Saham

10 Cara Cek Saldo RDN Mandiri Terbaru: Syarat dan Ketentuan 2022

Trikves.com – Memahami cara cek saldo RDN Mandiri akan sangat membantu anda yang sudah melakukan deposit maupun penjualan saham. Namun, apakah prosedur pengecekan tersebut sulit untuk diterapkan?

Pada dasarnya setiap aplikasi dari sekuritas memiliki dompet tersendiri untuk menyimpan saldo yang digunakan dalam bertransaksi. Maka dari itu sebagai investor, akan sangat dianjurkan untuk mengetahui cara cek saldo RDN Mandiri.

Kendati sering menggunakan aplikasi MOST (Mandiri Online Securities Trading) nyatanya masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara cek saldo RDN Mandiri. Padahal hal tersebut merupakan salah satu fungsi monitoring portofolio anda.

Agar dapat membantu anda dalam memahami monitoring tersebut, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara cek saldo RDN Mandiri. Jadi Sobat Trikves dapat mengetahui deposit maupun hasil jualan saham.

Mengenal RDN Mandiri Online Securities Trading

Investasi di era modern memang sudah mengalami perkembangan yang signifikan beberapa tahun belakangan ini. Cukup dengan mengunduh beberapa aplikasi sekuritas, maka masyarakat sudah bisa berinvestasi saham.

Hal ini juga turut dilakukan oleh Mandiri Sekuritas yang meluncurkan MOST sebagai salah satu sarana transaksi jual beli saham. Anda sudah dapat mengunduhnya melalui Playstore maupun Appstore.

Nasabah bebas melakukan berbagai tujuan transaksi, seperti investasi maupun trading. Apabila nantinya pengguna masih membutuhkan informasi mengenai saham, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Apa Itu Investasi Saham.

Syarat Cek Saldo RDN Mandiri

Sebelum melaksanakan cara cek saldo, terlebih dahulu anda harus mengetahui beberapa persyaratan yang berlaku. Adanya beberapa persyaratan ini memang dibutuhkan guna melancarkan proses cek saldo di rekening dana nasabah Mandiri.

Berikut beberapa syarat cek saldo RDN Mandiri.

  • Aplikasi Versi Terbaru
  • Koneksi Internet Stabil
  • Akun Tervalidasi KSEI

1. Aplikasi Versi Terbaru

Demi menjaga kenyamanan serta keamanan dari para penggunanya, aplikasi sekuritas dari Mandiri selalu melakukan upgrade. Dampak dari adanya upgrade tersebut adalah peningkatan performa serta kestabilan aplikasi.

Jadi, agar proses cek saldo RDN bisa berjalan lancar, maka pengguna dianjurkan melakukan upgrading MOST. Alhasil, cara cek saldo RDN dapat dilakukan tanpa ada kendala.

2. Koneksi Internet Stabil

Karena berbasis online, maka cara cek saldo RDN membutuhkan koneksi internet dalam praktiknya. Jadi sebelum memulai prosedur pengecekan tersebut, maka silahkan pastikan kondisi konektivitas jaringan internet anda.

3. Akun Tervalidasi KSEI

Khusus bagi anda yang masih melakukan pembuatan akun, maka biasanya beberapa informasi pada profil account maupun saldo RDN belum dapat terlihat. Hal tersebut terjadi lantaran belum adanya validasi dari KSEI.

Adanya validasi tadi dibutuhkan sebagai akses perizinan akan kegiatan transaksi jual beli, deposit, dan penarikan dana. Jadi, bagi akun MOST yang belum mendapatkan validasi tadi, maka tunggulah beberapa saat.

Ketentuan Cek Saldo di RDN Mandiri

MOST memberikan ketentuan pada nasabah dalam pengelolaan saldo RDN. Ketentuan tersebut mengacu pada bursa efek Indonesia tentang transaksi serta penyelesaiannya. Berikut beberapa ketentuan pada saldo RDN Mandiri.

  • Ketentuan T+0
  • Ketentuan T+2

1. Ketentuan T+0

Ketentuan T+0 merupakan aturan dari Bursa Efek Indonesia yang berarti suatu transaksi diselesaikan pada hari yang sama. Biasanya keterangan ini akan muncul ketika anda selesai melakukan sebuah penarikan sesuai ketentuan.

2. Ketentuan T+2

Ketentuan T+2 merupakan jangkan waktu penyelesaian transaksi oleh nasabah terkait penjualan saham suatu emiten. Artinya adalah dana akan dikirimkan maksimal 2 hari kerja setelah transaksi penjualan berlangsung.

Misalkan saja pada hari Senin anda menjual suatu saham, maka dana akan dikirimkan pada hari Rabu. Apabila penjualan dilakukan hari Kamis, maka dana akan masuk kedalam saldo RDN Mandiri hari Senin.

Jadi berdasarkan praktik di atas, maka penyelesaian akan selalu dilakukan pada hari kerja. Sabtu, Minggu, dan hari libur tidak terhitung sebagai hari kerja Bursa Saham.

Cara Cek Saldo RDN Mandiri Terlengkap

Setelah beberapa syarat di atas sudah terpenuhi, kini anda sudah siap mengaplikasikan cara cek saldo RDN. Namun sebelumnya pastikan jika aplikasi Mandiri Sekuritas sudah terinstal dan memiliki versi terbaru.

Berikut langkah-langkah pada cara cek saldo RDN Mandiri.

  • Langkah pertama silahkan lakukan login pada akun MOST yang sudah tersedia.
  • Kemudian pada halaman utama, silahkan tap icon menu di bagian Pojok Kanan Atas.
  • Apabila sudah, maka lanjutkan dengan memilih opsi Portofolio.
Pilih opsi Portofolio
  • Silahkan anda pilih menu Cash agar cara cek saldo dapat berlangsung.
Silahkan anda pilih menu Cash agar cara cek saldo dapat berlangsung
  • Di sana akan terdapat beberapa keterangan yang mungkin asing bagi pengguna.
Keterangan yang mungkin asing bagi pengguna
  • Receivable merupakan total dari penjualan saham pada aplikasi.
  • Payable merupakan dana RDN untuk pembelian saham.
  • Withdraw adalah posisi saat pengguna melakukan penarikan dana.
  • Cash adalah seluruh akumulasi dari Receivable, Payable, dan Withdraw.
  • Net Cash merupakan seluruh akumulasi dari Cash dan seluruh penjualan yang nantinya akan diselesaikan pada T+2.
  • Dengan demikian, cara cek saldo RDN telah sukses dilakukan.

Setelah dilakukan penjualan, jangan merasa panik terlebih dahulu apabila ternyata dana belum masuk kedalam saldo. Pasalnya berlaku aturan T+2 dimana proses transaksi akan selesai dilakukan maksimal 2 hari setelah proses penjualan berlangsung.

Cara Deposit Saldo RDN Mandiri

Cek saldo RDN sangat erat kaitannya dengan kegiatan deposit yang dilakukan oleh nasabah. Jadi selain mengetahui cara cek, penting juga mengetahui cara deposit khususnya anda yang masih baru bergabung dengan MOST.

Faktanya, cara deposit ini sangat mudah bahkan anda hanya perlu mempelajarinya beberapa saat. Agar dapat membantu proses memahami kegiatan tersebut, maka silahkan kunjungi Cara Deposit Mandiri Sekuritas yang sudah kami bahas sebelumnya.

Cara Jual Saham RDN Mandiri

Selain deposit, RDN juga akan sangat erat kaitannya dengan hasil penjualan saham. Nantinya hasil tersebut akan masuk ke dalam rekening dan terakumulasi menjadi saldo. Jadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menjual saham tersebut.

Apabila ingin pembahasan yang lebih detail, maka kami sudah pernah membahasnya melalui Cara Jual Saham di Mandiri Sekuritas. Kunjungi pembahasan tersebut sebagai panduan dalam mengelola saham.

Call Center Cek Saldo RDN Mandiri

Terkadang kebutuhan informasi memang akan lebih bisa terpenuhi apabila mengkonformasinya melalui pakar secara langsung. Apabila ternyata terdapat kendala serta permasalahan dalam cek saldo RDN, maka hubungi saja beberapa call center dari Mandiri Sekuritas.

Berikut beberapa call center dari MOST Mandiri.

Kesimpulan

Ternyata cara cek saldo RDN Mandiri sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Namun pastikan beberapa syarat di atas terpenuhi agar proses pengecekan berjalan lancar. Jadi pertambahan maupun pengurangan saldo dapat terpantau.

Apabila anda ingin mengetahui perbandingan antara MOST dengan aplikasi lainnya, maka kami juga sudah pernah membuat pembahasan tentang BNI Sekuritas vs Mandiri Sekuritas. Silahkan Sobat Trikves kunjungi pembahasan tersebut guna mengetahui aplikasi sekuritas terbaik.

Ari

Layanilah orang tuamu seperti raja, maka rezekimu juga akan menjadi seperti raja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.