity Fund

Tidak hanya mampu memberikan pengalaman terbaik bagi para investor pemula, namun Sucorinvest Sharia Equity Fund yang merupakan salah satu reksadana syariah terbaik di Indonesia sejak 2007 lalu ini juga memiliki Manajer Investasi atau pengelola terbaik serta berpengalaman.

Dalam perputaran modal dimiliki, Sucorinvest Sharia Equity Fund memutar semua dana investor ke dalam saham di berbagai perusahaan termasuk di antaranya seperti PT Buyung Poetra Sembada Tbk, PT Samindo Resources Tbk dan PT Aneka Tambang Tbk.

16. Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A

Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A

Kamu dapat mulai menggunakan Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A melalui platform aplikasi online bareksa. Merupakan reksadana jenis pendapatan tetap yang memiliki kustodian Citibank N.A. Mungkin produk ini menjadi salah satu reksadana syariah terbaik yang punya setoran modal awal murah.

Dari data bareska yang trikves dapat, minimal pembelian awal modal saham yang diperbolehkan sebesar Rp 10.000 begitu juga dengan minimal penjualan kembali. Dan reksadana satu ini amat sangat cocok apabila kamu sedang mencari reksadana syariah dengan jangka menengah di Efek Syariah Berpendapatan.

17. Syariah Capital Sharia Money Market

Syariah Capital Sharia Money Market

Masih kurang rekomendasi di atas? Kamu masih bisa mencoba Reksadana Syariah Capital Sharia Money Market apabila sedang mencari produk RD Syariah terbaik. Merupakan salah satu market terbaik yang dirilis oleh PT Capital Asset Management.

Setidaknya return yang didapat oleh Syariah Capital Sharia Money Market mencapai 6.48%. Hanya saja ketika ingin memulai investasi di pasar modal satu ini kamu harus melakukan pembelian modal saham dengan nominal paling kecil sebesar Rp 500.000.

Kesimpulan

Mungkin masih ada banyak lagi pilihan reksadana syariah terbaik di Indonesia yang tidak kami sebutkan di atas. Namun dari beberapa produk pilihan / rekomendasi yang sudah trikves.com sampaikan di atas.

Hampir rata-rata merupakan produk pilihan yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk menginvestasikan dana keuangan mereka guna menjemput masa tua / masa depan nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.